Tips Interview Bahasa Inggris, Supaya Sukses Saat Wawancara Kerja

Tips Seputar Interview Kerja Bahasa Inggris – Saat paling mendebarkan bagi seorang pencari kerja adalah ketika mendapatkan kesempatan untuk interview. Hal ini menandakan bahwa Anda tinggal selangkah lagi untuk memasuki tahap akhir sebelum diterima bekerja di perusahaan tersebut.

Namun, terkadang muncul rasa khawatir dan tidak yakin pada diri sendiri untuk menghadapinya. Apalagi jika interview tersebut menggunakan bahasa Inggris yang bagi sebagian orang terdengar menakutkan. Wawancara dengan menggunakan bahasa Inggris ini bagi perusahaan merupakan cara mereka untuk mengetahui sejauh mana penguasaan calon karyawannya terhadap bahasa Inggris.

Persiapan Interview Kerja Bahasa Inggris

Terkadang, calon karyawan merasa hasil dari wawancara tersebut tidak bisa maksimal. Bahkan, ada yang merasa telah gagal sebelum hasil tes diumumkan oleh pihak HRD. Hal ini dikarenakan sebagian calon karyawan tidak melakukan persiapan dengan baik.

Padahal, kunci sukses agar menguasai situasi selama interview kerja bahasa Inggris berlangsung adalah melakukan persiapan dengan matang. Setidaknya, dengan persiapan tersebut rasa percaya diri Anda semakin meningkat. Intinya, agar sukses dalam menjawab semua pertanyaan yang mungkin akan diajukan, Anda harus melakukan persiapan sebelumnya. Adapun persiapan-persiapan tersebut terdiri dari:

Lakukan Penelitian Bidang Pekerjaan yang Dilamar

Persiapan pertama yang harus dilakukan adalah melakukan penelitian terhadap segala sesuatu yang berhubungan dengan bidang pekerjaan yang dilamar. Gali informasi sebanyak mungkin mengenai perusahaan tempat Anda melamar dan posisi yang ditawarkan. Mulai dari divisi mana yang akan Anda tempati, deskripsi pekerjaan hingga ruang lingkupnya.

Selain itu, Anda juga harus mengetahui perusahaan tersebut bergerak dalam industri apa, siapa nama pemiliknya, berapa cabang yang dimiliki, dan sebagainya. Hal ini akan membantu Anda untuk meningkatkan pengetahuan mengenai perbendaharaan kata dalam bahasa Inggris yang perlu disampaikan saat wawancara berlangsung.

Berlatih Pengucapan dan Aksen Bahasa Inggris

Untuk meningkatkan peluang lolos seleksi interview kerja bahasa Inggris adalah dengan giat berlatih dalam hal pengucapan dan aksen bahasa Inggris. Hal ini tidak bisa dikuasai secara teori saja, melainkan harus disertai dengan lancar secara lisan.

Sebab, tidak sedikit kosakata dalam bahasa Inggris yang sulit untuk diucapkan. Sedangkan pronunciation bisa menyebabkan salah makna (baca materi pronunciation). Itu sebabnya melatih pelafalan saat menggunakan bahasa Inggris sangat penting untuk dilakukan.

Pelajari Tata Bahasa

Persiapan berikutnya yang harus Anda lakukan adalah dengan mempelajari tata bahasa dalam bahasa Inggris. Hal ini dikarenakan komunikasi yang dilakukan selama interview kerja menggunakan komunikasi formal.

Untuk itu, Anda harus berlatih agar dapat menyusun kata-kata dalam bahasa Inggris secara formal juga. Terutama penggunaan kata yang tepat dalam present tenses, conditional tenses, dan simple past.

Contoh kalimat conditional tenses saat interview kerja dalam bahasa Inggris berikut ini, bisa Anda ucapkan jika diterima bekerja di perusahaan tersebut.

  • If I get hired, I am able to work well both individually and in teams.
  • if I get this job, I will work overtime for the betterment of the company.

Siapkan Jawaban dan Lakukan Latihan

Jadwal interview kerja bahasa Inggris biasanya disampaikan jauh-jauh hari sebelumnya oleh pihak HRD tempat Anda melamar pekerjaan. Ada banyak sekali pertanyaan yang mungkin akan diajukan kepada Anda. Selama menunggu hari interview datang, sebaiknya Anda manfaatkan waktu sebaik-baiknya untuk membuat daftar pertanyaan yang mungkin akan diajukan selama proses interview kerja.

Baca Juga :  Interview Kerja Bahasa Inggris : Contoh Pertanyaan dan Jawabannya

Dari daftar pertanyaan tersebut, buatlah naskah seputar jawaban yang akan Anda sampaikan dalam bahasa Inggris. Bila perlu, buatlah catatan kecil yang bisa Anda baca dan hafalkan sebelum sesi wawancara dimulai. Memiliki persiapan yang cukup matang bisa membuat Anda merasa tenang saat akan menghadapi interview kerja dalam bahasa Inggris. Minimal, Anda sudah siap dengan beberapa jawaban yang meyakinkan dengan tata bahasa yang baik dan benar.

Bahasa Tubuh saat Interview Kerja Bahasa Inggris

tips wawancara kerja
tips wawancara kerja

Sebuah proses wawancara tidak hanya sekadar duduk, antri menunggu giliran, dan menjawab serangkaian pertanyaan dari pihak HRD. Di samping itu, Anda juga belum tentu bisa langsung lolos tes wawancara kerja meskipun sudah berdandan dengan rapi dan terlihat profesional. Selain memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik, menggunakan bahasa tubuh yang tepat juga merupakan faktor yang harus diperhitungkan.

Saat interview kerja bahasa Inggris berlangsung, pewawancara tidak sekadar mendengar jawaban yang Anda berikan. Mereka justru fokus memerhatikan hal-hal yang tidak Anda sebutkan namun secara tidak sadar Anda tunjukkan melalui bahasa tubuh atau gestur Anda. Sebab, bahasa tubuh akan memengaruhi intonasi atau nada suara Anda.

Bahasa tubuh yang dimaksudkan disini adalah sikap tubuh dan gerakan tangan yang baik serta ekspresi wajah. Hal ini akan membantu Anda menyampaikan setiap jawaban atas pertanyaan yang diajukan oleh pewawancara dengan lebih jelas, terutama jika dalam wawancara tersebut menggunakan bahasa Inggris.

Untuk mengetahui lebih jauh tentang apa dan bagaimana bahasa tubuh yang baik saat wawancara kerja tersebut agar lolos seleksi. Simak informasi bahasa tubuh yang harus Anda perhatikan berikut ini:

Menjabat Tangan

Hal pertama yang dilakukan saat pertama kali bertemu dengan pewawancara adalah berjabatan tangan. Bahasa tubuh yang satu ini mungkin jarang diperhatikan ketika sedang interview kerja bahasa Inggris namun bisa memengaruhi nilai Anda dalam tes wawancara tersebut. Pihak pewawancara akan memerhatikan ketegasan genggaman tangan Anda, apakah lemah, kuat, atau bahkan terlalu kuat.

Maksudnya adalah, genggaman tangan tersebut merupakan perwakilan dari seberapa kuat keinginan Anda untuk lolos dalam interview kerja. Jika terlalu lemah, itu menandakan Anda sebagai sosok yang tidak percaya diri atau bahkan malas. Jika terlalu kuat, ada kemungkinan pewawancara merasa Anda terlalu agresif. Jadi, usahakan saat berjabatan tangan genggaman tangan Anda cukup erat namun tidak terkesan ingin meremukkan tangan pewawancara.

Jaga Sopan Santun

Sebagian besar pelamar kerja hanya bersikap sopan terhadap orang yang mewawancarai saja. Padahal, bersikap sopan terhadap siapapun sangat penting untuk diperhatikan sebab Anda tidak hanya harus lolos tes saja. Bila diterima, Anda akan berinteraksi dengan semua orang yang ada di perusahaan tersebut mulai dari atasan, rekan kerja, hingga satpam dan petugas kebersihan.

Bila sikap Anda tidak sopan sebelum interview kerja bahasa Inggris dimulai, bukan tidak mungkin salah satu dari mereka akan mengadukan hal tersebut kepada orang yang mewawancarai Anda. Misalnya, bertanya lokasi parkir dengan nada tidak sopan kepada satpam atau menghardik petugas kebersihan yang tidak sengaja menyenggol Anda.

Satu hal lagi yang harus diperhatikan, yaitu saat Anda duduk dalam ruangan interview dan menunggu hingga pewawancara masuk. Segeralah berdiri dan sambutlah dengan sikap yang sopan. Misalnya dengan mengajak bersalaman dan jangan duduk sebelum mereka duduk terlebih dahulu, walaupun Anda sudah dipersilakan duduk kembali.

Ramah yang Tidak Berlebihan

Memiliki sikap yang ramah merupakan salah satu modal untuk lolos saat tes wawancara kerja. Hal ini wajar sekali dilakukan bagi, terutama jika Anda ingin memberikan kesan yang ramah. Namun, usahakan untuk tidak dilakukan secara berlebihan.

Sebab, bila terlihat terlalu ramah dan riang, sikap Anda tersebut akan terlihat mengerikan, atau bahkan dianggap bahwa sikap ramah yang Anda tunjukkan terlihat palsu. Namun, jika wajah Anda terlalu datar, bisa diartikan sebagai orang yang judes. Lebih baik, cobalah untuk tersenyum dan bersikap secara wajar kepada pewawancara saat interview kerja bahasa Inggris agar kepribadian Anda terkesan hangat dan antusias.

Baca Juga :  10 Cara Agar Anak Pintar Bahasa Inggris Sejak Kecil

Jaga Postur Tubuh saat Duduk

Bahasa tubuh berikutnya yang harus Anda perhatikan adalah posisi saat duduk. Jika postur duduk Anda terlihat sedikit membungkuk, ini menandakan Anda terlihat kurang percaya diri atau bahkan merasa takut. Sikap seperti ini justru akan membuat pewawancara meragukan kesiapan Anda untuk bekerja pada posisi yang sudah ditawarkan.

Untuk itu, usahakan untuk duduk tegak dan sedikit condong ke depan. Namun, hindari posisi duduk yang terlalu maju ke depan karena bisa memberikan kesan yang terlalu agresif. Lebih baik, bersikap rileks dan duduk tegak namun tidak kaku. Semua itu bisa mengesankan Anda sebagai orang yang siap mendengarkan tapi tetap percaya diri.

Jaga Posisi Tangan

Selain postur duduk, posisi tangan juga harus Anda perhatikan saat melakukan interview kerja bahasa Inggris. Hindari menyilangkan lengan di depan dada karena membuat Anda terlihat sebagai sosok yang defensif dan sulit untuk terbuka. Hal ini berlaku pula dengan gerakan tangan yang dilakukan secara berlebihan.

Menggerakkan tangan memang bisa membantu Anda untuk berekspresi saat akan menyampaikan sesuatu. Namun, jika dilakukan secara berlebihan membuat Anda terlihat sangat ekspresif sekaligus terasa mengganggu bagi orang yang melihatnya.

Perhatikan Posisi Kaki

Saat interview berlangsung, posisi duduk Anda pun tidak luput dari perhatian pewawancara. Untuk itu, usahakan kaki Anda menyentuh lantai dan  tidak menyilang. Seperti halnya menggerakan tangan secara berlebihan, interview sambil menggoyangkan kaki juga bukan merupakan bahasa tubuh yang baik. Sebab, posisi kaki tersebut menyiratkan Anda sedang gugup atau merasa bosan setengah mati.

Hindari Mengangguk yang Terlalu Berlebihan

Gerakan mengangguk memang perlu ketika sedang wawancara kerja. Ini menandakan Anda memahami apa yang disampaikan oleh pewawancara. Namun, hindari gerakan yang terlalu berlebihan karena bisa memengaruhi hasil tes interview kerja bahasa Inggris yang sedang Anda jalani.

Terutama ketika Anda merasa keberatan atau ada yang kurang Anda pahami. Lebih baik, Anda menggeleng atau langsung menanyakannya pada pewawancara. Dengan cara ini, Anda lebih berpeluang mendapatkan kesempatan terpilih untuk mengikuti pelatihan di perusahaan tersebut.

Jaga Kontak Mata

Kontak mata dengan pewawancara juga merupakan penentu lulus tidaknya Anda dalam melakukan wawancara kerja. Sebaiknya, jagalah kontak mata jangan sampai menghindari tatapan pewawancara. Namun, menataplah dengan cara biasa dan jangan sampai melototi mereka.

Selama interview kerja bahasa Inggris berlangsung, Anda boleh saja sesekali menatap ke arah lain. Sebab, bisa jadi pewawancara juga merasa tidak nyaman jika ditatap terlalu lama oleh Anda. Namun, jangan melakukannya secara tiba-tiba atau mengagetkan mereka. Anda bisa mengalihkan perhatian sekilas dengan cara lain, misalnya sambil membetulkan kerah jas.

Hindari Mengulang Gerakan

Tanpa Anda sadari, mungkin ada gerakan yang Anda lakukan secara berulang saat sesi wawancara berlangsung. Misalnya, menggigit bibir, menyentuh dagu, atau menarik-narik rambut. Parahnya lagi, jika Anda memiliki kebiasaan yang menjijikkan seperti menggigit kuku jari setiap kali merasa gugup.

Jika gerakan-gerakan Anda tersebut tertangkap mata pewawancara, bisa jadi mereka akan mengajukan pertanyaan menjebak sehingga kegugupan Anda terlihat semakin jelas. Anda bisa saja menarik nafas sesekali untuk menenangkan diri, namun sebaiknya lakukan secara perlahan dan jangan sampai terdengar keras seakan mendengus.

Hindari Menguap

Mungkin, Anda akan mengalami kurang tidur sebelum tes interview kerja bahasa Inggris. Entah karena Anda kurang tidur akibat terlalu gugup atau ada sebab yang lain. Walaupun merasa lelah, sebaiknya jangan sesekali menguap, terutama saat di tengah wawancara kerja. \

Kondisi menguap menandakan Anda kurang bisa membagi waktu dan menjaga kondisi tubuh Anda sendiri. Selain itu, ada kemungkinan pewawancara merasa tersinggung dengan sikap Anda tersebut. Sebab mereka merasa Anda merasa tidak menghargai penjelasan mereka, atau bahkan merasa bahwa Anda bosan berada dalam satu ruangan bersama mereka.

Hindari Bermain dengan Setiap Benda di Atas Meja

Satu hal lagi yang harus Anda hindari saat tes wawancara berlangsung, yaitu memainkan semua benda yang ada dalam jangkauan Ada. Misalnya, penggaris, penjepit kertas, kalender, dan benda-benda lainnya. Sikap tersebut menunjukkan besarnya rasa kegugupan Anda, sekaligus membuat Anda tampak seperti anak kecil alias tidak dewasa.

Baca Juga :  Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris untuk Dewasa

Sebab, menyentuh barang orang lain tanpa izin sama saja dengan pelanggaran privasi. Untuk itu, jangan sekali-kali menyentuh apapun yang ada di ruangan wawancara tanpa seizin pewawancara. Anggap saja Anda sedang bertamu untuk berkenalan dengan orang baru.

Tips Lolos Seleksi saat Interview Kerja Bahasa Inggris

Interview merupakan salah satu cara perusahaan untuk mendapatkan karyawan yang kompeten berdasarkan jawaban yang diberikan saat wawancara tersebut berlangsung. Saat tidak lolos, Anda tidak perlu merasa berkecil hati. Anda justru harus intropeksi diri dan tidak mudah putus asa. Bagi Anda yang memiliki tekad yang kuat dan pekerja keras, berikut ini tips agar lolos seleksi saat interview kerja bahasa Inggris.

Bersikap Tenang

Setelah memiliki persiapan yang cukup dan melatih bahasa tubuh dengan baik, tahap berikutnya yang harus Anda lakukan adalah tetap bersikap tenang. Perasaan gugup, tegang, dan tidak tenang justru akan membuat bahasa Inggris Anda semakin tidak lancar.

Untuk itu, cobalah bersikap tenang dan nyaman sebelum proses wawancara berlangsung. Kedua hal tersebut bisa membantu untuk meningkatkan rasa percaya diri Anda, sekaligus membuat cara berbicara Anda menjadi lebih natural. Secara otomatis sikap Anda tersebut juga memberikan kesan yang positif.

Bicara dengan Kalimat Singkat

Ketika mengikuti tes seleksi interview kerja bahasa Inggris, ingatkan diri Anda untuk berbicara dengan kalimat yang singkat. Hal ini untuk mempermudah pewawancara mengerti tentang apa yang ingin Anda sampaikan.

Hindari membuat kalimat yang terlalu panjang, terutama jika Anda bukan penutur asli bahasa Inggris. Sebab, kalimat yang terlalu panjang akan terlalu sulit untuk dimengerti, apalagi untuk dipahami. Untuk memastikan bahwa jawaban atau kalimat yang Anda sampaikan dipahami oleh pewawancara, gunakanlah kalimat yang singkat dan mudah.

Perhatikan Kecepatan Bicara Anda

Saat melakukan interview kerja bahasa Inggris, ingatlah untuk memerhatikan kecepatan bicara Anda. Umumnya, penutur aslinya (native speaker) memiliki kecepatan bicara yang lebih lambat jika dibandingkan dengan bahasa lalin.

Untuk itu, cobalah untuk menyesuaikan tingkat kecepatan penutur asli bahasa Inggris selama sesi wawancara. Selain membuat setiap jawaban Anda terasa lebih jelas, hal ini juga akan memberikan waktu yang lebih banyak bagi Anda untuk merumuskan sebuah jawaban yang tepat ketika ingin berbicara.

Jangan Ragu Untuk Bertanya

Selama sesi wawancara kerja berlangsung, jangan ragu untuk mengajukan pertanyaan kepada pewawancara jika ada yang tidak Anda pahami. Sebab, dibandingkan dengan membuat jawaban yang tidak sesuai, lebih baik jika Anda meminta pewawancara mengulang pertanyaannya sehingga Anda benar-benar memahaminya.

Sebab , sebenarnya pihak pewawancara selalu mengerti bahwa bahasa Inggris bukanlah bahasa utama Anda. Jadi, tunjukkan kepada mereka saat interview kerja bahasa Inggris bahwa Anda tidak ragu bertanya untuk memastikan hal yang kurang jelas.

Kesimpulan

Saat wawancara berlangsung, ada beberapa strategi yang harus Anda terapkan agar berhasil mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan, diantaranya adalah:

  • Jawablah setiap pertanyaan dari HRD dengan singkat dan padat.
  • Ceritakan mengenai pengalaman kerja yang pernah Anda lakukan dan yang relevan dengan posisi yang saat ini Anda lamar.
  • Hindari menceritakan hal-hal yang tidak ditanyakan oleh HRD ketika sesi wawancara berlangsung. Misalnya, menceritakan jumlah anggota keluarga, tempat kelahiran, dan hobi.
  • Hindari menggunakan bahasa Inggris yang non-formal.

Menjalani sesi interview kerja bahasa Inggris merupakan pertanda selangkah lagi menuju sukses menjadi karyawan sebuah perusahaan yang Anda impikan. Untuk itu, lakukan persiapan secara matang dan perhatikan bahasa tubuh Anda. Agar tidak gagal, terapkan strategi Anda dengan bersikap tenang, membuat kalimat yang singkat dan jelas, serta tidak ragu untuk bertanya. Semoga sukses. Baca lagi Tips Interview Kerja Bahasa Inggris ini.

Baca artikel terkait : Contoh Lamaran Kerja Bahasa Inggris, Contoh Wawancara Bahasa Inggris, Contoh Lowongan Dalam Bahasa Inggris, dan Contoh Bahasa Inggris Artinya.