30 Nama Mata Pelajaran dan Jadwal dalam Bahasa Inggris!

Seperti yang kita ketahui, nama mata pelajaran memang penting untuk kita gunakan sebagai tanda topik pelajaran apa yang akan kita ambil atau pelajari. Nah, untuk kamu yang sedang belajar atau sekedar ingin mencari tahu apa nama jadwal mata pelajaran dalam bahasa inggris, kamu dapat membaca beberapa nama di bawah ini.

Daftar Nama Mata Pelajaran dalam Bahasa Inggris

Nama Mata Pelajaran dan Jadwal dalam Bahasa Inggris

1. Biology = Biologi

Jadwal mata pelajaran dalam bahasa inggris pertama yang wajib kamu ketahui adalah Biology. Biology adalah bahasa inggris dari biologi. Seperti yang kamu ketahui, mata pelajaran biologi ini adalah mata pelajaran yang fokusnya mempelajari atau mengajari anak murid tentang makhluk hidup. Ada banyak sekali jenis dan bentuk makhluk hidup yang ada di bumi. Baik itu hewan, tumbuhan maupun manusia. Belum lagi mikroba-mikroba yang juga terhitung sebagai mahluk hidup.

Aspek-aspek yang akan kalian pelajari dalam mata pelajaran biologi ini adalah struktur dari organisme hidup, perkembangan dari suatu organisme, maupun genetika. Saat kamu masih SMA, kamu pasti pernah mempelajari dan menghitung bagaimana genetika bekerja pada gen ayah dan gen ibu? Nah, itulah yang kita sebut sebagai biologi. Tidak hanya itu, biologi juga berisi ilmu-ilmu yang dapat kita terapkan dalam menganalisis makhluk hidup. Biologi juga mempelajari tentang fisiologi dan ekologi.

2. Chemistry = Kimia

Chemistry adalah bahasa inggris jadwal pelajaran kimia yang pastinya sudah pernah ada saat kamu mulai SMA. Chemistry atau kimia ini adalah sebuah ilmu pelajaran yang berfokus dalam pembelajaran tentang komposisi dari sifat-sifat zat yang makhluk hidup miliki. Jika biologi adalah sebuah pelajaran yang mempelajari makhluk hidup, maka kimia berfokus pada struktur dan materi si makhluk hidup.

Para siswa akan mempelajari skala atom hingga bagaimana transformasi molekul yang kemudian akan mengubah sifat dari semua materi tersebut. Makhluk hidup maupun benda-benda yang kita sentuh sekarang ini terdiri dari berbagai macam molekul-molekul atom yang mempunyai sifatnya masing-masing.

3. Geography = Geografi

Mata pelajaran dalam bahasa inggris selanjutnya adalah mata pelajaran geografi. Mata pelajaran ini adalah salah satu mata pelajaran wajib yang harus kamu pelajari saat kamu masih dalam Sekolah Menengah Atas. Umumnya, mata pelajaran geografi mempelajari tentang luasnya bentang alam dan hal-hal lain yang tentunya terkait dengan fisik bumi.

Tentunya, kamu pasti mengetahui bahwa bumi memiliki perhitungannya masing-masing bukan? Perhitungan ini akan menentukan bagaimana sifat-sifat bumi pada daerah tertentu hingga dengan ini, para geologis dapat menentukan apa yang akan terjadi pada daerah tersebut. Kamu akan mencari hubungan antara beberapa kondisi alami yang sedang bumi alami. Baik itu pengumpulan populasi, industri, sejarah, budaya maupun penggunaan lahan yang ada.

4. Civics Education = Pendidikan Kewarganegaraan

Selanjutnya, kamu pasti sudah mengenal mata pelajaran ini karena mata pelajaran ini juga menjadi salah satu mata pelajaran wajib bagi para siswa Indonesia. Civics Education atau bahasa Indonesianya Pendidikan Kewarganegaraan adalah sebuah ilmu-ilmu yang akan memberitahu anak muridnya mengenai apa-apa saja yang menjadi kewenangan dan peraturan dalam sebuah kewarganegaraan yang ada.

Kamu akan belajar tentang apa itu identitas nasional, hak dan kewajiban yang kamu miliki sebagai warga Negara Indonesia, demokrasi Negara, maupun konstitusi yang Negara miliki. Tentunya, sebagai seorang siswa, kamu nantinya diharapkan menjadi pemimpin dari Negara asal lahirmu. Pendidikan Kewarganegaraan juga memberi bekal untuk menjadi seorang warga Negara yang baik yang tentunya taat akan hukum dan peraturan.

5. History = Sejarah

Mata pelajaran dalam bahasa inggris selanjutnya adalah History atau sering kamu kenal sebagai mata pelajaran sejarah. Jika pendidikan kewarganegaraan membuatmu mengenal apa-apa saja dasar hukum yang ada pada suatu Negara, maka sejarah akan membuatmu mengenal bagaimana suatu kehidupan berasal. Sejarah inilah yang menjadi sebuah fondasi dari ilmu-ilmu yang ada sekarang. Pastinya, mempelajari sejarah artinya kamu akan mempelajari seluk beluk kehidupan yang pernah ada sebelum masa modern seperti sekarang ini.

6. Literature : Sastra

Literature atau bahasa Indonesianya sastra adalah sebuah mata pelajaran yang membahas tentang bahasa. Setiap Negara yang ada pastinya mempunyai bahasanya masing-masing. Banyak orang yang masih skeptic dengan pelajaran sastra ini. Padahal sastra adalah salah satu pelajaran paling penting untuk para siswa. Jika para siswa lebih mengenal sastra, maka komunikasi yang akan mereka lakukan ke depannya akan semakin bagus. Baik itu dalam bahasa ibu mereka sendiri, maupun bahasa-bahasa lain yang ada dan berlaku.

7. Mathematics = Matematika

Pelajaran selanjutnya adalah pelajaran Matematika. Nama mata pelajaran dalam bahasa inggris ini dapat kamu sebut sebagai Mathematics. Seperti yang kita ketahui, matematika adalah dasar ilmu yang paling wajib dimiliki oleh siswa. Hal ini karena semua hal yang ada sekarang ini adalah hasil keluar dari mata pelajaran matematika.

8. IT (Information Technology) = Teknologi Informasi

Bagi kamu yang tidak tahu, IT atau Information Technology adalah sebuah ilmu yang akan membuat para siswa mempelajari analisis sistematis untuk dapat merancang suatu aplikasi dan website. Biasanya, mata pelajaran teknologi informasi ini memang ada pada jurusan perkuliahan, namun ada beberapa sekolah menengah atas yang sudah mewajibkan mata pelajaran ini.

Pada teknologi informasi, para siswa akan belajar caranya mengembangkan dan menguji sebuah perangkat lunak komputer dengan berbagai macam bahasa pemrograman (Phyton, C+, dll).

9. Accounting = Akuntansi

Accounting adalah jadwal mata pelajaran dalam bahasa inggris yang artinya akuntansi. Seperti yang kamu ketahui, dalam mata pelajaran akuntansi ini, para siswa akan mempelajari bagaimana cara mencatat laporan keuangan. Pengetahuan para siswa akuntansi akan banyak berguna dalam lowongan pekerjaan. Seseorang yang bertanggung jawab untuk mengumpulkan, mencatat, menganalisis, menghitung, mengklasifikasi, dan memeriksa sebuah laporan keuangan disebut sebagai akuntan.

10.  Digital Arts = Seni Digital

Mata pelajaran ini sering sekali menjadi mata pelajaran peminatan karena materinya yang lumayan asik. Para siswa akan belajar bagaimana ilmu-ilmu seni yang ada dalam bentuk digital. Dari perkembangan, sampai hal-hal yang menyangkut seni bentuk digital akan kamu pelajari pada mata pelajaran ini.

11. Statistics = Kelas Statistik

Selanjutnya ada statistics. Sebagai jadwal mata pelajaran dalam bahasa inggris, statistic atau kelas statistika akan mempelajari analisa data. Jika akuntansi berfokus pada penganalisaan keuangan, maka data-data perusahaan akan dianalisa oleh tim statistic. Jurusan ini nantinya akan mempelajari bagaimana proses pengolahan, pengumpulan data, penyajian data tersebut ke bentuk yang mudah dipahami, dan menganalisis data. Hasil penganalisaan dari jurusan ini tentunya akan menjadi sebuah lompatan dalam pengambilan keputusan. Data yang terproses oleh jurusan ini adalah sebuah data valid yang tidak ada rekaan sama sekali.

12.  Manner Education = Budi Pekerti

Pada pelajaran ini, para siswa akan mempelajari bagaimana berbudi pekerti yang baik. Tentunya, kamu juga akan mempelajari bagaimana manner yang tepat untuk berinteraksi dengan orang.

13.  Physical Science = Kelas Fisika

Mata pelajaran kelas fisika ini, kamu akan mempelajari ilmu-ilmu fisika yang nantinya akan berkesinambungan dengan ilmu-ilmu lain. Pada mata kuliah fisika, kamu dapat berkarya dan memikirkan inovasi-inovasi baru seperti melakukan penelitian terhadap gerak. Tentunya, yang harus kamu pelajari dan hitung dalam mata pelajaran fisika ini adalah besaran, gerak, gaya, satuan, dan sebagainya.

14.  Economy = Kelas Ekonomi

Economy adalah mata pelajaran dalam bahasa inggris yang artinya kelas ekonomi. Jika kamu mempunyai mata pelajaran ini, maka kamu akan belajar bagaimana caranya mempertimbangkan efisiensi dalam mengelola sumber daya agar mencapai kesejahteraan. Unsur ekonomi memang menjadi unsur utama kehidupan manusia dalam bermasyarakat. Namun, kelas ekonomi ini tidak melulu membicarakan tentang uang, namun juga tentang waktu dan sumber daya alam.

15.  Social Studies = Ilmu Pengetahuan Sosial

Fokus utama dalam mata pelajaran ilmu sosial adalah bagaimana caranya para siswa mengerti tentang peraturan-peraturan tertulis maupun tidak tertulis dalam hal bersosialisasi. Fakta bahwa manusia adalah makhluk sosial membuat mata pelajaran ini adalah pelajaran wajib yang perlu ada pada setiap sekolah.

16.  Art and Culture = Seni Budaya

Sama seperti seni yang lain, seni budaya tentunya mengambil peran penting dalam membangun kecintaan para siswa terhadap suatu budaya yang ada. Tujuannya adalah para siswa tersebut dapat menjadi penerus budaya suatu bangsa hingga budaya-budaya yang ada tidak lekang oleh waktu.

17.  Entrepreneurship = Kewirausahaan

Selanjutnya, mata pelajaran dalam bahasa inggris yang perlu kamu ketahui adalah entrepreneurship. Sebagai manusia, tentunya kamu punya keinginan untuk sukses pada kemudian hari. Nah, karena lowongan pekerjaan yang semakin menipis, sudah saatnya para siswa terbentuk menjadi seorang wirausaha yang baik.  

18.  Physical Education = Pendidikan Jasmani

Mata pelajaran yang satu ini menjadi mata pelajaran kesenangan oleh kebanyakan siswa. Dengan tujuan utamanya adalah membentuk jasmani siswa untuk menjadi lebih baik, pendidikan jasmani ini membuat para siswa memiliki semangat olahraga yang kuat dan tubuh yang bugar.

19.  Sociology = Sosiologi

Sociology adalah mata pelajaran dalam bahasa inggris yang artinya sosiologi. Berbeda sedikit dengan ilmu pengetahuan sosial, sosiologi ini adalah sebuah ilmu yang mempelajari proses dan perubahan-perubahan yang terjadi pada manusia. Biasanya perubahan ini adalah perubahan-perubahan cara sosialisasi sesama makhluk hidup.

20.  Computer Science = Ilmu Komputer

Hampir mirip dengan teknologi informasi, ilmu komputer ini lebih mempelajari bagaimana cara membuat rekayasa pada perangkat keras maupun lunak dari sebuah teknologi.

21.  Architecture = Jurusan arsitektur

Jurusan arsitektur mengajari para siswanya untuk membuat sebuah desain bangunan yang aman dan tentunya kokoh. Semua siswa yang memiliki mata pelajaran ini juga haruslah mempunyai ide-ide yang cemerlang.

22.  Chemical Engineering = Teknik Kimia

Berbeda dengan mata pelajaran kimia yang ada pada sekolah menengah, mata pelajaran teknik kimia ini akan mengajarkan praktek nyata dari teori-teori yang kamu pelajari saat sekolah menengah. Dengan berbagai macam praktik-praktiknya, siswa akan semakin mendalami penjumlahan dan ilmu kimia itu sendiri.

23.  Medical School = Kedokteran

Mata pelajaran kedokteran ini sesuai dengan namanya adalah mata pelajaran yang akan mengeluarkan siswa-siswanya untuk menjadi dokter. Berfokus kepada pengobatan orang, para siswa harus menjalani serangkaian ujian, test, maupun mata pelajaran tambahan lain.

24.  Islamic Religious Education = Pendidikan Agama Islam

Pendidikan agama memang penting untuk diajarkan kepada para siswa. Dalam kasus ini, siswa-siswa yang beragama islam akan belajar ajaran-ajaran yang ada berlaku pada agama mereka agar mereka lebih dewasa dalam iman.

25.  Christian Religious Education = Pendidikan Agama Kristen

Hampir sama dengan mata pelajaran pendidikan agama islam, Christian religious education adalah mata pelajaran dalam bahasa inggris yang memiliki topik kekristenan. Dalam mata pelajaran ini, para siswa (khususnya yang beragama Kristen) akan belajar apa-apa saja yang ada pada alkitab dan kekristenan. Tentunya, pelajaran keagamaan adalah pelajaran wajib bagi Negara Indonesia karena Negara Indonesia ini menjadi Negara yang memiliki dasar “KeTuhanan yang Maha Esa”.

26.  Anthropology = Antropologi

Pada mata pelajaran antropologi, kamu akan belajar bagaimana budaya dan perkembangan manusia baik itu tentang perilaku, evolusi sejarah dan sebagainya. Antropologi ini tidak hanya satu, namun ada banyak.

27.  Political Science = Ilmu Politik

Ilmu politik adalah suatu pelajaran yang membuat para siswanya akan mempelajari sistem-sistem politik yang ada pada negaranya. Mata pelajaran ini terdiri dari teori dan praktik-praktik politik selama ini untuk kamu analisa dan bahas.

28.  Veterinary Medicine = Kedokteran Hewan

Hampir mirip dengan kedokteran umum, veterinary medicine adalah mata pelajaran dalam bahasa inggris yang artinya kedokteran hewan. Jika kedokteran mempelajari secara rinci tentang manusia, maka kedokteran hewan akan belajar bagaimana cara mengobati hewan. Tentunya, belajar mengenai kedokteran hewan ini artinya kamu akan mempelajari ilmu-ilmu cadangannya.

Para siswa kedokteran hewan nantinya tidak hanya belajar dari teori, namun dari praktik juga. Karena pada dasarnya hewan tidak bisa berbicara, maka kamu harus lebih memperhatikan gerak-gerik hewan yang akan kamu obati ketika kamu memilih jurusan ini.

29.  Dentistry = Kedokteran Gigi

Jurusan atau mata pelajaran kedokteran gigi ini akan mempelajari tentang kesehatan mulut dan gigi. Para siswa akan belajar apa-apa saja kemungkinan sakit yang akan pasien derita pada rongga mulutnya. Tidak melulu hanya masalah kesehatan gigi saja, menjaga dan mempelajari mata pelajaran dan jurusan kedokteran gigi juga akan membuatmu mempelajari bentuk estetika pada rongga mulut seseorang.

30.  Psychology = Psikologi

Terakhir, ada psikologi yang siap menjadi mata pelajaran yang dapat kamu pelajari. Singkatnya, psikologi ini adalah sebuah ilmu yang menganalisis perilaku dan fungsi dari mental manusia. Seperti yang kamu ketahui, manusia memiliki tiga aspek dalam hidup yang harus terjaga kesehatannya. Ketiganya adalah kesehatan rohani, kesehatan fisik, dan kesehatan mental.

Sudah banyak orang yang menjadi korban akibat dari mental yang dia alami. Maka dari itu, mempelajari psikologi dapat membuatmu membantu mereka yang membutuhkan. Dengan ilmu psikologi ini, kamu akan lebih mengenal diri sendiri, orang lain ataupun bagaimana cara bersikap pada suatu lingkungan,

Mata Pelajaran Mana yang Menjadi Kesukaanmu?

Itulah beberapa mata pelajaran dalam bahasa inggris yang dapat kamu ketahui. Tentunya, setelah tahu apa bahasa inggris dari mata pelajaran tersebut, kamu tidak perlu bingung lagi jika ada yang bertanya kepadamu. Nah, dari semua mata pelajaran yang ada tersebut, yang mana mata pelajaran kesukaanmu? Semoga artikel ini dapat membantumu!

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan komentar