16 Arah Mata Angin dalam Bahasa Inggris: Sifat dan Contoh Kalimatnya

Ketika kita melihat kompas, pastinya kita dapat melihat jarum panjangnya bukan? Jarum panjangnya tersebut, menunjuk ke beberapa huruf, seperti huruf “N” dan juga huruf “S”. Pada sebelah huruf “N” dan “S” terdapat huruf lainnya, yakni huruf “W” dan juga huruf “E”.  Pernahkah kita bertanya, sebenarnya apa maksud dari huruf-huruf tersebut? Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan materi mengenai nama arah mata angin dalam bahasa Inggris untuk anda.

Saat ini, sudah banyak kompas yang menggunakan arah mata angin bahasa Inggris. Inilah salah satu pentingnya belajar arah mata angin bahasa Inggris, kita dapat membaca kompas tersebut dengan tepat tanpa harus merasa kebingungan.

Arah Mata Angin dalam Bahasa Inggris

Mempelajari arah mata angin dalam bahasa Indonesia mungkin sudah kita dapatkan sejak duduk di bangku sekolah dasar. Berbeda jika kita mengenal dan menghafalkan arah mata angin tersebut ke dalam bahasa Inggris.

Dengan kita menghafal arah mata angin ini menggunakan bahasa Inggris, maka kosakata atau vocabulary kita dapat bertambah. Dalam bahasa Inggris, arah mata angin ini dapat kita sebut sebagai  points of the compass.

Sebenarnya, arah mata angin yang paling sering kita gunakan dalam kegiatan sehari-hari, hanya ada delapan. Kedelapan arah mata angin ini antara lain:

  • Utara (North)
  • Selatan (South)
  • Barat (West)
  • Timur (East)
  • Tenggara (Southeast)
  • Barat Daya (Southwest)
  • Barat Laut (Northwest)
  • Timur Laut (Northeast)

Namun, arah mata angin ini dapat berkembang menjadi 16. Mau tahu apa sajakah itu, berikut ini adalah 16 nama arah mata angin dalam bahasa Inggris beserta dengan arti dan juga kodenya. Untuk memberikan pemahaman yang lebih jelas lagi, kami berikan dalam bentuk tabel.

Tabel Arah Mata Angin

NoArah Mata AnginSingkatanPoints of the CompassCode
1UtaraUNorthN
2Utara Timur LautUTLNorth NortheastNNE
3Timur LautTLNortheastNE
4Timur Timur LautTTLEast NortheastENE
5TimurTEastE
6Timur TenggaraTTGEast SoutheastESE
7TenggaraTGSoutheastSE
8Selatan TenggaraSTGSouth SoutheastSSE
9SelatanSSouthS
10Selatan Barat DayaSBDSouth SouthwestSSW
11Barat DayaBDSouthwestSW
12Barat Barat DayaBBDWest SouthwestWSW
13BaratBWestW
14Barat Barat LautBBLWest NorthwestWNW
15Barat LautBLNorthwestNW
16Utara Barat LautUBLNorth NorthwestNNW

Mengenal Cardinal dan Intercardinal

Ketika kita belajar arah mata angin, maka kita akan mengenal cardial dan juga intercardinal point. Kedua hal ini saling berkaitan dan memberikan pengaruh satu sama lain.

Cardinal point merupakan empat titik utama yang kita gunakan sebagai pedoman dalam menentukan arah dalam kompas. Keempat titik utama atau cardinal point ini yaitu utara (nort), selatan (south), timur (east), dan juga barat (west).

Sedangkan untuk intercardinal point merupakan empat titik tambahan yang ada di antara dua titik arah utama. Intercardinal point atau empat titik tambahan ini terdiri dari, barat laut (northwest), barat daya (southwest), tenggara (southeast), dan juga  timur laut (northeast).

Sifat Arah Mata Angin dalam Kalimat Bahasa Inggris

Seperti materi yang sudah kita pelajari sebelum-sebelumnya. Setiap kata di dalam bahasa Inggris mempunyai jenis dan kelompok sendiri.

Begitu pula dengan arah mata angin. Dalam bahasa Inggris, arah mata angin ini mempunyai jenisnya sendiri.

Tidak hanya satu jenis saja melainkan ke dalam beberapa jenis sekaligus. Arah mata angin dalam bahasa Inggris ini termasuk ke dalam tiga jenis kata, yakni adverb (keterangan), noun (benda), dan juga adjective (sifat).

Arah Mata Angin dalam Bahasa Inggris

Contoh Kalimat Menggunakan Arah Mata Angin Bahasa Inggris

Apakah anda masih bingung untuk menggunakan arah mata angin ke dalam kalimat bahasa Inggris? Di bawah ini kami akan memberikan beberapa contoh kalimat yang menggunakan arah mata angin.

Sebelum kita belajar membuat contoh kalimatnya, ada beberapa catatan penting yang harus anda perhatikan. Agar kita dapat membedakan apakah suatu arah mata angin ini tengah kita gunakan sebagai noun (kata benda) atau adverb (kata keterangan), maka perhatikan preposition yang akan anda gunakan.

Beberapa contoh preposisi atau preposition ini antara lain seperti from, at, dan juga in. Preposisi ini menunjukkan bahwa mata arah angin ini berfungsi sebagai noun atau kata benda yang memiliki makna suatu tempat maupun wilayah yang berada di arah tersebut.

Sementara itu, fungsi mata arah angin sebagai kata sifat atau adjective dapat kita lihat dari penggunaannya yang berkaitan dengan nama benda atau sebuah wilayah. Yang mana selanjutnya, ejaan huruf depannya berubah menjadi kapital dan menyesuaikan nama tempat yang diberikan sifat tersebut. Misalnya saja, Southeast Asia, East Java, West Sumatra, etc.

Contoh Kalimat Arah Mata Angin Sebagai Kata Benda atau Noun

Arah mata angin dalam bahasa Inggris akan berbentuk kata benda jika arah mata angin tersebut diutarakan sebagai benda. Artinya nama arah mata angin tersebut berkonotasi sebagai sesuatu hal yang berwujud.

Biasanya, bentuk ini kerap digunakan saat membicarakan arah yang kaitannya memang erat dengan tempat. Untuk lebih jelasnya, cobalah untuk memahami contoh di bawah ini dengan seksama.

  • The blue fined carp that you saw yesterday comes from the east. (Ikan mas bersirip biru yang Anda lihat kemarin berasal dari timur)
  • Argentina is located on south America. (Argentina terletak di bagian selatan benua Amerika)
  • The Merapi Mountain located in the north and the Parangtritis beach located on the south (Gunung Merapi terletak di bagian Utara dan pantai Parangtritis terletak di sebelah selatan.
  • The coconut tree are stands at the north the beach. (Pohon kelapa itu berada di bagian Utara dari pantai)
  • We spent our next holiday in the west Singkawang again (Kita akan menghabiskan waktu liburan selanjutnya di bagian barat Singkawang lagi)
  • Our beloved teacher giving instruction to going at the northeast until we see the big rock (Guru kesayangan kita memberikan instruksi untuk pergi ke arah timur laut sampai kita melihat batu yang besar)

Contoh Kalimat Arah Mata Angin Sebagai Kata Sifat atau Adjective

Bentuk kalimat arah mata angin dalam bahasa Inggris yang kedua adalah bentuk menjadi kata sifat atau adjective. Berbeda dengan bentuk yang pertama, pada bentuk yang ini arah mata angin merupakan sebuah kata yang mempunyai arti cukup luas.

Yang paling sering digunakan misalnya makna South East Asia, North America, Middel East dan lain sebagainya. Biasanya keterangan tersebut adalah keterangan untuk menunjukan daerah dari suatu wilayah.

Kadang pula, arah menjadi sifat saat membicarakan sesuatu kejadian seperti the west wind, the north east wind dan lain sebagainya. Untuk lebih jelasnya, pahami contoh di bawah ini.

  • Timor Leste is a country that located in SouthEast Asia, like our country Indonesia (Timor Leste adalah negara yang terletak di Asia Tenggara, sama halnya dengan negara kita, Indonesia)
  • The fight between Manny Pacquiao and Floyd Mayweather Jr Will be jelas ini the Middle East again this year (Pertarungan antara Manny Pacquiao dengan Floyd Mayweather Jr bakal kembali digelar di Timur Tengah lagi, tahun ini)
  • Emperor Penguins live at the South Pole while on the North Pole bacame a suitable land for the Polar Bears. (Pinguin-pingun Emperor hidup di Kutub Selatan, sedangkan Kutub Utara menjadi tempat yang nyaman untuk para Beruang Kutub)
  • According to the data, Brazil that located in South America is the world’s largest bean production while Indonesia at the number four (Menurut data, Brazil yang terletak di Amerika Selatan adalah penghasil biji kopi terbesar di dunia di mana Indonesia berada di tempat ke empat)
  • In Indonesia, the east wind is considered the dryest wind that bring the dry season around March until June (Di Indonesia, angin timur yang lebih kering akan membawa musim kemarau yang terjadi dari bulan Maret hingga bulan Juni)
  • BTS is a South Korean’s boyband that being loved all over the world (BTS adalah boyband dari Korea Selatan yang dicintai semuanornagbdi seluruh dunia)
  • The South China Sea, are located near Philippines (Laut China Selatan terletak di dekat negara Filipina)

Contoh penggunaan arah mata angin sebagai kata keterangan (adverb) dalam kalimat bahasa Inggris

Yang terakhir, arah mata angin dalam bahasa Inggris dapat berwujud dalam bentuk kata keterangan. Tanpa berlama-lama lagi silahkan pahami contohnya di bawah ini dengan seksama.

  • Muklis the son of Gembul is to the west of Java. (Muklis anak dari Gembul pergi ke bagian barat dari Jawa)
  • After that, you have to turn east into Pemuda Membangun Negeri road to find my house. (Selanjutnya Anda tinggal berbelok ke arah timur ke jalan Pemuda Membangun Negeri untuk menemukan rumah saya)
  • My Girlfriend is a few kilometers east of here. Apparently about, 60 kilometers away (Pacar saya berada beberapa kilometer ke arah timur dari tempat ini. Mungkin sekitar 60 kilometer lagi)
  • My house is of north Gembul house in Pemuda Membangun Negeri road (Rumah saya berada di utara rumah Gembul yang ada di jalan Pemuda Membangun Negeri)
  • He live on the small house, his house is of west The Mosque (Dia hidup di sebuah rumah kecil, rumahnya ada di barat Masjid)
  • That old man just left this place already, you have turn northeast to see him (Orang tua itu baru saja pergi dari tempat ini, anda tinggal pergi ke arah timur laut untuk bertemu dengannya)

Tips Memahami Perbedaan Bentuk Arah Mata Angin dalam Bahasa Inggris lebih Mudah

Membedakan arah mata angin dalam tidak bentuk tersebut memang susah-susah gampang. Namun bukan berarti tidak ada trik dan tips untuk menghapalkannya dengan mudah.

Dalam membedakan arah antara angin berbentuk non atau adverbial coba lihat bagian preposisi yang digunakan. Jika suatu kalimat menggunakan preposisi “in”, “at” dan “from” berarti kalimat tersebut arah mata anginnya menjelaskan suatu tempat atau artinya berbentuk noun.

Selain itu, bentuk arah mata angin adjective juga terbilang mudah diketahui. Karena biasanya, bentuk arah mata angin sebagai adjective akan ditulis dengan huruf kapital, jika tidak biasanya penulis akan mengawalinya dengan “The”.

Kosakata yang Sering Berhubungan dengan Arah Mata Angin

Setelah kita sudah mengetahui contoh kalimat bahasa Inggris yang menggunakan arah mata angin, pastinya semakin mudah untuk memahaminya. Selain itu anda juga bisa belajar membuatnya sendiri dengan rajin berlatih.

Agar dapat membuat kalimat yang baik dan benar serta bervariatif, berikut ini adalah beberapa kosakata yang berkaitan dengan arah mata angin dalam bahasa Inggris.

  • Bearing (artinya posisi tepat), biasanya posisi ini diukur dari arah utara
  • Cardinal Points (artinya poin kardinal, mata angin utama)
  • Compass (artinya kompas, yang mana berfungsi sebagai alat untuk menentukan arah dengan bantuan jarum)
  • Eastwards (artinya ke arah timur)
  • Northwards (artinya ke arah utara)
  • Westhwards (artinya ke arah barat)
  • (to) Face (artinya menghadap, mengarah)
  • Southwards (artinya arah selatan)
  • (to) Go (artinya pergi, menuju)
  • (to) Turn (artinya berbelok)

Contoh kalimat:

  • I feel I’ve lost my bearings, until I saw Mr. Gembul sleeping under the tree (Saya rasa saya kehilangan posisi yang tepat, sampai saya melihat pak Gembul tidur di bawah pohon)
  • I left my compass at home, cah I borrow yours? (Kompas saya tertinggal, bolehkan saya meminjam punya Anda?)
  • The fish are swimming southwards (Ikan-ikan berenang menuju ke arah selatan)
  • If you want to came to my house, go into Pemuda Membangun Negeri and then turn right when you see The INDOAPRIL Supermarket (Jika anda ingin pergi ke rumah saya, silahkan pergi ke jalan Pemuda Membangun Negeri dan beloklah ke kanan saat anda melihat INDOAPRIL Supermarket)
  • Our friends running westwards after that killer teacher saw us(Teman-teman kita berlari ke arah barat saat guru galak itu melihat ke arah kita)
  • Kera Sakti Goong eastwards with how teacher to find the holly book (Kera Sakti pergi menuju ke timur bersama bersama dengan gurunya untuk mencari buku suci)
  • Green building that face to north is Gembul House (Bangunan hijau yang menghadap ke arah utara itu adalah rumah gembul)

Pentingnya Memahami Arah Mata Angin Dalam Bahasa Inggris

Bagi anda yang mengunjungi dan juga membaca materi ini, mungkin tidak membutuhkan contoh kalimat bahasa Inggris yang menggunakan arah mata angin. Akan tetapi, bagi anda yang tengah belajar bahasa Inggris, pengetahuan tentang arah mata angin ini cukup penting untuk kita ketahui melalui contoh kalimatnya.

Sebab, akan lebih memberikan pemahaman yang jelas. Melalui contoh kalimatnya ini dapat menjadi bahan penunjang untuk pembelajaran yang sangat membantu.

Terutama dalam menambah pembendaharaan kosakata dalam bahasa Inggris atau sering kita sebut sebagai vocabulary. Selain itu, arah mata angin ini juga termasuk ke dalam subjek yang sering kita gunakan pada kehidupan setiap harinya.

Misalnya saja untuk menentukan arah mata angin saat kita sedang berada dalam perjalanan. Sehingga kita tidak akan tersesat atau hilang arah. Bagi umat Islam, arah mata angin ini juga bisa kita gunakan untuk menentukan arah kiblat

Itulah tadi materi tentang arah mata angin dalam bahasa Inggris yang dapat kita pelajari. Dengan mempelajari materi ini, maka wawasan kita mengenai bahasa Inggris akan bertambah dan semakin mahir bahasa Inggris.

Tinggalkan komentar