Materi Accepting and Declining Invitation dalam Bahasa Inggris

Satu dua kali kamu pasti pernah menerima undangan ke pesta ulang tahun teman atau saudara. Apa yang akan kamu katakan jika menerimanya atau menolak undangannya? Dalam bahasa Inggris, kamu bisa mempelajari materi ini dalam accepting and declining invitation.

Pembelajaran accepting and declining invitation dalam bahasa Inggris ini akan membantu kamu menjawab undangan dari orang lain. Artikel berikut ini akan membahas lebih detail tentang frasa atau kalimat yang biasa digunakan untuk menerima atau menolak undangan.

Materi Giving Invitation dalam Bahasa Inggris

Making / Giving invitation artinya membuat/memberi undangan kepada seseorang untuk menghadiri suatu acara atau peristiwa tertentu. Untuk memulainya, cobalah untuk menggunakan frasa making invitation informal dan formal berikut ini:

Informal invitation

Dalam informal invitation, kamu hanya meminta orang lain untuk datang dalam suatu acara atau pertemuan tanpa harus membuat janji sebelumnya. Kamu bisa mengirimkan undangan baik lewat telepon, pesan text, atau secara langsung. Untuk making invitation informal, kamu bisa menggunakan ungkapan berikut ini:

1. Let’s + verb?

Contohnya:

  • Let’s go to the movies tonight. (Mari kita pergi nonton bioskop malam ini.)

2. How about + verb-ing?

Contohnya:

  • How about doing math homework this weekend at my house? (Bagaimana dengan mengerjakan tugas matematika malam minggu ini di rumahku?)

3. Why don’t we + verb?

Contohnya:

  • Why don’t we go to Jogja tomorrow morning? (Mengapa kita tidak berangkat ke Jogja besok pagi?)

4. Do you want + infinitive verb?

Contohnya:

  • Do you want to go horse riding with me? (Apakah anda ingin pergi berkuda dengan saya?)

Saat kamu ingin mengundang seseorang dan berencana untuk mentraktir mereka atau mendanai kegiatan mereka, gunakan beberapa frasa berikut ini. Frasa ini akan mengisyaratkan kepada seseorang yang diundang agar tidak usah memberikan bayaran. 

  • Why don’t we eat together at that Japanese restaurant? It’s on me. (Mengapa kita tidak makan bersama di restoran Jepang itu? Serahkan padaku).
  • Let’s go to the concert tonight. I’m buying. (Mari kita pergi ke konser malam ini. Saya yang bayar)
  • No, I’ll pay this bill. You are my guest. (Tidak, saya akan membayar tagihan ini. Kamu adalah tamuku)
  • Let’s go karaoke tonight. My treat. (Ayo pergi karaoke malam ini. Saya yang traktir)

Formal Invitation

Jika kamu ingin mengundang seseorang secara formal, seperti mengundang guru untuk menunjukkan rasa hormat dan kesopanan yang tinggi. Kamu bisa menggunakan beberapa frasa berikut ini:

  • It would be my pleasure if you would attend my sister’s wedding this Saturday. (Saya sangat senang jika Anda dapat menghadiri pernikahan saudara perempuan saya pada hari Sabtu ini.)
  • Would you like to join the 9th graders for dinner at the East restaurant? (Apakah Anda ingin bergabung dengan siswa kelas 9 untuk makan malam di restoran Timur?)
  • May I have the honor of your presence at the school performance tonight? (Bolehkah saya mendapat kehormatan atas kehadiran Anda di pertunjukan sekolah malam ini?)
  • I would like to ask you to be a speaker in a student dialogue this coming Thursday. (Saya ingin meminta Anda untuk menjadi pembicara dalam dialog pelajar pada Kamis mendatang.)

Accepting Invitation dalam Bahasa Inggris

Accepting and Declining Invitation

Nah, setelah mempelajari cara membuat undangan, Kamu juga perlu mempelajari cara menanggapi undangan ketika seseorang mengundangmu. Hal terpenting yang harus diingat saat menanggapi undangan adalah selalu berterima kasih kepada orang yang mengundang, meskipun Kamu terpaksa menolaknya. Hal ini semata-mata sebagai rasa hormat kepada orang yang mengundangmu.

Berikut adalah beberapa bentuk kalimat untuk accepting an invitation:

  • Sure, that would be great to be at the movie party tonight. (Tentu, akan menyenangkan berada di pesta film malam ini.)
  • I think joining you for the farewell party would be nice. Thank you for your offer. (Saya pikir bergabung dengan Anda untuk pesta perpisahan akan menyenangkan. Terima kasih atas tawaran Anda.)
  • Thank you very much for inviting me to this important event. I will be there on time. (Terima kasih banyak telah mengundang saya ke acara penting ini. Saya akan berada di sana tepat waktu.)
  • I would love to accompany you to go to the event. (Saya akan menemani Anda pergi ke acara tersebut.)

Declining Invitation dalam Bahasa Inggris

Accepting and Declining Invitation

Sementara, jika kamu tidak dapat menerima undangan tersebut, kamu bisa menanggapinya dengan menggunakan salah satu frasa di bawah ini. Berikut contohnya:

  • We appreciate your invitation to inaugurate your new restaurant, but I won’t be able to go because I’m attending a dinner with my extended family. (Kami menghargai undangan Anda untuk meresmikan restoran baru Anda, tetapi saya tidak dapat pergi karena saya menghadiri makan malam bersama keluarga besar saya.)
  • I wish I could come and support you on match day, but I have already agreed to attend my cousin’s wedding out of town. (Aku berharap bisa datang dan mendukungmu di hari pertandingan, tapi aku sudah setuju untuk menghadiri pernikahan sepupuku di luar kota.)
  • Thank you for inviting me to the school farewell party, but I’m afraid I can’t come because I have to attend an international conference abroad. (Terima kasih telah mengundang saya ke pesta perpisahan sekolah, tetapi saya khawatir saya tidak bisa datang karena harus menghadiri konferensi internasional di luar negeri.)

Contoh Dialog Accepting and Declining Invitation

Accepting and Declining Invitation

Berikut ini contoh dialog accepting and declining invitation yang bisa kamu coba bersama rekanmu.

Contoh Dialog Accepting Invitation beserta Artinya

Andy : Let’s go fishing this afternoon.

Alex : That would be nice. Do you have a fishing rod?

Andy : Of course. My father has one. I’ll lend it to you.

Alex : Thank you.

Terjemahan 

Andy: Ayo pergi memancing sore ini.

Alex: Itu akan menyenangkan. Apakah Anda memiliki alat pancing?

Andi : Tentu saja. Ayahku punya satu. Aku akan meminjamkannya padamu.

Alex : Terima kasih.

Contoh Dialog Declining Invitation beserta Artinya

Andy: Let’s go fishing this afternoon.

Alex : I wish I could, but I already agreed to go to my cousin’s birthday party. Maybe next time.

Andy : Okay. I will contact you next time.

Terjemahan

Andy: Ayo pergi memancing sore ini.

Alex : Saya berharap saya bisa, tapi saya sudah setuju untuk pergi ke pesta ulang tahun sepupu saya. Mungkin lain kali.

Andi : Okay. Aku akan menghubungimu lain kali.

Itulah materi kelas 10  tentang accepting and declining invitations. simak juga materi yang lainnya yaitu mengenai Contoh-Contoh Sequence Conjunction dalam Bahasa Inggris ya!

Tinggalkan komentar