6 Etika Meminta Tolong dan Alasan Melakukannya

6 Etika Meminta Tolong dan Alasan Melakukannya

Dalam kehidupan bermasyarakat dengan peran makhluk sosial, manusia membutuhkan bantuan. Tapi saat melakukan permintaan tersebut tentunya ada etika yang harus terpenuhi. Hal ini juga biasa orang kenal dengan istilah etika meminta tolong yang belum banyak sebagian besar kalangan mengerti.

Orang tua, seharusnya menerapkan etika kepada anaknya sejak masih kecil. Agar sebelum terjun ke masyarakat dan lingkungan yang jauh lebih besar dapat membuat anak terbiasa sopan santun terutama dalam meminta tolong. Hal ini juga sangat perlu terimplementasi dalam lingkungan pendidikan formal.

Etika Meminta Tolong

Biar bagaimanapun juga, meminta tolong berarti seseorang membutuhkan pertolongan dari pihak lain. Dengan artinya, tidak dapat bekerja sendiri tanpa adanya bantuan yang orang lain berikan. Maka dari itu, simak sejumlah penjelasan berikut ini agar kita pahami dengan lebih mudah.

6 Etika Saat Minta Tolong Supaya Tetap Sopan

Pembahasan pertama terkait dengan etika meminta tolong yang mungkin belum banyak orang ketahui. Biasanya, permintaan bantuan ini kita lakukan lantaran sudah tidak lagi menemukan solusi yang sekiranya bisa menyelesaikan permasalahan.

Serta merasa pihak luar justru dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang kita hadapi. Selain itu, meminta tolong bukan hanya persoalan yang berkaitan dengan uang. 

Tetapi juga bisa karena sejumlah masalah lainnya yang bernilai penting bagi seseorang. Maka dari itu simak penjelasan selengkapnya berikut ini:

1. Mengucapkan Kata Tolong

Pertama sebagai etika meminta tolong adalah terbiasa untuk mengucapkan kata tolong. Ini merupakan dasar wajib, jika membutuhkan pertolongan orang lain dengan pengakuan butuh uluran tangan atau bantuan.

Tetapi, justru banyak orang terkadang gengsi untuk mengucapkan kata sederhana tersebut karena berbagai alasan. Contohnya saja karena tidak terbiasa mengucapkan kata dasar untuk meminta pertolongan ini sedari kecil.

Padahal kalimat tolong merupakan hal wajar terucap oleh seseorang kepada orang lain terutama saat butuh bantuan. Biasakan mengucapkan kata tolong, jika hendak meminta bantuan pada pihak luar.

2. Mencari Waktu yang Tepat

Berikutnya yang menjadi etika meminta tolong adalah harus mencari waktu yang kita anggap tepat. Jangan sampai meminta tolong justru di saat seseorang tidak memungkinkan untuk memberikan bantuan pada pembaca.

Contohnya saja seseorang sedang bekerja atau juga terkena musibah tak akan bisa membantu. Bukannya membantu hal tersebut justru mungkin membuat orang yang kita mintai bantuan merasa keberatan.

Maka dari itu, sebelum memulai mengucapkan kalimat tolong alangkah baiknya untuk menanyakan kabar serta keberadaannya. Hal ini, dilakukan untuk memastikan apakah seseorang yang dituju sedang sibuk dan berhalangan atau tidak.

3. Menggunakan Bahasa Sopan

Etika meminta tolong berikutnya harus menggunakan bahasa yang sopan. Karena bagaimanapun juga pihak pengguna berarti berada di posisi butuh pertolongan bukan memberi perintah.

Jadi, gaya bicara dan tatanan bahasa juga harus menyesuaikan untuk menyampaikan kalimat agar lebih tepat dan mudah dimengerti. Jika menggunakan kalimat bernada kasar, pastinya tidak akan membuat orang bersimpati untuk menolong.

Apalagi memberikan nada tinggi dan perintah cenderung kasar, akan membuat seseorang beranggapan bahwa peminta tolong tidak beretika. Lalu, jangan lupa juga bahwasanya permintaan tolong ini tidaklah memberatkan.

4. Tidak memaksa

Selanjutnya yang termasuk dalam bagian etika meminta tolong tidaklah memaksa. Karena bagaimanapun, bantuan yang diberikan sifatnya sukarela alias tanpa pamrih dan harapan akan dibalas kembali.

Tidak ada jaminan bahwasanya permintaan tolong yang diucapkan ini akan berhasil diterima atau juga ditolak. Jika hal tersebut terjadi, maka pengguna harus telah menyiapkan hati dan diri dan untuk ini.

Jangan pernah patah semangat apabila tidak mendapatkan bantuan dari satu pihak. Karena pastinya semua masalah yang ada akan memiliki jalan keluar tersendiri apabila bersungguh-sungguh untuk menemukannya.

5. Memberi Jeda Waktu

Bagaimanapun juga meminta bantuan orang lain berarti tidak bisa menentukan kapan bantuan tersebut bisa diberikan. Contohnya tidak memburu seseorang ketika meminta bantuan, karena mungkin saja orang lain memiliki kesibukan yang tidak pengguna ketahui. 

Jika berbuat demikian dapat membuat hubungan menjadi rusak. Serta akan membuat orang yang dimintai tolong merasa tidak nyaman dengan peminta tolong.

Besar kemungkinan di kemudian hari tidak akan memberikan bantuan apa pun. Walau hanya sekedar pekerjaan ringan saja jadi untuk itu, kedua belah pihak harus mengerti satu sama lain.

6. Mengucapkan Terima Kasih

Ini mungkin banyak terlupakan oleh sebagian besar orang ketika meminta tolong pada orang lain. Hal tersebut yaitu dengan mengucapkan rasa terima kasih karena telah memberikan bantuan.

Padahal sebenarnya hal ini juga harus terucap walau seseorang tersebut tidak bisa membantu karena adanya beberapa alasan. Terlebih lagi sudah pasti wajib kita sampaikan bagi penolong yang bersedia membantu.

Atau bisa juga hanya sekedar rasa terima kasih telah bersedia mendengar keluh kesah pengguna tanpa bantuan nyata lainnya. Bagaimanapun juga yang termasuk dalam bagian adab dalam meminta pertolongan.

Manfaat Melakukan Etika Meminta Tolong

Berikutnya terkait sejumlah penjelasan singkat yang terkait dengan manfaat yang bisa kita rasakan jika menerapkan etika dalam meminta tolong ini. Secara tidak langsung sebenarnya hal ini memang memiliki dampak besar tetapi terkadang sering terabaikan. Padahal jika kita terapkan akan sangat berguna.

Dalam kehidupan bermasyarakat, etika merupakan suatu kebutuhan yang sangat penting. Jika seseorang tidak memiliki etika, akan dianggap memiliki karakter buruk.

Serta dengan berbagai penilaian negatif membuat orang enggan untuk berbaur serta juga memberi bantuan kepadanya. Untuk itu, simak beberapa manfaat dari melakukan berbagai etika dalam meminta tolong.

1. Dianggap Sopan

Manfaat pertama dengan menerapkan etika dalam melakukan permintaan tolong adalah anggapan lebih sopan. Bagaimanapun juga citra diri positif harus kita bangun dalam kehidupan sosial kita.

Hal ini akan menjadi tolak ukur penilaian orang lain kepada dirinya dalam kehidupan. Sementara jika seseorang telah tertandai tidak sopan pasti akan mengalami berbagai hal hal negatif.

Contohnya saja terkucilkan dalam lingkup pergaulan. Termasuk sulit mendapat bantuan ketika menghadapi suatu permasalahan yang bernilai besar.

baca juga : Cara Menghormati Teman yang Sedang Sakit dan Berduka – Visitpare.com

2. Agar Tidak Dibenci

Manfaat berikut ini yang juga harus kita ketahui adalah agar tidak dibenci oleh orang lain. Karena bagaimanapun juga seseorang pasti tidak akan menyukai orang bertindak kasar. Serta tidak paham bagaimana etika dalam melakukan sebuah tindakan.

Dengan memahami nilai dan norma termasuk etika ini, membuat seseorang tidak akan membenci kita. Juga akan membuat hidupnya jauh lebih tentram dan nyaman. 

Karena semua terasa menyenangkan ketika harus berhubungan dengan pihak luar dan orang baru  yang kita temui. Jadi, sudah sepatutnya setiap orang paham terkait dengan pelajaran mendasar ini.

Walau terdengar sederhana tetapi kata tersebut memiliki makna mendalam dan  positif. Jadi, tidak heran orang lain menilai hanya berdasarkan tutur kata dan bagaimana sikapnya.

Itulah berbagai penjelasan terkait dengan manfaat etika meminta tolong yang harus kita pelajari. Karena bagaimanapun juga semua kebiasaan baik tersebut harus tertanam sejak anak masih kecil. Serta nanti akan terbawa sampai dirinya dewasa dan bermasyarakat.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.