Cara Menghormati Teman yang Sedang Sakit dan Berduka

Cara Menghormati Teman yang Sedang Sakit dan Berduka

Ketika seseorang sedang mengalami musibah perlu dukungan moral agar lebih tegar dalam menghadapinya. Termasuk kepada teman dekat yang mungkin saat ini sedang tertimpa musibah. Berbagai cara menghormati teman yang sedang mengalami musibah dapat dilakukan sebagai bentuk dukungan dan kasih sayang.

Saat tertimpa musibah yang dibutuhkan adalah orang-orang baik di sekitarnya yang bersedia mendukung untuk lebih kuat menghadapi musibah. Sebagai pihak yang mendukung sudah sepatutnya melakukan cara-cara yang baik untuk menghibur yang sedang tertimpa musibah.

Pentingnya Menghormati Teman

Baik itu teman dekat maupun teman biasa sangat penting untuk dihormati dalam keadaan apapun. Terutama saat ia sedang berduka, perlu untuk menghormati keadaannya dan menguatkannya. Selain itu ada beberapa hal pentingnya menghormati teman seperti berikut ini:

1. Membantu Teman Lebih Kuat Menghadapi Keadaannya

Kepada siapa pun sangat penting untuk saling menghormati terutama pada teman yang telah lama dikenal. Terlebih saat teman sedang mengalami sebuah musibah tentu perlu untuk menghormati keadaannya. Berbagai cara dalam menghormati teman yang mendapat musibah bisa dilakukan agar ia lebih tegar.

2. Teman Merasa Dihargai Kala Temannya yang Lain Selalu Ada

Kepedulian kepada teman yang sedang tertimpa musibah akan membuatnya merasa bahwa teman-temannya selalu ada. Menjadi teman yang selalu ada tentu salah satu caranya dengan berusaha menghormati dan menghargainya. Hal ini yang akan membuat seseorang senantiasa kuat melewati hari-harinya.

3. Menjaga Hubungan Pertemanan Tetap Baik

Saling menghormati antar teman akan menjadikan hubungan pertemanan tetap baik. Sebuah pertemanan akan berjalan langgeng ketika isinya adalah orang-orang yang saling menghormati. Terlebih jika mampu saling menguatkan ketika satu di antaranya sedang tertimpa musibah.

Cara Menghormati Teman Saat Berduka Cita

Menjadi support system bagi teman yang berduka adalah hal mulia. Terlebih jika teman sedang kehilangan salah satu anggota keluarga yang dicintainya. Situasi seperti itu basa menjadi hal terberat untuk dilalui. Ini cara menghormati teman yang bisa dilakukan saat sedang berduka:

1. Hadir untuk Melayat

Sempatkan untuk melayat ketika mendengar teman sedang berduka. Meski tidak harus tepat pada hari meninggalnya, usahakan untuk tetap hadir mungkin di hari lain. Ini sebagai bentuk dukungan pada teman yang mungkin masih sulit melalui hari-harinya pasca kehilangan.

Terlebih jika yang meninggal adalah orang terdekat misal orang tua tentu akan sangat berat sekali. Saat melewati hari-hari pasti perlu mendapat dukungan dari orang di sekitarnya. Sebagai teman yang baik usahakan untuk hadir memberi support.

2. Tidak Menanyakan Penyebab Kematian

Ini terdengar sepele namun sebaiknya jangan dilakukan. Meski sebenarnya masih banyak yang saat hadir melayat menanyakan penyebab kematian. Penting diketahui sebenarnya sangat berat bagi seseorang yang sedang kehilangan untuk menceritakan kembali kronologis kematian orang yang disayanginya.

Oleh karena itu, ketika hadir melayat cukup memberikan dukungan tanpa menanyakan kronologis kematian. Sebisa mungkin buat suasana berduka tidak membuat yang kehilangan semakin sedih. Orang yang sedang kehilangan mungkin juga masih sulit untuk berbicara banyak jadi hormatilah.

3. Bersedia Ikut Mendoakan

Selain kedua cara tadi, cara menghormati teman saat berduka yang terbaik adalah dengan bersedia mendoakan. Terlebih lagi jika membantu mendoakan di tempat bersama dengan para tamu lain. Hal ini akan lebih baik dibandingkan dengan menanyakan penyebab kematian.

Doakan juga teman yang ditinggalkan agar mendapat kekuatan menjalani hari-harinya. Jika belum sempat hadir pada hari dimana teman sedang berduka, kirim doa melalui HP. Sebagai bentuk dukungan dan menghormati teman, kirimkan doa melalui WA pribadi.

4. Ucapkan Kata-Kata yang Baik

Ketika seseorang berduka tidak butuh mendengarkan banyak hal termasuk membicarakan hal-hal tidak penting. Jadi jaga diri agar tidak berbicara buruk atau berbicara yang tidak penting terutama saat melayat. Baik itu pada yang sedang berduka atau pada orang lain di sekitarnya.

5. Tidak Berfoto di Rumah Duka

Ini yang biasanya agak sulit untuk menghindarinya yakni berfoto pada setiap momen. Usahakan saat melayat tidak mengambil gambar terutama pada pihak yang berduka atau bahkan memfoto jenazah. Hal ini akan sangat mengganggu pihak yang sedang kehilangan dan orang di sekitarnya.

Jika ingin berbagi berita agar teman lain agar ikut melayat cukup bagikan berita tanpa foto. Hal ini sebagai bentuk cara menghormati teman yang sedang berduka. Selain itu dengan tidak berfoto bisa membuat suasana duka tetap khidmat.

Cara Menghormati Teman yang Sedang Sakit Ketika Menjenguk

Memberi dukungan pada teman yang sedang sakit juga penting agar lebih bersemangat berjuang menghadapi penyakitnya. Berikut ini cara menghormati teman yang sedang saat menjenguknya:

1. Menjenguk Bukan pada Jam Istirahat

Pertama jangan menjenguk teman yang sedang sakit saat jam-jam istirahat. Siapapun yang sedang sakit perlu waktu lebih banyak waktu untuk beristirahat. Jadi perhatikan jam sebelum berkunjung atau tanya saja lewat WA kapan bisa dijenguk.

Hal ini sebagai bentuk cara menghormati teman agar tidak mengganggu waktu istirahatnya. Selain itu agak tidak sopan jika menjenguk teman yang sedang sakit di sembarang waktu. Terutama jika menjenguknya di rumah sakit yang sudah jelas jam besuknya.

2. Tidak Membawa Banyak Teman Saat Menjenguk

Menjenguk teman yang sakit baik di rumah pribadi atau di rumah sakit tidak perlu membawa banyak teman. Bagi teman yang sedang sakit selain membutuhkan dukungan juga butuh suasana tenang. Jadi jangan membawa banyak teman saat menjenguk teman yang sedang sakit. 

3. Jaga Privasi Teman

Cara menghormati teman yang sedang sakit berikutnya adalah dengan menjaga privasinya. Salah satu caranya yakni tidak nyelonong masuk ke kamarnya. Ketuk pintu dahulu dan tunggu hingga diperkenankan masuk. Jika teman yang dijenguk sudah membaik keadaannya sebaiknya tunggu di luar kamar.

Tunggu hingga ia keluar kamar dan bersedia menemui tamu di luar kamar. Jika saat menjenguk teman sakit dan ternyata sedang tidur sebaiknya tinggalkan pesan dan jangan membangunkannya. Hal ini akan lebih menghormati teman yang sedang sakit.

4. Tidak Berlama-Lama

Hilangkan kebiasaan berlama-lama saat mengunjungi teman yang sedang sakit. Terkadang masih ada saja yang suka berlama-lama hingga membicarakan banyak hal bersama teman yang sedang sakit. Hal ini bisa mengganggu waktu istirahatnya.

Mungkin teman tidak enak untuk mengatakan bahwa ia butuh istirahat. Oleh karena itu, yang menjenguk perlu tahu diri untuk tidak berlama-lama di tempat. Jadi jika menjenguk teman sakit sebaiknya tidak lebih dari setengah jam.

5. Hindari Memberi Solusi yang Belum Terbukti

Masih menjadi kebiasaan jika menjenguk orang sakit kemudian sekedar basa basi memberikan solusi untuk penyakitnya. Misalkan menyarankan pengobatan herbal atau menyarankan metode lain yang berkaitan dengan mitos. Padahal hal tersebut belum terbukti kebenarannya.

Oleh karena itu demi menghormati teman yang sedang sakit maka sebaiknya jangan memberikan solusi tersebut sekalipun hanya basa basi. Hal tersebut bisa membuat suasana menjenguk jadi kurang menyenangkan. Hargai proses teman dalam menghadapi penyakitnya tanpa bicara memberi solusi yang aneh-aneh.

Itulah cara menghormati teman ketika tertimpa musibah. Menghormati teman sangat penting karena akan membuat seseorang merasa lebih dihargai. Apapun keadaan teman selalu hargai dan selalu berikan dukungan terbaik.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.