Nama Nama Pohon dalam Bahasa Inggris Beserta Bagian-Bagiannya

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menambah kosakata dalam bahasa Inggris atau vocabulary. Salah satunya adalah dengan mengenal dan menghafalkan nama nama pohon dalam bahasa Inggris.

Ada banyak jenis pohon beserta bahasa Inggrisnya yang dapat kita ketahui. Pada kesempatan kali ini kita akan mempelajarinya secara menyeluruh.

Bacaan Lainnya

Tidak hanya nama nama pohonnya saja akan tetapi kita juga akan belajar tentang bagian bagian pohon, contoh kalimat menggunakan nama pohon dalam bahasa Inggris, hingga belajar membuat paragraf deskripsinya.

Tujuan Seseorang Mempelajari dan Menghafal Nama-nama Pohon dalam Bahasa Inggris

Nama-nama Pohon dalam Bahasa Inggris
Nama-nama Pohon dalam Bahasa Inggris

Dalam mempelajari Bahasa Inggris terutama menguasainya sebaiknya tidak dilakukan secara setengah-tengah. Begitu juga dengan materi menghafalkan kosakata vocabulary-nya, mengingat ruang penggunaan bahasanya memang luas termasuk nama-nama pohon berbahasa Inggris pun juga dibagikan sendiri kedalam materi khususnya.

Dua Tujuan Mempelajari dan Menghafal Nama-nama Pohon Berbahasa Inggris

Sebenarnya seseorang yang akan mempelajari Bahasa Inggris tidak dibutuhkan banyak alasan, namun adanya tujuan mendasari semangat untuk mempelajarinya. Termasuk dalam menghafalkan nama-nama pohon berbahasa Inggris dan berikut akan dijelaskan sedikit tujuannya menjadi dua poin saja mengingat kosakata ini pasti sering dilupakan.

1. Kebutuhan Pendidikan dengan Jurusan Tertentu Mempelajari Flora

Beberapa pendidikan dengan jurusan tertentu memang akan membutuhkan nama-nama pohon berbahasa Inggris. Selain digunakan untuk istilah, terkadang juga akan berhubungan dengan famili setiap floranya sehingga berguna di mata pelajaran serta perkuliahan. Tidak heran jika tujuannya pertama sebagai kebutuhan pendidikannya.

Namun bagi mereka yang tidak sedang dalam proses belajar, tentunya tidak akan berpikir menghafalkan nama-nama pohon mengingat penggunaannya mungkin tidak sering. Oleh sebab itu materi ini sering dilupakan terutama ketika menghafal kosakata Bahasa Inggris padahal tanpa disadari terkadang nama pohon dibutuhkan seseorang termasuk untuk pendidikannya.

2. Membuat Paragraf dan Kalimat Deskripsi tentang Jenis sebuah Pohon

Tujuan kedua tentu saja karena seseorang akan membuat paragraf dan kalimat deskripsi tentang jenis sebuah pohon sehingga membutuhkan nama-nama pohon termasuk bagian-bagiannya. Seperti branch, root, trunk (cabang, akar, batang) dan masih banyak lagi, oleh sebab itulah mereka membutuhkan hafalan tentang materi tersebut.

Menceritakan atau menggambarkan sebuah flora terutama pohon memang harus secara detail meskipun pohon tersebut sudah tidak asing di kalangan masyarakat. Namun tetap saja harus diberikan gambaran detail terlebih menggunakan Bahasa Inggris yang cenderung sulit dimengerti. Dengan menggunakan penjelasan cukup lengkap bagiannya akan lebih mudah mengertinya.

Terlepas dari dua tujuan tersebut, menghafalkan nama-nama pohon dalam Bahasa Inggris memang sudah sewajarnya masuk ke dalam materi menguasainya. Oleh sebab itu harus dihafalkan karena termasuk kosakata penggunaan Bahasa Inggris yang baik dan benar.

Nama Nama Pohon dalam Bahasa Inggris

Dalam bahasa Inggris, pohon kita kenal sebagai tree. Tree (pohon) adalah salah satu spesies tumbuhan hijau yang bisa tumbuh hingga bertahun-tahun.

Pohon memang sudah sangat familiar dalam kehidupan kita. Hutan merupakan salah satu tempat yang dapat kita kunjungi untuk melihat berbagai macam jenis pohon.

Mau tahu apa saja jenis-jenis pohon tersebut beserta namanya dalam bahasa Inggris? Berikut ini akan kami jelaskan kepada anda dalam bentuk tabel. Sehingga dapat memahaminya dengan mudah dan semakin jelas.

Nama Pohon dalam Bahasa Inggris Nama Pohon dalam bahasa Indonesia
Green Champa Pohon Glodokan
Burmese Rosewood Pohon Angsana
Palm Tree Pohon Palem
Banana Tree Pohon Pisang
Coconut Tree Pohon Kelapa
Banyan Tree Pohon Beringin
Oak Tree Pohon Ek
Birch Tree Pohon Betula
Maple Tree Pohon Acer
Fir Tree Pohon Cemara
Poplar Tree Pohon Poplar
Willow Tree Pohon  Dedalu
Pine Tree Pohon Pinus
Linden Tree Pohon Limau
Rowan Tree Pohon Rowan
Chestnut Tree Pohon Berangan
Teak Tree Pohon Jati
Mango Tree Pohon Mangga
Mahogany Tree Pohon Mahoni
Ash Tree Pohon Abu
Beetle Nut Tree Pohon Pinang
Lime Tree Pohon Limau
Breadfruit Tree Pohon Sukun
Fig Tree Pohon Ara
Cherry Tree Pohon Sakura
Starfruit Tree Pohon Belimbing
Guava Tree Pohon Jambu Biji
Acai Tree Pohon Acai
Cashew Tree Pohon Mete
Avocado Tree Pohon Alpukat

Bagian Bagian Pohon dalam Bahasa Inggris

Setelah kita sudah belajar nama nama pohon dalam bahasa Inggris, kini kita belajar materi pendukungnya. Tak salah lagi yaitu bagian bagian pohon dalam bahasa Inggris.

Ini juga menjadi materi yang sangat penting untuk kita pelajari. Tentu saja juga bisa menambah vocabulary, sehingga kemampuan berbahasa Inggris kita menjadi semakin meningkat.

Bagi sebagian orang, mungkin hanya mengenal bagian pohon secara umum saja. Seperti akar, batang, dahan, ranting, dan daun.

Padahal masih ada bagian pohon lainnya yang tak kalah penting untuk kita pelajari. Berikut ini adalah penjelasan mengenai materinya untuk anda.

Annual Ring atau Lingkaran Tahun

Lingkaran tahun ini merupakan gabungan antara lapisan pohon yang berwarna lebih terang atau light colored dengan warna yang lebih gelap atau dark colored. Light colored ini menandakan bahwa usia pohon tersebut masih terbilang muda.

Sedangkan untuk dark colored ini menandakan bahwa usia pohon tersebut sudah cukup tua. Annual ring ini dapat kita lihat pada bagian dalam batang pohon.

Misalnya saja ketika pohon kita tebang, maka annual ring ini akan jelas terlihat. Satu buah annual ring atau lingkaran pohon berarti menunjukkan bahwa pohon tersebut telah berusia selama satu tahun.

Bark atau Kulit Kayu

Bagian pohon yang lainnya adalah bark atau sering kita sebut sebagai kulit kayu. Bark ini merupakan bagian luar akan atau pohon yang berkayu dan juga jeras.

Fungsi dari bark adalah untuk memberikan perlindungan pada akar maupun batang pohon dari terjadinya luka yang mungkin terjadi karena ulah serangga, tanaman liar, maupun jenis hewan lainnya. Bukan hanya itu itu saja, bark ini juga dapat memberikan perlindungan dari adanya penyakit maupun api saat kebakaran hutan.

Bole atau Batang Utama

Bole atau batang utama merupakan salah satu bagian pohon yang paling utama.

Branch atau Dahan, Ranting, Cabang

Branch yang dalam bahasa Indonesianya kita sebut sebagai dahan, ranting, atau cabang. Bagian ini merupakan batang pohon yang memiliki ukuran lebih kecil.

Cambium atau Kambium

Cambium atau kambium merupakan lapisan tipis yang terdiri atas sel-sel dalam batang pohon. Memiliki fungsi untuk memproduksi sel kulit kayu pada bagian terluar pohon.

Selain itu juga berfungsi untuk menghasilkan sel getah pada bagian dalam pohon. Cambium ini juga berfungsi untuk membentuk annual ring.

Cellulose atau Serat Kayu

Cellulose dalam bahasa Indonesia kita kenal sebagai serat kayu. Ini dapat kita lihat secara jelas pada bagian batang pohon.

Cone atau Bentuk Pohon yang Berkerucut

Ketika kita belajar nama nama pohon dalam bahasa Inggris pastinya akan menemukan pohon cemara. Cone ini merupakan bentuk pohon yang berkerucut seperti pohon pinus atau cemara.

Umumnya ini adalah pohon evergreen atau pohon yang selalu hijau. Tidak pernah meranggas maupun berubah warna ketika musim gugur.

Crown atau Dahan dan Daun-Daunan

Crown dalam bahasa Indonesia kita sebut sebagai dahan dan daun-daunan. Biasanya kita jumpai pada puncak pohon.

Flower atau Bunga

Flower atau bunga juga merupakan salah satu bagian pohon. Bagian ini merupakan organ reproduksi tanaman yang menonjol dan juga memiliki warna yang cantik.

Foliage atau Dedaunan

Dedaunan atau dalam bahasa Inggrisnya kita sebut sebagai folige. Folige ini juga terdapat pada sebuah pohon maupun tanaman lainnya.

Fruit atau Buah

Fruit atau buah merupakan salah satu bagian reproduksi yang berasal dari biji tanaman. Buah ini menjadi pertanda atau sebagai alat yang paling efektif dalam mengidentifikasi spesies suatu pohon.

Heartwood

Heartwood merupakan inti pusat dari sebuah pohon yang mana terbuat dari kayu mati. Bagian ini memberikan kekuatan pada pohon.

Leaf atau Daun

Leaf atau daun ini merupakan organ dari pembuluh tanaman. Selain itu juga merupakan bagian dari cabang pohon.

Dalam bahasa Inggris, leaf ini memiliki bentuk jamak sebagai leaves. Yang mana dapat kita artikan sebagai sekelompok dauh di pohon maupun tanaman yang kita sebut dengan foliage.

Roots atau Akar

Roots atau akar, merupakan bagian pohon yang tumbuh pada bawah tanah. Berfungsi untuk membantu pohon agar dapat berdiri kokoh. Selain itu juga memiliki kemampuan untuk menyerap air maupun nutrisi dari dalam tanah.

Seed atau Biji

Seed atau biji ini merupakan cikal bakal dari pohon yang baru. Memiliki sebuah pelindung atau lapisan luar yang membungkusnya dinamakan testa.

Resin atau Damar

Resin atau damar merupakan cairan lengket yang dikeluarkan oleh pohon. Selain itu muncul pada permukaan setelah pohon terluka. Seperti halnya patah, terkelupas, dipotong, dan faktor lainnya.

Phloem

Phloem atau dalam bahasa Indonesianya kita kenal sebagai floem. Ini merupakan bagian dari pohon yang membawa getah dari daun ke semua bagian pohon lainnya. Selain itu, phloem ini juga dapat kita sebut sebagai inner bark atau kulit kayu bagian dalam.

Bagian Pohon dalam Bahasa Inggris Bagian Pohon dalam bahasa Indonesia
Root Akar
Leaf Daun
Bulb Umbi
Branch Cabang
Flower Bunga
Fruit Buah
Trunk Batang
Photosynthesis Fotosintesis
Chlorophyll Klorofil
Taproot Akar Tunggang
Bud Tunas
Thorn Duri
Bark Kulit Pohon
Cambium Kambium
Gum Getah
Phloem Floem
Xylem Xilem
Seed Benih
Bough Dahan
Grass Rumput
Wood Kayu
Chloroplast Kloroplas
Nest Sarang
Soil Tanah
Weed Gulma
Foliage Dedaunan
Stalk Tangkai
Pollen Serbuk Sari
Petals Kelopak Bunga
Stump Tunggul
Treetops Puncak Pohon
Twig Ranting
Tissue Jaringan
Vacuole Vakuola
Cuticle Kutikula
Vascular Tissue Jaringan Vaskular
Fertilization Pembuahan
Fiber Root Akar Serabut
Nama Nama Pohon dalam Bahasa Inggris
Nama Nama Pohon dalam Bahasa Inggris

Contoh Kalimat Nama Nama Pohon dalam Bahasa Inggris

Membahas nama-nama pohon tentu hal yang sudah biasa dalam percakapan sehari-hari. Untuk itu, tentu perlu diketahui tentang kalimat-kalimat yang biasa digunakan, terutama saat melakukan percakapan bahasa Inggris. Di bawah ini adalah beberapa contoh kalimat yang dapat digunakan untuk latihan.

  • Where is the Mahogany tree that our grandfather planted last year? (Di mana pohon mahoni yang ditanam kakek kita tahun kemarin?)
  • You know Gembul house? The green building one, there are Durian tree in its front yard (Anda tahu rumah Gembul? Gedung bewarna hijau, di sana dan pohon Durian pada bagian halaman depannya)
  • Embrace yourself, tomorrow we just cut the Apple tree (Persiapkan di Anda, besok kita akan memangkas pohon Apel itu)
  • Our Mango tree, will bear some fruit in last November (Pohon Mangga kami baru akan berbuah pada akhir November)
  • My Father planted this Papaya tree in this area (Ayah saya yang menaman pohon pepaya di area ini)
  • Here I’ll give you some Rabutans, last week we went to our grand parents house. There are many of Rabutans tree (Ini saya memberimu sedikit Rambutan, Minggu lalu kamu pergi ke rumah kakek nenek. Di sana ada banyak sekali pohon Rambutan.
  • My teacher asked me to bring small Starfruit tree for biology class (Guru saya meminta saya untuk membawa pohon Belimbing yang kecil untuk kelas biologi)
  • Let’s keep going, we can rest in near lake ahead. There are a big Pine tree also (Ayo kita lanjutkan perjalanan dulu, kita bisa beristirahat di dekat danau di depan sana. Di sana juga ada pohon Pinus yang besar)

Contoh Deskripsi tentang Pohon Apel

The Apple Tree

In the forest near my house, there is an Apple tree. The Apple tree is really big. My grandfather said that the Apple tree is older than me. Back in the 90th, my grandfather has an idea to planted some Apple tree ini the forest. There much likely, 30 small Apple tree that he tried to plant. But, there was only one who grow up until now. So we call that Apple tree “The Powerfull One”. This Apple tree wasn’t same as other Apple tree. The branch really tall and the leave really lush. Everyone who rest under that tree always fall asleep because it was really pleasant. And most importantly, the apples produced by the tree are incomparably sweet.

Terjemahan

Di atas tadi merupakan contoh deskripsi nama-nama pohon dalam bahasa Inggris tentang pohon apel. Seperti pada paragraf deskripsi pada umumnya, dijelaskan tentang penampakan secara visual dari pohon apel itu sendiri.

Selain membahas mengenai bentuk pohonnya, deskripsi mengenai pohon bisa juga dikaitkan dengan deskripsi sedikit tentang buahnya. Agar semakin lebih jelas, pahami alih bahasa ya di bawah ini.

Pohon Apel

Di hutan dekat rumah saya, ada sebuah pohon apel. Pohon apel tersebut sangatlah besar. Kakekku berkata bahwa pohon apel itu lebih tua daripada saya. Pada tahun 90-an, kakekku mempunyai ide untuk menanam pohon apel di hutan. Setidaknya ada 30 pohon kecil yang coba ia tanam. Tapi, hanya ada satu yang tumbuh hingga sekarang. Karena hal itu kita memanggilnya, “Yang Paling Kuat”. Pohon apel ini agak berbeda dengan pohon lainnya. Cabangnya sangatlah tinggi dan daunnya sangatlah lebat. Semua orang yang beristirahat di bawahnya sudah pasti akan tidur karena sangat nyaman. Dan yang paling penting, buah apel yang dihasilkan pohon ini sungguhlah manis sekali.

Contoh Deskripsi tentang Pohon Kelapa

Coconut Tree

Coconut tree or Cocos nucifera its a tree that grow much in the tropical land. This tree included the tree that can grow really tall. In the some condition, Coconut tree dan become up to 18 meters. But some Coconut tree varieties grow only three to five meters talk. Not likely other tree, Coconut tree leave gas some unique form. It was just like very long and thin leaf. The Coconut tree leaf really hard. In Indonesia and also other country, we use Coconut tree to make Rice Cake that we usually called itu “Ketupat”. The Coconut leaf also really good material to make some handicraft. Beside of its leaf, the Coconut also really good. The water of the Coconut also has many benefits for our health.

Terjemahan

Berbeda dengan paragraf deskripsi yang pertama, deskripsi yang kedua ini menjelaskan tentang jenis pohon yang berbeda yakni, pohon kelapa.

Meski pokok bahasannya berbeda, secara umum pembahasan isi dari paragraf sendiri tidak akan terlalu jauh berbeda. Berikut di bawah ini alih bahasa dari contoh nama-nama pohon dalam bahasa Inggris tentang pohon kelapa di bawah ini.

Pohon Kelapa

Pohon kelapa atau dalam bahasa ilmiah sebutannya dengan Cocos nucifera, adalah pohon yang banyak tumbuh di daerah tropis. Kelapa termasuk dalam pohon yang dapat tumbuh dengan sangat tinggi. Pada suatu kondisi, tinggi pohon kelapa hankam dapat mencapai 18 meter. Meski demikian, ada juga beberapa varietas yang hanya tumbuh tiga sampai lima meter. Riska seperti pohon lainnya, daun pohon kelapa memiliki bentuk yang unik. Daunnya sungguh panjang dan cukup tipis. Daun pohon kelapa sangatlah keras. Di Indonesia dan negara lainnya, daun pohon kelapa dapat digunakan untuk membuat Ketupat. Daun dari pohon kelapa juga sangat baik digunakan untuk membuat kerajinan. Di samping daunnya, buah kelapa juga sangatlah enak. Air kelapa banyak mengandung manfaat bagi kesehatan.

Itulah tadi materi kita pada hari ini mengenai nama nama pohon dalam bahasa Inggris. Semoga materi yang satu ini dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan bahasa Inggris kita menjadi lebih baik. Selamat belajar dan mari mahir berbahasa Inggris.

Baca artikel lainnya : Nama Buah Dalam Bahasa Inggris, Nama-Nama Hewan Dalam Bahasa Inggris, Anggota Tubuh Dalam Bahasa Inggris.