10 Cara Menghargai Teman agar Dihormati Teman

10 Cara Menghargai Teman agar Dihormati Teman

Teman merupakan sebuah peran yang sangat dibutuhkan oleh setiap individu karena dengan adanya teman seseorang bisa saling berinteraksi dan berkomunikasi. Anda tentunya paham seperti apa teman itu, mulai dari pertama kali bertemu hingga saling mengenal satu sama lain. Kamu juga harus bisa paham cara menghargai teman.

Pertemuan yang terjadi sampai akhirnya bisa menjadi kenal kemudian berteman bisa dimulai dari lingkungan sekitar seperti, lingkungan tetangga, sekolah, kampus, tempat umum, dan sebagainya. Selain hanya berteman, Anda pasti juga mengharapkan bahwa mereka tidak menghilang begitu saja ketika Anda kesulitan.

Maka dari itu perlu sebuah perlakukan yang baik kepada teman agar Anda dan mereka bisa saling menghargai satu sama lain. Sikap saling menghargai biasanya timbul dari kecil karena didikkan dan nasihat dari orang tua atau orang dewasa, namun apakah Anda tahu jika ada beberapa tips dalam menghargai teman agar timbul rasa empati, baca selengkapnya dibawah ini.

10 Cara Menghargai Teman Supaya Teman Suka dengan Kita

Ketika Anda mulai bisa menghargai teman maka akan muncul sebuah perasaan dimana mereka merasa nyaman dan tentram saat bersama Anda. Hal ini juga dapat mempererat rasa persatuan dan pergaulan menjadi lebih baik tanpa adanya perlakuan tidak mengenakkan.

Makanya dibutuhkan sikap menghargai agar manfaat diatas dapat terbentuk dan hubungan pertemanan dapat bertahan lama walaupun masing-masing memiliki kesibukan.

1. Mendengarkan ketika berbicara

Memang sering kali Anda mendengarkan beberapa ocehan teman entah itu serius atau bercanda, dan hal tersebut terkadang membahas hal yang tidak semestinya. Namun, tahukan Anda jika pembicaraan tersebut bisa jadi karena teman sedang dalam kesulitan dan ingin didengar.

Jadi dengan menjadi pendengar yang baik Anda tidak semsetinya memotong omongan teman tersebut sebelum mereka selasai. Bukan hanya kepada teman saja, menjadi pendengar yang baik juga bisa dilakukan saat bersama keluarga, kerabat, orang lain, dan orang tidak dikenal sekaligus.

2. Tidak membeda-bedakan teman

Anda dan kita semua hidup dalam Negara dengan berbagai macam perbedaan, bisa dari perbedaan suku, lawan jenis, agama, kepercayaan, status sosial, dll. Maka dari itu Anda harus paham dan saling menghargai perbedaan tersebut agar terbentuk hubungan teman yang harmonis dan tentram.

Misalnya saat Anda mempunyai teman yang beragama Hindu dan Islam, dan Anda beragam Islam. Tetaplah berteman dengan keduanya tanpa ada satupun yang merasa dicampakkan dengan mengajak dan berbicara sesuai porsi tanpa memandang perbedaan tersebut.

3. Berbicara dengan sopan

Hal yang paling sering kita lakukan dalam hubungan pertemanan adalah komunikas melalui perbincangan. Ketika terjadi obrolan bersama teman usahakan untuk sopan dan tidak menyindir agar hubungan tersebut berjalan baik tanpa berakhir dengan pertikaian.

4. Hindari iri hati

Bersikap seolah-olah semua yang teman Anda lakukan adalah yang baik terkadang sangat Anda perlukan namun juga bisa memfilter. Omongan dan perilaku teman biasanya mereka lakukan untuk menarik hati lawan bicaranya, sampai tak terduga ternyata teman lainnya lah yang merasa tersinggung. Dan hal tersebut bisa membuat iri hati yang bisa berakibat dendam pertemanan.

Maka dari itu bila mana merasa tersinggung, beranikanlah untuk bertanya maksud sebenarnya dari omongan teman tersebut. Apakah memang tertuju kepada Anda atau hanya bercanda. Satu alagi apabila teman Anda memiliki keburuntungan atau berhasil pada bidang yang sama dengan Anda, jadikan sebagai dorongan atau motivasi, jangan malah Anda benci sampai akhirnya meninggalkan temanmu itu.

5. Saling menasehati

Perilaku dan juga sikap teman tak selamanya terkontrol, bisa juga melewati batas dan malah merugikan orang lain di sekitarnya. Maka perlu seseorang untuk mencegah hal tersebut dengan cara menasehati apabila hal tersebut kurang baik.

Bukan hanya menasehati saja, Anda sebagai temannya juga harus meminta pendapat dan nasehat ketika berbuat salahh agar tidak terjerumus kedalam masalah yang lebih berat. Menasehati dalam hal ini adalah membuat sikap dan hubungan menjadi lebih baik bukan malah memojokkan apalagi member nasehat untuk hal buruk.

6. Saling memaafkan

Agar hubungan pertemanan bisa berjalan baik kedua belah pihak harus saling memaafkan ketika salah satu di antara mereka berbuat salah. Jangan ketika teman Anda salah malah Anda kucilkan dan mencari teman baru, dan hal ini sangatlah tidak baik.

Sebaliknya jika teman Anda berbuat salah dan meminta maaf kepada Anda, pahami perasaannya dengan memaafkan perbuatan agar hubungan menjadi baik lagi dan semoga tidak mengulangnya lagi. Karena dengan memaafkan teman, maka Anda akan belajar menghargai dan teman Anda juga merasa nyaman.

7. Memahami batas

Manusia memanglah makhluk sosial, tetapi kita mempunyai ruang lingkup individu. Dalam ranah individu, tiap orang mempunyai hak penuh atas dirinya. Batas itu memberikan tutorial seberapa jauh capaian perkataan, sikap, sampai perlakuan kita.

Misalkan, saat ada rekan yang bercerita permasalahan pribadinya, yang dapat Anda kerjakan cuman memerhatikan dan sampaikan opini saat rekan Anda meminta. Diterima atau tidak opini Anda, apa saja keputusan dan perlakuannya, seutuhnya ada dalam ranah individu rekan itu.

Tanpa rekan Anda menyuruh, Anda bisa mengendalikan diri dari memberi komentar, memaksa opini, sampai membuat seorang lakukan suatu hal yang tidak diinginnya memiliki arti Anda sanggup menghargakan seseorang. Tertarik ke orang lain berikut yang ikut membantu dan arahkan tingkah dan perilaku Anda.

8. Menerima pendapat

Bagaimana juga, opini seorang ialah buah pikirannya yang minimal dapat orang lain pandang, walau gagasannya itu salah. Karena tiap orang mempunyai pemikiran yang berbeda dalam pikirannya.

Oleh karena itu, bila Anda meremehkan opini seorang, tentu ia tidak optimis, sakit hati, bahkan juga ia bisa jadi marah padamu. Seharusnya, jangan sekalipun merendahkan opini seseorang. Maka dari itu setiap kali teman Anda mempunyai pendapat, terima dengan lapang dada dan diskusikan bersama jika memang itu kurang tepat di mata Anda atau teman lainnya.

9. Memberi tanpa pilih kasih

Jika Anda memiliki teman lebih dari satu, dan ketika saat itu juga Anda mempunyai sesuatu untuk Anda bagikan. Maka usahakan untuk membagi secara rata terhadap semua teman yang ada di tempat itu, jangan pilah pilih sampai membuat salah satu atau beberapa temanmu tersinggung.

Atau apabila ingin membagikan sesuatu kepada teman, namun barang tersebut hanya sedikit dan tidak cukup untuk Anda bagikan secara rata di tempat itu. Lebih baik urunggkan terlebih dahulu niat untuk member daripada membuat salah satu dari temanmu tidak kebagian.

10. Jangan sombong

Cara menghargai teman yang terakhir adala bersikap jangan sombong atas percapaian atau yang Anda punyai. Karena tidak semua temanmu akan menerima kabar gembira Anda itu, bisa jadi malah membuat mereka iri hati.

Kalau sampai Anda menyombongkan kelebihanmu bisa jadi temanmu malah jadi minder atau insecure sampai saking gak enaknya sama Anda gak mau lagi berteman. Hindari hal tersebut agar temanmu tetap menjadi sahabat yang baik dan hubungannya bisa bertahan lama.

Baca Juga: Cara Menghormati Teman yang Sedang Sakit dan Berduka

Itulah beberapa cara menghargai teman, secara umum hal-hal di atas sudah biasa terjadi dan sudah banyak juga yang menerapkannya. Maka dari itu  jadilah teman yang baik dengan selalu menghargai setiap kekurangan maupun kelebihan mereka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *