Sekilas Kampung Inggris Pare

Beberapa tahun belakangan, Kecamatan Pare yang disebut-sebut oleh berbagai media sebagai KAMPUNG INGGRIS, merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Kediri, seakan mendapatkan respon luar biasa oleh publik Indonesia. Kampung Pelem dan Kampung Tulungrejo di Pare menjadi sorotan masyarakat Indonesia dan beberapa Negara tetangga. Bahkan salah satu TV Nasional meliput secara khusus tentang Pare dan demikian juga beberapa media massa baik cetak maupun televisi. Banyak faktor yang menjadikan kedua Kampung tersebut, yaitu Kampung Pelem dan Kampung Tulungrejo menjadi pusat kursus karena banyaknya lembaga Kursus Bahasa Inggris yang berdiri di Kecamatan Pare ini.

Sekilas Kampung Inggris Pare 1Ada apa di Pare? Apa yang membuat menarik dari Pare?
Pare adalah Kampung Inggris benarkah?
Siapa saja yang datang ke Pare?
Bagaimana caranya ke Pare?
Program-program kursusannya apa saja?
Kost dan tempat tinggalnya bagaimana?
Pembelajarannya di Pare bagaimana?

Bila Anda hobby travelling dan ingin menguasai Bahasa Inggris secara mudah dengan biaya hidup yang cukup murah, Pare-Kediri adalah tempat yang harus Anda kunjungi. Setidaknya sekali seumur hidup datanglah ke Pare! Pare tempat kursusan luar biasa!

Selama tiga bulan Anda dijamin akan bisa berbahasa inggris secara cepat, dan untuk menguasainya disarankan tinggal di Pare efektif enam bulan. Namun, bisa juga mengikuti program-program kursus 2 Mingguan dan 1 bulanan untuk belajar bahasa Inggris praktis, spesifik dan pemantapan.

Pare terletak di Kabupaten Kediri – Jawa Timur merupakan salah satu kecamatan yang cukup berkembang dan terletak kurang lebih 20-25 km dari pusat Kota Kediri. Dijuluki sebagai “KAMPOENG INGGRIS” karena di sinilah pusat pembelajaran Bahasa Inggris, berdiri puluhan lembaga kursus Bahasa Inggris dengan berbagai keunikannya masing-masing, yang menggunakan metode pembelajaran unik dan praktis.

Dikatakan unik dan praktis, karena dalam sistem pembelajaran kursus di Pare, terdapat spot-spot area tertentu dimana siswa diwajibkan menggunakan bahasa inggris dalam kesehariannya, sejak bangun hingga menjelang tidur dengan pemakaian bahasa daerah/bahasa Indonesia seminimal mungkin. Area-area itu adalah Camp/Asrama/Kelas. Sedangkan ketika berada di luar kawasan english area, mereka bebas menggunakan bahasa daerahnya masing-masing atau bahasa Indonesia seperti tempat lainnya di daerah anda masing-masing.

Seperti halnya kami kampung-kampung Jawa lainnya, secara sekilas, Kampung Pare merupakan kampung tradisional yang sehari-harinya menggunakan bahasa daerah dan kental dengan adat istiadat Jawa. Kegiatan masyarakat banyak bernuansa Islami dan terdapat pondok-pondok Pesantren di sekitar Kampung Pare. Toleransi hidup bermasyarakat, mengedepankan norma dan hukum, sopan santun serta tata krama masih dijaga ketat di Pare. Dan bagi Anda-Anda yang akan datang ke Pare, hendaknya memperhatikan masalah ini.

Nama Pare sebagai Kampung Kursus Bahasa Inggris, atau yang lebih dikenal dengan “Kampung Inggris“, tidak lepas dari jasa-jasa dan kiprah Bapak M. Kalend Osen, yang merupakan pendiri Kursusan tertua di Pare, yaitu Basic English Course (BEC), terletak di Jl.Anyelir Dusun Singgahan Desa Pelem. Konon menurut cerita dari berbagai sumber, para pendiri lembaga kursusan di Pare adalah murid-murid beliau, namun juga ada beberapa pendatang yang mendirikan lembaga kursusan di Pare. Para murid-murid Bapak Kalend (Mr.Kalend) dan beberapa pendatang inilah, yang menjadikan Pare lebih majemuk dengan beragam metode pembelajaran dan mempunyai andil besar untuk penyebaran daerah kursusan di Desa Tulungrejo dan Pelem.
Sekilas Kampung Inggris Pare 4

Seiring dengan berkembangnya zaman dan teknologi, di sekitar lembaga kursusan tidaklah sulit menemukan warnet-warnet dan hotspot/wifi sebagai sarana mudahnya mengakses informasi dunia luar. Keberadaan bank-bank nasional dan swasta ternama, sarana-prasarana dan praktisi kesehatan mulai dari Paramedic-Bidan-Dokter Umum dan Spesialis lengkap, usaha mikro masyarakat, sarana perbelanjaan, hotel dan penginapan, berbagai tempat ibadah, cakupan multi operator seluler, tempat nongkrong yang bervariasi disertai jajanan makanan khas dan beberapa tempat wisata alam menjadikan Anda nyaman dan betah tinggal di Pare.

Tahukah Anda bahwa Pare ini merupakan tempat yang sangat bermanfaat bagi para pelajar dan masyarakat umum, karena bukan hanya Bahasa Inggris saja yang diajarkan, namun ada beberapa lembaga kursusan Bahasa Asing lainnya seperti bahasa Arab, bahasa Jepang, bahasa Korea dan bahasa Mandarin.

Sepanjang tahun, ratusan bahkan ribuan, berdatangan para pelajar dan masyarakat umum dari berbagai latar belakang Suku, Ras, Agama, Bahasa dan Antar pulau seluruh Nusantara, bahkan beberapa turis asing, semakin memantapkan Pare sebagai tempat wisata bahasa untuk mengisi liburan dan waktu senggang menjadi lebih berguna.

Inilah gambaran SEKILAS KAMPUNG INGGRIS PARE

Sekilas Kampung Inggris Pare
4.8 (95.33%) 137 votes

BERI KOMENTAR

Please enter your comment!
Masukkan nama anda di sini