Descriptive Adjective: Pengertian, Jenis, Kategori, dan Contoh

Bahasa Inggris merupakan bahasa universal paling populer. Saking populernya, kebanyakan sekolah di Indonesia menerapkan pelajaran bahasa Inggris sejak sekolah dasar. Dalam mempelajari bahasa Inggris, ada banyak sekali materi yang harus dikuasai, salah satunya adalah descriptive adjective.

Jika di translate-kan ke bahasa Indonesia, materi ini sering disebut sebagai kata sifat deskriptif. Kebanyakan dari kalian mungkin sudah pernah mempelajari materi yang terbilang gampang-gampang sulit ini. Bagi kalian yang ingin tahu lebih lanjut mengenai kata sifat deskriptif, mari simak penjelasan dibawah ini.

Pengertian Descriptive Adjective

Secara sederhana, descriptive adjective dapat didefinisikan sebagai kata sifat yang menjelaskan kualitas dari suatu benda. Tidak hanya sekilas, kata sifat ini menjelaskan kondisi kata benda secara rinci dan detail. Dalam hal ini, kalian dapat menjelaskan kondisi fisik, ukuran, bentuk, warna, dan lain sebagainya.

Perlu diingat, kata sifat jenis ini hanya digunakan untuk menerangkan kata benda yang sifatnya kasat mata. Maksudnya, adjectives jenis ini mendeskripsikan kata benda yang dapat dilihat, dirasakan, didengar, dicium, atau disentuh oleh panca indra.

Fungsi Kata Sifat Deskriptif

Fungsi dari kata sifat ini adalah untuk menerangkan noun yang ada. Layaknya kata sifat lainnya, kata sifat deskriptif juga dapat digunakan pada semua jenis noun, baik itu tunggal (singular) maupun jamak (plural).

Pasalnya, kata sifat tidak akan berubah. Hanya to be dan kata benda yang mengalami perubahan sesuai bentuk kalimat. Secara garis besar, kata sifat deskriptif dibedakan menjadi dua, yakni bad dan good descriptive adjectives.

Seperti namanya, bad adjective merupakan kata sifat deskriptif yang menjelaskan noun secara negatif, buruk, atau jelek. Sebaliknya, good adjective menjabarkan sisi positif, kelebihan, atau kebaikan dari suatu noun.

Kata sifat deskriptif ini diletakkan sebelum kata benda yang hendak digambarkan. For example, terdapat kalimat she uses a red shirt. Dalam kalimat ini, red menjadi kata sifat deskriptifnya. Dapat dilihat, kata red ditempatkan sebelum noun (shirt) yang akan dijelaskan.

Jenis-Jenis Descriptive Adjectives

Setelah membaca pengertiannya, kini kalian perlu mengetahui jenis-jenisnya. Ada tiga jenis kata sifat deskriptif yang dikenal dalam bahasa Inggris. Ingin tahu apa saja? Simak penjelasannya sebagai berikut:

1. Simple Adjective

Pertama, ada simple adjective. Sama seperti namanya, jenis yang satu ini merupakan jenis kata sifat deskriptif yang paling dasar dan sederhana. Pada jenis ini, kalian hanya dapat menyampaikan sifat, ciri-ciri, atau karakter dari suatu noun.

Ada banyak sekali kata sifat deskriptif yang sederhana. Agar lebih mudah, kalian dapat mengelompokkannya satu per satu berdasarkan karakter, sifat, atau ciri-cirinya. Agar lebih mudah, kalian dapat melihatnya pada tabel dibawah ini:

PengelompokkanKeteranganContoh Kata
AppearanceKata sifat deskriptif yang menggambarkan penampilan dari suatu nounBeautiful, ugly, dull, confident, attractive, elegant, handsome, dan lain sebagainya
FeelingsKata sifat deskriptif yang memaparkan perasaan dari suatu kata bendaAngry, afraid, calm, happy, sad, comfortable, dan lain-lain
PersonalityKata sifat deskriptif yang menggambarkan kepribadian suatu nounDiligent, ambitious, aggressive, mad, cruel, brave, dan lain sebagainya
TasteKata sifat deskriptif yang menjelaskan tentang rasa dari suatu nounDelicious, bitter, hot, fresh, cold, spicy, sweet, dan lain-lain
SoundKata sifat deskriptif yang menjelaskan tentang suaraLoud, silent, melancholic, whispering, dan lain sebagainya

2. Compound Adjective

Selanjutnya, ada compound adjective. Jenis yang satu ini dapat dibentuk oleh dua kata sifat deskriptif yang digabungkan. Meskipun terdiri dari dua kata, fungsi dari compound adjective ini tetap menerangkan suatu noun sebagai single adjective.

Dalam penerapannya, jenis descriptive adjective ini menggunakan tanda (-) sebagai pemisah. Tanda tersebut bertujuan untuk mencegah ambigu. Contoh dari compound adjective adalah short-tempered, sure-footed, baby-faced, well-being, self-made, life-saving, dan lain sebagainya.

3. Proper Adjective

Kata sifat deskriptif yang terakhir adalah proper adjective. Jenis yang satu ini dapat dibentuk dari proper noun yang ditambah -n pada ujung katanya. Tanpa -n di ujung kata, proper noun ini tidak dapat berubah menjadi kata sifat.

Sebagai contoh, terdapat kalimat I love American people. America sendiri merupakan bentuk proper noun. Dengan adanya -n, makna katanya berubah menjadi adjective. Dalam konteks kalimat tersebut, American menjadi kata sifat deskriptif yang menjelaskan kata people.

Selain itu, ada pula beberapa contoh proper adjective words lainnya. Beberapa diantaranya adalah Roman, Italian, Catholic, Arabian, Javanese, Mexican, Sundanese, dan lain-lain.

Kategori Descriptive Adjectives

Selain ketiga jenis yang sudah disebutkan sebelumnya, dalam kata sifat deskriptif juga terdapat penggolongan berdasarkan kategori. Keberadaan kategori ini berfungsi untuk memudahkan kalian dalam menentukan urutan penyebutan jika dalam satu kalimat terdapat lebih dari satu kata sifat deskriptif.

Untuk penjelasan lebih lengkap, simak daftarnya dalam tabel berikut ini:

KategoriKeteranganContoh KataContoh Kalimat
SizeKata sifat deskriptif yang memberikan penjelasan mengenai ukuran dari suatu nounLarge, small, big, thin, short, long, tall, dan lain sebagainyaShe has a very big house (dia memiliki rumah yang sangat besar)
AgeKata sifat deskriptif yang menerangkan waktu/usia dari suatu nounYoung, old, ancient, fast, early, brief, rapid, modern, dan lain sebagainyaWe have a young mom (kami memiliki mama yang masih muda)
ShapeKata sifat deskriptif yang menjelaskan bentuk dari suatu nounRound, circular, broad, flat, triangle, square, dan lain sebagainyaThat bird form a round nest (burung itu membentuk sebuah sarang bulat)
ColorKata sifat deskriptif yang menjelaskan warna dari suatu kata bendaYellow, black, green, purple, white, blue, pink, red, brown, dan lain sebagainyaShe has dark brown hair (dia memiliki rambut coklat tua)
OriginsKata sifat deskriptif yang menggambarkan suku, ras, agama, atau kebangsaan dari suatu nounAmerican, Indonesian, Greek, Western, Asian, Chinese, Balinese, dan lain sebagainyaAna is a Balinese dancer (Ana adalah seorang penari Bali)
MaterialKata sifat deskriptif yang menggambarkan atau describing suatu bahan dari nounGold, silk, cotton, marble, wooden, dan lain sebagainyaThe material of the cloth is cotton (bahan dari kain itu adalah katun)

Setelah melihat daftar kategori kata sifat deskriptif, kini kalian perlu mengetahui urutan penulisannya. Jika kalian ingin menuliskan banyak kata sifat dalam suatu noun, kalian perlu menyusun adjective secara teratur. Susunan penulisan kata sifat deskriptif adalah: Size – Age – Shape – Color – Origins – Material.

 Selain itu, kalian juga harus menggunakan tanda koma jika terdapat kategori yang sama. Sebagai contoh, kalian dapat melihat kalimat berikut ini:

  • Fat young American boy (laki-laki Amerika yang gemuk dan muda)
  • That cute, funny fat puppy will be adopted today (anak anjing yang imut, lucu, dan gemuk itu akan diadopsi hari ini)

Itulah penjelasan lengkap mengenai pengertian, jenis, kategori, beserta contoh descriptive adjective. Belajar bahasa Inggris akan sangat menyenangkan jika kalian mengetahui metode yang tepat. Agar lebih menguasai materi ini, kalian dapat memperbanyak latihan soal dan melihat contoh-contoh kalimat. Baca materi sebelumnya tentang Pengertian Kegunaan dan Contoh Comparative Adjective dan Pengertian Kata Sifat itu sendiri. Semoga penguasaan kalian akan ilmu bahasa inggris menjadi meningkat setelah membaca materi ini. Sukses selalu !

Leave a Comment

five × 5 =