Cumulative Adjective, Ini Pengertian dan Contohnya Lengkap!

Cumulative Adjective, Ini Pengertian dan Contohnya Lengkap!

Dalam belajar bahasa Inggris, tentunya kita harus mengetahui tentang adjective. Nah, adjective ini memiliki banyak jenis, dan salah satu jenis adjective yang akan kita pelajari saat ini yaitu cumulative adjective.

Adjective merupakan kata sifat versi bahasa Inggris yang penting sekali untuk kita pelajari. Sebab, dalam setiap kalimat bahasa Inggris umumnya akan selalu mengandung adjective atau kata sifat. Sebab, berfungsi untuk menerangkan noun atau kata benda yang ada dalam suatu kalimat.

Pengertian Cumulative Adjective

Agar kemampuan belajar bahasa Inggris bisa menjadi lebih maksimal, maka kuasai tentang berbagai jenis kata dalam bahasa Inggris, termasuk salah satu jenis adjective ini.

Cumulative adjective merupakan salah satu bentuk dari kata sifat atau Adjective. Sebenarnya, cumulative ini hampir memiliki persamaan dengan Coordinate Adjective. Akan tetapi, dalam struktur jenis kata sifat ini terdapat perbedaan yang begitu tampak.

Persamaannya dengan Coordinate adjective yaitu termasuk bentuk kata sifat atau adjective yang terdiri atas dua atau lebih kata dalam kalimat yang juga berfungsi untuk menjelaskan suatu kata benda atau noun.

Untuk Kumulatif adjective ini merupakan kata sifat yang memiliki jumlah dua atau lebih untuk membangun satu sama lain. Kemudian keduanya juga akan bersama-sama menerangkan noun (kata benda) yang terdapat pada bagian belakangnya. Jadi, untuk posisi adjective ini adalah sebagai attributive.

Rangkaian adjective itu asal mulanya dari kategori pendeskripsian yang berbeda. Jadi, untuk penempatannya berada pada bagian depan kata benda dan akan mengikuti urutan adjective standar.

Bisa juga terdapat awalan number seperti two, three, ten, dan lain sebagainya. Atau bisa juga terdapat awalan pre modifier yang lainnya.

Untuk masalah urutan tersebut tidak boleh Anda ubah. Sebab apabila urutan tersebut Anda ubah, maka akan mengakibatkan makna frasa tersebut menjadi kurang sesuai atau tidak masuk akal.

Tak hanya itu saja, urutan kalimatnya juga tidak menggunakan tanda baca koma (,) untuk memisah ataupun dihubungkan dengan menggunakan coordinate conjunction  dengan “and”.

Tak hanya memiliki perbedaan struktur dengan coordinate adjective, cumulative adjective juga berbanding terbalik dengan coordinate adjective. Dimana, urutannya mungkin dapat Anda ubah, dipisah dengan menggunakan comma, atau menghubungkannya dengan and.

Peraturan Penggunaan Cumulative Adjective

Ada beberapa pengaturan adjective kumulatif yang perlu Anda ketahui. Pertama, cumulative adjective tidak memakai tanda baca koma dan juga tidak memakai kata penghubung and

Kata-kata dalam cumulative adjective juga tidak bisa Anda balik urutan atau posisinya. Jadi semuanya harus berurutan. Apabila urutan tersebut nekat Anda ubah atau Anda balik, maka bisa jadi pengertian atau makna kalimat tersebut menjadi berbeda dari makna yang sebenarnya.

Fungsi Cumulative Adjective

Penggunaan adjective kumulatif ini tentu saja mempunyai tujuan sebagai modifier dari head kata benda. Jadi, artinya cumulative memang tidak bisa berganti masalah tata letak atau susunannya.

Meskipun posisi pada susunannya sama-sama bersanding dengan jenis adjective yang lainnya yang posisinya juga masih dalam satu baris. Akan tetapi, dalam hal ini tidak menutup kemungkinan jika bisa mengubah tata letak sesuai dengan yang kita inginkan.

Maka dari itu, dalam bahasa Inggris cumulative adjective termasuk susunan kata sifat yang jumlahnya lebih dari satu, yang mana tidak bisa berganti posisinya. Jika mengubah posisinya maka bisa menyebabkan ketidakseimbangan dalam hal pengertiannya.

Susunan Adjective Kumulatif

Dalam kata sifat kumulatif, sebenarnya ada hal yang perlu Anda pahami. Termasuk dalam hal susunan kata sifat yang bisa Anda gunakan dalam jenis kalimat ini. Berikut ini adalah urutan kata sifat versi bahasa Inggris:

  • Artikel (a, an, the), passives ( miliknya, kami, Shelley), kata-kata ganti demonstratif (mereka, ini).
  • Umur (muda, tua)
  • Kuantitas (angka)
  • Opini, observasi (lucu, jahat, pintar, baik, buruk, cantik)
  • Bahan (kulit, kayu, plastik)
  • Ukuran (besar, besar, kecil)
  • Bentuk, panjang, penampilan (bulat, pendek, panjang, bergelombang)
  • Warna
  • Asal / etnis / agama (Inggris, Belanda, Lutheran)
  • Tujuan

Contoh Kalimat Cumulative Adjective

Supaya lebih paham lagi mengenai apa itu cumulative adjective, maka perhatikan dengan seksama contoh kalimat berikut ini.

  • Three little white monkeys are eating the same banana.

(Tiga monyet kecil berwarna putih itu memakan pisang yang sama).

Nah, dari contoh kalimat tersebut, maka tidak bisa dirubah susunan katanya menjadi seperti berikut ini;

  • Little three white monkeys are eating the same banana.
  • Little white three monkeys are eating the same banana.
  • Three white little monkeys are eating the same banana.

Apabila susunan kata-kata tersebut Anda ubah menjadi seperti kalimat-kalimat yang tertera dalam contoh tersebut, maka pengertiannya akan menjadi aneh, bahkan juga tidak masuk akal.

  • Five new pink jackets was bought by my sister.

(Lima jaket baru berwarna merah muda dibeli oleh kakak perempuanku).

Anda tidak bisa mengubah urutan kalimat tersebut menjadi seperti kalimat berikut ini:

  • New pink five jackets was bought by my sister.
  • Five pink new jackets was bought by my sister
  • Pink new five jackets was bought by my sister

Apabila memaksakan mengubah kalimat awal menjadi seperti kalimat-kalimat di atas, maka maknanya bisa menjadi sulit dimengerti bahkan tidak bisa masuk akal.

  •  I bought an expensive big white villa near the beach.

(Saya membeli sebuah villa besar berwarna putih di dekat pantai).

  • I brought a black fat cat in the cage (Aku membawa seekor kucing hitam gemuk di dalam kandang).
  • Please tete a bowl of sweet nut soup, i’ll make it for you (Silahkan cicipi semangkuk sup kacang, aku akan membuatkannya untukmu).
  • My mother brought three thick books for my study material (Ibuku membawa tiga buku tebal untuk materi belajarku).
  • Our office has new beautiful manager (Kantor kami memiliki manager baru yang cantik).
  • My sister has a beautifull elegant dress (saudara perempuanku mempunyai gaun yang cantik dan elegan).

Contoh Cumulative Adjective dalam Bahasa Indonesia

  • Saya melihat anjing gemuk coklat di kebun binatang.
  • Cobalah ambil dua apel merah muda yang manis, saya akan membelinya untuk Anda.
  • Ayahku memberiku enam bunga mawar cantik untuk ulang tahunku.
  • Sekolah kami memiliki guru baru yang cantik.
  • Ayah saya mempunyai taman besar yang indah.

Keterangan:

Nah, white di sini menerangkan ‘villa’. Kemudian, big di sini menerangkan ‘white villa’, sedangkan expensive menerangkan ‘big white house’.

Maka dari itu, urutan adjectivenya tidak dapat Anda rubah. Sebab, jika mengubah urutannya bisa membuat maknanya menjadi tidak bisa dipahami.

Contoh Cumulative Adjective Lengkap dengan Penjelasannya

  • A big brown dog is sleeping on my couch.

Dalam contoh kalimat tersebut, contoh Cumulative Adjective yang kita pakai yaitu “A big brown”. Nah, kata ini yang memodifikasi makna dari noun “Dog”. Apabila lebih kita perinci, maka kita dapat melihat bahwa ada dua kata sifat dalam contoh kalimat tersebut, yaitu “big” dan “brown”.

Kemudian, untuk “A” yang termasuk “article” dalam Bahasa Inggris, memiliki peran sebagai “determiner”.

Pada dasarnya adjective merupakan seluruh kosakata yang memodifikasi / memberi keterangan tambahan pada suatu kata benda (noun).

Sebenarnya, memang benar jika determiner “A” dan juga adjective “big” serta “brown” pada contoh kalimat tersebut sama-sama memodifikasi makna atau memberikan keterangan pada noun yaitu kata“Dog”.

Namun, permasalahannya di sini yaitu apakah urutan penempatan adjective tersebut sudah benar? Lantas bagaimana apabila urutan penempatan adjective kita ubah menjadi “A brown big dog”?  Atau diganti dengan susunan kata “big brown a dog” atau apa bisa dengan susunan “brown a big dog”?

Keterangan

Nah, jika kita lihat dari urutannya tersebut, maka ternyata tidak tepat apabila membolak-balik urutan penempatan adjective dalam contoh itu. Sebab bolak-balik urutan kata tersebut ternyata membuat maknanya jadi lebih kacau dan tidak beraturan.

Seperti inilah yang dinamakan adjective order. Jadi, suatu pola urutan penempatan kata sifat atau adjective yang telah  “fixed” atau tidak akan dapat berubah-ubah lagi penempatannya.

Hal ini juga yang menjadikan alasan mengapa dalam belajar bahasa Inggris kita penting sekali mempelajari Cumulative Adjective dan juga adjective order.

Apabila kata sifat atau adjective yang muncul hanya satu memang kita tidak akan merasa kesulitan. Sebab, kita hanya perlu menempatkan kata tersebut pada bagian samping noun yang dimodifikasinya.

Sebagai contoh yaitu“black cat”, “blue shoes”, “beautiful girl”, “big dog” dan masih banyak lagi contoh lainnya.

Akan tetapi, untuk permasalahanya biasanya akan datang pada saat yang kita jumpai ternyata berupa Cumulative Adjective yang terdiri atas dua kata sifat atau lebih.

Apabila kita tidak bisa memahami cara untuk mengurutkan adjective-nya, maka pastinya kita akan merasa kesulitan dalam menentukan mana pola yang benar.

Kenali Konsep OSASCOMP untuk Mengurutkan Adjective

Secara sederhana, dalam cumulative adjective  pada umumnya kita akan belajar mengenal dengan istilah konsep OSASCOMP. Sebenarnya apa manfaat dari konsep OSASCOMP ini ?

Konsep ini ternyata bermanfaat untuk membantu kita dalam mengurutkan kata sifat atau adjective. Nah, konsep ini juga terdiri dari adjective yang masih ada kaitannya dengan Opinion, Size, Age, Shape, Colour, Origin, Material, dan juga Purpose.

Apabila kita perhatikan lebih detail lagi, istilah OSASCOMP ini ternyata berasal dari huruf awal dari masing-masing kata pada urutan adjective order tersebut.

Ini merupakan suatu konsep sederhana yang bisa bermanfaat untuk membantu Anda semuanya dalam mengingat susunan adjective. Terutama pada saat Anda ingin membentuk sebuah kata sifat kumulatif ini.

Apabila kita kembali pada pembahasan contoh kalimat yang tadi, maka pada contoh tersebut unsur yang kita pakai dalam Cumulative Adjective nya yaitu terdiri atas: Determiner: A, Size: Big, Colour: Brown, dan yang sebagai Nounnya yaitu “Dog”.

Dengan demikian sudah jelas apabila kita tidak bisa menukar posisi atau urutan penempatan adjectivenya menjadi “A brown big dog”. Sebab, dalam urutannya “Size” lah yang sebaiknya harus lebih dulu kita tuliskan dalam kalimat.

Adanya konsep tersebut hanyalah sebagai cara mudah yang bisa kita pakai untuk membantu kita dalam mengingat urutannya saja. Sebab, pada dasarnya terdapat beberapa pendapat mengenai hal ini.

Sebagai contoh, ada yang menambahkan jika urutan Size dan Shape juga dapat muncul sebelum Age, dan yang lainnya.

Hal yang terpenting untuk kita terus mengasah kepekaan kita pada pemakaian multi adjective seperti ini. Caranya yaitu dengan membaca teks yang menggunakan bahasa Inggris.

Sebab, apabila kita sudah terlatih, pastinya kita hanya butuh menghafalkan urutan. Selain itu, kita juga dapat langsung merasakan apabila suatu urutan adjective pada kalimat tersebut memiliki kesan aneh saat terdengar.

Tambahan Penjelasan

Sedikit tambahan, mungkin Anda belum mengetahui tentang cara kerja Cumulative Adjective yang sering disebut dengan“unit modifier”.

Apabila ada pertanyaan, apa bahasa Inggrisnya dari kata“rambut merah” atau “rambut berwarna merah”?  mungkin sebagian ada yang menjawab jika bahasa Inggris dari rambut merah adalah “red hair”.  Ini masih terbilang cukup mudah.

Nah, selanjutnya bagaimana apabila kata tersebut ada satu kata lagi tambahan kata untuk Anda terjemahkan? Contohnya; apa bahasa Inggris dari “rambut berwarna merah gelap” atau “rambut merah gelap?” Apakah Anda mengetahuinya?

Dalam hal klasifikasi warna, kita pastinya sudah mengenal istilah “gelap” serta “terang”. Selain itu, juga ada istilah lain seperti halnya “merah lembut” “merah hati” dan lain sebagainya. Lantas apa Bahasa Inggrisnya dari “rambut merah gelap”?

Jawabannya adalah “dark red hair”. Mengapa frasa tersebut dalam bahasa Inggrisnya tidak “red dark hair” atau yang lain sebagainya? Tentu saja karena sebenarnya secara alamiah telah mengenal adjective order dengan baik.

Penjelasannya seperti ini, kata benda dalam frasa tersebut yaitu “hair” atau “rambut”. Nah, dari kata hair tersebut akan memodifikasi atau menambahkan keterangan pada noun tersebut dengan adjective yang berupa “warna”.

Dalam frasa ini, warna yang kita gunakan tidak hanya warna “merah”saja. Akan tetapi, warna yang digunakan yaitu “merah gelap”. Dari hal ini kita bisa mengamati, walaupun kata “dark” dan “red” semuanya termasuk adjective, akan tetapi ternyata kata “dark” dalam kata ini terlebih dahulu sudah “memodifikasi” makna “red”.

Selanjutnya juga sudah mengubahnya menjadi “dark red (dan tidak hanya kata “red” saja)”. Selanjutnya, mereka juga akan bekerja secara “unit” atau sebagai sebuah kesatuan yang akan memodifikasi dari makna noun yang ada.

Kesimpulan

Penggunaan suatu kata dalam rangkaian kata sifat atau adjective tidak hanya terbatas pada adjective biasa saja. Akan tetapi juga dapat berupa noun yang fungsinya sebagai adjective.

Untuk kata benda atau noun yang seperti ini pada umumnya di dalam noun phrase akan menempati posisi sesudah adjective biasa. Ini harus Anda pahami untuk menciptakan susunan kata menjadi kalimat yang tepat.

Kesimpulannya yaitu jika cumulative adjective ini merupakan dua atau lebih adjective (kata sifat) yang secara bersama-sama akan menerangkan noun (kata benda) yang ada pada bagian belakang kata sifat tersebut.

Rangkaian dari kata sifat kumulatif ini, urutan atau penempatan katanya juga tidak bisa dirubah. Kemudian, juga tidak bisa terpisah dengan tanda baca koma dan tidak bisa juga dihubungkan dengan ‘and’.

Paling penting dari kata sifat kumulatif ini yaitu susunan katanya tidak bisa dirubah penempatannya. Sebab, menjadikan makna kalimat tersebut menjadi salah kaprah dan tidak bisa dimengerti.

Demikianlah penjelasan dari pengertian, fungsi, dan berbagai macam contoh dari cumulative adjective dalam bahasa Inggris dari VisitPare.com. Belajar bahasa Inggris memang banyak sekali hal yang perlu kita pelajari agar bisa berbahasa Inggris yang lebih baik dan benar. Mulai dari belajar tenses, adjective, noun, verb, dan masih banyak lagi hal lainnya yang perlu untuk kita pelajari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.