Coordinate Adjectives dalam Bahasa Inggris, Aturan Hingga Contohnya

Coordinate Adjectives dalam Bahasa Inggris, Aturan Hingga Contohnya

Coordinate Adjectives merupakan bentuk dari kata sifat yang terdiri dari dua maupun lebih kata yang menjelaskan sebuah kata benda maupun noun. Adjective sendiri merupakan bentuk part of speech yang terbagi menjadi beberapa bagian termasuk koordinat kata sifat tersebut.

Bagi Anda yang belum mengetahui dan memahami apa itu koordinat kata sifat maka inilah kesempatan tepat untuk Anda mempelajari baik pengertian, aturan, penjelasan hingga contohnya. Untuk itu simak pembahasannya.

Coordinate Adjectives
pinterest.com

Pengertian Coordinate Adjectives dalam Bahasa Inggris

Koordinat kata sifat memiliki arti suatu kondisi dimana ada dua maupun lebih kata sifat yang memberikan pengaruh atau memodifikasi satu noun yaitu kata benda yang sama dalam kalimat.

Sebuah rangkaian yang dianggap memiliki kepentingan yang setara yang keduanya bergerak secara independen dalam modifikasi. Selain itu memberikan penjelasan tambahan terhadap noun yang dituju.

Sehingga adjective yang muncul dalam koordinat kata sifat ini dapat saling bertukar posisi secara bebas. Bahkan tidak terikat aturan tertentu dalam hal penempatannya.

Umumnya Coordinate Adjectives ini bertanda koma maupun tanda and. Sehingga memenuhi syarat setara baik opini atau fakta yang tidak berlainan.

Rangkaian adjective berada dalam kategori sama apabila sama-sama dalam kategori opinion. Seperti beautiful, lazy, clever maupun friendly.

Aturan Penggunaan Koordinat Adjective

Secara baku, koordinat ini memiliki aturan yang bisa membantu Anda membuat kalimat bentuk adjective coordinate. Beberapa aturan tersebut dapat Anda pelajari dari ketentuan berikut.

1. Terpisahkan Tanda Koma dan And

Tata cara penulisan maupun penggunaan koordinat ini antara satu kata sifat dan kata sifat lainnya terpisahkan tanda koma juga coordinate conjunction berupa kata and.

Hal ini yang menjadi dasar pembeda dari rangkaian kalimat sifat lain. Penggunaan tanda koma merupakan cara tradisional yang  mungkin muncul lebih dulu daripada kata and.

Apabila aturan penggunaan koma atau and sesuai, hal ini menunjukkan bahwa meski urutannya diubah namun kalimat tersebut tetap dalam kategori Coordinate Adjectives. Namun frasa ini akan berbeda jika adjective muncul setelah kata benda. Hal ini bukanlah termasuk adjective coordinate.

Sehingga kata sifat dapat dikatakan koordinat adjective apabila mereka menjelaskan kata benda yang sama dalam kalimat. Misalkan :

– This month is going to be a long, cold winter ( Bulan ini menjadi musim yang panjang dan dingin).

Namun perlu Anda ingat bahwa tidak semua adjective yang berdekatan merupakan Coordinate Adjectives. Karena kadang kata sifat serta kata benda(noun) membentuk unit semantik tunggal.

Selain itu mendapatkan keterangan dari kata sifat lainnya. Bahkan kata sifat ini tidak terkoordinasi serta tidak boleh terpisah dengan koma.

Menggunakan koma dan kata and menjadi sebuah pembeda antara adjective coordinate dan cumulative adjective. Meskipun keduanya sama-sama dalam rangkaian adjective dalam kalimat.

Untuk membedakannya dari cumulative adjective dalam penulisan tidak memakai pemisah misalnya tanda koma maupun and. Karena kata tersebut mengikuti urutan adjective order.

2. Posisi dalam Kalimat

Pada dasarnya Coordinate Adjectives ini berada di depan kata benda yang diterangkannya. Sehingga koordinat ini menjadi kata sifat yang memiliki jenis attributive. Intinya jika Anda menemukan adjective setelah noun maka sudah pasti itu bukan contoh koordinat adjective.

Misalkan something beautiful and fresh. Pada kalimat tersebut terdapat kata adjective yakni beautiful dan fresh yang terpisahkan dengan kata and. Hanya saja kalimat tersebut bukanlah adjective coordinate karena adjective tersebut muncul setelah noun dari kata something.

Karena seutuhnya fungsi dari adjective coordinate tersebut adalah membantu dalam memberikan keterangan pada benda dengan memakai adjective secara bersamaan.

Benda memang sering mengandung kata sifat lebih dari satu. Hal ini untuk penggambaran atau mengekspresikan seperti apa noun tersebut sehingga lebih jelas.

3. Menguji Kebenaran Koordinat Adjective

Dalam beberapa kasus memang tidak mudah untuk membedakan mana yang termasuk Coordinate Adjectives atau bukan. Untuk itu perlu cara tepat untuk mengujinya. Hal ini dapat Anda lakukan dengan mencoba memasukkan kata serta kata sifat untuk melihat frasa apakah masih alami.

– My dog, Goober, loves sleeping on this tattered woolen sweater.

Pada kata tersebut this tattered woolen sweater terasa agak janggal. Karena dalam kalimat ini tidak sedang membicarakan tentang sweater yang tattered and wollen.

Namun pada kalimat tersebut membicarakan  sweater yang compang camping. Cara menguji lainnya dapat dengan mengubah posisi urutan kata sifat. Kemudian mempelajari apakah frasa tersebut ketika berubah posisi masih berfungsi atau tidak.

Perbedaan Adjective Coordinate dengan Cumulative adjective

Semua kalimat mungkin tidak masuk dalam kalimat Coordinate Adjectives. Adjective yang masuk dalam cumulative adjective tidak bertindak secara mandiri dalam modifikasi makna sebuah kata benda.

Sementara koordinat adjective memiliki adjective yang posisinya bisa berpindah bebas. Kemudian, sebuah cumulative adjective menjadi salah, serta tidak diterima maknanya apabila tidak mengikuti pola urutan posisi yang sudah ditetapkan.

Misalkan kalimat a black American leather books apabila Anda rubah adjective nya menjadi a leather black American books maknanya berubah.

Selain itu kalimat ini akan sulit di pahami. Sehingga untuk mempermudah dalam pemahaman apakah kalimat masuk dalam Coordinate Adjectives atau tidak, perlu cara tepat.

Anda hanya perlu menambahkan kata and di antara kata sifat atau Adjective yang ada. Kemudian Anda coba bolak balikkan letak adjective tersebut.

Apabila makna kalimat tersebut masih utuh serta masih dapat diterima dengan baik. Maka sudah pasti kalimat tersebut adalah koordinat adjective. Begitu juga sebaliknya.

Contoh Kata Sifat Koordinat dalam Kalimat Menggunakan Koma (,)

Untuk dapat memahami lebih jelas  penggunaan koma dalam kalimat Coordinate Adjectives maka silahkan simak contoh berikut.

  • He is handsome, smart and wealthy man (Dia tampan, pintar, dan kaya raya)
  • This beautiful, elegant shoes and also very expensive for me (Ini sepatu yang cantik, elegan dan juga sangat mahal untukku)
  • They brought story books, newspaper and magazines(Mereka membawa buku cerita, koran dan majalah).
  • My brother bought a watch, bags and new shoes (Adikku membeli jam tangan, tas dan sepatu baru)
  • I bought mangoes, apple and pineapple to make juice (Saya membeli mangga, apel dan nanas untuk membuat jus).
  • She is beautiful, smart and diligent student (Dia adalah murid yang cantik, pintar dan rajin).
  • This party is rousing, elegant and amazing for us (Pesta ini meriah, elegan, dan luar biasa bagi kami)
  • I have fat, cute and funny cat (Saya punya kucing gemuk, imut dan lucu)
  • your name is very good, beautiful and unique (namamu sangat bagus, indah dan unik)
  • My Sister buys fresh, green and original vegetables in the market (Kakakku membeli sayuran segar, hijau dan asli di pasar)
  • He is a diligent, polite person(Dia adalah orang yang rajin, sopan)
  • I would like to buy a safe, quality, luxury and fuel-efficient car(Saya ingin membeli mobil yang aman, berkualitas, mewah dan irit bahan bakar)
  • Most girls like friendly enthusiastic, imaginative boyt teachers (Kebanyakan anak perempuan menyukai guru laki-laki yang ramah, antusias, dan imajinatif).

Contoh Kata Sifat Koordinat Menggunakan And Dalam kalimat

Pada dasarnya kalimat Coordinate Adjectives juga menggunakan kata and. Untuk memperdalam pemahaman maka pelajari kalimat dalam bahasa Inggris berikut ini.

  • My love is rich and handsome man (Cintaku pria kaya dan tampan)
  • My sister likes long and simple dress (Adikku suka gaun panjang dan sederhana).
  • I bring good soup and still warm (Saya membawa sup yang enak dan masih hangat)
  • You are very kind and caring (Kamu sangat baik dan perhatian)
  • The girl is a persistent and diligent at school (Gadis itu adalah seorang yang gigih dan rajin di sekolah)
  • You buy expensive and thick book (Anda membeli buku yang mahal dan tebal)
  • you are so thin and short(kamu sangat kurus dan pendek)
  • She is tall and fat girl in the class (Dia adalah gadis tinggi dan gemuk di kelas)
  •  I like my long and scented hair (Saya suka rambut saya yang panjang dan wangi)
  • my boy is handsome and wise man(anakku tampan dan bijaksana)
  • Handsome and cool Brandon quickly drew attention in his new school(Brandon yang tampan dan keren dengan cepat menarik perhatian di sekolah barunya)
  • The morning news warned of rain and Windy conditions across Sumatera on Monday (Berita pagi memperingatkan kondisi hujan dan berangin di seluruh Sumatera pada Senin).
  • The prince tale is either tall, dark, and handsome or tall, blond, and handsome (Kisah pangeran itu tinggi, gelap, dan tampan atau tinggi, berambut pirang, dan tampan).
  • We are looking forward to the warm, sunny and relaxing days of summer (Kami menantikan hari-hari musim panas yang hangat, cerah, dan santai)

Letak Kata Sifat Koordinat Sebelum Kata Benda

Berikut ini adalah contoh kalimat dengan Coordinate Adjectives sebelum noun. Perlu Anda perhatikan kata and boleh Anda gunakan dan boleh juga tidak. Misalkan:

  • A hungry, cold, soaking wet dog sat outside our front door (Seekor anjing basah yang lapar, kedinginan, dan basah kuyup duduk di luar pintu depan kami)
  • A soaking wet, cold, and hungry dog sat outside our front door (Seekor anjing basah kuyup, dingin, dan lapar duduk di luar pintu depan kami)

Posisi Kata Sifat Koordinat Setelah Kata Kerja Hubung

Selain penempatan koordinat sebelum kata benda, ada juga yang meletakkannya setelah kata kerja hubung. Namun kata and harus tetap Anda gunakan. Misalkan :

  • The dog was hungry, soaking wet, and cold(Anjing itu lapar, basah kuyup, dan kedinginan).
  •  A fairy-tale prince is never bald, ugly and short  (Seorang pangeran dongeng tidak pernah botak, jelek dan pendek)

Contoh Kata Sifat Non Koordinat

Ketika Anda belajar tentang Coordinate Adjectives maka Anda perlu mengetahui kebalikan dari adjective tersebut yaitu Kata sifat non koordinat.

Definisinya adalah kata sifat koordinat mengisyaratkan setiap kata memiliki nilai yang sama. Sedangkan dua kata sifat yang tidak memiliki fungsi sama atau lebih identik dalam kalimat maka ini disebut dengan kata sifat non koordinat.

Sedangkan contoh adjective non coordinate merupakan frasa yang termasuk kuantitas maupun frase dimana adjectivenya mampu merubah arti dasar dari kata benda tersebut. Misalkan dalam sebuah kalimat :

– The mail carrier brought me four heavy packages (Pengangkut surat membawakan saya empat paket berat).

Dalam kalimat bukan Coordinate Adjectives tersebut kata sifat kuantitas ( empat) mendahului kata sifat serta kata benda lainnya. Apabila Anda membaliknya urutan kedua kata sifat maka kalimat tersebut terasa ganjal. Misalkan:

– The community hiker sipped a cold diet soda (Pendaki komunitas itu menyesap soda diet dingin)

Selanjutnya kata sifat dari kata diet langsung mempengaruhi arti kata benda soda. Hal ini membuat kedua kata sifat tidak memiliki nilai yang sama. Urutan kata sifat pun tidak dapat Anda balik.

Tentunya dari hal ini maka Anda lebih paham dan dapat membandingkan seperti apa kata sifat koordinat yang sesuai dan tepat dalam kalimat.

Cara Membuat Kata Sifat Koordinat

Kebanyakan orang membuat kalimat Coordinate Adjectives mungkin agak sulit. Terutama bagi para pemula. Untuk itu perhatikan cara berikut ini untuk membantu Anda dalam membuat dan mengembangkan kalimat tersebut.

Menjelaskan maupun memodifikasi kata benda bisa dengan mencetak tebal, memberi garis bawah dan lainnya. Misalkan dari kalimat dasar berikut:

  • He’s a happy cat.
  • Melissa is so diligent.
  • What a thoughtful parcel!

Maka kata sifat dasar ini membantu kita mengetahui lebih banyak terkait kucing, Melissa, juga pujian. Namun terkadang kita ingin mendeskripsikan noun tersebut secara lebih detail. Nah saat Anda mendeskripsikan kata benda yang lebih dari satu kata sifat maka dengan sendirinya Anda membentuk kata sifat koordinat.

Sehingga kalimat dasar tersebut menjadi kalimat Coordinate Adjectives sebagai berikut.

  • He’s a happy and lively cat (Dia kucing yang ceria dan lincah)
  • Melissa is so diligent and creative (Melissa sangat rajin dan kreatif)
  • What a thoughtful and generous parcel!(Sungguh hadiah yang bijaksana dan murah hati!)

Kemudian Anda perhatikan bahwa setiap kata sifat tersebut menjelaskan bagian yang berbeda dari kata benda. Hanya saja sama pentingnya.

Misalkan saja kucing yang bahagia dan lincah. Hal ini akan berbeda dengan kucing yang bahagia dan pemarah. Karena bahagia adalah kata sifat yang lebih penting.

Menambahkan Kata Sifat

Dari pengembangan Coordinate Adjectives tersebut maka Anda juga bisa menambahkan lebih banyak kata sifat ke koordinat.

Misalkan :

  • He’s a happy, lively and well-behaved cat (Dia kucing yang ceria, lincah, dan berperilaku baik)
  • Melissa is so diligent, creative and funny (Melissa sangat rajin, kreatif dan lucu)
  • What a thoughtful, generous and beautiful parcel! (Sungguh hadiah yang bijaksana, murah hati dan indah!)

Dari setiap kata sifat ini mampu membantu Anda banyak memahami tentang kata benda atau noun. Meskipun Anda memiliki kebebasan dalam menambahkan kata sifat koordinat sebanyak mungkin. Namun pastikan Anda tidak terlalu banyak atau membanjiri pembaca dengan daftar kata sifat yang cukup panjang.

Karena salah satu bagian yang paling sulit adalah kata sifat koordinat dari tanda baca. Selama kedua deskriptor independen memodifikasi kata benda yang sama maka Anda dapat memilih antara koma maupun and. Hal ini tergantung dari gaya penulisan versi Anda yang cocok.

Jika Anda memiliki kata sifat koordinat dengan menyertakan tiga kata maupun lebih maka pisahkan dengan koma. Selain itu juga dapat memilih antara kata and atau koma terakhir.

Kunjungi Visitpare.com untuk memperoleh banyak sekali informasi Bahasa Inggris, salah satunya penggunaan Coordinate Adjectives. Semoga bermanfaat!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.