9 Motivasi Jadi Guru yang Sangat Mulia

9 Motivasi Jadi Guru yang Sangat Mulia

Setiap mempelajari hal yang baru, tentu setiap orang membutuhkan bantuan orang lain yang lebih berpengalaman. Orang yang paling cocok untuk membantunya adalah seorang guru. Bagi individu yang memiliki motivasi jadi guru ini tentu bukan hanya sekedar ikut-ikutan saja.

Tanpa guru, setiap orang yang sedang menimba ilmu tentu akan merasakan ketersesatan dan kurang sempurna dalam mendapatkan ilmu tersebut. Untuk itu, diperlukan seorang guru untuk membimbingnya untuk keluar dari ketersesatan dan mendapatkan ilmu yang sempurna.

Siapa Guru Itu ?

Bagi orang awam, guru dipandang hanya sebagai profesi yang mengajar di sekolah atau tempat menimba ilmu lainnya. Sebenarnya, maksud dari profesi guru ini melebihi profesi pengajar di suatu tempat melainkan seorang pembimbing bagi individu untuk mencapai tujuan yang diharapkan.

Seorang guru sejati tidak hanya melaksanakan tugas serta kewajibannya di sekolah atau tempat bekerjanya saja. Teruntuk setiap orang yang melakukan pembimbingan bagi individu dengan tujuan tertentu, telah dapat dikatakan sebagai seorang guru.

Saat ini, pekerjaan dalam menjadi guru dianggap remeh oleh cukup banyak orang. Hal ini disebabkan oleh pendapatan atau gaji dari profesi guru ini tidaklah sebanding dengan jasa yang diberikannya.

Meskipun begitu, masih cukup banyak individu yang memiliki niat tulus untuk menjadi guru. Hal ini biasanya dilatarbelakangi karena hasrat individu tersebut untuk mengabdi kepada masyarakat luas dan memanfaatkan ilmu yang telah diperolehnya.

9 Motivasi Seorang untuk Menjadi Guru

Setiap individu yang dijuluki sebagai guru ini pasti memiliki motivasi yang tak sama. Motivasi ini terkadang muncul dari individu itu sendiri maupun secara eksternal. Dengan adanya motivasi ini tentu akan membuat setiap orang yang berkeinginan menjadi guru akan merasa bangga.

Pasalnya, hampir setiap orang yang menjadi guru ini dilatarbelakangi oleh motivasi yang sangat membanggakan dan tentunya menguntungkan untuk dirinya. Sudah tahu apa saja sih motivasi jadi guru bagi sebagian orang? Simak ulasannya berikut.

1. Pekerjaan yang Menyenangkan

Menjadi guru ini tidak kita pungkiri bahwa merupakan suatu pekerjaan yang memang memiliki tanggung jawab yang besar. Selain harus menyalurkan ilmu kepada anak didiknya, beliau juga harus mampu menjadi role model yang baik teruntuk anak didik tersebut.

Meskipun begitu, bagi sebagian orang yang telah menjalankan profesinya menjadi guru ini mengatakan bahwa pekerjaannya ini cukup menyenangkan. Karena tentu setiap tahun akan ada pergantian anak didik yang harus ia ajarkan dengan berbagai karakter siswa/i tersebut.

Perbedaan setiap karakter siswa/i dan pergantiannya setiap tahun ini membuat suasana kelas selalu berbeda. Canda tawa yang terjadi setiap masa pembelajaran ini tentu akan memiliki kenangan yang tersendiri. Hal ini yang terkadang menjadi motivasi jadi guru bagi sebagian orang.

2. Berkesempatan untuk Terus Belajar

Keilmuan yang ada saat ini teruslah mengalami perkembangan sesuai dengan zaman yang semakin terdepan. Hal ini tentu akan menuntut setiap guru untuk mempelajari ilmu yang lebih baru lagi agar dapat menyesuaikan keilmuannya untuk disampaikan kepada muridnya.

Untuk mendapatkan keilmuan yang terbarukan ini, pastinya guru akan mendapatkan kesempatan untuk dapat terus belajar menimba ilmu. Baik ilmu dari lembaga yang bersangkutan maupun yang lainnya.

Terkadang dari muridnya pun, guru juga dapat mengambil sebuah pembelajaran yang berharga. Hal ini tidak dapat kita pungkiri karena setiap anak yang memiliki karakter dan kehidupan yang berbeda ini akan memberikan pembelajaran berharga bagi orang lain termasuk gurunya.

3. Memiliki Peran Penting untuk Generasi Masa Depan

Kewajiban utama yang setiap guru miliki ini untuk menyampaikan ilmu milikinya kepada para anak didiknya. Ilmu yang ia berikan kepada seluruh murid tentu sebagai bekal kehidupan anak tersebut di masa depan.

Ada banyak sekali peran guru, kamu bisa baca artikelnya sendiri ya.

Setiap anak saat ini akan menjadi pemimpin dan penerus bangsa di masa depan. Karakter dan pemikiran pemimpin masa depan ini tergantung pada keilmuannya saat ini. Ikut andil dalam mencetak generasi masa depan ini termasuk satu di antara motivasi jadi guru bagi sebagian individu.

Untuk menjamin pemimpin yang berkualitas di masa depan ini tentu memerlukan bekal keilmuan yang baik. Karakter pemikiran yang cerdas ini juga harus setiap guru perhatikan, agar nantinya setiap pemimpin di masa depan memiliki karakter kuat nan baik.

4. Disegani oleh Orang Sekitar

Tidak bisa kita pungkiri bahwa setiap guru akan lebih orang sekitar segani. Hal ini terjadi karena masyarakat menilai bahwa guru itu profesi yang mulia. Karena dengan adanya para guru tersebut, para putra/i nya telah ia bimbing untuk mencapai tujuan hidupnya melalui ilmu milikinya.

Kewibawaan seorang guru ini sangatlah berbeda dengan orang sekitar. Meskipun perilaku guru tersebut sangatlah sederhana, akan tetapi wibawanya selalu terpancarkan. Hal ini bisa saja karena keikhlasannya dalam mendidik muridnya.

5. Cenderung Awet Muda

Berbagai karakter, sifat, serta candaan yang kita lontarkan setiap anak ini selalu membuat para guru bersuka cita. Meskipun tidak dapat kita pungkiri bahwa ada saja anak yang cukup bermasalah, akan tetapi canda tawa dengan setiap anak muridnya ini membuat hati guru jadi senang.

Kebahagiaan dari canda tawa dengan anak murid ini dapat membuat para guru jadi lebih awet muda. Percaya atau tidak, setiap orang yang berprofesi menjadi guru pasti tampak lebih muda daripada orang lain yang sebayanya.

6. Jam Kerja Fleksibel

Untuk masalah jam kerja bagi guru sekolah tentu sudah terjadwal dengan rapi. Biasanya jam kerja untuk guru sekolah sejak pukul 06.30 – 14.00, tentunya hal ini juga menyesuaikan dengan ketentuan sekolah masing-masing.

Berbeda lagi jika guru tersebut merupakan guru privat bagi setiap muridnya, tentu jam kerjanya jauh lebih fleksibel. Terkadang bagi guru yang berusia muda sering mengambil profesi guru private ini setelah menyelesaikan tugasnya menjadi guru sekolah.

7. Menjadi Hiburan

Bagi sebagian orang, bekerja sebagai guru ini juga menjadi hiburan tersendiri untuknya. Tentunya hal ini karena keberagaman tingkah laku dan karakter anak didiknya yang membuat hati guru tersebut bersuka cita.

Memang benar bahwa tanggung jawab setiap guru ini tidaklah main-main. Akan tetapi, bagi dirinya yang memang berniat mengabdikan kehidupannya untuk masyarakat, dengan menjadi guru ini bukanlah hal yang berat.

8. Menyalurkan Rasa Cinta pada Anak

Setiap orang tentu memiliki ketertarikan dan rasa cinta yang berbeda. Tak jarang bagi setiap orang yang berprofesi sebagai guru memiliki dasar rasa cinta kepada anak-anak. Hal ini yang melatarbelakangi individu tersebut untuk menjadi guru.

Anak-anak ini memanglah memiliki keunikan yang berbeda. Hal ini membuat setiap orang yang cinta terhadap anak-anak merasakan kebahagian tersendiri.

9. Ilmu yang Bermanfaat

Jalan untuk memanfaatkan ilmu agar terus berkah adalah dengan menyampaikan dan meneruskan ilmu tersebut kepada orang lain. Dengan menjadi guru ini, setiap individu tersebut dapat menyalurkan ilmunya agar lebih bermanfaat.

Itulah sejumlah motivasi jadi guru yang melatarbelakangi sebagian orang tergerak hatinya untuk menjadi guru. Meskipun gaji yang didapatkan tersebut seringkali tidak sesuai dengan besarnya tanggung jawabnya, profesi mulia ini tetap menjadi dambaan sebagian orang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.