10 Motivasi Masuk Organisasi di Kampus dan di Sekolah

Berorganisasi adalah tempat bagi mahasiswa untuk berkarya di luar bidang akademik. Terkadang, dibutuhkan banyak motivasi masuk organisasi agar bisa terdorong ikut dalam organisasi di kampus tercinta. Namun, tak jarang mahasiswa memilih untuk menjadi seseorang yang kuliah-pulang saja tanpa mengikuti organisasi apapun.

Padahal, berorganisasi bukan hanya tentang belajar hal lain selain materi akademik, melainkan memiliki banyak hal lain yang tidak bisa didapatkan hanya dengan masuk kelas perkuliahan saja. Oleh karena itu, simak beberapa motivasi yang membuktikan bahwa organisasi itu sangatlah penting.

Apa Itu Berorganisasi?

Organisasi adalah sebuah kelompok yang memiliki satu tujuan bersama dan berusaha untuk mewujudkannya bersama. Dalam organisasi seseorang tidak akan bekerja sendirian melainkan secara berkelompok. Selain itu, setiap anggota dengan anggota lainnya harus membaur dengan akur.

Umumnya, setiap organisasi memiliki kebiasaan dan juga aturan tersendiri yang berbeda-beda. Dalam hal ini, seseorang yang turut bergabung menjadi anggota akan belajar untuk disiplin mematuhi aturan, komitmen bersama, serta mendapatkan banyak wawasan yang tidak bisa di dapatkan di bangku perkuliahan.

Motivasi Untuk Bergabung Dalam Organisasi

Berorganisasi artinya seseorang harus berkomitmen untuk saling bekerja sama dan mengambil keputusan bijaksana secara bersama- sama. Namun, bagi sebagian orang hal ini mungkin sangat sulit dan berat untuk dilakukan. Inilah beberapa motivasi untuk berorganisasi untuk menjadi mahasiswa yang lebih berguna.

1. Mengenal Banyak Kalangan

Jika malas untuk berorganisasi, maka ingatlah motivasi masuk organisasi yang satu ini bahwa berorganisasi akan membuat seseorang mengenal banyak orang dari berbagai kalangan. Dengan kata lain, seseorang bisa membangun relasi dengan jauh lebih luas dalam sebuah organisasi.

Mengenal banyak orang dan membangun relasi memiliki makna yang sangat mendalam. Mungkin manfaatnya belum terasa saat masih menjadi seorang mahasiswa. Namun, manfaatnya justru akan terasa setelah lulus dari bangku kuliah bahwa memiliki banyak relasi dan banyak kenalan itu menguntungkan.

2. Belajar Untuk Mengambil Keputusan Yang Bijaksana

Dalam sebuah organisasi seseorang akan banyak terlibat dengan urusan kelompok yang melibatkan lebih dari satu atau dua orang. Adanya kelompok inilah yang nantinya akan mengajarkan arti sebuah keputusan yang bijaksana yang diambil dalam sebuah musyawarah mufakat.

Mungkin, dahulu hal ini terkesan tidak berarti apa-apa. Namun, ilmu untuk menjadi bijaksana terlebih dalam mengambil keputusan akan menjadi suatu kebiasaan baik. Nantinya akan berguna untuk memimpin di masyarakat ataupun saat berkeluarga.

3. Meraih Tujuan Bersama

Motivasi masuk organisasi lainnya yang tak kalah penting adalah berlatih untuk meraih tujuan bersama. Meskipun ini adalah tujuan organisasi, namun umumnya di dalam suatu organisasi terbagi menjadi beberapa aspek yang memiliki tugas berbeda.

Dalam hal inilah seseorang akan belajar untuk bertanggung jawab akan tugas yang diembankan padanya serta mencari cara untuk meraih tujuan tersebut. Hal ini sangat bermanfaat nantinya dalam bermasyarakat dan juga dalam dunia kerja yakni terbiasa untuk bekerja keras meraih tujuan dan bertanggung jawab.

4. Menambah Pengetahuan

Tidak hanya tentang bersosial namun berorganisasi juga akan mengajarkan hal-hal yang di luar dugaan yang tidak bisa didapatkan dalam bangku perkuliahan. Pengetahuan, wawasan, serta pengalaman berorganisasi tidak akan bisa didefinisikan oleh teori manapun selain mengalaminya sendiri.

Pengetahuan yang nanti akan didapat juga akan menambah wawasan terkait ilmu sosial, mental, serta wawasan lainnya yang sangat penting. Pengetahuan tersebut mungkin terkesan dangkal, namun hal itu akan dibutuhkan dan diterapkan saat seorang mahasiswa terjun ke dalam dunia masyarakat.

5. Meningkatkan Keterampilan Berbicara atau Public Speaking

Tentunya, ilmu public speaking juga akan sering dipakai dalam suatu organisasi. Seseorang akan belajar untuk berbicara di depan umum, menjadi pembicara, MC, ataupun berdiskusi dengan rekan-rekan sesama di dalam organisasi.

Hal ini tentu saja adalah pengalaman yang amat berharga dan sayang jika dilewatkan begitu saja. Pengetahuan public speaking ini juga merupakan salah satu motivasi masuk organisasi yang paling penting yang harusnya bisa mendorong mahasiswa untuk berkembang lebih di dalam suatu organisasi.

6. Belajar Untuk Menjadi Pemimpin

Menjadi pemimpin bukanlah hal yang ringan. Namun, bukan berarti tidak bisa dipelajari ataupun di asah. Tempat yang pas untuk mempelajari skill kepemimpinan ini adalah saat bergabung dalam suatu organisasi. Dalam berorganisasi, ilmu kepemimpinan yang didapat akan sangat beragam dan matang.

Sebagai anggota, seseorang akan bisa melihat bagaimana sosok pemimpin yang baik ataupun kurang baik menurut mereka. Tentu saja, seseorang bisa menyuarakan pendapatnya saat masih dalam ranah organisasi. Jika berkenan, jadilah juga pemimpin untuk berlatih bagaimana menjadi pemimpin yang bijak.

7. Melatih Cara Mengatur Waktu

Melatih diri untuk bisa mengatur waktu adalah hal yang dibutuhkan bahkan dalam segala hal. Inilah yang akan menjadi salah satu motivasi masuk organisasi yang pastinya bisa meningkatkan keinginan untuk ikut berorganisasi. Dalam semua jenis organisasi, tentunya memiliki banyak kegiatan dan acara.

Terlebih jika hal itu dilakukan saat sedang menjalani perkuliahan yang memiliki banyak beban tugas di dalamnya. Sulit memang jika hanya membayangkannya. Namun, jika dijalani dengan pengaturan waktu yang benar dan efisien, semua kegiatan tersebut akan terealisasi dengan baik dan bermanfaat.

Oleh karena itu, dibutuhkan latihan dan wawasan yang cukup agar bisa mengatur waktu dengan baik. Cara melatihnya yakni dengan bergabung dalam organisasi. Seseorang akan terbiasa mengatur waktu hariannya sehingga akan menjadi kebiasaan baik di masa depan.

8. Melatih Diri Untuk Berpikir Lebih Terbuka Dan Kreatif

Organisasi berarti sebuah kelompok yang di dalamnya tidak hanya terdiri dari dua orang saja, melainkan lebih dari itu. Inilah cara terbaik untuk melatih diri agar bisa berpikir terbuka dan menerima pendapat orang lain serta belajar untuk berpikir kreatif.

Masing-masing kepala memiliki isi yang berbeda. Oleh karena itu, banyak kepala tentunya akan banyak juga ide-ide yang diungkapkan. Disitulah seseorang akan belajar bagaimana caranya menghargai pendapat orang lain serta belajar menjadi lebih kreatif untuk memikirkan solusi dan ide-ide kreatif lainnya.

9. Belajar Menjadi Pribadi Yang Percaya Diri

Memiliki pendapat yang kreatif dan unik adalah hal yang umum dimiliki. Namun, menyuarakan pendapat tersebut di hadapan khalayak umum bukanlah kemampuan yang dimiliki semua orang. Terkadang, seseorang memiliki ide, namun enggan untuk menerapkannya sehingga ide tersebut tidak tersalurkan.

Hal ini tentu akan sangat disayangkan. Dalam organisasi, seseorang akan dituntut untuk menyampaikan pendapatnya saat rapat berlangsung. Oleh karena itu, pengalaman ini akan melatih kemampuan untuk berpendapat dan menjadi lebih percaya diri di hadapan banyak orang saat acara apapun nantinya.

10. Belajar Hal Baru Lebih Dari Zona Nyaman

Jika motivasi masuk organisasi yang sebelumnya belum juga mampu mendorong keinginan berorganisasi, maka motivasi yang satu ini mungkin bisa dijadikan opsi. Belajar hal baru tentunya adalah hal yang baik untuk dilakukan. Inilah yang nantinya akan di dapatkan saat berorganisasi di kampus.

Segala permasalahan, keadaan, anggota dan juga kepemimpinan yang ada di dalam suatu organisasi akan bermacam-macam jenisnya. Inilah yang nantinya membuat mahasiswa mendapatkan pelajaran baru dalam hidup berorganisasi.

Demikian beberapa motivasi masuk organisasi di kampus tercinta. Resapilah motivasi tersebut dan yakinlah bahwa tidak akan rugi untuk bergabung dalam suatu organisasi. Menjadi seorang mahasiswa adalah saat dimana seseorang belajar lebih, termasuk menambah wawasan di organisasi.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.