Visi Misi Sekolah: Pengertian, Kriteria dan Cara Membuat Visi Misi Sekolah

Visi Misi Sekolah: Pengertian, Kriteria dan Cara Membuat Visi Misi Sekolah

Yang berbagai lembaga pendidikan formal harus memiliki adalah visi misi sekolah. Karena berkaitan dengan identitas sebuah lembaga pendidikan tersebut yang dapat dibedakan dengan lainnya. Serta bisa diartikan sebagai tujuan yang hendak dicapai sekolah tersebut dengan adanya siswanya.

Terlebih lagi pada lembaga pendidikan formal terutama sekolah pasti sering kita jumpai terkait dengan istilah visi misi. Bahkan tidak jarang juga hal tersebut sering kita jumpai jika melihat ada partai politik yang berorasi. Karena secara umum berisikan gambaran rencana masa depan.

Semuanya tentu demi mencapai tujuan masa depan, dalam visi misi juga terdapat target jangka panjang dan jangka pendek. Semua hal ini juga terdiri dari berbagai gagasan yang tentunya menarik. Maka dari itu, simak berbagai hal terkait dengan visi misi ini:

Mengenal Visi Misi yang Biasanya Ada di Sekolah dan Organisasi

Dengan adanya pembahasan terkait visi misi sekolah akan mempermudah siapa saja dalam memahami perbedaannya. Karena sampai kini masih banyak yang terkait arti dari kedua hal tersebut. Sejumlah pihak mengalami kebingungan untuk menjelaskan ini karena belum paham makna serta artinya.

Apalagi secara umum tidak mudah untuk menentukan perbedaan antara keduanya ini, jika belum paham maknanya. Tetapi jika kita kaitkan sebenarnya visi serta misi ini masih dalam suatu kesatuan. Sehingga keduanya juga tidak bisa terpisah satu sama lain simak pembahasan berikut ini:

1. Visi

Menurut KBBI visi berarti pengamatan dan penglihatan dalam merasakan sesuatu yang tidak tampak. Karena lebih berhubungan dengan bagaimana kemampuan dalam melihat sebuah inti persoalan. Juga untuk pandangan dalam wawasan ke depan secara umum berarti juga rangkaian dalam menentukan impian.

Lalu visi juga menjadi gambaran dalam penentuan karakteristik terkait dengan bagaimana arah tujuan dari perjalanan kedepannya. Selain itu, visi juga bisa berubah sesuai dengan perkembangan zaman yang ada. Serta juga menyebabkan visi misi sekolah berbeda satu sama lain.

2. Misi

Lalu pembahasan terkait dengan misi adalah langkah untuk mencapai visi yang ditetapkan. Begitu juga begitu juga halnya dengan visi misi sekolah yang semua warga sekolah keketahui. Misi berarti tentang apa saja yang wajib dikerjakan dalam mewujudkan visi.

Biasanya misi kita buat berdasarkan langkah-langkah yang mempermudah tujuan. Sekaligus sebagai bentuk usaha nyata serta arahan untuk mencapai keinginan yang hendak kita tuju. Serta banyak juga orang yang menyatakan bahwa misi ini berkaitan dengan metode atau juga nilai kerja dalam mewujudkan keinginan.

Perbedaan Visi Misi itu Apa Sih?

Jika sebelumnya pembaca telah paham terkait dengan pengenalan visi misi, berikutnya masuk pada bagian perbedaan. Visi misi sekolah 1 dengan yang lain pasti berbeda. Secara garis umum keduanya sama-sama memiliki fungsi untuk mencapai tujuan yang berbeda antar lembaga.

Karena yang pasti keduanya dianggap sebagai pilihan terbaik untuk mencapai tujuan. Sebenarnya untuk memahami arti dari kedua tersebut tidaklah begitu sulit, cukup memahami perbedaannya saja. Berikut beberapa perbedaan antara visi dan misi:

1. Arti 

Perbedaan pertama dari maksud visi misi sekolah adalah berkaitan dengan arti. Seperti yang telah sebelumnya, walau terdiri dari satu kesatuan tetapi keduanya memiliki makna atau arti yang berbeda. Tetapi keduanya ini masih terkait satu sama lain sehingga sulit untuk terpisahkan.

Yaitu visi berarti bagaimana tujuan serta masa depan sebuah instansi atau juga sekolah. Sementara misi bisa berarti cara atau metode untuk dapat mewujudkan suatu visi yang telah kita tetapkan. Jadi kedua komponen tersebut terkait satu sama lain.

2. Gambaran Umum

Faktor yang menjadi pembeda visi misi pada sekolah berikutnya adalah terkait dengan gambaran umum. Karena visi berarti gambaran besar secara menyeluruh terkait dengan apa saja yang menjadi keinginan. Jadi, cakupan dari sebuah misi lebih luas dan pastinya besar.

Berbeda halnya dengan misi berupa penjabaran untuk mencapai sebuah visi. Jadi untuk gambarannya sendiri jauh lebih kecil daripada visi. Karena berisi berbagai poin atau langkah-langkah yang harus ditempuh berupa penjabaran tersebut.

3. Penulisan

Selanjutnya yang juga bisa menjadi faktor pembeda dari visi dan misi adalah terkait dengan penulisan. Secara umum bahwa visi berarti berbagai kalimat atau pernyataan yang jelas. Sekaligus pada terlebih lagi visi adalah representasi segalanya.

Sementara misi berarti sebagai susunan kalimat atau pernyataan dalam menjelaskan tujuan. Penulisan misi juga terdiri atas berbagai kalimat penjabaran. Atau dengan kata lain berisi berbagai poin yang jauh lebih banyak daripada visi.

4. Kegunaan

Faktor pembeda antara kedua hal ini berikutnya adalah jika kita tilik dari perbedaan kegunaan. Mengingat jika visi memiliki jangkauan yang lebih luas berarti sifat pemakaian jangka panjang. Bisa berarti juga bahwa visi tidak mungkin berubah begitu saja dalam waktu yang begitu cepat.

Hal ini berkebalikan dengan misi karena misi memiliki harapan dapat terealisasi secara cepat dan sesegera mungkin karena khawatirnya ada beberapa hal yang mungkin berubah. Terutama pada saat tertentu yang menyebabkan visi tak mungkin tercapai.

Baca Juga: Contoh Gotong Royong di Sekolah dan Manfaatnya

Kriteria Visi Misi yang Cocok untuk Sekolah

Berikut akan membahas terkait dengan bagaimana kriteria dari visi dan misi sehingga bisa kita sebut sebagai visi misi untuk sebuah sekolah. Tentunya berbagai kriteria tersebut harus terpenuhi agar menjadi layak, maka dari itu simak berbagai penjelasan selengkapnya:

  • Pertama sebuah visi misi sekolah harus memiliki kriteria dapat menjadi sebagai cita-cita bersama untuk seluruh warga sekolah. Terutama untuk masa sekarang dan yang akan datang jadi dari segi waktu tidak terbatas hanya saat ini saja.
  • Kedua adalah bisa memberikan inspirasi sekaligus motivasi pada semua warga sekolah
  • Ketiga sebuah kriteria untuk visi misi ini juga harus berdasarkan semua kepentingan dari warga sekolah. Juga pastinya harus menyesuaikan dengan visi misi pendidikan nasional.
  • Berikutnya adalah sebuah visi misi ini harus kita putuskan lewat sebuah rapat bersama. Di mana rapat tersebut diadakan oleh dewan pendidik serta kepala sekolah. Dengan tetap mempertimbangkan masukan yang diberikan oleh pihak komite sekolah.
  • Tak kalah pentingnya bahwa satu kriteria lain adalah visi misi yang ada harus telah disosialisasikan kepada seluruh warga sekolah. Serta berbagai pihak yang memiliki kepentingan.
  • Kriteria selanjutnya yang harus dimiliki adalah visi misi yang ada ini harus ditinjau secara berkala. Yaitu untuk melihat apakah ada perkembangan serta tantangan yang dihadapi oleh sekolah dalam mewujudkan visi misi. Untuk melihat apakah ada perkembangan serta tantangan yang dihadapi oleh sekolah dalam mewujudkan visi misi ini.
  • Serta juga untuk melihat kecocokan dalam penggunaannya di masa yang akan datang.

Itulah sejumlah penjelasan terkait dengan visi misi sekolah yang harus kita ketahui oleh semua kalangan, terutama warga sekolah. Dengan mengetahui bagaimana visi misi ini pastinya akan sangat membantu dalam berbagai keperluan. Terutama perancangan tujuan.

Selain itu, bagi seseorang yang ingin maju untuk mencalonkan diri dalam hal apapun pasti membutuhkan visi dan misi. Lewat tulisan ini juga bisa menjadi acuan untuk lebih memahami keduanya. Serta menyusun contoh visi misi yang baik pastinya akan sangat berguna.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.