Membuat Janji Dalam Bahasa Inggris Untuk Bertemu, Ini Caranya!

Membuat janji dalam bahasa Inggris dengan benar bisa membantu siapa saja yang ingin membuat percakapan dengan mudah. Kita sebagai makhluk sosial tentu selalu berinteraksi dengan banyak orang. Dalam aktivitas sehari-hari baik kantor, sekolah, tempat umum dan lainnya, kita sering membuat janji dengan orang lain.

Membuat janji temu dalam bahasa Indonesia sudah menjadi rutinitas. Namun bagaimana jika membuat janji temu menggunakan bahasa Inggris? Tentu Anda perlu mempelajarinya. Untuk itu pelajari secara jauh melalui informasi berikut.

Membuat Janji Dalam Bahasa Inggris
youtube.com

Cara Membuat Janji Dalam Bahasa Inggris Secara Mudah

Bagi seorang pekerja kantoran maupun pebisnis, membuat janji pertemuan sudah tidak asing lagi. Bahkan sudah berlaku untuk mengatur jadwal agenda kegiatan. cara membuat janji pertemuan atau making appointment memungkinkan kita untuk menjalin relasi dengan banyak orang dari luar negeri.

Menyapa Lawan Bicara dan memperkenalkan Diri

Dalam membuat janji tentu sebelumnya kita harus menyapa lawan bicara dengan sopan. Sehingga perlu membuka percakapan yang hangat agar terjadi interaksi pembicaraan yang baik dan menyenangkan. Tentunya Anda perlu menyesuaikan sapaan dengan keadaan, suasana atau dengan siapa Anda berbicara.

Selanjutnya adalah memperkenalkan diri atau introduce yourself. Membuat perjanjian atas nama pribadi maupun perusahaan serta ingin membuat janji pertemuan dengan seseorang, memperkenalkan diri adalah hal penting. Jadi pastikan bahwa orang yang Anda ajak bicara mengenali Anda secara langsung.

Menyampaikan Tujuan atau Maksud (Express Your Purpose)

Ketika Anda telah menjalin percakapan yang baik maka selanjutnya dapat menyampaikan maksud dari janji pertemuan. Kalimat untuk membuat janji pertemuan misalkan “Hello, this is Maya. I am calling from Marta Agency and would like to set up an interview with you“. (Hello, ini Maya. Saya menelepon dari Marta Agency dan ingin mengatur wawancara dengan Anda).

Selain itu membuat janji dalam bahasa Inggris dapat dengan contoh “Good morning. This is Maudy Ayunda. I am calling on behalf of Dr Brians and would like to arrange an appointment with Mr Ronald Cullen” (Selamat pagi. Ini Maudy Ayunda. Saya menelepon atas nama Dr Brians dan ingin membuat janji dengan Tuan Ronald Cullen).

Untuk Janji Bertemu Menanyakan Waktu (Asking for a Time)

Ketika kita ingin membuat janji bertemu dengan orang lain maupun klien tentu lebih menegaskan waktu spesifik. Terutama jika keduanya mengambil kesepakatan waktu sesuai jadwal luang. Ketersediaan orang yang akan kita temui tentu paling utama.

Sehingga Anda perlu memastikan kapan waktu luang diantara kesibukan mereka pada waktu tertentu. Bentuk dari pertanyaan untuk memastikan waktu umumnya menggunakan kata when. Misalkan When would you have time?, atau when are you available?, when do you have time?, when are you free? dan when would it suit you?

Dari kalimat tanya tersebut menjadi kalimat pembuka yang memungkinkan lawan bicara untuk menjawab sesuai dengan agenda yang sudah terjadwal.

Apabila klien maupun lawan janji memiliki jadwal yang padat atau memiliki pembahasan yang urgent sebaiknya Anda langsung menanyakan kapan waktu yang tepat untuk membuat janji dalam bahasa Inggris.

Disini sebaiknya Anda menyampaikan kalimat seperti “Can you do Monday? atau Could we meet sometime next week to talk about your programs?” (Bisakah kita bertemu minggu depan untuk membicarakan program Anda?)

Selain itu juga dapat dengan contoh How does Monday Sound? (Bagaimana dengan hari Senin?). Intinya dapat menegaskan kapan waktu yang tepat untuk bertemu sehingga mencari hari dimana keduanya memiliki waktu yang sama.

Janji Dengan Teman atau Sahabat (An Appointment with a Friend)

Membuat janji dalam bahasa Inggris dengan sahabat maupun teman dapat dilakukan dengan percakapan. Contohnya sebagai berikut.

A: Morning Ana (Pagi Ana)

B : Morning Mira (Pagi Mira)

A : Have you finished reading my book? (Sudahkah kamu menyelesaikan membaca bukuku?)

B : Forgive me Ana, I haven’t but I am sure that I will come to your home before night to return it. ( Maafkan aku Mira, aku belum, tapi aku yakin bahwa aku akan datang ke rumahmu sebelum malam hari untuk mengembalikannya).

A: With my pleasure, I will welcome you Mira. (Dengan sepenuh hati, saya akan menyambut Mira).

B : It So Great ( Kedengarannya bagus)

Janji Dengan Klien atau Rekan Kerja

Dalam lingkungan kerja, berhubungan baik dengan rekan kerja atau klien menjadi hal yang menentukan. Penggunaan kalimat yang baik dan benar memberikan pengaruh pada hubungan tersebut. Untuk lebih jelasnya simak percakapan membuat janji dalam bahasa Inggris berikut.

A : I want to meet and make an appointment for meeting (saya ingin bertemu dan membuat janji).

B : Of Course, I have Tuesday or Friday available. What day would be best for you? (Tentu, saya punya waktu hari selasa atau Jumat. Hari apa yang terbaik untuk Anda?)

A : I want to come in the evening. (Saya lebih memilih pada malam hari).

B : I will have my partner check my calendar and get back to you with the exact time. (Saya akan menyuruh asisten untuk memeriksa jadwal saya dan bertemu denganmu pada hari yang sudah kita sepakati).

Can you bring me an outline of the plan or project when you come? (Bisakah Anda membawa outline rencana atau project saat kita bertemu nanti). Membuat janji dalam bahasa Inggris tersebut membutuhkan tanggapan.

A : Yes I can bring the outline plan when i come to the meeting. (Baiklah, Saya bisa bawa outline rencananya saat menghadiri pertemuan nanti).

B : Do you think that we should include the entire assistant in the meeting? (Apakah menurutmu kita harus mengikutsertakan asisten?)

A : I think that we should have just the assistant true. (Saya pikir kita harus mengikutsertakan asisten).

B : OK. I will make the arrangements for them?( Baiklah. saya harus membuat susunan rencana untuknya)

Percakapan Membuat Jadwal Interview

Jika Anda adalah seorang sekretaris atau customer service dan ingin membuat jadwal wawancara untuk peserta maka Anda juga harus menguasai cara menyampaikan janji bertemu. Sebagai salah satu untuk mempelajari cara membuat janji dalam bahasa Inggris sebagai berikut.

A : Good morning, I would like to speak to Diana, please. (Selamat pagi, saya ingin berbicara dengan Diana.

B : speaking (Berbicara)

A : Hello, this is Dian, I am calling from Bianca Agency and would like to set up an interview with you. Would you be available on Tuesday? ( Halo ini Dian, saya menelepon dari Bianca Agency dan ingin mengatur wawancara dengan Anda. Apakah Anda akan tersedia pada hari Selasa?

B : Ah yes. It Sound great but unfortunately I Will be out of town on Friday, But I will be available on Sunday in the afternoon. Do I still have a chance? (Ah ya memang kedengarannya bagus, namun sayangnya saya akan keluar kota pada hari Jumat. Tapi saya akan tersedia pada hari Minggu sore. Apakah saya masih memiliki kesempatan?)

A : No worries It’s still good, how does 11.30 p.m sound to you? (Jangan khawatir itu masih bagus, bagaimana jika pukul 11.30 terdengar untukmu?)

B: Ah ya Sunday at 11.30 p.m suits me just fine. (Ah ya Minggu pukul 11.30 cocok untukku).

A : Good I will send the formal invitation and the interview regulation to your email. (Baiklah, saya akan mengirimkan undangan resmi dan peraturan wawancara ke email Anda.

B : Thanks you so much see you then. (Terimakasih banyak, sampai jumpa lagi).

Pedoman Penting Saat Appointment dalam Bahasa Inggris

Ada beberapa poin yang perlu Anda perhatikan saat membuat janji dalam bahasa Inggris dengan orang lain.

Membuat Janji

Ketika seseorang membuat janji pada situasi formal maka sebaiknya Anda mengatakan I would like to arrange appointment to discuss something. (Saya ingin mengatur janji untuk membahas sesuatu).

Sementara saat situasi maupun pertemuan yang casual atau tidak formal, kata yang bisa Anda sampaikan dengan contoh Can we meet on Friday? (Bisakah kita bertemu pada hari Jumat?). What about we meet sometimes this weekend? (Bagaimana kalau kita bertemu kadang-kadang akhir pekan ini?). Are you free next week?(Apakah Anda bebas minggu depan?).

Setuju Dengan Janji Pertemuan

Ketika seseorang yang dalam situasi formal menyetujui dan sepakat dengan janji bertemu bisa mengatakan I would be available at that time (Saya akan tersedia pada saat itu). Yes, I believe i’m available to have a meeting at the time mentioned (Ya, saya yakin saya tersedia untuk mengadakan pertemuan pada waktu yang disebutkan).

Sementara untuk membuat janji dalam bahasa Inggris pada situasi maupun pertemuan yang cenderung kasual atau santai bisa dengan contoh sebagai berikut. This Wednesday would be perfect, I will be there (Rabu ini akan menjadi sempurna, saya akan berada di sana). Wednesday suits me just fine see you (Rabu cocok untukku, sampai jumpa)

Membuat Janji di Waktu Tidak Tepat

Selanjutnya jika berada pada situasi formal yang menyatakan bahwa waktu tidak tepat dan terjadi penolakan dapat disampaikan dengan cara sebagai berikut. Unfortunately I don’t think I won’t be available at that time because…. (Sayangnya saya tidak berpikir saya tidak akan tersedia pada saat itu karena ….).

Selain itu dengan i will be out of town next Wednesday but i will be available on Thursday in the afternoon (saya akan keluar kota Rabu depan tetapi saya akan tersedia pada hari Kamis sore).

Begitu juga dengan situasi maupun pertemuan yang cenderung kasual atau informal dapat dengan I am afraid i can not meet you today. What about next day? (Aku takut aku tidak bisa bertemu denganmu hari ini. Bagaimana dengan hari berikutnya?).

Can we meet up on Monday instead of Wednesday? (Bisakah kita bertemu pada hari Senin, bukan pada hari Rabu?). Membuat janji dalam bahasa Inggris contohnya, Saturday is going to be bit difficult I will be quite busy that day, what about Sunday? (Sabtu akan agak sulit Saya akan cukup sibuk hari itu, bagaimana dengan hari Minggu?).

Membuat Kesepakatan Waktu Bertemu

Selanjutnya adalah membuat janji bertemu berhubungan dengan kesepakatan waktu. Hal ini penting Anda tentukan demi adanya kesepakatan waktu yang tepat.

Dalam kondisi formal maka Anda menggunakan kata maupun kalimat seperti : Shall we meet around 9.30 in the morning? (Akankah kita bertemu sekitar jam 9.30 pagi?). Dapat juga dengan kalimat what sort of time would suit you? (Waktu seperti apa yang cocok untuk Anda?)

Selain itu saat pertemuan yang informal Anda juga bisa menggunakan kalimat I’d like to meet at lunch (Saya ingin bertemu saat makan siang). How does 13.30 sound to you? (Bagaimana 13.30 terdengar bagi Anda?). Is Dinner time good for us to meet? (Apakah waktu makan malam baik bagi kita untuk bertemu?)

Mengatur Janji Pertemuan yang Batal Hingga Permintaan Maaf

Terkadang membuat janji dalam bahasa Inggris tidak selalu sesuai dengan rencana. bahkan karena sesuatu hal bisa saja gagal karena ada acara mendesak atau hal darurat lainnya.

Sedangkan situasi seperti ini, kalimat formal yang bisa Anda sampaikan adalah Would it be possible to schedule the meeting for another? (Apakah mungkin untuk menjadwalkan pertemuan untuk yang lain?). I’m afraid i have to cancel our meeting because…(Aku takut aku harus membatalkan pertemuan kita karena….). I have a sudden change of plan for this weekend (Saya tiba-tiba mengubah rencana untuk akhir pekan ini).

Sementara untuk situasi yang cenderung kasual dan santai maka bisa menggunakan kata I’m sorry about cancelling our meeting, can we fix another time to meet? (Saya minta maaf karena membatalkan pertemuan kita, bisakah kita mengatur waktu lain untuk bertemu?)

Kalimat lainnya, Something just came up and i won’t be able to come this afternoon (Sesuatu baru saja muncul dan saya tidak akan bisa datang sore ini) atau Can we make another time? (bisa kita buat lain kali?).

Memberikan Konfirmasi Janji Bertemu

Bagi Anda yang masih bingung memberikan konfirmasi membuat janji dalam bahasa Inggris maka bisa menggunakan kata maupun kalimat seperti Let me know if this date and time is convenient for you (Beritahu saya jika tanggal dan waktu ini cocok untuk Anda).

Untuk waktu atau kondisi yang cenderung santai dan casual dapat dengan mengatakan Would you let me know if Saturday morning okay for you? (Maukah Anda memberitahu saya jika Sabtu pagi baik-baik saja untuk Anda?)

Mengetahui semua tentang appointment ini membantu Anda menyampaikan maksud secara tepat sesuai dengan kondisi dan waktu. Hal yang paling utama dari sebuah sikap membuat janji bertemu ini adalah sikap atau attitude pada lawan bicara atau orang yang Anda tuju.

Ketika sudah membuat janji maka sebaiknya segera dipenuhi dan datang tepat waktu. Namun jika terjadi perubahan sehingga janji tersebut gagal dilaksanakan maka perlu adanya konfirmasi sehingga tidak merugikan salah satu pihak.

Dengan mempelajari semua tentang membuat janji dalam bahasa Inggris tersebut maka karir Anda berjalan dengan lancar. Anda juga memiliki pengetahuan dan kosakata baru untuk menaikkan tingkat level dalam pekerjaan. Tentunya semua kalimat yang tersampaikan menyesuaikan dengan kondisi, waktu, lawan bicara dan situasi saat tertentu. Menerapkannya secara tepat menjadikan Anda lebih profesional dan menguasai keadaan.

 

 

Tinggalkan komentar