Cara Mudah Membuat Kalimat Perintah Dalam Bahasa Inggris

5 min read

Kalimat Perintah Bahasa Inggris

Dalam percakapan dengan menggunakan bahasa Inggris sehari-hari, tentunya kita sering menggunakan kalimat perintah. Pada dasarnya, fungsi serta penggunaan dalam bahasa Indonesia dengan bahasa Inggris tidaklah jauh berbeda. Hal yang membedakan keduanya hanya dalam beda bahasa saja. Namun pernahkah anda mengalami kesulitan dalam membuat kalimat perintah dalam berbahasa Inggris serta ingin tahu lebih lanjut mengenai rumus membuat kalimat perintah dalam bahasa Inggris?

Cara Mudah Membuat Kalimat Perintah Dalam Bahasa Inggris

Kalimat perintah dalam bahasa Inggris atau biasa disebut dengan imperative sentence merupakan kata kerja (verb) yang dapat digunakan untuk memberikan perintah (command), nasihat (advice), peringatan (warning), instruksi (instruction), serta request (permintaan). Kata kerja ini adalah salah satu dari tiga verb mood yang dapat digunakan dalam bahasa Inggris.

Kalimat perintah disebut juga dengan directive yakni memberi instruksi atau arahan kepada orang lain. Kalimat imperatif yang terdapat dalam bahasa Inggris dapat diakhiri dengan menggunakan tanda seru (!) atau dengan tanda titik (.). Anda dapat memilih salah satu dari keduanya sesuai dari penekanan serta konteks kalimatnya. Kalimat yang menggunakan tanda seru atau exclamation mark bersifat lebih tegas dibandingkan dengan kalimat yang diakhiri dengan menggunakan tanda titik.

Imperative sentences dapat berupa kalimat simpel serta pendek atau dalam bentuk kalimat kompleks dan panjang. Banyak yang sukar membedakan antara kalimat berita dengan kalimat perintah. Dalam bahasa Inggris, imperative sentences (kalimat perintah) merupakan bagian sebuah kalimat selain declaration, exclamatory, serta interrgrative. Imperative sentence biasanya ditandai dengan kalimat yang subjek atau pelakunya tidak disampaikan secara langsung atau hanya tersirat saja.

Maka pada imperative sentence biasanya tidak menggunakan subjek (you). Hal ini dikarenakan kalimat tersebut bahwa seseorang yang diberikan perintah sudah dianggap mengerti. Kalimat jenis ini pada umumnya diakhiri dengan menggunakan tanda seru atau tanda titik jika tingkatan perintahnya lebih melibatkan adanya emosi tertentu. Kalimat perintah juga dapat menggunakan subjek (you), yang di dalam kalimat tersebut seseorang diberikan perintah yang dianggap sudah mengerti.

Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Membuat Kalimat Perintah dalam Bahasa Inggris

Kalimat perintah dalam bahasa Inggris mempunyai peran penting dalam praktek menulis (writing) atau berbicara (speaking). Pada saat menulis, kalimat perintah (inperative sentences) sering digunakan dalam hal periklanan, instruksi, buku petunjuk, atau tanda jalan. Pemakaian imperative sentences dalam komunikasi sehari-hari cukup mudah dipraktekkan. Jenis kalimat ini kerap digunakan ketika akan memberi perintah, instruksi, arahan, permintaan, saran, serta nasehat.

Di bawah ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat kalimat perintah dalam bahasa Inggris:

Tujuan Kalimat Perintah dalam Bahasa Inggris

Pada setiap ungkapan atau pernyataan yang akan kita ucapkan kepada orang lain harus memiliki tujuan tertentu. Demikian pula ketika menyampaikan kalimat imperatif dalam bahasa Inggris. Hal ini bertujuan agar kalimat tersebut tersampaikan secara jelas serta efektif sehingga tidak menimbulkan adanya kesalahpahaman.

Tujuan tersebut antara lain memberikan perintah atau arahan (a comand), memberikan sebuah instruksi (an instruction), mengekspresikan harapan untuk seseorang (a wish), mengundang orang lain untuk melakukan sesuatu (an invitation), dan memberikan permintaan (a request).

Subyek Kalimat Perintah Bahasa Inggris

Pada setiap kalimat pasti didahului dengan adanya subyek. Akan tetapi, pada kalimat perintah dalam bahasa Inggris tidak selalu mempunyai subyek. Imperative sentences atau kalimat perintah pada umumnya didahului dengan kata kerja. Hal ini bertujuan untuk memberikan perintah kepada seseorang yang diajak berkomunikasi langsung tanpa harus menyebutkan namanya.

Di bawah ini beberapa contoh kalimat perintah berbahasa Inggris yang tanpa menggunakan subyek:

  • Tomy, wash your clothes!(Tomy, cuci bajumu!)
  • Wash your clothes! (cuci bajumu!)
  • Everybody, be quiet please (semuanya, harap tenang.)
  • Be quiet please (harap tenang.)

Perbedaan Imperative Sentences dan Declarative Sentences

Bagi anda yang merasa kebingungan dalam membedakan antara kalimat perintah (impertaive sentences) dengan kalimat berita (declarative sentences) yang keduanya sama-sama di akhiri dengan tanda titik. Untuk membedakannya adalah pada kalimat perintah bertujuan untuk memberikan perintah ataupun permintaan, sementara pada kalimat deklaratif atau kalimat berita mengekspresikan sebuah kalimat pernyataan.

Sebagai contoh:

  • Drink your milk (minum susumu) – imperative
  • She drinks a glass of milk (ia minum segelas susu) – declerative
  • Don’t go home late (jangan pulang terlambat) – imperative
  • I won’t go home late (saya tidak akan pulang terlambat) – declarative
  • Turn left after this sign (belok kiri setelah tanda ini) – imperative
  • You should turn left after this sign (kamu harus belok kiri setelah tanda ini) – declarative
  • Perbedaan Imperative Sentences dan Exclamatory Sentences

Antara kalimat perintah dengan kalimat seruan memiliki persamaan dan perbedaan. Keduanya sama-sama menggunakan tanda seru di akhir kalimat. Perbedaannya adalah pada imperative sentences bertujuan untuk memberikan perintah, sedangkan pada exclamartory sentences memiliki tujuan untuk mengungkapkan perasaan yang kuat sebagai contoh kekaguman, kemarahan, kesedihan, kebahagian dan lain sebagainya.

Sebagai contoh:

  • Do your best! (lakukan yang terbaik!) – imperetive
  • You are the best! (kamu adalah yang terbaik!) – exclamatory
  • Give me a beutiful flower! (berikan saya bunga yang indah!) – imperative
  • What a beautiful flower! (bertapa indahnya bunga itu!) – exclamatory

Dengan memperbanyak perbendaharaan kata kerja, dapat meningkatkan ketrampilan berbahasa Inggris.

Fungsi dan Contoh Imperative Sentences Kalimat Perintah Dalam Bahasa Inggris

Berikut ini beberapa fungsi serta contoh kalimat perintah yang biasanya dapat digunakan dalam percakapan bahasa Inggris sehari-hari.

Memberikan Arahan atau Instruksi (an instrukction or direction)

  • Cut the potatoes in half and place them in a large bowl. (Potong kentang menjadi dua dan letakkan dalam mangkuk besar)
  • Let him cool down, and then ask about the incident. (Biarkan dia tenang, baru kemudian tanyakan tentang kecelakaan tersebut)
  • Go to Uncle Jordi’s house and ask him where the key is. (Pergilah ke rumah paman Jordi dan tanyakan dimana kuncinya).

Menyampaikan Harapan ( a wish)

  • Have a god day! (semoga harimu menyenangkan!)
  • Have a safe trip! (semoga selamat sampai tujuan!)
  • Have fun at the party tonight. (semoga pestanya menyenangkan malam ini)

Menyatakan Sebuah Ajakan atau Undangan ( an invitation)

  • Please join us for dinner tonight! (Yuk bergabung dengan kami guna makan malam nanti!)
  • Let’s go to the school together! (ayo kita pergi ke sekolah bersama-sama)
  • Let’s buy this book! (ayo beli buku ini)

Cara Membuat Kalimat Perintah dalam Bahasa Inggris

Setelah mengetahui pengertian, fungsi, serta contoh imperative sentences, tentu anda dapat membuatnya dengan kata-kata yang anda rangkai sendiri. Perlu anda ingat, kalimat perintah dalam bahasa Inggris tidak selalu memerlukan adanya subyek. Yang artinya, anda tidak harus menyebutkan nama orang yang diperintah. Hal ini dikarenakan pihak yang memerintah menyampaikan langsung perintah tersebut kepada yang bersangkutan.

Imperative sentences pada umumnya diawali dengan kata kerja atau verb. Jenis kata yang biasa digunakan merupakan kata kerja verb 1 atau biasa disebut dengan infinitive. Untuk kalimat larangan, diperlukan adanya penambahan kata don’t sebelum diikuti kata kerja verb 1. Selain itu, juga dapat diperhalus dengan memberikan atau menambahkan kata please.

Aturan Penggunaan Kalimat Perintah dalam Bahasa Inggris

Terdapat beberapa peraturan yang harus diperhatikan apabila anda akan menggunakan imperative sentence seperti kata kerja, kata kerja bantu, serta subjek kalimat. Peraturan tersebut antara lain:

  • Kata kerja yang digunakan menggunakan bentuk bare infinitve (tanpa “to”)
  • Verb atau kata kerja tidak membutuhkan adanya penambahan subjek. Hal ini dikarenakan subjek (you) telah tersirat di dalam kalimat tersebut (elliptical construction).
  • Verb atau kata kerja bisa dibuat secara lebih sopan yakni dengan menambahkan kata “do” di depan kata kerja.
  • Apabila pembicara akan ikut serta dalam tindakan yang dilakukan, maka dapat menambahkan kata “let’s” atau “let us” serta bentuk negatifnya “let’s not” yang terletak di depan kata kerja.

Rumus dan Contoh Kalimat Perintah dalam Bahasa Inggris

Selain kata kerja, kata larangan dalam bahasa Inggris juga diawali dengan kata be yang diikuti oleh kata sifat atau adjective, benda atau noun, serta kata keterangan atau adverb. Di bawah ini beberapa rumus dan contoh kalimat perintah dalam bahasa Inggris:

Verb 1 + Object

Kalimat perintah dengan menggunakan kata kerja bentuk pertama tanpa penambahan -es, -s, atau -ing. Sebagai contoh :

  • Push the car! (dorong mobilnya!)
  • Go to your class now!( masuk ke kelasmu sekarang!)
  • Finish your homework today!( selesaikan PR-mu hari ini!)
  • Write down everything she says! ( tulislah semua yang ia katakan!)
  • Be + Adjective / Noun

Dalam rumus ini, kita tidak perlu menggunakan kata kerja, akan tetapi mengganti kata kerja tersebut dengan kata sifat (adjective), kata keterangan (adverb), atau benda (noun) yang didahului oleh be.

Contohnya :

  • Be an spiring student. (jadilah murid yang menginspirasi)
  • Be a brave girl. ( jadilah seorang gadis pemberani)
  • Ve nice to your teacher ( bersikaplah baik kepada gurumu)
Please + Verb + Object
  • Sit nicely, please ( mohon duduk yang baik)
  • Please send the letter this morning ( mohon mengirim surat pagi ini)
  • Come here at 3 PM, Please. ( silahkan datang ke sini jam 3 siang)
  • Please give me that book (tolong berikan buku itu kepadaku)
Please + Verb + Noun / Adjective
  • Be nice to your sister, please. (mohon bersikap baik kepada kakakmu)
  • Be a good boy, please (jadilah anak laki-laki yang baik)
  • Please be a smart leader (tolong jadilah pemimpin yang cerdas)
  • please be quick! (tolong cepatlah!)
Don’t + Be + Noun / Adjective
  • Don’t be a fraid to fail (jangan takut gagal)
  • Do not be a liar (jangan menjadi pembohong)’
  • Dont’t be a rude person (jangan menjadi orang yang kasar)
  • Don’t be jealous of her sibling! (jangan iri dengan saudaranya)
Dont’t + Verb 1 + Object
  • Don’t go any where! (jangan pergi kemana-mana)
  • Don’t think too much. (Jangan berpikir terlalu lama)
  • Don’t stay there too long. (jangan tinggal di sana terlalu lama)
  • Don’t waste your time! (jangan membuang waktumu)

Dengan adanya penjelasan mengenai cara membuat kalimat perintah dalam bahasa Inggris di atas dapat membuat anda lebih paham dan mengerti mengenai kalimat perintah bahasa Inggris tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.