Aneka Ekspresi Giving Advice dalam Bahasa Inggris

Mengenal serta memahami subjek giving advice dalam bahasa Inggris umumnya menjadi materi belajar bahasa inggris SMP kelas 8. Tapi, semua pemelajar bahasa Inggris baik anak-anak maupun dewasa juga perlu mempelajari materi giving advice ini secara lengkap. 

Banyak materi situs ini berkaitan dengan macam exspresi, misalnya artikel Asking and Giving Attention Bahasa Inggris Kelas 8 yang lalu.

Bacaan Lainnya

Nah, sekarang kita akan belajar dari artikel baru ini tentang giving advice, mulai dari pengertian, contoh ekspresinya, dan contoh-contoh pernyataan  yang bisa kamu pakai.

Apa Itu Giving Advice?

Giving Advice

Sebelum melangkah lebih jauh, tentu saja kamu harus mengenal giving advice artinya apa dan apa saja bentuknya  terlebih dahulu. Nah, untuk terjemahannya sendiri, giving advice ini dapat kamu pahami sebagai ‘memberi nasihat’. 

Dengan demikian, kamu akan belajar memahami beraneka macam ekspresi giving advice. Kamu akan melihat serta mendalami berbagai ungkapan yang sejatinya bisa kamu pakai untuk memberikan anjuran atau juga nasihat.

Nah, dari segi sifatnya, ada dua jenis giving advice yang sebetulnya dapat kamu pakai untuk memberikan anjuran kepada orang lain. Mulai dari kalimat yang halus hingga kalimat yang lebih tegas sehingga terkesan membenari serta memerintah.

Penasaran, apa saja contoh kalimat giving advice yang bisa kamu gunakan? Secara singkat, berikut berbagai macam ekspresi giving advice dan pastinya juga  rumus giving advice untuk memandu kamu.

Ekspresi Giving Advice: Halus

Giving Advice

Ingin menyampaikan nasihat secara halus agar orang yang kamu nasihati reseptif atau terbuka dengan saran yang kamu berikan? Setidaknya inilah beberapa contoh ungkapan untuk memberikan saran secara halus yang bisa kamu jadikan sebagai bahan referensi. Yuk, simak!

1. Menggunakan Ungkapan “How About

Pilihan ekspresi untuk memberikan saran secara lembut yang pertama adalah ungkapan tanya ‘how about’ atau ‘bagaimana jika’. Ada dua rumus yang bisa kamu pakai jika ingin menggunakan ekspresi ini, yakni:

How about + Subject + Verb1 atau How about + Verb-ing

Contoh kalimat:

  • How about you draw some of these fruits for Mr. Elet’s art class? (Bagaimana kalau kamu menggambar beberapa buah ini untuk kelas seni Pak Elet?) 
  • How about playing cello for the musical class final exam? (Bagaimana dengan bermain cello untuk ujian akhir kelas musik?)

2. Menggunakan Ungkapan “Why Not

Ekspresi yang selanjutnya adalah menggunakan istilah ‘why not’ atau ‘mengapa tidak’. Bagaimana cara menggunakannya? Berikut adalah rumus beserta contoh kalimatnya:

Why not + Verb1

Contoh kalimat: 

  • Why not apply for an extra English class this Friday to have a good exam score? (Mengapa tidak sekiranya mendaftar untuk kelas bahasa Inggris ekstra Jumat ini untuk mendapatkan nilai ujian yang bagus?)
  • Why not eat vitamin A as a health supplement to have good vision? (Mengapa tidak memakan vitamin A sebagai suplemen kesehatan sehingga memiliki penglihatan yang baik?)

Contoh Ekspresi Giving Advice: Halus Lainnya

Selain berbagai macam ekspresi di atas, masih ada beberapa jenis ekspresi lainnya yang bisa kamu gunakan untuk memberikan saran secara halus. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa melihat tabel berikut:

Ekspresi  Contoh Kalimat
Have you tried + verb-ing Have you tried giving him some explanation?

(Sudahkah Anda mencoba memberinya penjelasan?)

Maybe you should try + verb-ing atau noun Maybe you should try telling her the truth!

(Mungkin Anda harus mencoba mengatakan yang sebenarnya padanya!)

Maybe you should try the tea first!

(Mungkin Anda harus mencoba tehnya dulu!)

Why don’t + Subject + Verb1 Why don’t you bring your bicycle to the machine shop?

(Mengapa Anda tidak segera membawa sepeda Anda ke bengkel?)

What about + Verb-ing What about cooking some chicken sandwiches for the party?

(Bagaimana andaikan memasak sandwich ayam untuk pesta?)

Ekspresi Giving Advice: Tegas

Jika sebelumnya adalah ungkapan untuk memberikan saran secara halus, kali ini adalah ekspresi untuk memberikan nasihat secara tegas. Berbagai ekspresi ini sangat cocok jika kamu ingin saran kamu lebih didengarkan oleh orang lain. Berikut adalah beberapa contoh ekspresinya:

1. Menggunakan Ungkapan “I Suggest That

Ungkapan untuk memberikan saran secara tegas agar lebih didengarkan adalah menggunakan ungkapan ‘I suggest that’ yang memiliki makna ‘saya menyarankan’. Lebih lanjut, ini adalah rumus serta contoh kalimatnya:

I Suggest That + Subject + Verb1

Contoh kalimat:

  • I suggest that you do Mr. Ken’s assignment today and not put it off until next week! (Saya menyarankan agar Anda mengerjakan Pekerjaan Rumah Tn. Ken hari ini dan tidak menundanya hingga minggu depan!)
  • I suggest that you wash your clothes now since it’s hot outside! (Saya sarankan agar Anda mencuci pakaian Anda sekarang karena di luar panas!)

2. Menggunakan Ungkapan “You Ought To

Contoh lainnya yang bisa kamu pilih untuk memberikan nasihat secara tegas adalah ‘you ought to’ atau ‘Anda harus’. Secara singkat, ini adalah rumus serta contoh penggunaannya dalam sebuah kalimat Bahasa Inggris:

You Ought To + Verb1

 Contoh kalimat: 

  • You ought to go to the bookstore now. It will close very soon! (Anda harus pergi ke toko buku sekarang juga! Toko itu akan segera ditutup!)
  • You ought to apologize to Sandra immediately if you feel guilty! (Anda harus segera meminta maaf kepada Sandra jika Anda merasa bersalah!)

Contoh Ekspresi Giving Advice: Tegas Lainnya

Selanjutnya, selain ekspresi di atas ternyata masih ada beberapa jenis ungkapan lainnya yang bisa kamu gunakan.  Untuk lebih jelasnya, kamu bisa melihat tabel ungkapan untuk menyampaikan saran secara tegas berikut:

Ekspresi Contoh Kalimat
You should + Verb1  You should finish your homework as soon as possible!

(Anda pastinya harus menyelesaikan pekerjaan rumah Anda sesegera mungkin!)

My advice is to + Verb 1 My advice is to report Brian to Mrs. Anita.

(Saran saya agar melaporkan Brian ke Ibu Anita)

I would suggest + Verb – ing I would suggest writing more essays for practice.

(Saya akan menyarankan menulis lebih banyak esai untuk latihan.)

I Advise that + Subject + Verb1 I advise that you say sorry to  Peter first as a good friend.

(Saya menyarankan agar Anda meminta maaf kepada Peter terlebih dahulu sebagai teman baik.)

Contoh Dialog Giving Advice

Giving Advice

Agar mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam terkait materi giving advice ini, kamu bisa melihat giving advice contohnya dalam kehidupan sehari-hari ini. Berikut adalah dialog giving advice dan terjemahannya:

Alex: I’m accidentally breaking Tony’s new toy. 

John: Oh no, have you told him about it yet? He loves that toy.

Alex: I know. What should I do?

John: My advice is to apologize and say sorry. But besides that, you should buy him a new one if you have money.

Terjemahan:

Alex: Saya tidak sengaja memecahkan mainan baru Tony.

John: Oh tidak, apakah kamu sudah memberitahunya juga tentang hal itu? Dia sangat suka mainan itu.

Alex: Aku tahu. Apa yang sekiranya harus saya lakukan?

John: Saran saya adalah meminta maaf dan meminta maaf. Tapi selain itu, kamu setidaknya harus membelikannya yang baru jika kamu punya uang.

Itu dia secara singkat pembahasan mengenai giving advice dalam bahasa Inggris beserta juga contohnya. jangan lupa artikel visitpare sebelumnya yang membahas Asking and Giving Opinion Bahasa Inggris juga, Semoga ilmu di atas dapat bermanfaat dan juga berguna bagi kamu yang sedang belajar bahasa Inggris ya!