Contoh Surat Pernyataan dalam Bahasa Inggris, Perhatikan Struktur Pentingnya!

Surat pernyataan dalam bahasa Inggris menjadi hal yang sangat penting. Kegunaannya pun juga sama seperti surat pernyataan dalam bahasa Indonesia.

Dalam kegiatan sehari-hari, surat-menyurat selalu terjadi dalam kehidupan kita. Tak jarang banyak urusan yang dapat kita selesaikan hanya dengan menggunakan surat pernyataan, baik itu secara formal maupun non formal.

Meskipun kini fungsi surat sendiri sudah mulai tergantikan dengan hadir alat elektronik, akan tetapi surat pernyataan ini masih saja kita butuhkan. Untuk itu, berikut ini adalah ulasan lengkap mengenai surat pernyataan bahasa Inggris khusus untuk anda.

Pengertian Surat Pernyataan dalam Bahasa Inggris

Surat pernyataan bahasa Inggris merupakan sebuah surat yang berstatus resmi, dimana akan menjelaskan tentang sebuah keadaan. Konsep keadaan dalam surat pernyataan sendiri bermakna cukup luas.

Artinya keadaan yang dimaksud dapat berupa keadaan diri kita sendiri, diri orang lain, hingga benda yang sifatnya kepemilikan. Karena statusnya yang resmi, surat ini kemudian memiliki keabsahan hukum yang dapat dipertanggungjawabkan.

Konsep penggunaan surat pernyataan dalam kehidupan sehari-hari biasanya juga bukan untuk kebutuhan pribadi saja. Sebuah organisasi, perusahaan hingga bisnis juga membutuhkan surat resmi yang satu ini.

Surat pernyataan yang bersifat lebih pribadi, biasanya adalah sebuah surat yang menyatakan kesanggupan atau ketidaksanggupan. Dalam sebuah organisasi, biasanya surat pernyataan akan lebih membahas tentang hubungan antara organisasi dengan pihak tertentu.

Dalam bahasa Inggris, surat pernyataan biasa kita sebut dengan Letter of Statement. Jika kita ingin mengetahui bahas Inggris lebih dalam lagi, tentu kita harus bisa membuat surat pernyataan bahasa Inggris ini.

Karena pada dasarnya, surat dalam bahasa Inggris kini juga mulai banyak kita gunakan di masyarakat Indonesia. Karena pada era seperti sekarang ini, surat dalam bahasa Inggris lebih terkesan profesional.

Fungsi Surat Pernyataan

Seperti yang sudah kita bahas pada bagian pengertian, surat pernyataan kita buat dengan fungsi yang bermacam-macam. Pada dasarnya, fungsi surat pernyataan berkaitan dengan pihak yang bersinggungan.

Maka dari itu, fungsi surat pernyataan meliputi fungsi bagi pihak pembuat, fungsi bagi pihak penerima, dan fungsi bagi pihak yang dinyatakan. Berikut ini adalah penjelasan mengenai fungsi-fungsi itu secara lebih detail.

Bagi Pihak Pembuat

Bagi pihak yang membuat surat, surat pernyataan akan menyampaikan suatu maksud tertentu yang ingin disampaikan oleh pembuat surat. Biasanya ini berkaitan dengan rasa kesungguhan dari pihak pembuat surat.

Umumnya, surat pernyataan dalam bahasa Inggris menyatakan kesungguhan untuk mengikuti apa yang diinginkan oleh pihak kedua.

Bagi Pihak Penerima

Setelah pihak pembuat memberikan sebuah pernyataan, maka bagi pihak penerima tentu membutuhkan sebuah bukti. Dengan dibuatnya surat pernyataan, maka pihak penerima akan menerima bukti kesungguhan itu dalam bentuk sebuah surat yang sah.

Adanya bukti ini berarti membuat pihak penerima dapat menuntut pertanggungjawaban apabila pihak pembuat surat melakukan kesalahan maupun pelanggaran.

Bagi Pihak yang Dinyatakan

Selain memiliki fungsi bagi pihak pembuat dan penerima, surat pernyataan juga mempunyai fungsi untuk pihak yang dinyatakan. Jika pihak pembuat dan pihak penerima hanya akan dihubungkan oleh surat pernyataan ini, maka pihak yang dinyatakan posisinya akan semakin kuat dengan adanya surat pernyataan ini.

Baca Juga :  Belajar Kata Sifat Dalam Bahasa Inggris Supaya Mahir

Struktur Surat Pernyataan

Sebelum membuat surat pernyataan bahasa Inggris, tentu kita harus memahami struktur surat itu sendiri terlebih dahulu. Pasalnya, sifat surat penyataan yang resmi tentu tidak bisa ditulis secara sembarangan.

Paragraf Pertama

Untuk paragraf pertama, biasanya akan diisi dengan pendahuluan. Pendahuluan ini biasanya menuliskan tujuan dari surat itu sendiri.

Pada Awalnya, kita perlu membuat sebuah salam pembuka. Dalam bahasa Indonesia, biasanya kita menggunakan “Assalamualaikum” atau “selamat pagi, siang atau malam”.

Hal ini akan sangat berbeda ketika membuat surat penyataan dalam bahasa Inggris. Dalam bahasa Inggris kita masih bisa menggunakan salam pembuka Assalamualaikum. Selain itu, ada beberapa salam pembuka lainnya seperti di bawah ini:

“Dear, (nama) Dr. (nama) Mr. Mrs. Atau Miss,” jika kita tidak mengetahui jenis kelamin calon penerima surat, maka kita dapat menggunakan “Dear Sir or Madam” atau “To Whom it May Concern”.

Paragraf Isi

Paragraf isi adalah bagian yang terpenting dalam menulis surat pernyataan. Dari sinilah maksud utama dan fungsi dari sebuah surat pernyataan dapat tersampaikan dengan baik.

Meski demikian, kita juga harus membuat antara pembuka dan isi berkaitan. Tentunya hal tersebut agar surat yang kita buat tetap nyaman untuk dibaca.

Dalam surat pernyataan dalam bahasa Inggris yang baik, biasanya  bagian isi dimulai dengan ucapan terima kasih atau yang dalam bahasa  Inggris, “Thank you”. Namun perlu kita ketahui bahwa penggunaan ucapan terima kasih tidak selalu digunakan dalam surat penyataan.

Biasanya surat pernyataan yang bersifat permintaanlah yang akan diawali dengan ucapan terima kasih. Sedangkan surat pernyataan yang bersifat kesanggupan tidak dibuka dengan terima kasih. Contoh pembuka dalam surat pernyataan bahasa Inggris adalah sebagai berikut.

  • Thank you for your letter about… (Terima kasih atas surat yang anda berikan tentang…..)
  • I would like to thank you for your interest in… (Saya ingin berterima kasih atas ketertarikan anda dengan…)

Setelah membuka dengan atau tidak membuka dengan ucapan terima kasih, maka struktur lanjutnya yang perlu kita buat adalah alasan menulis surat itu sendiri. Dalam surat pernyataan tentu bagian alasan bermakna luas dan dapat disesuaikan.

Untuk melihat berbagai alasan yang dapat ditulis di surat pernyataan anda bisa melihat langsung pada bagian contoh surat pernyataan dalam bahasa Inggris di bawah nanti.

Paragraf Akhir

Dalam bagian penutup surat pernyataan, kita harus memperlihatkan kesan positif dan profesional pada calon penerima. Untuk itu bagian penutup tidak dapat kita tulis dengan sembarangan.

Meski harus profesional kita juga dapat memilih padaan kata yang memiliki kesan ramah. Sebagai tambahan pilihan kata, berikut ini adalah kata penutup surat pernyataan yang bisa kita aplikasikan.

  • I look forward to meeting / seeing you (Saya mengharapkan untuk bertemu anda)
  • Look forward to seeing you next month (Mengharapkan untuk bertemu anda bulan depan)
  • I look forward to meeting you on person as soon as possible (Saya harapan bisa bertemu dengan ada langsung secepatnya)

Setelah bagian penutup dibuat maka selanjutnya kita tinggal menambahkan kalimat salam. Berikut ini adalah kalimat salam yang kerap digunakan pada surat pernyataan dalam bahasa Inggris yang baik:

  • Sincerely
  • Best wishes,
  • Best regards,

Sebuah surat pernyataan harus ditutup dengan tanda tangan yang sah. Tanda tangan menjadi penting karena menunjukkan tingkat keresmiannya. Selain tanda tangan, surat pernyataan ini juga dapat diresmikan dengan penggunaan stempel yang tepat dan resmi.

Surat Pernyataan dalam Bahasa Inggris
Surat Pernyataan dalam Bahasa Inggris

Contoh Surat Penyataan dalam Bahasa Inggris tentang Kepemilikan

I, the undersigned below :

Baca Juga :  Kata Penghubung Dalam Bahasa Inggris dan Penggunaannya Lengkap

Name: Gembul Berdikari Sentosa

Address: Jl. Saja Dahulu no 21, Jakarta

Declare that :

On land and buildings in the form of a two floors house with shopping unit with an area of ​​2150 m2 (two thousand and one hundred fifty square meters) of a plot of land for building and shopping rights Number 21 which is located on Jl. Sore Memang Menyenangkan no 1, Jakarta.

Is belonging to mine.

Thus I made this statement true. And it is used as equipment in Submitting a Property Ownership National Tax.

Jakarta, 15 November 2020

Gembul Berdikari Sentosa

Contoh Surat Pernyataan dalam bahasa Indonesia Tentang Hak Milik

Pada contoh surat pernyataan bahasa Inggris di atas, menjelaskan tentang kepemilikan seseorang atas aset pribadi mereka. Memberikan pernyataan kepemilikan aset adalah hal yang sangat penting dalam menjaga aset tersebut.

Dengan membuat surat seperti ini, maka keamanan dan kejelasan aset yang dimiliki akan terjaga. Berikut ini arti contoh surat di atas dalam bahasa Indonesia:

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Gembul Berdikari Sentosa

Alamat: Jl, Saja Dahulu no 1, Jakarta

Menyatakan dengan ini:

Bahwa tanah beserta bangunan dua lantai dengan luas tanah seluas 2150 M2 (dua ribu seratus lima puluh meter persegi) yang mencakup izin tempat tinggal dan juga toko dalam peraturan nomor 21 yang terletak di Jl. Sore Memang Menyenangkan no 1, Jakarta

Adalah milik saya pribadi

Saya membuat pernyataan ini dengan fakta sebagaimana mestinya. Pernyataan ini saya buat untuk digunakan sebagai syarat mendaftar pajak kepemilikan properti nasional.

Jakarta, 15 November 2020

Gembul Berdikari Sentosa

Contoh Surat Pernyataan dalam Bahasa Inggris Tentang Kesanggupan Kerja

Undersigned below:

Name: Gembul Berdikari Sentosa

Place and date of birth: Jakarta, 14 Maret 1998

Religion: Islam

Address: Jl Merdeka Raya, No 17, Jakarta Selatan

Bellow this are statements of fact, that I am:

    1. Never involved activities that led to sentence to imprisonment or confinement based on a court departement dictum that has the force of law, for the crime of crimes;
    2. Never been dismissed with or without respect as civil servants, or also on the private company;
    3. Not registered as civil/public servants;
    4. Willing to be placed in the entire territory of the Negara Kesatuan Republik Indonesia or also on the other countries that are based on Government duty;
    5. Not registered as a member of a political party;
    6. Willing to be take part as official duty at least two years, or as specified.

This statements that I make above with real condition, and I am willing to accept all the actions taken by this company and also the Government, if my statement proven are not true.

Jakarta, 15 November 2020

Who made the statement,

Gembul Berdikari Sentosa

Contoh Surat Penyataan dalam Bahasa Indonesia tentang Kesanggupan Kerja

Pada contoh surat pernyataan dalam bahasa Inggris di atas, surat dibuat untuk memberikan kesanggupan perihal panggilan kerja. Biasanya tiap panggilan kerja akan menyertakan syarat khusus. Untuk itu tentu perlu ada penyesuaian pada bagian syaratnya.

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Gembul Berdikari Sentosa

Tempat dan Tanggal Lahir: Jakarta, 14 Maret 1998

Agama: Islam

Tempat Tinggal: Jl Merdeka Raya, No 17, Jakarta Selatan

Dengan ini menyatakan bahwa saya sesungguhnya:

    1. Tidak pernah terlibat dalam aktivitas yang memicu hukuman penjara berdasarkan keputusan pengadilan yang mempunyai hukum yang mutlak;
    2. Tidak pernah diberhentikan secara hormat maupun tidak hormat sebagai pegawai negeri sipil atau sebagai pegawai swasta;
    3. Belum terdaftar sebagai pegawai negeri sipil;
    4. Bersedia ditempatkan pada seluruh teritorial Negara Kesatuan Republik Indonesia dan juga di luar negeri jika dibutuhkan;
    5. Tidak terdaftar sebagai anggota partai politik;
    6. Bersedia bekerja untuk ikatan dinas selama 2 tahun atau hingga waktu yang ditentukan.
Baca Juga :  16 Jenis Tenses Bahasa Inggris Dan Contohnya

Surat pernyataan yang saya buat di atas saya buat dengan fakta yang sebenar-benarnya. Dan saya siap menerima tindakan dari perusahaan ini maupun dari pemerintah jika penyataan tersebut tidak berdasarkan fakta.

Jakarta, 15 November 2020

Yang membuat surat pernyataan,

Gembul Berdikari Sentosa

Contot Surat Pernyataan dalam Bahasa Inggris tentang Pengunduran Diri

Jakarta,

November 15, 2020

Dear,

Manager Of PT Pengeboran Mineral Jaya Alam Abadi.

    1. Minyak Bumi No. 343

Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Sincerely,

Ini conjunction with this latter, I Gembul Berdikari Sentosa intends to submitted resignation as an employee of PT Pengeboran Mineral Jaya Alam Abadi as Chemical Expert starting from 14th Februari 2015.

I would say many thanks for the biggest opportunity that PT Pengeboran Mineral Jaya Alam Abadi given to me as an Chemical Expert for approximately give (5) years.

And I would say my deeply apology to all employess in this wonderful company. As long as I was in this position, I realized that many mistake from my word and also my attitude.

Even though I am not part of this wonderful company anymore, I hope our good communication in the future stay intertwined.

Best Regards,

Gembul Berdikari Sentosa

Contoh Surat Pernyataan dalam Bahasa Indonesia tentang Pengunduran Diri

Secara singkat contoh surat pernyataan dalam bahasa Inggris diatas bercerita tentang seorang pegawai yang mengajukan permohonan mengundurkan diri dari perusahaannya. Sama seperti contoh surat sebelumnya, surat pengunduran diri juga dapat dibuat dengan berbagai kriteria lainnya.

Namun yang terpenting, dalam mengajukan pengunduran diri kita tidak bisa hanya bermodal surat saja. Melainkan kita juga harus mengadakan pembicaraan secara langsung dengan bagian manajemen perusahaan.

Berikut ini adalah arti surat pengunduran diri di atas:

Jakarta,

November 15, 2020

Kepada Yth,

Manager PT Pengeboran Mineral Jaya Alam Abadi

    1. Minyak Bumi No. 343

Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Dengan penuh rasa hormat,

Bersamaan dengan surat ini, saya Gembul Berdikari Sentosa bermaksud untuk mengajukan pengunduran diri dari pekerjaan di PT Pengeboran Mineral Jaya Alam Abadi sebagai Ahli Kimia yang dimulai sejak 14 Februari 2015.

Saya ingin mengucapkan beribu kata terima kasih rasa kesempatan yang besar untuk bekerja bersama PT Pengeboran Mineral Jaya Alam Abadi selama kurang lebih lima tahun ini.

Dan saya ingin mengucapkan permintaan maaf saya yang paling dalam kepada seluruh pihak dalam perusahaan yang luar biasa ini. Selama saya mengisi posisi ini tentu ada salah kata maupun perbuatan yang saya lakukan.

Meskipun saya sudah bukan bagian dari perusahaan ini, saya harap komunikasi yang baik tetap terjalin di antara kita.

Hormat saya,

Gembul Berdikari Sentosa

Itulah tadi penjelasan mengenai surat pernyataan dalam bahasa Inggris yang dapat kita pelajari. Mulai dari pengertian, fungsi, struktur pentingnya, hingga contoh-contohnya. Dengan penjelasan tersebut, tentunya anda akan lebih mudah untuk membuatnya. Baca juga artikel terkait lainnya : Contoh Surat Penawaran Bahasa Inggris, Contoh Surat Kuasa Bahasa InggrisContoh surat lamaran kerja bahasa inggris , cara menulis jalan dalam bahasa inggris dan kumpulan contoh dalam bahasa inggris.