Poem dalam Bahasa Inggris, Ini Dia Hal-Hal yang Wajib Anda Perhatikan!

Poem dalam Bahasa Inggris, Ini Dia Hal-Hal yang Wajib Anda Perhatikan!

Mungkin masih jarang yang mengetahui poem dalam bahasa Inggris. Mungkin banyak yang beranggapan bahwa poem merupakan puisi dalam bahasa Inggris. Sama halnya seperti puisi dalam bahasa Indonesia, poem ini juga merupakan karya sastra yang juga menggabungkan irama, matra, dan rima.

Tentunya puisi ini tidak sama bahasanya dengan bahasa kita sehari-hari. Karena biasanya puisi ini menggunakan bahasa yang lebih ringkas dan memuat makna tertentu. Dalam bahasa Inggris, poem ini berbentuk garis-garis yang teratur dan terikat, berisi kalimat-kalimat penuh makna.

Poem dalam Bahasa Inggris sendiri memiliki beberapa jenis. Sebenarnya dalam bahasa Inggris poem ini hampir sama dengan poetry. Namun keduanya memiliki perbedaan dalam hal bentuk. Memang banyak yang masih salah mengartikan poem sebagai puisi karena jika kita lihat secara sekilas, keduanya memang mirip.

Terutama bagi mereka yang tidak paham soal sastra, pasti mereka akan sulit membedakan antara poem dan puisi sehingga beranggapan keduanya sama saja. Karena memang jika kita perhatikan secara kasat mata ada banyak sekali kemiripan antara poem dan puisi.

Padahal sebenarnya poem ini merupakan sebuah sajak yang tersusun dalam bahasa Inggris. Sajak ini memiliki keselarasan bunyi dan kesepadanan bunyi pada setiap barisnya. Nah dengan ini tentunya poem dan puisi atau poetry ini memang memiliki perbedaan meskipun tidak terlalu mencolok.

Poem Dalam Bahasa Inggris, Ini Dia Hal-Hal Yang Wajib Anda Perhatikan!
pixabay,com

Poem dalam Bahasa Inggris dan Poetry, Apa Bedanya

Memang mungkin sebagian orang yang tidak begitu paham mengenai sastra menganggap jika poem dan poetry adalah sama. Padahal poem ini merupakan karya sastra dalam bahasa Inggris yang memiliki keterikatan dengan bahasa yang lebih teratur apabila kita bandingkan dengan poetry.

Namun sebenarnya ketika lebih lanjut kita perhatikan dengan baik, keduanya ini memiliki perbedaan yang cukup mencolok. Hal ini terletak pada bentuk karya yang tersaji pada keduanya. Poem dalam Bahasa Inggris ini lebih benar kita sebut sebagai sajak daripada puisi. Menginta memang poem ini berbentuk sajak-sajak yang tersusun.

Sedangkan sebuah poetry merupakan sebuah karya tulis dalam bahasa Inggris yang memiliki makna cukup mendalam dan memiliki estetika. Sedangkan puisi merupakan karya yang lebih menonjolkan bahasa kiasan yang memiliki keindahan serta bebas.

Selain kedua karya sastra ini sebenarnya masih banyak karya sastra dalam bahasa inggris yang banyak penggemarnya karena memiliki keindahan. Namun poem ini menjadi salah satu karya sastra bahasa Inggris yang juga memiliki banyak peminat, karena sajak-sajak umumnya memang menyimpan artian yang cukup indah.

Apalagi sekarang ini poem dalam Bahasa Inggris sudah banyak sekali karyanya. Bahkan semua karya poem ini memang memiliki makna tertentu yang membuat siapa saja pasti menyukainya. Nah poem sendiri juga memiliki beragam jenis dalam bahasa Inggris yang mungkin masih jarang kita ketahui.

Semua jenis poem ini masing-masing memiliki jenis irama yang berbeda namun tetap menunjukan keindahannya. Nah untuk itu berikut ini beberapa jenis poem yang harus Anda ketahui sebelum mengenal lebih jauh tentang poem.

Sonata

Poem dalam Bahasa Inggris yang pertama adalah sonata, jenis poem ini merupakan poem dengan irama pendek menggunakan jalur 14. Awalnya bentuk sonata asli ini lahir pada abad ke-13 atau 14, oleh seorang filsuf asal dari Italia yang bernama Francesco Petrarch.

Hingga kini sonata ini terus mengalami perkembangan oleh penulis-penulis sehingga menjadi karya bahasa Inggris yang sangat indah. Sonata sendiri menggunakan iambik meter pada setiap baris dan pada akhir baris menggunakan baris sajak.

Limerick

Poem selanjutnya ini merupakan jenis poem dengan irama khas lims line. Bisa kita simpulkan jika limerick ini merupakan jenis poem yang cukup unik. Dengan sajak A-A-B-B, membuat karya poem ini memiliki sajak yang sangat indah dan penuh makna.

Dengan irama khas yang mereka hasilkan dari poem jenis limerick ini membuat siapa saja pasti akan sangat menyukai jenis poem ini. Limerick ini merupakan jenis poem cerdas lima garis yang cukup sederhana namun biasanya mengandung arti yang bermakna.

Haiku

Poem dalam Bahasa Inggris jenis haiku ini merupakan poem kuno. Dengan ukurannya yang kecil membuat haiku cukup terkenal. Haiku ini merupakan jenis poem dengan 3 garis, yang mana pada masing-masing garis memiliki suku kata dan tanda baca yang tepat.

Biasanya masing-masing baris atau frasa pada baris pertama memiliki sekitar 5 suku kata, baris kedua memiliki 7 suku kata dan yang terakhir mengulangi 5 suku kata. Haiku ini sebenarnya berasal dari Asia kuno namun hingga sekarang haiko ini tetap memiliki banyak peminat.

Epic

Mungkin jika dalam bahasa Indonesia Anda sering membaca puisi yang menceritakan perjuangan pahlawan atau tokoh legendaris. Nah dalam bahasa Inggris pun karya ini juga ada yang sering disebut dengan epic, jenis poem ini memang berisi tentang sebuah narasi.

Dimana narasi tersebut menceritakan mengenai petualangan atau prestasi dari seorang pahlawan yang sudah legendaris. Dalam bahasa Indonesia pun narasi ini juga sering tertuang dalam bentuk puisi untuk menceritakan perjuangan pahlawan.

Seuntai

Poem dalam Bahasa Inggris selanjutnya ini merupakan jenis poem yang hanya terdiri dari dua baris saja. Poem jenis ini terlihat cukup unik karena hanya terdiri dari dua baris. Padahal umurnya jenis poem maupun puisi ini terdiri lebih dari dua baris.

Dua baris tersebut terdiri dari ayat dan sajak yang nantinya membuat unit tersendiri. Memang dari kata seuntai ini bisa dimaknai jika poem ini memiliki sajak yang sedikit. Namun karena hal ini lah poem jenis ini terlihat lebih unik dibanding jenis poem lainnya.

Narasi

Sebenarnya narasi ini bisa juga diartikan sebagai sebuah puisi yang menceritakan tentang peristiwa namun diubah bentuk menjadi sebuah poem. Dalam bahasa Indonesia narasi ini dituangkan dalam sebuah puisi yang menceritakan peristiwa tertentu.

Misalnya seperti peristiwa penting kemerdekaan atau perjuangan pahlawan saat penjajahan. Hal ini menjadikan narasi sebagai poem yang sangat unik. Karena biasanya memiliki makna lebih mendalam tentang suatu peristiwa yang pernah terjadi.

Gratis Ayat

Poem dalam Bahasa Inggris jenis ini merupakan poem yang tidak mengikuti aturan tertentu, sehingga setiap baitnya sesuai imajinasi penulis. Semuanya dilakukan sendiri oleh penulis tanpa memperhatikan peraturan pembuatan poem yang benar dan baik.

Mulai dari irama, suku kata, tanda baca, nomor garis, hingga jumlah bait disesuaikan dengan ide dari penulis itu sendiri. Sehingga dalam gratis ayat ini tidak akan ada yang salah atau benar dalam proses pembuatannya.

Struktur Poem

Dalam poem dalam Bahasa Inggris tentunya juga memiliki struktur sama halnya dengan puisi, mulai dari judul dan poin-poin lainnya. Nah, bagi Anda yang mungkin belum tahu dalam poem ini memiliki struktur apa saja mungkin harus mencari tahu terlebih dahulu.

Karena tentunya saat membuat poem Anda juga harus memahami struktur di dalamnya sehingga tidak ada nada kesalahaan saat membuatnya. Mungkin struktur poem ini hampir sama dengan puisi. Nah untuk itu berikut ini beberapa struktur poem yang harus Anda ketahui.

Stenze

Struktur poem dalam Bahasa Inggris yang pertama ini bisa juga disebut sebagai bait. Singkatnya stenze ini merupakan kumpulan dari sebuah barisan yang menjadi satu rangkaian. Biasnya stenze ini dipisahkan oleh spasi yang berjumlah satu atau lebih. Sama halnya dalam puisi, stenze ini juga bisa diartikan sebagai bait.

Sebenarnya stenze tidak memiliki aturan dalam hal jumlah baris di dalamnya. Sehingga penulis bisa bebas membuat berapapun baris saat membuat poem ini. Bait dalam poem ini memang sama halnya dengan bait pada puisis yang sering kita temui.

Line

Mungkin Anda sudah tahu apa itu line. Benar, line ini merupakan sebuah garis dalam poem yang merupakan sebuah kumpulan kata. Biasanya line dalam poem ini merupakan kumpulan line yang berbentuk bait. Ada banyak istilah bait dalam line poem ini.

Mulai dari 2 baris hingga 14 baris dalam satu bait saja, namun jika bait tersebut kurang atau lebih dari ini tetap saja poem tersebut benar. Meskipun begitu sebenarnya hal ini tidak memiliki aturan seperti halnya grammer, sehingga penulis bisa bebas mengutarakan idenya.

Irama

Sebuah poem dalam Bahasa Inggris atau puisi tentunya irama ini menjadi ciri khas mereka. Dengan irama ini poem tersebut menjadi lebih indah dan penuh makna. Irama ini bisa kita amati dari bagian kalimat poem yang terucapkan, biasanya hal ini bermula dari A lalu B dan seterusnya.

Biasanya A ini diberikan pada kalimat yang berakhiran U, kemudian baru dilanjutkan dengan huruf berikutnya ketika akhirannya berbeda. Namun tentunya hal ini harus diucapkan dengan benar, karena ketika salah menggunakan pronunciation pasti akhirnya juga berbeda.

Elemen-elemen Poem

Poem sendiri sebenarnya berasal dari bahasa Yunani yang bisa kita artikan sebagai membuat atau membentuk. Dapat juga kita sebut sebagai seorang penulis yang membuat dan membentuk kata-kata menjadi penuh makna.

Jika merujuk pada sejarah, poem ini sebenarnya sudah ada semenjak zaman Sansekerta, yang awalnya merupakan perkembangan lagu-lagu rakyat. Namun beberapa jenis poem ini lebih menekankan pada irama dan ritmis. Ritme dalam sebuah poem sendiri dapat kita kenal juga sebagai tinggi rendahnya suara.

Pasangan irama lebih mengacu pada alunan ketika puisi tersebut mereka baca. Untuk menghasilkan sebuah irama, para pembaca harus menekankan pada setiap akhir poem yang penyair baca. Elemen poem dalam Bahasa Inggris ini sebenarnya masih sama dengan elemen puisi dalam bahasa Indonesia

Ciri Khas Poem

Sebenarnya poem sendiri memiliki ciri khas yang membuatnya berbeda dengan jenis karya sastra dalam bahasa Inggris lainnya. Karena pastinya setiap karya sastra memiliki ciri khasnya masing-masing termasuk dengan poem. Hal ini lah yang membedakan satu karya sastra dengan lainnya.

Poem sendiri memiliki ciri khas sebagai karya sastra yang unsur lagu, irama, serta keharmonisan bunyi yang timbul saat membaca poem. Poem dalam Bahasa Inggris ini juga tidak terbentuk dengan pola barisan tertentu, berbeda dengan puisi yang berbentuk pola barisan tertentu.

Mungkin dalam bahasa Indonesia sajak dan puisi memiliki banyak persamaan, namun hal ini tidak akan berlaku pada bahasa Inggris. Biasanya poem ini menggunakan bahasa yang lebih ringkas, namun biasanya kata-kata dalam poem ini penuh makna, sebab menggunakan kata-kata yang mengandung banyak pengertian.

Poem juga menggunakan bahasa yang lebih ringkas namun tetap tidak menghilangkan makna yang ingin penulis sampaikan. Mungkin pada puisi atau poetry kata-kata yang puitis lah yang akan menjadi daya Tarik banyak orang, namun hal ini tidak berlaku pada poem.

Karena pada poem dalam Bahasa Inggris kelugasan bahasa yang penulis sampaikanlah yang  menjadi daya tarik tersendiri bagi poem. Bahkan karena lugasnya pemilihan bahasa dalam poem ini bisa saja merubah pemikiran seseorang.

Meskipun begitu membuat poem ini tentunya tidak bisa sembarangan begitu saja, Anda tidak bisa asal dalam menuangkan sebuah ide dalam karya poem. Untuk bisa membuat poem, Anda terlebih dahulu harus bisa menguasai vocabulary dengan baik dan benar.

Poem dalam Karya Sastra

Poem dalam Bahasa Inggris ini biasanya memiliki keterkaitan pada setiap barisnya. Sehingga satu sama lain saling berhubungan. Dalam karya sastra, umumnya poem akan terasa begitu sederhana namun penuh makna. Sehingga bermakna cukup dalam, hal ini jelas berbeda dengan poetry atau puisi.

Karena biasanya poetry menggunakan tata bahasa yang lebih estetis atau lebih indah sehingga makna dari karya sastra tersebut lebih jelas. Karena biasanya poetry ini akan tertulis dengan jelas dan tergambar dengan kata-kata puitis yang mengandung arti sangat mendalam seperti halnya puisi.

Biasanya puisi atau poetry ini menggambarkan suatu perasaan atau peristiwa dengan bahasa kiasan yang menyentuh hati dan memiliki makna cukup mendalam. Sedangkan untuk karya sastra berbentuk poem biasanya merupakan bentuk penggambaran perasaan yang terangkai. Perasaan terbingkai ini akan berwujud  bahasa lebih sederhana namun tetap mengandung sebuah makna.

Poem Dalam Bahasa Inggris sendiri biasanya menggunakan kata-kata yang lebih jelas tanpa bertele-tele dengan unsur lagu, keharmonisan bunyi, serta irama yang mendominasi. Sehingga ketika seseorang yang membaca poem ini akan tersentuh hatinya, bahkan poem juga mampu merubah pemikiran seseorang.

Poem adalah Sajak

Dari sini tentunya Anda jadi mengerti bahwa poem dan puisi merupakan karya sastra yang sangat jauh berbeda. Poem sendiri lebih pantas jika kita sebut sebagai sebuah sajak. Namun dalam puisi bisa saja tercantum sajak atau poem.

Poem dalam Bahasa Inggris ini tentunya sangat berbeda dengan puisi dalam bahasa Indonesia meskipun mungkin ada beberapa hal yang membuat keduanya terlihat sama saja. Karena memang poem dan poetry dalam sajak memiliki kemiripan. Namun keduanya memiliki perbedaan dalam hal bentuk.

Poem dalam karya sastra ini mungkin masih sering salah mendapat pengakuan. Kesalahan ini karena mereka anggap karya sebagai pusat terutama bagi mereka yang masih awam soal karya sastra. Padahal jika kita telaah lebih jauh tentu keduanya ini memiliki perbedaan. Terutama pada bagian bentuk karena perbedaan keduanya terlihat jelas dari segi bentuk.

Namun tetap saja masih banyak orang yang bingung untuk membedakan keduanya. Terutama jika mereka belum paham tentang poem ini. Pasti mereka mengira jika poem sama halnya dengan poetry atau puisi, sehingga mereka sedikit salah mengartikannya.

Sebenarnya kedua karya sastra ini memang mengandung makna yang cukup mendalam. Namun poetry ini biasanya mampu menyentuh hati pembacanya karena terdapat makna yang terkandung. Sedangkan poem juga bisa menyentuh hati pembacanya namun biasanya poem ini juga bisa mengubah pemikiran seseorang akan sesuatu.

Selain sajak dalam bahasa Inggris ini tentunya masih banyak karya sastra dalam bahasa Inggris lainnya. Meski  mungkin bagi orang awam, hal ini tidak begitu memahami. Padahal sama halnya dengan puisi bahasa Indonesia yang memiliki keindahan, poem dalam bahasa Inggris ini juga mengandung makna yang sangat indah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.