Istilah Keren Bahasa Inggris dan Pengertiannya, Anda Wajib Tahu!

Istilah Keren Bahasa Inggris dan Pengertiannya, Anda Wajib Tahu!

Istilah keren bahasa Inggris, generasi milenial saat ini memang banyak yang menggunakannya. Pada zaman yang sudah semakin modern ini, belajar bahasa Inggris sangatlah diperlukan.

Selain menjadi kewajiban, belajar bahasa Inggris juga bisa meningkatkan pesona seseorang. Seseorang yang bisa bahasa Inggris pastinya terkesan akan terlihat lebih keren. Terlebih, jika mereka bisa menggunakan istilah yang gaul dalam bahasa Inggris.

Tak hanya bahasa Inggris saja, bahasa Indonesia juga memiliki istilah-istilah yang cukup keren. Contohnya saja istilah gabut, baper, mantul, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Istilah Keren Bahasa Inggris
pexels.com

Ragam Istilah Keren Bahasa Inggris

Bahasa keren dan kekinian saat ini banyak kita gunakan dalam percakapan informal. Terlebih pada kalangan anak muda,  istilah keren dapat memberikan kesan tersendiri untuk orang yang mengucapkannya.

Slang merupakan nama lain dari istilah gaul bahasa Inggris. Istilah kekinian dalam bahasa Inggris saat ini banyak sekali kita jumpai, terutama pada berbagai akun sosial media. Sebab, banyak anak muda saat ini yang menjadikan istilah tersebut untuk membuat caption postingan di akun sosial media mereka.

Ada beberapa istilah keren bahasa Inggris yang bisa Anda gunakan untuk menunjukkan kemampuan bahasa Anda.

Jika selama ini istilah yang sering Anda dengar hanya sebatas beautiful, awesome, atau amazing. Maka, istilah keren bahasa Inggris berikut ini perlu Anda tahu. Meski jarang didengar, namun istilah tersebut ternyata memiliki arti yang cukup keren.

Istilah Keren Bahasa Inggris Dalam Bentuk Singkatan

Dalam percakapan sehari-hari, banyak sekali istilah bahasa Inggris yang digunakan. Beragam istilah tersebut justru banyak yang menggunakannya dalam bentuk singkatan. Berikut ini contohnya;

1. GWS (Get Well Soon)

Istilah GWS merupakan salah satu istilah yang sering kita dengar dan kita ucapkan. GWS merupakan singkatan dari Get Well Soon yang artinya lekas sembuh atau lekas membaik. Banyak yang memanfaatkan istilah ini untuk memberikan ucapan kepada teman yang sedang sakit agar lekas sembuh.

2. COD (Cash On Delivery)

Ketika Anda belanja online, mungkin Anda sering menjumpai istilah ini. COD memiliki pengertian  sebagai bayar di tempat. Sistem COD ini bahkan sudah sangat populer.

3. PAP (Post a Picture)

PAP merupakan singkatan dari Post a Picture yang artinya unggah foto kamu. Biasanya penggunan istilah ini untuk menyuruh seseorang untuk mengirimkan foto yang dia inginkan.

4. OTW (On The Way)

Siapa yang tak kenal istilah ini? Pasti semua orang sudah mengenal dan bahkan sering menggunakan istilah OTW. OTW merupakan singkatan dari On The Way yang artinya sedang di jalan. Istilah ini sering digunakan untuk caption seseorang di medsosnya saat akan bepergian.

5. IMO (In My Opinion)

Istilah keren yang banyak digunakan selanjutnya adalah IMO. IMO merupakan singkatan dari In My Opinion, yang berarti ini pendapatku. Kata ini bisa digunakan dalam percakapan sehari-hari dengan teman-teman Anda.

6. OOTD (Outfit of The Day)

Dalam dunia fashion, istilah ini pastinya sering dijumpai. OOTD yang merupakan singkatan dari Outfit of The Day ini artinya busana yang dikenakan hari ini.

Seseorang yang bingung dengan model busana yang akan dipakai sehari-hari biasanya akan mencari inspirasi OOTD keren di internet.

7. BTW (By The Way)

Istilah ini sudah familiar dan banyak digunakan sejak dulu. BTW merupakan singkatan dari By The Way yang artinya ngomong-ngomong.

Nah, biasanya penggunaan istilah ini dalam pembukaan komunikasi, atau ketika ingin membuka suatu percakapan pada orang lain.

8. ROTFL (Rolling on The Floor Laughing)

ROTFL adalah singkatan dari Rolling on The Floor Laughing. Istilah ini artimya sebagai reaksi tertawa sampai terguling-guling. Biasanya penerapan ROTFL ini dalam bentuk emoticon yang menandakan tertawa terbahak-bahak hingga terguling.

9. FYI (For Your Information)

For Your Information dalam bahasa gaulnya biasa disingkat dengan FYI. FYI memiliki makna informasi untukmu. Biasanya istilah ini bermanfaat untuk memberikan suatu informasi yang penting.

Penggunaan istilah FYI bisa dalam pesan singkat atau bahkan pesan email untuk memberikan suatu informasi. Istilah ini sekarang sudah banyak gunakan secara global. Baik itu formal maupun informal.

10. OOT (Out Of Topic)

OOT adalah singkatan dari Out of Topic. Biasanya orang menggunakan istilah ini jika ada yang keluar atau tidak sesuai topik pembahasan.

11. CMIIW (Correct Me If I’m Wrong)

Istilah ini artinya dalam bahasa Indonesia yaitu koreksi jika aku salah. Nah, dalam sehari-hari Anda juga bisa menggunakan istilah keren ini saat berbicara dengan orang lain. Sifatnya mengingatkan apabila dalam ucapan tersebut ada kesalahan.

12. DM (Dirrect Message)

Bagi Anda yang memiliki akun Instagram pastinya sudah tidak asing lagi dengan istilah ini. DM merupakan singkatan dari Dirrect Message. Fitur yang ada dalam instagram ini berfungsi untuk melakukan aktivitas kirim pesan dengan sesama pengguna Instagram.

13. TGIF (Thanks God It’s Friday)

Anda mungkin sering menemukan istilah TGIF. TFIG ini singkatan dari Thanks God Its Friday. Istilah ini fungsinya  untuk memberikan ungkapan semangat untuk menuju akhir pekan.

Istilah Keren Bahasa Inggris Dalam Jual Beli

Dalam kegiatan jual beli, banyak sekali istilah-istilah kekinian yang sering kita jumpai. Biasanya istilah tersebut dalam bahasa Inggris. Berikut ini adalah istilah keren dalam jual beli berbahasa Inggris yang perlu Anda tahu.

1. Keep

Keep adalah istilah yang sering digunakan para pembeli ketika memesan suatu barang. Disini, biasanya pembeli tersebut sudah memesan dan memastikan untuk membeli barang tersebut, namun belum sempat membayarnya.

Tujuan keep pesanan  yaitu agar produk yang mereka pesan tidak dijual lagi kepada orang lain.

2. Thrift Shop

Thrift shop sebenarnya memiliki pengertian sebagai belanja barang bekas. Namun istilah thrift lebih terkesan gaul pemakaiannya dari pada harus menggunakan istilah barang bekas.

3. Coffee Shop

Mengunjungi Coffee Shop pastinya terkesan lebih keren daripada berkunjung ke warung kopi. Meskipun namanya sebenarnya memiliki pengertian yang sama, namun konsep yang dibuat pada shop ini biasanya berbeda.

Biasanya Coffee Shop akan menggunakan konsep yang lebih keren dan modern. Menu yang disediakan pun biasanya juga lebih modern dan bervariasi.

4. Preloved

Menjual barang dengan ada tambahan kata preloved memang terkesan lebih keren. Meskipun demikian, preloved sebenarnya memiliki arti yang sama dengan thrift, yaitu barang bekas. Saat ini banyak orang yang menawarkan barang-barang preloved pada online shop mereka.

5. Pay Later

Tahukah Anda, jika saat ini belanja online juga bisa melakukan pembayaran belakangan. Nah, biasanya dalam online shop ada fitur payleter ini untuk penggunanya yang belum bisa membayar barang yang di keep.

Meskipun sama-sama memiliki arti hutang, namun menggunakan istilah pay later ini akan terkesan lebih kekinian.

6. Factory Outlet

Tidak berbeda jauh dengan thrift shop, istilah factory outlet ini merupakan bahasa keren yang biasanya  oleh tempat khusus jualan berbagai macam busana sisa pabrikan yang memiliki kualitas ekspor.

7. Consign Market

Istilah keren bahasa Inggris dalam jual beli selanjutnya yaitu consign market. Memang terkesan lebih keren daripada harus menyebutnya dengan sebutan makelar.

8. Cashback

Nah, setiap belanja pasti akan merasa senang jika ada istilah cashback. Cashback merupakan istilah untuk potongan harga. Istilah ini banyak terdapat pada strategi pemasaran barang untuk menarik minat para calon pembeli.

Istilah Keren Bahasa Inggris Dalam Bisnis

Berikut ada beberapa istilah keren dalam Bahasa Inggris yang bisa Anda jumpai dalam dunia bisnis.

1. Business Plan

Business plan adalah suatu dokumen yang bermanfaat untuk mendeskripsikan rencana bisnis . Istilah ini sering kita jumpai pada pebisnis yang akan memulai merencanakan usahanya.

2. Start-up

Istilah “start-up” seringkali ada kaitannya dalam bisnis baru. Start-up juga kerap berkaitan dengan bidang industri teknologi. Meskipun demikian, istilah ini sebenarnya bisa berkaitan dalam jenis bisnis baru apa pun.

3. Forecast

Istilah ini artinya ramalan bisnis. Melalui forecast, suatu bisnis akan memprediksi berbagai aspek yang akan berjalan kedepannya.

4. Marketing

Dalam dunia bisnis, istilah marketing sudah tidak asing lagi. Bahkan istilah dalam bahasa Inggris ini selalu ada  dalam berbagai macam bisnis. Marketing adalah pemasaran suatu produk.

Penerapan strategi marketing biasanya dengan menggunakan iklan, promosi yang dilakukan pada akun media sosial atau pada media yang lainnya.

5. Allowance

Dalam dunia bisnis, istilah allowance merupakan tunjangan yang bisa diperoleh di luar gaji utama. Biasanya tunjangan ini diberikan sebagai bentuk imbalan atau apresiasi perusahaan atas pekerjaannya di perusahaan tersebut.

6. Bookkeeping

Bookkeeping merupakan istilah keren bahasa Inggris yang artinya kegiatan pembukuan. Istilah bookkeeping ini biasanya sering kita jumpai dalam bidang akuntansi perusahaan. Hal yang dicatat dalam aktivitas bookkeeping ini yaitu mencatat semua transaksi keluar masuknya kas perusahaan.

7. Clause

Istilah clause dalam bisnis memiliki pengertian sebagai klausul perjanjian dengan ketentuan yang sudah mendapatkan kesepakatan bersama.

8. Copyright

Ketika mengambil gambar di internet, seringkali kita bertemu dengan istilah copyright. Copyright artinya hak cipta dari sebuah karya. Jika di suatu perusahaan, copyright umumnya bersifat melindungi produk yang dibuatnya supaya bisa terlindung dari plagiarisme.

9. Change Off

Nah, para pekerja tentunya sudah tidak asing lagi dengan istilah ini. Change off merupakan tindakan yang dilakukan pada saat pegawai ingin mengubah hari bekerjanya di hari lain karena suatu keperluan. Biasanya mereka akan mengganti hari kerja tersebut di hari libur.

10. Net

Dalam bisnis, istilah net mungkin sudah familiar sekali. Net adalah hitungan bersih pendapatan atau gaji bersih.

11. Recruitment

Istilah bahasa Inggris ini biasanya sering dijumpai di informasi lowongan pekerjaan. Recruitment jika dalam bahasa Indonesia diartikan proses merekrut karyawan baru. Biasanya Anda yang sedang mencari kerja akan mencari istilah ini di berbagai lowongan pekerjaan yang ada.

12. Brand

Istilah brand sangat familiar di berbagai kalangan. Brand atau merek adalah istilah yang diberikan sebagai nama atau atribut perusahaan. Biasanya perusahaan akan memberikan brand yang unik untuk perusahaannya.

13. Feedback

Feedback adalah istilah yang bisa disebut dengan umpan balik. Penggunaan istilah keren bahasa Inggris ini biasanya untuk memberikan komentar konstruktif terkait suatu hal.

14. Price Point

Banyak sekali para pebisnis yang lebih suka menggunakan istilah price point dari pada harus menggunakan istilah harga.  Sebenarnya maknanya sama dengan harga. Banyak pebisnis yang menggunakan istilah price point karena terkesan lebih professional.

15. Drill down

Penggunaan istilah drill down ini biasanya untuk menjelaskan sesuatu yang masih membutuhkan pemeriksaan dengan lebih lanjut.

16. Best Practice

Best practice merupakan suatu istilah yang berfungsi untuk menggambarkan cara terbaik untuk melakukan suatu pekerjaan agar bisa memperoleh hasil yang lebih optimal.

17. Core Competency

Istilah core competency ini dalam dunia bisnis lebih diartikan dengan standar yang memuaskan.

18. Scalable

Scalable adalah istilah dalam bisnis yang merujuk pada suatu gagasan ide atau bisnis yang sekarang ini sedang berjalan.

19. Skill Set

Istilah skill set mungkin sudah tidak asing lagi dalam dunia bisnis. Skill set ini merupakan istilah yang mengacu pada seseorang yang mempunyai berbagai macam keterampilan.

20. Helicopter view

Istilah helicopter view dalam dunia bisnis ini bisa diartikan sebagai kemampuan melihat sesuatu dari berbagai macam aspek. Namun, pada lingkungan kantor yang serius, hindari penggunaan istilah yang keren ini.

Istilah Keren Bahasa Inggris Dalam Dunia Medis

Dalam dunia medis banyak sekali istilah keren bahasa Inggris yang sering kita jumpai. Biasanya para tenaga kesehatan atau ilmuwan akan menggunakan istilah dalam medis ini untuk menggambarkan sesuatu yang ada kaitannya dengan ilmu kesehatan.

1. Allergies

Istilah allergies sebenarnya jika dalam bahasa Indonesia merupakan alergi. Nah, adapun makna dari alergi yaitu suatu respons sistem kekebalan tubuh yang sifatnya tidak normal pada suatu zat yang sebenarnya tidak membahayakan.

2. Antibiotics

Dalam dunia medis, istilah ini pastinya selalu kita dengar. Antibiotik merupakan obat yang digunakan untuk mengobati infeksi yang diakibatkan oleh bakteri.

3. Bacteria

Istilah bacteria ini dalam dunia medis diartikan sebagai organisme mikroskopis yang bisa dijumpai di seluruh Bumi. Selain itu, bakteri ini juga bisa dijumpai di dalam tubuh organisme hidup. Ada bakteri yang bermanfaat untuk manusia dan ada juga bakteri yang bisa mengakibatkan penyakit.

4. Bruise

Istilah bruise dalam medis bisa diartikan sebagai memar. Memar biasanya akan terjadi pada kulit pada saat mengalami trauma ringan.

5. Chicken Pox

Meskipun istilah ini terdengar asing dalam keseharian kita, namun sebenarnya istilah chickn pox ini pengertiannya sebagai gangguan kesehatan yang bernama cacar air.

Cacar air merupakan infeksi virus yang biasa terjadi pada saat masa kanak-kanak. Infeksi ini bisa mengakibatkan terjadinya ruam kulit yang merah dan terasa gatal.

6. Disinfectants

Di era pandemic mungkin Anda sering mendengar istilah ini. Disinfectants jika dalam bahasa Indonesianya disebut dengan desinfektan.

Istilah ini bermakna sebagai zat kimia yang manfaatnya adalah untuk membunuh mikroorganisme yang hidup pada berbagai macam benda mati. Diantaranya seperti, jalan, lantai, meja, dan area lainnya. Biasanya lantai atau benda mati lainnya akan disemprotkan disinfectant agar tetap streril dari kuman.

 7. Fever

Istilah medis ini artinya demam. Demam merupakan kondisi ketika suhu tubuh menjadi tinggi yang tidak normal. Tanda gejala ini biasanya dengan tubuh yang menggigil.

8. Germs

Germs merupakan istilah medis dalam bahasa Inggris yang artinya kuman. Kuman merupakan suatu organisme mikroskopis yang bisa memicu timbulnya penyakit. Contoh kuman yaitu berbagai macam bakteri dan virus.

9. Immune System

Dalam istilah medis terkadang kita mendengar istilah immune system. Sistem imun merupakan mekanisme pertahanan tubuh seseorang terhadap infeksi. Immune System ini terdiri atas sel, jaringan, serta organ yang akan bekerja sama dalam menangkal berbagai macam gangguan.

Berbagai macam istilah keren bahasa Inggris di atas bisa menambah pengetahuan dan wawasan Anda. Anda juga bisa mencoba menerapkan istilah keren ini dalam pembicaraan sehari-hari. Namun, Anda perlu menerapkan istilah-istilah ini dengan tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.