Membuat Pengumuman dalam Bahasa Inggris, Perhatikan Hal Pentingnya!

Membuat Pengumuman dalam Bahasa Inggris, Perhatikan Hal Pentingnya!

Membuat pengumuman dalam Bahasa Inggris bisa kita mulai pelajari dari paling dasar untuk membuatnya lebih paham dan mudah kita ingat. Text Announcement merupakan nama lainnya.

Setiap berada di sebuah lingkup publik pasti akan ada kesempatan untuk memberitahukan sesuatu baik bersifat formal atau casual saja. Juga baik secara lisan atau tulisan, pada intinya memberitahukan pada publik luas. Kita pasti sudah akrab sekali dengan teks atau audio berisikan pengumuman seperti ini.

Bahkan dalam pelajaran bahasa kita mendapatkan materi mengenai hal yang satu ini. Sehingga akan terbentuk apabila kita ingin sampaikan pada orang lain mengenai sebuah  kondisi atau situasi terbaru tertentu. Maka dari itu, khusus untuk Anda yang sedang mempertimbangkan hal seperti ini kami akan membahasnya.

Kami akan membahasnya lebih lengkap khusus untuk Anda jadikan tambahan referensi. Selain itu, akan menggunakan bahasa yang mudah untuk orang pahami. Jadi tidak perlu ragu dan khawatir lagi, silahkan ikuti pembahasan dari kami berikut ini.

Membuat Pengumuman dalam Bahasa Inggris, Perhatikan Hal Pentingnya!
pexels.com

Membuat Pengumuman dalam Bahasa Inggris Secara Mudah

Sebelum memasuki bagaimana cara membuatnya yang benar. Akan lebih baik jika kita mengetahui artinya lebih lengkapnya berikut ini secara khusus untuk Anda. Maka dari itu simak berikut ini mengenai teks pengumuman ini.

Pengertian Pengumuman atau Announcement

Pada awalnya kita perlu tahu terlebih dahulu mengenai garis besar materi ini. Jadi apakah pengumuman itu? Memiliki sebutan dalam Bahasa Inggris sebagai Announcement yang artinya pemberitahuan secara resmi untuk khalayak ramai.

Isi dari sebuah pernyataan terbaru tersebut bisa dibagikan pada satu atau dua orang lebih. Sehingga ketika setelah orang tersebut mengetahuinya kita bisa lebih memberikan peringatan secara khusus. Nah, orang tersebut akan mendapatkan fakta terbaru yang membantu untuk bertahan menjalankan sebuah rutinitas tertentu.

Bentuk dari pengumuman bisa berupa tulisan atau bahkan lisan secara langsung. Sehingga ketika sudah menuliskannya kita bisa membacakannya dan menyampaikan pada orang-orang tersebut. Kita bisa melakukannya secara virtual atau langsung dengan mudah.

Membuat pengumuman dalam Bahasa Inggris ini akan kita butuhkan untuk menyampaikan secara khusus. Beberapa kondisi tentu mengharuskan kita menggunakan bahasa yang bisa orang pahami lebih mudah. Misalnya ketika kita sedang tidak berada di Tanah Air atau semacamnya.

Maka dari itu, kita memerlukan pembuatan pengumuman yang menggunakan bahasa seperti  ini. Selain itu untuk materi pada kelas tertentu juga akan membutuhkannya. Akan disayangkan apabila pengumuman tidak tersusun secara sistematis dan tepat dalam penggunaan tata bahasanya. Jadi silahkan untuk Anda memastikan sendiri untuk hal tersebut.

Cara Membuat Pengumuman dalam Bahasa Inggris

Nah, ketika Anda ingin mencoba untuk langkah pembuatanya yang tepat coba simak berikut ini. Kami akan membahas langkah yang mudah namun bisa Anda ikuti dengan mudah sekali. Oleh karena itu silahkan untuk mengikuti langkah berikut ini untuk selengkapnya.

Menentukan Tujuan Pengumuman

Pertama kita perlu mengetahui bahwa announcement tersebut akan ditujukan kepada siapa dan bertujuan untuk apa. Sehingga kita bisa memastikan pemilihan bahasa dan ramah tamah yang sesuai. Jangan sampai terlalu lancang dan terkesan tidak sopan padahal berisikan pengumuman penting.

Kita harus bisa membedakan kepentingan satu dan lain hal seperti ini untuk keamanan. Selain itu akan menjadi hal penting jika bisa menarik orang membaca atau mendengarkan pengumuman dari kita. Sehingga pemilihan bahasa menjadi hal paling penting sejauh ini.

Menentukan Isi Secara Singkat dan Jelas

Membuat pengumuman dalam Bahasa Inggris perlu untuk kita tentukan sedari awal bahwa kita harus menentukan isinya tersebut. Pasalnya akan lebih jika kita menggunakan bahasa yang tepat dan jelas. Maka dari itu, jangan sampai Anda lewatkan pertimbangan isi tersebut.

Jangan sampai membuat pengumuman yang terlalu bertele-tele dan melebar. Orang tidak akan tertarik membaca pengumuman seperti itu. Pasalnya mereka hanya ingin poin utama saja dan memberkan fakta terupdate tersebut. Jadi silahkan menimbang dan memilih sebelum memutuskan menggunakanya.

Cek Secara Berkala

Setelah menyusunnya akan lebih baik jika Anda selalu cek dan pastikan kembali. Pasalnya ketika membuat sebuah teks berisikan hal seperti ini akan cukup riskan untuk terjadi kesalahan. Oleh karena itu, Anda usahakan memastikan terlebih dahulu sebelum mempublikasikannya.

Membuat pengumuman dalam Bahasa Inggris seperti ini akan terlaksana lebih cepat dan tidak merugikan. Karena bisa dipastikan bahwa isinya berbobot dan jelas. Orang akan mudah memahami engumuman seperti ini.

Struktur Announcement yang Tepat

Selanjutnya sebelum Membuat pengumuman dalam Bahasa Inggris menyusunnya kita perlu mengetahui struktur yang tepat untuk masuk ke proses pembuatannya. Jadi akan lebih baik jika Anda ketahui struktur yang paling tepat ini. Lalu mencoba untuk menyusunnya sendiri dan membagikannya ke publik luas. Oleh karena itu langsung saja berikut ini struktur yang bisa Anda gunakan.

Title atau Judul

Pertama kita perlu mengetahuinya bahwa judul atau title menjadi bagian cukup penting di sini. Maka dari itu, akan lebih baik jika kita mengambil kata yang menyusun kalimat dari tujuan pengumuman tersebut dengan tepat. Jangan memilih kata yang orang sulit pahami dan terlalu panjang.

Wakilkan judul tersebut untuk menjelaskan singkat mengenai isi dari pengumuman tersebut. Sehingga orang yang membutuhkan pengumuman akan diam terlebih dahulu. Sedangkan yang tidak membutuhkan pemberitahuan tersebut tidak perlu membuang waktunya untuk ikut menyimak pernyataan tersebut.

Explanation atau Penjelasannya

Selanjutnya paa pengumuman aka nada penjelasan dari isinya tersebut. Pada bagian ini akan ada beberapa poin pentingnya. Mulai dari acara (event),  tanggal dan waktu (date and time), tempat berlangsungnya (place), dan terakhir adalah orang atau alamat yang bisa kita mintai keterangan lebih lanjut (contact person or address).

Penjelasan seperti ini akan menjadi salah satu hal penting dalam pembuatan pengumuman yang tepat. Karena jika kita sampai salah menuliskan penjelasan akan membahayakan orang lain. Bukan seakan timbulkan omong kosong belaka.

Penutup

Ingat ketika Membuat pengumuman dalam Bahasa Inggris kita juga perlu penutup. Kesimpulan dari pemberitahuan tersebut bertujuan untuk apa dan akan memberikan keuntungan untuk orang tersebut apa saja. Penawaran seperti ini jelas akan membuat orang tertarik beralih kebiasaan atau fakta baru tersebut.

Sehingga kecenderungan mengabaikan sebuah pengumuman akan berkurang. Usahakan untuk memberikan salam hormat dan hangat tergantung kebutuhan. Pengumuman yang baik akan memiliki struktur yang rinci dan bisa kita pahami dengan mudah, maka ingat hal ini untuk membuatnya dengan baik.

Membuat pengumuman dalam Bahasa Inggris sebenarnya cukup mudah untuk kita coba. Maka dari itu berikut ini adalah contoh salah satu text announcement yang perlu Anda perhatikan. Oleh karena itu simak berikut ini.

Contoh Text Announcement  Orang Hilang :

MISSING!

Name : George David

Date Missing : 10 Apil 2022

Date of Birth : 30 Desember 1999

Age at Disappearance : 22 years old

Sex : Male

Eyes : Blue

Hair : Skinny Black Fluffy Hair

Height : 6’0’’

Weight : 150 lbs

Last seen he was wearing black shirt with jacket jeans dark blue with skinny denim for pants. He always uses a baseball hat, beige colors with fluffy hairs. Also high cut converse classic and backpack blue. Remember he has dimples in left cheeks, please check it.

Please call 677-989-2343 if you see him or someone know before he is gone. We will give a reward of $10. 000. Anda for any information leading to his return.

Arti Pengumuman di Atas :

Membuat pengumuman dalam Bahasa Inggris seperti yang kita tuliskan tadi memberikan informasi rinci dan pasti. Sehingga ketika proses pencarian orang tidak akan menerka-nerka akan fisik orang tersebut. Lalu memudahkan proses pencarian yang akan makin baik jika lebih cepat.

Nah kita tadi membuat salah satu contoh teks pengumuman yang bertujuan untuk mencari orang hilang. Menggunakan judul utama : MISSING! atau artinya Kehilangan. Setelah itu, kita mengajarkannya dalam Explanation secara rinci untuk membuat laporan tersebut.

Membuat pengumuman dalam Bahasa Inggris yang tepat adalah menyertakan detail yang jelas dan singkat. Dalam kasus yang kita bahas mengenai kehilangan seseorang seperti ini sangat penting. Maka dari itu akan lebih baik jika kita mengingat dengan pasti terakhir kali orang tersebut.

Mulai dari tampilan terakhir dan ciri spesifik, kami sertakan warna mata dan ciri utama yang pria tersebut miliki yaitu lesung pipi. Ketika orang yang menemukan semirip mungkin dengan orang tersebut bisa memastikannya. Apakah memang memiliki lesung pipi atau tidak.

Kunci dalam membuat pengumuman tadi akan ada imbalan jika berhasil menemukan pria tersebut. Sehingga ketika pembacanya mengetahui informasi yang mengarah ke titik terang bisa memberikan kabar ke kontak yang tersedia tersebut.

Contoh Text Announcement Pindahan Toko :

MOVING DAY IS HERE!!

Hara BAKERY will be closed for moving on Saturday, November 13 2021

So, we will open our doors again at the new location on Monday, November 15 2021

Jln. Mantridalam Wetan 505, Yogyakarta

Please make a note of our new place

Phone 6666-6666

Warm Regards – Hara Bakery

Arti Pengumuman Singkat :

Membuat pengumuman dalam Bahasa Inggris singkat seperti ini juga lebih memudahkan orang menghemat waktu. Nah contoh yang kita tuliskan tersebut sebutkan informasi pindahan toko roti Hara. Mereka mulai tutup pada tanggal sekian dan akan kembali buka pada tanggal sekian.

Sertakan alamat baru yang akan membantu orang kembali temukan lokasi Anda. Selain itu untuk memberitahukan suasana baru yang Anda tawarkan tersebut. Berikan kontak yang bisa dihubungi sehingga akan memudahkan orang untuk mencari tahu kembali Anda dan pesan secara lebih praktis.

Hal Penting dalam Menyusun Pengumuman!

Jika ingin membuat pengumuman dalam Bahasa Inggris yang baik dan berkualitas usahakan untuk ingat hal berikut ini. Sehingga Anda tidak akan membuang waktu hanya untuk membuat yang tidak perlu. Maka dari itu akan lebih baik jika mengikutinya berikut ini.

Gunakan Bahasa yang Jelas dan Ringkas

Pertama membuat pengumuman dalam Bahasa Inggris harus penting untuk pertimbangkan bahasa yang jelas dan ringkas. Maka dari itu, akan lebih baik jika Anda cek ke susunan penulisan yang benar dan bahasa yang ringkas tidak bertele-tele.

Menarik (Interesting)

Usahakan membuat pengumuman dalam Bahasa Inggris yang menarik orang untuk membacanya. Orang tersebut akan tertarik membaca pengumuman yang berciri khas khusus. Ketika kita menuliskan sesuai dengan template biasanya tentu tidak menarik lagi, maka buat lebih menarik.

Sasaran Jelas

Membuat pengumuman dalam Bahasa Inggris juga memerlukan waktu yang jelas. Gunakan tanggal, bulan, tahun bahkan jam jika memungkinkan untuk menjelaskannya. Sehingga orang tidak perlu bertanya-tanya kembali akan kebenaran dari isi pengumuman yang Anda susun tersebut.

Batas Pengumuman

Apabila pengumuman dalam Bahasa Inggris untuk membahas hal khusus atau promo misalnya. Anda harus sertakan batas hari dan waktunya untuk tidak membuat orang kecewa karena sudah sempatkan berkunjung. Maka dari itu akan lebih baik jika kita sertakan dan umumkan untuk lebih jelasnya.

Gunakan Struktur yang Tepat

Membuat pengumuman dalam Bahasa Inggris juga penting menggunakan struktur yang tepat seperti yang kita bahas tadi. Karena susunan tersebut lebih terorganisir dan memudahkan orang membacanya. Maka dari itu mereka akan lebih paham dari tujuan pengumuman tersebut dibagikan ke publik.

Oleh karena itu, akan lebih baik jika Anda memastikan sendiri akan hal seperti ini. Untuk keamanan dan jaminan bersama. Struktur yang tepat akan membuat orang ingat dan ikut memikirkan kembali isi pengumuman tersebut.

Perencanaan Teks

Sekarang pengumuman memiliki berbagai jenis yang bisa kita pilih. Mulai dari menggunakan gaya resmi, santai bakan mengandung unsur promosi. Kepentingan seperti ini perlu kita bicarakan untuk membuat perencanaan teks tersebut.

Iklan atau Promotion

Misalnya membuat pengumuman dalam Bahasa Inggris untuk memberitahukan mengenai adanya promo tertentu. Potongan diskon jika melakukan pembelian khusus dan hal semacam nya perlu kita ingat. Sehingga tidak akan kelewatan dari promosi iklan tersebut.

Akan lebih baik jika Anda perhatikan perencanaan seperti ini. Untuk menentukan jenis bahasa yang akan digunakan dan isi dari teks pengumuman tersebut tentu saja. Anda perlu mengetahui hal ini sedari awal.

Resmi atau Dinas

Selanjutnya membuat pengumuman dalam Bahasa Inggris dengan menggunakan perencanaan keperluan dinas. Bahasa seperti ini jelas akan berbeda daripada jenis iklan atau kasual saja. Perlu adanya etika meski menggunakan bahasa Inggris sekalipun.

Maka dari itu usahaan untuk mengetahui batasan seperti ini. Anda bisa andalkan perencanaan ini untuk membuat pengumuman yang tepat dan baik untuk orang pahami. Bahkan pengumuman yang baik akan membantu orang lebih paham lebih cepat akan informasi baru tersebut.

Kehilangan

Membuat pengumuman dalam Bahasa Inggris yang kita tulis dalam contoh tadi juga menjadi salah satu perencanaan yang penting. Ketika menuliskan contoh pengumuman yang bertujuan untuk umumkan kehilangan kita perlu membantu menjelaskan rinci. Lalu menarik orang untuk simpatik dan termotivasi untuk membantu.

Misalnya dengan sertakan hadiah atau reward seperti yang kita bahas pada awal tadi. Jelas orang akan lebih tertarik membantu jika kita jelaskan pemberian hadian seperti ini. Namun jangan membuat pengumuman palsu dan membuat orang bingung.

Apa tujuan pengumuman yang jelas untuk membuat orang mengetahui informasi terbaru. Maka dari itu kita perlu menjelaskan secara mudah dan singkat. Namun tetap memiliki kunci penting yang kita bahas sebelumnya.

Nah kita sudah membahas tuntas mengenai teks pengumuman secara keseluruhan. Membuat pengumuman dalam Bahasa Inggris sebenarnya sama saja ketika kita membuat menggunakan Bahasa Indonesia. Maka dari itu tinggal kita pegang dan pahami kunci sebelum melakukan penyusunan yang benar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *