Teks Prosedur dalam Bahasa Inggris, Pengertian, Ciri-Ciri, dan Contohnya

Dalam bahasa Inggris ada berbagai jenis teks yang perlu kamu pelajari. Salah satunya adalah teks prosedur dalam bahasa Inggris.

Teks prosedur ini menjadi materi  yang sangat penting bagi kamu yang ingin belajar bahasa Inggris. Pasalnya, teks prosedur ini hampir setiap hari kamu jumpai, terutama dalam kemasan makanan, buku resep masakan, maupun buku petunjuk atau manual book lainnya.

Maka dari itulah, agar kamu bisa memahaminya atau membuat sendiri teks prosedur tersebut dengan baik, wajib mengetahui bagian penting dari materi ini. Mulai dari pengertian, tujuan, ciri-ciri, bentuk, struktur, hingga contohnya.

Bagi orang-orang yang sudah fasih dalam berbahasa Inggris, materi ini menjadi hal yang sangat mudah. Namun, tenang saja, bagi kamu para pemula atau baru belajar bahasa Inggris, bisa simak penjelasan materi selengkapnya berikut ini.

Teks Prosedur dalam Bahasa Inggris, Pengertian, Ciri-Ciri, dan Contohnya
youtube.com

Pengertian Teks Prosedur dalam Bahasa Inggris

Teks prosedur merupakan teks yang berisikan tentang cara membuat, cara melakukan, atau cara mengoperasikan sesuatu. Dengan kata lain, teks prosedur ini berisikan langkah-langkah secara berurutan atau teratur, dari langkah awal hingga langkah terakhir. Tak jarang pula, teks prosedur ini menyebutkan berbagai bahan atau alat yang harus kamu gunakan.

Selain itu, penjelasan lain tentang teks prosedur ini yaitu teks yang memberikan informasi, instruksi, atau membantu pembaca untuk mengetahui cara melakukan atau membuat sesuatu. Dalam bahasa Inggris, teks ini diawali dengan kalimat “How to…”. Sebagai contoh, “How to make a cup of coffee” atau bisa juga “How to operate the computer”.

Dalam penulisannya, agar teks prosedur tersebut bisa dipahami oleh banyak orang maka petunjuk yang diberikan harus jelas. Oleh karena itulah, penulisan jenis teks ini harus menggunakan kalimat yang ringkas, jelas, dan berurutan.

Tujuan Teks Prosedur

Teks prosedur dalam bahasa Inggris memiliki tujuan yang sama dengan teks prosedur dalam bahasa Indonesia. Tujuannya yakni untuk memberikan gambaran bahwa sesuatu yang dikerjakan sesuai dengan aturan melalui langkah-langkah yang jelas dan runtut. Jenis teks ini memberikan petunjuk melalui cara-cara atau langkah-langkah yang benar, agar bisa melakukan sesuatu sesuai dengan hasil yang kamu harapkan.

Ciri-Ciri Teks Prosedur

Jenis teks ini bisa kamu analisis dengan sangat mudah. Pasalnya, sama seperti jenis teks lainnya, teks prosedur ini memiliki ciri-ciri atau karakteristik. Mau tahu apa saja ciri-ciri dari teks prosedur ini? Berikut ini adalah penjelasan yang bisa kamu pahami.

  1. Teks prosedur menggunakan Simple Present Tense.
  2. Jenis teks ini menggunakan imperative sentence atau bentuk kalimat yang seringkali digunakan untuk memberi sebuah perintah. Sebagai contoh, por the water, turn on, turn off, don’t mix, don’t cut, cut into slice, dan imperative sentence lainnya.
  3. Teks prosedur menggunakan connective of sequence atau kata penghubung urutan. Misalnya saja, next, then, while, dan connective of sequence lainnya.
  4. Ciri berikutnya yakni dalam memberikan penjelasan langkah menggunakan numbering atau nomor. Sebagai contoh, first, second, third, dan seterusnya.
  5. Teks prosedur juga menggunakan action verb atau kata kerja dalam bentuk tindakan. Contohnya, put, plug, turn, dan action verb lainnya.
  6. Terakhir, teks prosedur menggunakan adverb atau kata keterangan. Sebagai contoh, carefully, slowly, dan adverb lainnya.

Aspek-Aspek Penting pada Teks Prosedur

Supaya teks prosedur dalam bahasa Inggris yang kamu tulis baik dan benar, terdapat beberapa aspek penting. Aspek-aspek penting ini perlu kamu pelajari untuk mengetahui apa saja yang bisa kamu tulis dan yang tidak boleh kamu sertakan dalam teks prosedur. Tak perlu berlama-lama lagi, berikut ini adalah aspek-aspek penting dalam teks prosedur.

1. Structure of Procedure Text (Struktur Teks Prosedur )

Structure of procedure text atau struktur teks prosedur terdiri dari tiga bagian utama, yakni goal atau tujuan, materials atau alat, bahan, dan hal-hal yang kamu butuhkan, terakhir adalah steps atau langkah, cara, dan instruksi.

  • Goal/Aim (Tujuan)

Goal atau tujuan ini biasanya terletak pada bagian judul teks prosedur. Memberikan informasi tentang maksud dan tujuan dari teks prosedur tersebut. Sebagai contoh, How to Make Noodle, How to Make Avocado Juice dan contoh lainnya.

  • Materials atau Ingredients/Tools

Materials atau ingredients, memberikan informasi tentang apa saja yang kamu butuhkan untuk membuat ataupun melakukan sesuatu. Material ini dapat dibagi menjadi dua, yakni berupa bahan-bahan atau ingredient dan berupa alat-alat atau tools yang kamu butuhkan. Sebagai contoh, the materials to make chicken katsu are, 800 grams of chicken fillet, 4 eggs, mayonnaise, pepper, oil, bread flour, salt, and flour.

  • Steps

Pada bagian steps ini berisikan tentang daftar urutan instruksi atau perintah untuk membuat atau melakukan sesuatu. Namun, ada pula teks prosedur dalam bahasa Inggris yang tidak perlu menggunakan material dalam penulisannya.

Sebagai contoh, teks prosedur yang menjelaskan bagaimana cara melakukan instruksi secara manual. Biasanya, ini ditandai dengan adanya kalimat how to use computer, how to use tape recorder, how to use fax, how to use video game, dan contoh kalimat lainnya.

Teks prosedur lainnya yang tidak menggunakan material yakni menginstruksikan bagaimana melakukan atau menjalankan aktivitas maupun kegiatan tertentu dan peraturannya. Jenis teks ini bisa ditandai dengan kata, video game rules, road safety rules, dan contoh lainnya.

Teks prosedur yang tidak menggunakan material juga berkaitan dengan sifat atau kebiasaan yang manusia miliki. Misalnya saja, how to succeed, how to live happily, dan lain sebagainya.

2. Language Features of Procedure Text (Fitur Bahasa Teks Prosedur)

Setelah mengetahui struktur teks prosedur dalam bahasa Inggris, aspek selanjutnya yakni bahasa yang akan kamu gunakan. Sebelumnya sudah dibahas dalam ciri-ciri teks prosedur di atas. Namun untuk memperjelas kaidah bahasa yang kamu gunakan dalam membuat teks prosedur ini, berikut adalah penjelasannya.

  • Menggunakan Simple Present Tense

Dalam penulisan teks prosedur harus menggunakan Simple Present Tense. Pasalnya, teks prosedur ini berisikan kalimat-kalimat fakta mengenai cara melakukan atau membuat sesuatu.

  • Terdapat Imperative Sentence atau Kalimat Perintah

Sebelumnya telah disebutkan jika teks prosedur menggunakan kalimat perintah atau imperative sentences. Imperative sentences ini selalu memiliki awalan verb 1 dari action verb atau kata kerja yang melibatkan kegiatan atau aktivitas fisik.

Maka dari itulah, kamu tidak perlu lagi menggunakan subject pada awal kalimat. Contohnya, Add 3 tomatoes and mix it well. Pada kalimat tersebut menggunakan awalan verb 1. Tidak ada subject pada awal kalimatnya.

  • Connectives atau Kata Penghubung

Dalam teks prosedur dalam bahasa Inggris, connectives atau kata penghubung ini digunakan untuk menghubungkan satu langkah dengan langkah yang lainnya. Dengan begitu, daftar instruksi bisa kamu buat secara runtut dan siapa saja yang membacanya akan mudah memahaminya. Sebagai contoh, then, after that, firstly, secondly, finally, dan kata penghubung lainnya.

3. Adverbs atau Kata Keterangan

Kata keterangan atau adverbs dalam teks prosedur digunakan untuk memberikan keterangan waktu. Dalam teks prosedur kata keterangan waktu ini ada dua jenis.

Pertama adalah adverb of time atau keterangan waktu sebagai penanda berapa lama kamu harus melakukan atau membuat sesuatu tersebut. Misalnya saja for 4 hour, in 30 minutes, in 45 second dan lain sebagainya.

Kata keterangan lainnya yakni adverb of manner atau kata keterangan tentang cara bagaimana melakukan atau membuat sesuatu. Sebagai contoh, well, evenly, slowly, dan sebagainya.

Bentuk Teks Prosedur

Teks prosedur dalam bahasa Inggris ini bisa kamu buat dalam berbagai bentuk. Hal ini dapat kamu sesuaikan berdasarkan tujuan dari teks prosedur tersebut. Contoh bentuk-bentuk teks prosedur adalah sebagai berikut:

  1. Recipes atau Cookbooks (Resep atau Buku Masak)
  2. Craft (Kerajinan)
  3. Instructions (Instruksi)
  4. Game Rules (Aturan Permainan)
  5. Science Experiment atau Report (Eksperimen atau Laporan Sains)

Contoh Teks Prosedur

Setelah kamu sudah mengetahui berbagai aspek penting dalam teks prosedur ini, saatnya untuk berlatih membuatnya. Berikut ini terdapat beberapa contoh teks prosedur yang bisa kamu jadikan sebagai gambaran.

Contoh Teks Prosedur dalam Bahasa Inggris tentang Membuat Minuman

Pada contoh pertama, kamu bisa membuat teks prosedur tentang resep minuman yang simpel dan mudah untuk dilakukan. Berikut ini adalah contoh yang bisa kamu ikuti.

Bahasa Inggris

How to Make Fresh Apple Juice

Goal:

Provides instructions on how to make fresh apple juice.

Materials:

  1. 2 apples
  2. 200 ml water
  3. 2 teaspoons brown sugar
  4. 200 ml fresh milk
  5. 2 packs of chocolate flavored condensed milk
  6. Ice cubes as needed

Steps:

  1. First, cut the apple into several pieces.
  2. After that, pour the apples, water, brown sugar, fresh milk, and ice cubes into a blender.
  3. Wait few minutes until all the ingredients are smooth and perfectly mixed.
  4. Then, pour the apple juice into a glass and add the chocolate flavored condensed milk.
  5. Fresh apple juice is ready to drink.

Bahasa Indonesia

Cara Membuat Jus Apel Segar

Tujuan:

Memberikan instruksi tentang cara membuat jus apel segar.

Bahan:

  1. 2 buah apel
  2. 200 ml air
  3. 2 sendok teh gula merah
  4. 200 ml susu segar
  5. 2 bungkus susu kental manis rasa coklat
  6. Es batu secukupnya

Langkah-langkah:

  1. Pertama, potong buah apel menjadi beberapa bagian.
  2. Setelah itu, tuangkan buah apel, air, gula merah, susu segar, dan es batu ke dalam blender.
  3. Tunggu beberapa menit sampai semua bahan halus dan tercampur sempurna.
  4. Kemudian, tuangkan jus apel ke dalam gelas dan tambahkan susu kental manis coklat.
  5. Jus apel segar siap untuk diminum.

Contoh Teks Prosedur dalam Bahasa Inggris tentang Membuat Makanan

Contoh teks prosedur selanjutnya yakni tentang cara membuat nasi goreng yang lezat. Kamu bisa langsung simak contoh di bawah ini!

Bahasa Inggris

How to Make Delicious Fried Rice

Goal:

Provides instructions on how to make delicious fried rice.

Ingredients:

  1. 2 plates of rice
  2. 2 chopped red chilies
  3. Other ingredients, 2 cloves of finely chopped a red onion
  4. 1 clove of chopped an onion
  5. Salt to a taste
  6. 4 tablespoons butter
  7. 4 tablespoons a soy sauce
  8. Finally, 4 tablespoons of a soy sauce

Steps:

  1. First, a puree the red chili, garlic,  a red onion until smooth.
  2. After that, add salt to a taste and a fry in butter on low heat for 2 minutes
  3. Then, add the rice,  a soy sauce, and a sauce.
  4. Stir until evenly mixed until the rice is cooked.

How to present:

  1. Serve the fried rice which is still hot on a plate.
  2. Add garnishes such as cucumbers, tomatoes, egg slices, fried onions, and so on.

Bahasa Indonesia

Cara Membuat Nasi Goreng yang Lezat

Tujuan:

Memberikan instruksi tentang cara membuat nasi goreng yang lezat.

Bahan-bahan:

  1. 2 piring nasi
  2. 2 buah cabai merah yang sudah dirajang
  3. Bahan lainnya, 2 siung bawang merah yang sudah dipotong halus
  4. 1 siung bawang merah yang sudah dipotong
  5. Garam secukupnya
  6. 4 sendok makan mentega
  7. 4 sendok makan kecap
  8. Terakhir, 4 sendok makan saus

Langkah-langkah:

  1. Pertama, haluskan cabai merah, bawang putih, bawang merah sampai halus.
  2. Setelah itu, tambahkan garam secukupnya dan goreng dalam mentega pada api yang kecil selama 2 menit
  3. Kemudian, tambahkan nasi, kecap, dan saos.
  4. Aduk hingga tercampur secara merata sampai nasi matang.

Cara penyajiannya:

  1. Hidangkan nasi goreng yang masih panas di atas piring.
  2. Tambahkan hiasan seperti mentimun, tomat, irisan telur, bawang goreng, dan sebagainya.

Contoh Teks Prosedur dalam Bahasa Indonesia tentang Kerajinan Tangan

Berbeda dengan kedua contoh diatas, contoh berikutnya adalah tentang kerajinan tangan. Simak berikut ini teks prosedur tentang cara membuat tempat pensil.

Bahasa Inggris

How to Make a Pencil Case out of Shoe Cardboard

Goal:

Provides instructions on how to make a pencil holder out of shoe cardboard.

Ingredients:

  1. Shoe Cardboard
  2. Glue
  3. Scissors or cutter
  4. Wrapping paper with patterns or wrapping paper
  5. Glitter powder
  6. Additional accessories if needed

Steps:

  1. The first step, find a shoe box that you no longer use at home.
  2. After that, remove the label or sticker if it’s still there.
  3. Then, glue the cardboard and cardboard cover together.
  4. Then, cut the middle into 2 parts.
  5. The next step is to glue the wrapping paper until all the cardboard surfaces are covered.
  6. You can also add glitter, decorations, accessories, stickers, or other hand-drawn designs to embellish your pencil case.
  7. Finally, you can fill the pencil case with various writing tools.
  8. Done.

Bahasa Indonesia

Cara Membuat Tempat Pensil dari Kardus Sepatu

Tujuan:

Memberikan instruksi tentang cara membuat tempat pensil dari kardus sepatu.

Bahan-Bahan:

  1. Kardus sepatu
  2. Lem
  3. Gunting atau cutter
  4. Kertas pembungkus dengan corak atau kertas kado
  5. Serbuk glitter
  6. Aksesoris tambahan bila diperlukan

Langkah-Langkah:

  1. Langkah pertama, temukan kardus sepatu yang sudah tidak kamu gunakan lagi di rumah.
  2. Setelah itu, lepaskan label atau stiker jika masih ada.
  3. Kemudian, rekatkan kardus dan penutup kardus menjadi satu.
  4. Lalu, potong bagian tengahnya menjadi 2 bagian.
  5. Langkah selanjutnya, rekatkan kertas kado hingga semua permukaan kardus tertutup.
  6. Kamu juga bisa menambahkan glitter, dekorasi, aksesoris, stiker, atau desain gambar tangan lainnya untuk memperindah kotak tempat pensil buatanmu.
  7. Terakhir, kamu bisa mengisi tempat pensil tersebut dengan berbagai alat tulis.
  8. Selesai.

Untuk membuat teks prosedur ini, ada baiknya kamu memulainya dengan topik atau tema yang mudah terlebih dahulu. Mungkin juga dengan topik yang sekiranya kamu sudah menguasainya. Hal ini akan mempermudah kamu dalam membuatnya sembari belajar hal baru lainnya terkait teks prosedur ini.

Dengan penjelasan teks prosedur dalam bahasa Inggris yang cukup detail ini, tentunya dapat mempermudah kamu dalam mempelajarinya. Selamat belajar dan kamu bisa segera mahir berbahasa Inggris.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan komentar