Kata Penghubung Dalam Bahasa Inggris dan Penggunaannya Lengkap

5 min read

Bahasa Inggris termasuk dalam bahasa internasional yang perlu dipelajari. Ada beberapa negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa resmi meski dialeknya berbeda. Dalam bahasa Inggris, ada beberapa materi yang perlu dipahami. Salah satunya adalah kata penghubung dalam bahasa Inggris. Kata penghubung memiliki peran penting dalam menyusun sebuah kalimat. Sama halnya dengan kalimat bahasa Indonesia yang membutuhkan kata sambung.

Kini belajar bahasa Inggris dapat dilakukan dengan mudah. Salah satunya adalah dengan cara online melalui internet. Belajar bahasa Inggris memberikan banyak manfaat. Salah satunya adalah mempermudah komunikasi dengan orang dari negara lain. Kata penghubung memiliki peran penting dalam struktur kalimat. Sehingga kata penghubung juga perlu untuk dipahami.

Mengenal Kata Penghubung Dalam Bahasa Inggris

Bagi seorang pemula, belajar bahasa Inggris mungkin terasa sulit. Namun sebenarnya belajar bahasa Inggris cukup mudah. Bahasa Inggris memiliki cakupan yang luas sehingga tidak hanya arti kata atau perbendaharaan kata saja. Hal yang dapat dikatakan penting adalah struktur kalimat.

Pola kalimat yang benar akan memuat percakapan atau dialog lebih lancar. Dalam mempelajari struktur kalimat, anda perlu memahami kata penghubung atau kata sambung. Kata penghubung dalam bahasa Inggris merupakan sebuah kata yang menghubungkan kata dalam satu kalimat atau menghubungkan kalimat dengan kalimat.

Dalam bahasa Inggris, kata penghubung dikenal sebagai conjunction. Arti dari conjuction juga hampir sama dengan kata penghubung dalam bahasa Inggris. Conjuction diartikan sebagai salah satu unsur yang ada pada kalimat yang berfungsi untuk menghubungkan kata, klausa, frasa, hingga kalimat.

Kata penghubung dalam bahasa Inggris tidak hanya sesederhana layaknya kata sambung pada bahasa Indonesia. Beberapa kategori kata dalam bahasa Inggris dibedakan menjadi beberapa jenis. Begitupun dengan kata penghubung yang ada di dalam bahasa Inggris.

Jenis Kata Penghubung Dalam Bahasa Inggris dan Contohnya

Sebuah kalimat yang hanya terdiri subjek, objek, dan keterangan tanpa kata sambung memang terlihat pasif. Oleh karena itu, dibutuhkan kata sambung atau penghubung agar kalimat lebih baik. Sehingga struktur kalimat lebih tepat dan tidak mengubah arti yang sesungguhnya.

Baca :  7 Keuntungan Kursus Bahasa Inggris di Pare

Kata penghubung dalam bahasa Inggris dibagi dalam beberapa jenis. Berikut ini beberapa jenis dari kata penghubung atau conjunctions yang perlu diketahui.

1. Coordinating Conjunctions

Jenis kata penghubung yang pertama adalah coordinating conjunctions. Jenis kata penghubung ini masuk dalam kategori dasar. Tipe coordinating conjunctions adalah kata penghubung yang menggabungkan dan mengkoordinasikan dua kalimat atau lebih. Tipe ini juga menghubungkan klausa utama dan kata-kata yang memiliki kepentingan sintaks yang sama.

Kata penghubung dalam bahasa Inggris dengan tipe coordinating conjunction memiliki 7 kata penting. Diantaranya For, And, Nor, But, Or, Yet, dan So. 7 kata penting ini sering disingkat FANBOYS. Hal ini digunakan agar mudah dipelajari dan diingat. Sebab, setiap kata memiliki fungsi yang berbeda-beda. Berikut ini penjelasannya.

For

Kata penghubung atau conjunctions for digunakan pada kalimat yang berhubungan dengan alasan atau sebab. Contoh kalimat: You do the the test for me.

And

Kata penghubung dalam bahasa Inggris yang masuk dalam coordinating conjunction adalah and. Kata penghubung ini digunakan untuk menghubungkan kalimat atau kata yang tidak bertentangan. Contoh kalimat: Park Jimin and Kim Taehyung has a same smartphone.

But

Coordinative conjunctions juga memiliki kata penghubung but. Kata penghubung ini biasa digunakan pada kalimat yang bertentangan sama sekali atau pengecualian. Kata penghubung ini berkebalikan dengan kata and. Contoh kalimat: Kim Namjoon is lazy people but smart.

Yet

Dalam bahasa Inggris, kata penghubung yet hampir sama dengan but. Sehingga kata penghubung ini biasa digunakan pada kalimat pengecualian. Contoh kalimat: The pen is small, yet the text is big.

So

Kata penghubung dalam bahasa Inggris yang selanjutnya adalah so. Kata penghubung yang satu ini digunakan pada kalimat yang menandakan akibat atau hasil. Contoh kalimat: Suga has lived in America, so he can speak English well.

Or

Selanjutnya adalah kata penghubung or. Kata penghubung ini digunakan pada kalimat yang memberikan dua pilihan. Artinya salah satu pilihan bisa menjadi alternatif. Contoh kalimat: You have to choose ice cream vanilla or strawberry.

Nor

Kata penghubung ini berkebalikan dengan or. Kata penghubung ini memiliki arti maupun dengan makna tidak. Contoh kalimat: My mother neither cooks nor sweeps.

Dalam coordinating conjuction, ada beberapa peraturan dalam membuat kalimat menggunakan kata penghubung ini. Diantaranya adalah coordinative conjunction harus diikuti dengan klausa utama. Kemudian kata penghubung diletakkan di bagian tengah dan tidak boleh memulai sebuah kalimat menggunakan kata penghubung ini.

Kata penghubung ini boleh digunakan untuk memulai kalimat jika kalimat tidak efektif. Jika dengan memulai kalimat menggunakan kata penghubung menjadi efektif, maka diperbolehkan. Namun hal ini tidak boleh digunakan terlalu sering.

Baca :  Contoh Kalimat Kata Sifat Bahasa Inggris yang Mudah Dipahami

2. Correlative Conjunction

Kata penghubung dalam bahasa Inggris yang lainnya adalah correlative conjunction. Kata penghubung ini tentu saja berbeda dengan coordinative conjunction. Correlative conjunction ini memiliki fungsi untuk menghubungkan frasa yang memiliki arti atau makna sama dalam sebuah kalimat.

Penggunaan kata penghubung ini juga memiliki sebuah aturan. Sehingga tidak bisa digunakan secara sembarangan pada struktur kalimat. Penggunaan kata penghubung ini harus memperhatikan verbs atau kata kerja. Pastikan bahwa kata kerja yang digunakan sudah tepat.

Selain kata kerja, hal yang perlu diperhatikan adalah penggunaan pronoun. Kata penghubung dalam bahasa Inggris ini juga memiliki beberapa article yang harus digunakan. Diantaranya adalah Not Only, But Also, Both….and, Not…..But, Either……Or, dan Neither……Nor. Contoh: You either do your math test or play your guitar.

3. Subordinating Conjunction

Tipe conjunction yang selanjutnya adalah subordinating conjunction. Tipe ini memiliki fungsi untuk menghubungkan anak kalimat dengan induk kalimat. Jadi, subordinating conjunction ini tidak hanya menghubungkan antar kata saja, tetapi juga kalimat. Subordinatif conjunctions memiliki peranan yang penting dalam menghubungkan kalimat komplek.

Penggunaan kata penghubung ini juga memiliki beberapa aturan. Salah satunya adalah kata penghubung ini digunakan untuk menegaskan klausa independet yaitu anak kalimat. Fungsi yang kedua adalah untuk memberikan transisi antara dua ide dalam satu kalimat.

Ada beberapa kata yang digunakan sebagai kata penghubung subordinatif conjunction. Diantaranya adalah after, as though, as if, as far as, as, since, if, every time, as soon as, as long as, unless, even if, whereas, until, than, so that, dan masih banyak lagi. Contoh: When the doorblell rang, my brother speak loudly, as Suga blew out the candles a top the table, he caught his hair on fire.

Beberapa kata penghubung diatas memiliki peran penting dalam pembuatan kalimat. Jika tidak menggunakan kata penghubung, maka kalimat tidak akan efektif. Dengan menggunakan kata penghubung, maka kalimat akan lebih baik dan memiliki arti yang tepat.

Contoh Penggunaan Kata Penghubung Dalam Bahasa Inggris pada Kalimat

Penjelasan diatas merupakan teori dan beberapa aturan dalam menggunakan kata penghubung. Apabila anda masih merasa kurang paham, berikut ini beberapa contoh kalimat yang menggunakan kata penghubung, entah itu subordinative, correlative, dan coordinating conjunction.

1. My Brother is Really Naughty But Creative

Artinya adalah adikku sungguh nakal tapi kreatif. Pada kalimat tersebut kata penghubung yang digunakan adalah but. Kalimat tersebut memberikan penjelasan bahwa sang adik memang nakal tetapi kreatif. Sehingga kalimat tersebut bertentangan atau pengecualian.

2 Joonie Is Not My Boyfriend But He Care About Me

Artinya Joonie bukan pacar saya tapi dia peduli saya. Kalimat tersebut menggunakan kata penghubung dengan tipe correlative conjunction. Pada kalimat tersebut terdapat dua klausa sehingga dihubungkan menggunakan kata penghubung korelatif.

Baca :  Macam-macam Kata Sifat yang Sering Digunakan dalam Bahasa Inggris
3. I Will Give You a Gift If You Can Speak English Well

Artinya aku akan memberimu uang jika kamu bisa berbicara bahasa Inggris dengan baik. Kalimat tersebut terdiri dari anak dan induk kalimat. Sehingga kata penghubung yang digunakan adalah subordinative conjunction. Pada kalimat tersebut, kata penghubung dalam bahasa Inggris yang digunakan adalah if (jika).

4. I Will Buy an Ice Cream or Chocholate

Artinya aku akan membeli es krim atau coklat. Kalimat ini lebih sederhana karena memiliki struktur kalimat yang memiliki dua frasa. Conjunction yang digunakan adalah coordinative conjunction yaitu or. Pada kalimat tersebut, terdapat dua pilihan yang bisa menjadi alternatif. Sehingga kalimat tersebut mengartikan bahwa subjek bisa memilih salah satu alternatif pilihan tersebut.

5. Either Jimin or Taehyung is a Handsome Boy

Artinya baik Jimin atau Taehyung adalah pria yang tampan. Kata penghubung yang digunakan adalah either…..or. Kata penghubung tersebut masuk dalam tipe correlative conjunction. Kalimat terdiri dari kata yang memiliki sintaks yang sama.

6. He Will Not Forgive You Unless You Give Him a Jacket

Artinya dia tidak akan memaafkanmu kecuali jika kamu memberinya jaket. Subordinating conjunction digunakan pada kalimat tersebut yaitu pada kata unless. Pada kalimat tersebut terdiri dari anak kalimat dan induk kalimat. Kata penghubung dalam bahasa Inggris tersebut lebih memang lebih rumit namun banyak digunakan pada beberapa percakapan.

7. No One Left The Practice Until The Class Ended

Artinya tidak ada seorangpun yang meninggalkan praktek hingga kelas selesai. Kalimat tersebut sudah jelas kalimat kompleks yang menggunakan kata penghubung until. Kata tersebut masuk dalam tipe subordinative conjunction yang menghubungkan dua kalimat.

8. Not Only is He Handsome, But He is Also Smart

Artinya tidak hanya tampan, tapi dia juga pintar. Kalimat ini menggunakan correlative conjunction dengan kata penghubung not only…..but. Kata penghubung ini memang biasa digunakan untuk menjelaskan bahawa kalimat tersebut memiliki dua kepentingan yang sama.

9. Suga is As Handsome As Prince

Artinya Suga setampan pangeran. Kalimat tersebut menggunakan kata penghubung berupa as….as. Artinya kata penghubung yang digunakan memiliki tipe correlative conjunction. Kata penghubung ini digunakan untuk menghubungkan antar kata pada suatu kalimat.

10. You Will Choose Me or Him

Artinya kamu akan memilih dia atau aku. Kata penghubung yang digunakan adalah or. Kata penghubung ini memberikan penegasan untuk menghubungkan dua alternatif pilihan.

Ada beberapa jenis kata penghubung dalam bahasa Inggris yang harus diketahui. Kata penghubung tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda pada setiap struktur kalimat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *