10 Langkah Cara Belajar Bahasa Inggris dari Rumah

Belajar Bahasa Inggris dari Rumah

Apakah Anda ingin belajar bahasa Inggris dari rumah? tapi bingung mulainya darimana?Jadi postingan ini akan berguna, karena kita akan melihat bagaimana  belajar bahasa Inggris dari rumah dalam 10 langkah mudah.

Cara Belajar Bahasa Inggris dari Rumah

Langkah 1: teratur

Sebelum Anda belajar Bahasa Inggris, luangkan waktu untuk menyiapkan semua materi yang Anda butuhkan. Pilih bahan berkualitas, baik  cetak  atau  online ; juga melihat bahwa bahan-bahan ini cocok untuk level Anda. Adalah penting bahwa Anda memiliki segalanya siap sebelum Anda mulai bekerja sehingga Anda tidak membuang waktu untuk mencari sumber daya nanti.

Langkah 2: rencanakan

Setelah Anda memiliki materi, bagilah menjadi beberapa waktu dan putuskan kapan Anda akan mengerjakan apa. Ini membantu Anda memotivasi diri sendiri dan tidak kehilangan satu hari pun dengan berpikir:  “Apa yang saya pelajari hari ini?”, tanpa tergesa-gesa. Tetapkan tujuan harian, mingguan, dan bulanan yang menuntut tetapi realistis.

Langkah 3: komit

Ini adalah langkah kuncinya. Tanpanya, semua tidak akan berguna. Anda harus berkomitmen untuk mendedikasikan minimal waktu harian untuk Bahasa Inggris. Setidaknya 15 menit setiap hari. Dalam postingan ini kami memberi tahu Anda beberapa trik untuk fokus dan karenanya menghemat waktu dalam belajar bahasa Inggris.

Langkah 4: mengunci diri Anda

Ketika Anda mulai belajar, penting bahwa Anda berada di tempat yang terisolasi di mana tidak nyaman untuk berbicara dengan keras. Hanya karena jika Anda tidak mempraktikkan semuanya dengan keras, Anda akan belajar membaca bahasa Inggris, bukan berbicara bahasa Inggris.

Baca Juga:  Contoh Kalimat Aktif dan Pasif Beserta Penerapannya

Langkah 5: lepaskan pena

Menulis sepenuhnya sekunder. Jangan menulis ketika Anda belajar; Semakin lama Anda berbicara dan semakin sedikit Anda menulis, semakin baik untuk bahasa Inggris Anda. Memang benar bahwa Anda harus mengerjakan keterampilan  menulis , tetapi dengan Anda mendedikasikan 10% dari waktu belajar bulanan Anda, Anda memiliki lebih dari cukup.

Langkah 6: dengarkan

Dengarkan, dengarkan, dengarkan. Mendengarkan adalah apa yang paling harus Anda kerjakan, karena itu adalah dasar dari semua. Pikirkan tentang bagaimana Anda mempelajari bahasa ibu Anda: Anda menghabiskan berbulan-bulan mendengarkan sebelum mengucapkan kata-kata pertama Anda dan, tentu saja, sebelum membaca atau menulisnya. Jadi dengarkan bahasa Inggris sebanyak yang Anda bisa.

Kami menyarankan bahwa, jika Anda tidak memiliki level yang hebat, Anda lebih fokus pada radio, dokumenter atau pembicaraan TED daripada pada film dan serial, karena yang terakhir jauh lebih rumit untuk dipahami dan Anda berisiko demoralisasi diri sendiri.

Langkah 7: dengarkan diri Anda

Berbicara keras sangat penting, seperti yang telah kami sebutkan. Tetapi jika Anda tidak memiliki guru untuk mengoreksi Anda, hal yang paling logis adalah Anda membuat kesalahan sepanjang waktu.

Untuk menghindari hal ini, rekam diri Anda berbicara bahasa Inggris, dengarkan diri Anda sendiri, dan bandingkan diri Anda dengan apa yang dikatakan mereka. Ya, memang sedikit rumit, tetapi sangat membantu. Jadi, Anda dapat mengidentifikasi kesalahan Anda dan siap untuk mengatasinya.

Langkah 8: bervariasi

Pada saat Anda belajar, jangan lakukan hal yang sama setiap saat, atau Anda akan bosan dan bahasa Inggris akan menjadi siksaan bagi Anda. Ada begitu banyak latihan berbeda yang dapat Anda lakukan, jangan menghabiskan lebih dari 10 menit melakukan hal yang sama.

Langkah 9: melangkah keluar ke dunia nyata

Keluarkan Bahasa Inggris Anda di sana, tanpa rasa takut. Cari orang untuk berdebat bahasa,  apa pun yang terlintas dalam pikiran! singkirkan rasa malunya, atau Anda tidak akan pernah bisa berkomunikasi dengan mudah.

Baca Juga:  Jenis Kata Keterangan Dalam Bahasa Inggris & Contohnya

Langkah 10: Seri, film, program, dokumenter … Untuk belajar bahasa Inggris

Metode lain terbaik untuk mempelajari bahasa adalah televisi, film, program yang sering kita lihat di layar kita.

Bayangkan jika Anda telah menonton semua program televisi dalam bahasa Inggris sejak kecil. Sejak usia sangat muda mereka menonto film, dan seri dalam bahasa Inggris, mempelajari bahasa dengan cara yang paling sederhana dan paling alami. Jika Anda memilih metode ini, jika Anda tidak memiliki banyak level, disarankan untuk menonton kartun atau konten audiovisual yang tidak memiliki kosakata yang sangat rumit.

Pada Netflix,  misalnya, ini memberi kemungkinan untuk memilih sejumlah film dan seri terkenal untuk ditonton dalam bahasa Inggris dengan subtitle. Ada banyak portal web jenis ini. Dalam hal yang sama, Amazon Prime juga memberi Anda opsi untuk menonton serial dan film dalam bahasa Inggris.

Langkah 11:Pertukaran bahasa

Mempraktikkan apa yang dipelajari adalah penting, di samping itu, Anda melepaskan berbicara dalam bahasa Inggris dan Anda menghilangkan rasa malu bahwa berkali-kali kita harus berbicara dalam bahasa lain. Karena itu, Anda dapat mendaftar untuk beberapa situs pertukaran bahasa gratis terbaik dan mulai berlatih bahasa yang Anda pelajari untuk hasil yang luar biasa.

Langkah 12: Mainkan video game dalam bahasa Inggris

Hampir tidak ada orang yang berpikir bermain video game untuk belajar bahasa. Namun, RPG (RPG) dan MMORPG (Massively Multiplayer Online RPGs) adalah cara yang bagus untuk melatih keterampilan mendengarkan, berbicara, dan menulis.

Tahukah Anda bahwa dengan permainan video Anda dapat bertemu teman-teman yang berbicara bahasa Inggris!

RPG umumnya terjadi di dunia fantasi dengan sihir, monster, dan pahlawan. Karena permainan ini memiliki banyak dialog, mereka akan banyak membantu Anda untuk  meningkatkan kosakata Anda. Anda juga akan memiliki lebih banyak motivasi untuk belajar, karena itu perlu untuk membaca dan mendengarkan dialog untuk memahami alur dan menyelesaikan permainan.

Baca Juga:  10 Fakta Penting Tentang IELTS

Dan jangan terlalu khawatir tentang kata-kata baru yang Anda dengar; Anda akan terbiasa dengan itu dengan cepat saat bermain. Beberapa RPG paling populer untuk belajar bahasa Inggris adalah Final Fantasy, The Legend of Zelda dan Dragon Quest.

Di sisi lain, MMORPG menambah pengalaman Anda karena mereka memiliki komunitas gamer online yang besar. Salah satu gim paling terkenal adalah World of Warcraft, tempat Anda membuat karakter dan mulai menyelesaikan misi.

Yang terbaik adalah Anda dapat membentuk tim dan berkomunikasi dengan orang lain! Percakapan biasanya bersifat informal  dan berlangsung di jendela obrolan, memaksa Anda untuk berpikir cepat dalam bahasa Inggris.

Jika Anda pemberani dan memiliki headphone, Anda dapat menggunakan program TeamSpeak. Dengan cara ini Anda akan memiliki kesempatan untuk berbicara dengan orang lain dan mendapatkan teman baru! Pada awalnya, berbicara dengan layar komputer mungkin terasa aneh, meskipun itu adalah cara yang menghibur untuk melatih keterampilan verbal Anda.

Satu poin: hati-hati, atau Anda akan ketagihan!

Langkah 13: Buku

Membaca tidak hanya meningkatkan keterampilan pemahaman Anda, tetapi juga dapat menjadi bagian dari rutinitas relaksasi Anda! Untuk lebih menyenangkan, baca tentang topik yang menarik perhatian Anda, seperti hobi dan bidang minat Anda. Ada begitu banyak buku yang pasti akan Anda temukan dan Anda sukai.

Jika Anda tidak menyukai fiksi ilmiah, Anda dapat membaca biografi orang yang Anda kagumi (seperti aktor atau atlet favorit Anda). Contoh yang populer adalah biografi Steve Jobs yang ditulis oleh Walter Isaacson, yang berisi kosakata tingkat lanjut dan kutipan lucu dari Jobs secara langsung. Gaya menulisnya menarik dan blak-blakan, yang banyak membantu Anda mempelajari istilah bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.