Metode dan Cara Asyik Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula

Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula

Belajar Bahasa Inggris untuk pemula memang terkesan sulit. Terutama bagi Anda yang benar-benar belajar dari dasar. Sebenarnya, hal ini sangat wajar, mengingat belajar bahasa asing memang memiliki banyak kendala.

Hambatan yang Biasa Dihadapi Saat Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula

Adapun beberapa hal yang sering dialami selama proses belajar Bahasa Inggris, antara lain sebagai berikut:

  • Malu

Hampir setiap orang yang hendak belajar Bahasa Inggris merasa malu, terutama ketika mengucapkan kosakata atau kalimat. Hal ini yang dapat menghambat kemajuan Anda dalam berbahasa Inggris.

  • Waktu Belajar Terbatas

Hambatan selanjutnya yang kerap dikeluhkan adalah waktu belajar yang terbatas. Terutama bagi Anda yang sudah duduk di bangku kuliah ataupun bekerja.

  • Kesulitan Dalam Menghafal Kosakata

Ada puluhan ribu kosakata Bahasa Inggris. Jangankan menghafal, mendengarnya saja sudah membuat Anda bergidik ngeri. Namun, menghafal kosakata selama belajar Bahasa Inggris adalah kewajiban. Agar tak merasa terbebani, cobalah untuk menghafal lima kosakata setiap hari.

  • Tidak Ada Teman Belajar

Terkadang, ada orang yang lebih menyukai belajar sendiri, ada juga yang lebih bersemangat jika belajar bersama. Jika Anda tidak memiliki teman belajar, maka cobalah untuk mengatasinya dengan mencari native speaker melalui aplikasi belajar Bahasa Inggris.

  • Metode Belajar yang Kurang Tepat

Satu lagi hambatan yang kerap dialami selama belajar bahasa Inggris untuk pemula, yakni metode belajar yang kurang tepat. Ingat, tidak semua orang cocok menggunakan metode yang sama.

Baca Juga:  Apa Perbedaan Antara TOEFL dan IELTS?

Oleh karena itu, pastikan untuk mencari metode terbaik yang akan memudahkan Anda selama belajar Bahasa Inggris. Caranya, adalah dengan mencobanya satu per satu. Ciri metode itu cocok untuk Anda, Anda akan merasa lebih bersemangat, lebih mudah memahami, dan menyerap kalimat dalam Bahasa Inggris.

Metode Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula

Dari banyaknya metode yang ada, terdapat tujuh metode belajar Bahasa Inggris untuk pemula yang dapat Anda coba. Adapun metode tersebut, antara lain sebagai berikut.

Grammar Translation Method

Grammar Translation Method merupakan metode yang lebih menekankan tata bahasa. Dalam metode ini, alih bahasa juga digunakan untuk memperkaya kosakata.

Melalui metode ini, pengajar akan memberikan tata bahasa menggunakan rumus dan menggunakan alih bahasa ketika mengajar materi membaca dan menulis.

Audio Lingual Method

Audio Lingual Method merupakan metode belajar Bahasa Inggris menggunakan media suara. Cara ini dilakukan dengan mempraktikkan sebuah percakapan pendek baik secara langsung atau mendengarkan kaset.

Nantinya, Anda akan diminta untuk menerangkan maksud dari percakapan tersebut. Anda juga akan diajak untuk menghafalkan seluruh percakapan tersebut kemudian ditulis dalam selembar kertas. Metode ini sangat efektif meningkatkan kemampuan percakapan, pelafalan kata, penulisan, dan memperkaya kosakata.

Total Physical Response

Total Physical Response dilakukan dengan cara melakukan kegiatan secara langsung. Nantinya, pengajar akan memberikan Anda contoh tindakan, seperti duduk, berjalan, menaruh buku, menulis, atau berlari sembari menerangkannya dalam Bahasa Inggris.

Setelahnya, Anda akan diminta melakukan hal yang sama, sesuai dengan contoh yang telah diberikan. Jika terjadi kesalahan, maka pengajar akan langsung memberikan koreksi.

Silent Way

Silent Way merupakan metode belajar matematika yang ditemukan oleh Celeb Cattegno. Namun, metode ini sering diterapkan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris. Secara garis besar, metode ini memiliki konsep yang hampir serupa dengan audio lingual method.

Cara Asyik Belajar Bahasa Inggris

Selain empat metode di atas, terdapat sejumlah cara asyik yang dapat Anda coba untuk memperkaya kosakata dan melancarkan percakapan menggunakan Bahasa Inggris untuk pemula.

Baca Juga:  Antisipasi Pandemi Corona di Kampung Inggris Pare, Penerimaan Peserta Kursus Dipending

Adapun cara tersebut, antara lain sebagai berikut.

  • Melalui Lagu

Agar Anda terbiasa dengan kosakata Bahasa Inggris, rutinlah mendengarkan lagu-lagu berbahasa Inggris. Cari tahu arti dari liriknya kemudian hafalkan. Setelah itu, Anda bisa belajar pengucapan dengan bernyanyi mengikuti musik. Semakin banyak lagu yang Anda dengarkan, semakin banyak pula kosakata yang Anda kuasai.

  • Melalui Humor

Selain musik, Anda juga bisa belajar melalui humor. Cara ini tergolong menyenangkan karena Anda akan merasa tengah bersantai, alih-alih belajar. Menariknya, di dalam humor terdapat banyak kosakata Bahasa Inggris baru dan slang.

  • Melalui Film

Bagi Anda yang menyukai kegiatan menonton film, cobalah untuk mulai menonton menggunakan subtitle Bahasa Inggris. Amati bagaimana cara pengucapan dan cari artinya di kamus. Dengan cara ini, Anda bisa memperkaya kosakata dan meningkatkan kemampuan berbicara dalam Bahasa Inggris.

  • Mengobrol Sambil Belajar

Latihan dan praktik merupakan hal terpenting dalam setiap pembelajaran. Untuk mengetahui sejauh mana pemahaman Anda, carilah teman mengobrol yang memiliki kemampuan Bahasa Inggris mumpuni.

Dengan cara tersebut, Anda akan terbiasa mengucapkan kalimat dalam Bahasa Inggris. Jika ada kesalahan dalam pengucapan atau tata bahasa, maka teman Anda bisa menunjukkan dan memperbaiki kesalahan Anda.

  • Bermain Game Sambil Belajar

Siapa bilang bermain game hanya membuang waktu? Faktanya, Anda bisa memanfaatkan game sebagai sarana untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris. Hampir sebagian besar game yang ada menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa utama.

Selain menyenangkan, Anda juga bisa mengobrol langsung dengan pemain lain di seluruh dunia. Manfaatkan hal ini untuk mengasah kemampuan berbahasa Inggris Anda!

  • Dari Berita di Internet

Belajar Bahasa Inggris untuk pemula juga bisa dilakukan dengan membaca berita di situs berbahasa asing. Melalui berita, Anda tidak hanya dapat menambah informasi dan pengetahuan, tetapi juga meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris.

Baca Juga:  Strategi Jitu Meningkatkan Score Tes IELTS dan TOEFL

Dibandingkan dengan sejumlah cara yang telah disebutkan sebelumnya, cara ini memang sedikit lebih sulit karena hampir semua kosakata yang digunakan merupakan bahasa jurnalistik. Meskipun demikian, jika Anda terbiasa dengan kosakata sulit, maka proses penyerapan kata-kata lain akan semakin mudah.

Selain berita, Anda juga bisa belajar melalui novel atau e-book berbahasa Inggris. Jika Anda kesulitan dalam memahami kosakata asing, maka pastikan untuk selalu memegang kamus atau menginstal kamu online.

  • Melalui Aplikasi

Satu lagi metode yang dapat Anda coba untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris, yakni memanfaatkan aplikasi belajar yang dapat Anda unduh secara gratis. Kecanggihan teknologi nyatanya sangat berperan besar dalam dunia pendidikan.

Kini, Anda dapat dengan mudah belajar apa pun hanya berbekal smartphone, termasuk belajar Bahasa Inggris. Saat ini banyak tersedia banyak aplikasi belajar bahasa yang akan memudahkan Anda belajar kapan pun dan di mana pun.

Itulah sejumlah metode dan cara asyik yang dapat Anda terapkan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris. Jika Anda merasa kesulitan dan ingin menguasai Bahasa Inggris dalam waktu singkat, maka jangan ragu untuk mengunjungi Kampung Inggris Pare.

Di Kampung Inggris Pare terdapat puluhan lembaga kursus Bahasa Inggris yang menawarkan metode efektif belajar Bahasa Inggris bagi pemula. Dengan pengajar yang kompeten di bidangnya, dalam waktu singkat Anda bisa menguasai Bahasa Inggris.

Mau fasih Bahasa Inggris? Yuk, kursus Bahasa Inggris untuk pemula di Kampung Inggris Pare! Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.