Kategori: Pojok Bahasa

Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris untuk Dewasa

Bagikan

Tahukah Anda bahwa banyak orang dewasa mengeluh kesulitan mempelajari Bahasa Inggris di usia yang tak lagi muda? Sebenarnya, hal ini wajar dialami, tetapi tak perlu berkecil hati karena ada cara cepat belajar Bahasa Inggris untuk dewasa.

Dengan cara tersebut, Anda akan dibimbing untuk mempelajari Bahasa Inggris di tingkat pemula. Meskipun harus belajar dari nol, dengan semangat dan tekad yang kuat, Anda akan mampu menguasai Bahasa Inggris dasar dalam waktu singkat.

Kendala Mempelajari Bahasa Inggris Ketika Dewasa

Kendati demikian, sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara cepat belajar Bahasa Inggris, Anda harus lebih dulu memahami apa saja kendala yang dihadapi selama proses belajar berlangsung. Mengingat Anda belajar Bahasa Inggris saat usia telah matang.

Tentu, Anda perbedaan yang cukup signifikan antara mempelajari Bahasa Inggris sejak kecil dengan mempelajarinya ketika dewasa.

Lantas, apa saja kendala tersebut? Berikut uraiannya.

  • Waktu Belajar Terbatas

Hal utama yang menjadi kendala bagi orang dewasa untuk mempelajari Bahasa Inggris adalah waktu yang terbatas. Dibandingkan orang dewasa, anak kecil memiliki kehidupan yang lebih santai, hanya bermain dan belajar.

Lain halnya dengan orang dewasa yang memiliki banyak kepentingan dan kegiatan, seperti kuliah atau bekerja. Hal inilah yang membuat orang dewasa memiliki waktu terbatas untuk mempelajari Bahasa Inggris.

Kendati demikian, dengan cara cepat Belajar Bahasa Inggris, Anda dapat memaksimalkan proses belajar dalam waktu terbatas. Bahkan, bukan hal yang mustahil jika Anda mampu menguasai Bahasa Inggris dasar dalam waktu tiga bulan saja.

  • Sulit Melafalkan Kosakata

Bahasa Inggris memiliki ribuan kosakata dengan pengucapan yang terkadang hampir mirip. Hal ini tentu cukup menyulitkan, terutama bagi Anda yang baru mempelajari Bahasa Inggris ketika dewasa. Dibandingkan anak kecil, orang dewasa cenderung sulit mengeja dan melafalkan kata.

Belum lagi adanya perbedaan ragam Bahasa Inggris, yakni British English, American English, dan Australian English. Ingat, perbedaan utama antara British English, American English, dan Australian English terletak pada aksen atau pengucapannya. Hal ini tampak jelas pada suara vokal.

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk memilih satu jenis Bahasa Inggris yang hendak Anda pelajari. Hal ini dilakukan agar Anda lebih fokus sehingga penyerapan materi menjadi lebih optimal.

  • Rendahnya Rasa Percaya Diri

Tak sedikit orang dewasa yang merasa minder mempelajari Bahasa Inggris. Terutama belajar mengucapkan kosakata. Banyak orang yang akan menertawakan ketika Anda salah ucap. Padahal hal ini wajar selama proses belajar.

Lagipula, dengan mengetahui kesalahan, Anda akan belajar banyak hal. Oleh karena itu, sebelum mempelajari Bahasa Inggris, yakinkan pada diri bahwa Anda mampu menguasai Bahasa Inggris dengan cepat. Ingat, jika orang lain bisa, kenapa Anda tidak?

Dengan semangat dan tekad kuat, Anda akan lebih percaya diri dan mudah menguasai materi yang ada.

Ini Cara Cepat Mempelajari Bahasa Inggris yang Dapat Anda Coba Sendiri di Rumah!

Bagi Anda yang tertarik mempelajari Bahasa Inggris, terdapat sejumlah cara cepat belajar Bahasa Inggris yang dapat Anda coba. Apa saja? Berikut uraiannya!

Ketahui Tujuan Anda

Apa tujuan anda belajar Bahasa Inggris? Melanjutkan pendidikan atau mencari pekerjaan yang lebih layak? Sebagaimana Anda ketahui, di di era modern ini, Bahasa Inggris menjadi salah satu tolak ukur dalam banyak hal. Terutama jika Anda ingin bekerja di perusahaan besar.

Banyak perusahaan dalam maupun luar negeri yang mensyaratkan pelamar memiliki kemampuan Bahasa Inggris sebagai syarat penerimaan pegawai baru. Begitu juga dengan sejumlah kampus yang mulai menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar.

Mengingat Bahasa Inggris sangat penting, mau tidak mau Anda harus mempelajarinya. Namun, pastikan lebih dulu tujuan Anda belajar. Dengan mengetahui tujuan, Anda akan lebih mudah dalam merencanakan waktu studi dan strategi untuk mencapai tujuan tersebut.

Banyak Membaca

Membaca buku dapat memperkaya kosakata Bahasa Inggris. Disadari atau tidak, ketika Anda membaca buku Bahasa Inggris, Anda akan lebih sering membuka kamus. Semakin sering Anda membaca, semakin banyak kosakata yang Anda pahami.

Dengan begitu, Anda akan terbiasa membaca sembari mengartikan kalimat dalam Bahasa Inggris. Namun, ingat, yang paling penting dalam membaca adalah seberapa paham Anda mengenai isi dari buku tersebut, bukan jumlah bukunya.

Menonton Sembari Belajar

Jika Anda tidak terlalu suka membaca, maka Anda bisa menonton film berbahasa Inggris. Dengan menonton film secara tidak langsung Anda juga belajar membaca dan mendengarkan pengucapan kata berbahasa Inggris.

Dengan menonton, Anda akan lebih mudah membaca gerak bibir, gestur, dan bunyi kata yang diucapkan dalam Bahasa Inggris. Ingat, bahasa tidak hanya sekadar kata dan suara, tetapi juga melibatkan mimik wajah dan gestur tubuh seseorang.

Kendati tampak sepele, faktanya gestur dan mimik wajah dapat membantu Anda untuk memahami percakapan yang sedang berlangsung.

Belajar dari Mendengarkan Lagu

Cara cepat belajar Bahasa Inggris yang dapat Anda coba selanjutnya adalah belajar dari mendengarkan lagu. Penelitian menyebutkan bahwa mendengarkan lagu Bahasa Inggris secara terus-menerus dapat meningkatkan kemampuan berbahasa asing orang tersebut.

Seorang wanita yang menguasai lebih dari tujuh bahasa, Susana Zaraysky menyarankan untuk mendengarkan lagu dengan bahasa yang ingin Anda pelajari berulang kali. Cobalah untuk mendengarkan lagu sembari membaca liriknya dan cari tahu arti dari lirik tersebut. Jangan ragu untuk ikut menyanyikan lagu tersebut.

Dengan mendengarkan, sembari menghafal lirik, dan menyanyikan lagu, Anda telah belajar banyak hal, yakni menambah kosakata, mengingat arti, dan mengucapkan dengan benar.

Berlatih Menggunakan Bahasa Inggris

Anda bisa mencari teman untuk berlatih berbicara Bahasa Inggris. ini bisa jadi cara cepat belajar bahasa Inggris. Latihan dan praktik langsung akan menambah kemampuan dan membuat Anda menyadari kekurangan ataupun kesalahan Anda.

Carilah teman yang memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang baik sehingga dapat membantu mengoreksi kesalahan yang terjadi selama percakapan berlangsung. Jika Anda tidak menemukan teman untuk berlatih, Anda bisa menggunakan aplikasi belajar Bahasa Inggris yang menyediakan fasilitas native speaker.

Lakukan Secara Bertahap

Mempelajari Bahasa Inggris dibutuhkan kesabaran. Lakukan pembelajaran secara bertahap. Tidak perlu terburu-buru atau memaksakan diri. Hal yang perlu Anda lakukan adalah belajar secara perlahan, tetapi rutin dan konsisten. Misalnya, belajar selama tiga puluh menit setiap hari.

Jika Anda memiliki banyak kegiatan, maka usahakan untuk mencari waktu luang. Untuk memastikan pelajaran Anda sesuai dengan target, susun materi pelajaran yang akan Anda pelajari setiap harinya. Kombinasikan juga dengan kegiatan membaca, mendengarkan lagu, dan menonton film.

Ikuti Komunitas atau Kursus Bahasa Inggris untuk Dewasa

Cari komunitas atau perkumpulan Bahasa Inggris untuk dewasa. Di kota besar biasanya tersedia komunitas di Balai Bahasa atau Pusat Belajar Bahasa. Anda bisa mencari kenalan dan rekan untuk berlatih berbicara menggunakan Bahasa Inggris.

Selain bergabung dengan komunitas, Anda juga bisa mengikuti kursus Bahasa Inggris. Salah satu yang paling direkomendasikan adalah Kampung Inggris Pare. Di tempat ini, Anda akan mendapatkan cara cepat belajar Bahasa Inggris dengan cara yang menyenangkan.

Tertarik? Ayo, bergabung bersama keluarga besar Kampung Inggris Pare! Untuk informasi lebih lanjut, hubungi kami.

4.9 / 5 ( 141 votes )