Cara Belajar Bahasa Inggris dengan Cepat dan Mudah Dipahami

Tak perlu jauh-jauh hingga ke luar negeri untuk bisa belajar bahasa Inggris. Ada banyak cara belajar bahasa inggris dengan cepat dan mudah dipahami. Berkat perkembangan teknologi yang semakin modern ini, tidak ada lagi alasan bagi kamu untuk menunda belajar bahasa Inggris.

Kamu bisa belajar bahasa inggris online di platform manapun yang kamu sukai. Kamu juga bisa memilih belajar sendiri atau berkelompok, gratis maupun berbayar. Semua materi pembelajaran bahasa Inggris saat ini memang cukup mudah ditemukan, mulai dari materi dasar hingga tingkat advanced.

Bacaan Lainnya

Nah, meski kamu kemudahaan belajar sudah bisa kamu dapatkan, namun kamu harus tahu tips belajar bahasa Inggris agar efektif. Mau memilih cara belajar bahasa Inggris sendiri, dengan guru privat, maupun kelompok belajar, setidaknya kamu harus mengamalkan beberapa tips n trick berikut ini!

1. Jangan Ragu untuk Mulai Berbicara

cara belajar bahasa inggris dengan cepat dan mudah dipahami

Rutin melakukan percakapan dengan orang yang pandai berbahasa Inggris adalah salah satu cara yang bisa kamu lakukan. Tentu ini hanya jika kamu serius mau belajar, ya. Temukan siapa pun di sekeliling kamu yang pandai berbahasa Inggris, lalu belajarlah bersama mereka.

Cara ini telah terbukti, lho. Penelitian dari University of Michigan tahun 2016 menunjukkan bahwa dengan melakukan percakapan menggunakan video atau webcam, siswa cenderung lebih cepat fasih daripada mereka yang menggunakan metode tradisional. 

Riset tersebut membagi dua kelompok siswa yang sedang mempelajari bahasa baru. Kelompok A belajar dengan terus berlatih grammar dan kosakata. Sedangkan kelompok B belajar melalui teknologi video dengan melakukan percakapan. 

Setelah dua belas minggu, ditemukan bahwa kelompok A tidak mengalami peningkatan yang signifikan. Sedangkan kelompok B mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Hasil dari latihan percakapan tersebut, mereka mampu memperoleh kosakata yang lebih bervariasi, lebih mampu menggunakan grammar, dan berbicara dengan percaya diri.

2. Rajin Membaca

Mungkin terdengar agak klise, tapi jangan sepelekan kekuatan membaca. Untuk awalnya, carilah buku-buku bacaan berbahasa Inggris yang mudah, seperti buku anak-anak.

Jika belum siap untuk membaca buku, cobalah untuk membaca bacaan-bacaan sederhana. Misalnya,  membaca berita gosip selebriti dalam bahasa Inggris. Dengan rajin membaca, kamu akan terbiasa dengan berbagai kosakata yang pernah kamu lihat dan baca. 

Kamu juga bisa memulainya dari hal-hal sederhana. Contohnya, mengubah pengaturan handphone dengan bahasa Inggris, follow lebih banyak selebritas atau influencer luar negeri di Twitter atau Instagram, dan lain sebagainya.

3. Ikuti Kursus Bahasa Inggris

cara belajar bahasa inggris dengan cepat dan mudah dipahami

Tidak ada cara yang lebih tepat untuk belajar selain latihan rutin terus-menerus. Meski demikian, pasti ada waktu di mana kamu merasa bosan belajar nonstop. Oleh karena itu, kamu harus menemukan seseorang untuk menjamin agar kamu dapat terus berlatih tanpa ada yang menghalangi.

Sebagian besar orang tetap termotivasi untuk melakukan hal baru jauh dengan lebih mudah ketika orang lain bergantung kepadanya. Menurut penelitian The American Society of Training and Development (ASTD), seseorang memiliki peluang 65% untuk menyelesaikan suatu tujuan jika mau berkomitmen. 

Apalagi jika kamu membuat janji temu secara khusus dengan orang ini untuk membahas kemajuan belajar kamu, maka peluang untuk menyelesaikan tujuan kamu meningkat menjadi 95%. Dengan demikian, cara yang paling tepat untuk tips ini adalah mengikuti lembaga kursus bahasa Inggris sesuai dengan levelmu.

3. Tingkatkan Kosakata Menggunakan Flashcards

Banyak ahli mengatakan bahwa mempelajari kosakata tanpa konteks sama saja nihil. Mungkin kamu belum mencoba belajar dengan menggunakan flashcards. 

Flashcards merupakan kartu-kartu kecil yang dapat kamu isi dengan kosakata bahasa Inggris,  disertai dengan gambar atau simbol. 

Kamu juga bisa menyertakan kalimat-kalimat sederhana di dalamnya untuk menyerap lebih banyak kosakata baru dengan relatif cepat. Menurut profesor dari University of Western Ontario, kamu hanya memerlukan sekitar 800 kata yang paling sederhana untuk memahami 75% bahasa yang diucapkan dalam kehidupan sehari-hari. 

4. Menonton TV

Siapa yang tidak senang menonton televisi? Jika kamu memang sangat gemar menonton televisi, kamu bisa menjadikan film sebagai salah satu cara untuk belajar bahasa Inggris. Ini cukup menyenangkan, lho!

Dengan banyak menonton film yang berbahasa Inggris, kamu akan semakin familier dengan bahasa tersebut. Sebab, dengan menonton televisi, kamu dengan mudah memahami, karena dapat melihat secara visual gambar yang ditampilkan sekaligus mendengarkan apa yang mereka bicarakan di televisi. 

Tentu saja kamu tidak harus tahu semua apa yang mereka bicarakan dalam film itu. Kamu selalu dapat menggunakan subtitle dalam bahasa Indonesia jika merasa belum cukup mampu memahami percakapan di dalamnya. Ini akan melatih listening skill kamu.

Kemudian, setelah yakin dengan kemampuan mendengarkan dalam bahasa Inggris, kamu akan terbiasa menonton film berbahasa Inggris tanpa subtitle. Ada banyak rekomendasi film yang bisa kamu tonton melalui Netflix. Atau, kamu juga bisa belajar bahasa Inggris YouTube, dengan menonton video-video menarik seperti TED Talks, dan lain sebagainya. 

5. Catat Kata dan Frasa Baru yang Kamu Dengar

cara belajar bahasa inggris dengan cepat dan mudah dipahami

Saat kamu membaca, menonton, dan mendengarkan hal-hal dalam bahasa Inggris, perhatikan kata-kata dan frasa baru yang tidak kamu ketahui artinya.

Catat daftar kata tersebut, lalu letakkan di tempat yang kemungkinan besar kamu sering lihat. Cobalah menggunakannya lain kali saat kamu berbicara atau menulis dalam bahasa inggris. Hal ini akan membantu kamu untuk lebih mudah mengingat apa yang telah kamu pelajari sebelumnya.

6. Berlangganan Podcast

cara belajar bahasa inggris dengan cepat dan mudah dipahami

Tindakan mendengarkan suatu bahasa dapat membantu memperkuat pemahaman kamu. Meskipun barangkali perlu beberapa bulan pembelajaran sebelum benar-benar memahami apa yang tengah dibicarakan dalam podcast tersebut. Tapi, teknik mendengarkan adalah cara terbaik untuk belajar.

Ada banyak podcast belajar bahasa Inggris untuk pemula yang tersedia. Beberapa contohnya termasuk All Ears English, The English We Speak, Better at English, dan lain sebagainya. 

Agar lebih mudah memahami, cara yang bisa kamu coba adalah mendengarkan podcast tersebut sampai habis terlebih dahulu. Lalu putar episode tersebut untuk kedua kalinya dan jangan lewatkan kata baru yang kamu kenali. 

Membaca transkrip audio sambil mendengarkan podcast juga sangat disarankan jika memang transkrip tersedia. Ulangi kalimat demi kalimat tersebut agar lebih fasih. 

7. Menggunakan Teknik Bernyanyi

Musik adalah bahasa universal yang luar biasa. Hal ini juga dapat menjadi alat yang ampuh untuk belajar bahasa Inggris gratis dan lebih cepat. 

Dengan mendengarkan musik serta lirik bahasa Inggris, dapat membantu kamu mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang pengucapan, kosakata, dan struktur kalimat. Bahkan jika kamu tidak berniat untuk belajar bahasa Inggris sama sekali.  

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mendengarkan musik dalam bahasa baru dapat membantu seseorang mempelajari aturan tata bahasa dengan lebih mudah. Hal ini sama seperti seseorang lakukan saat pertama kali belajar berbicara ketika masih kecil.

8. Tetapkan Target Sesuai dengan Kemampuan

Dalam belajar bahasa Inggris, kamu mungkin sering ditekankan agar dapat berbicara dengan fasih. Padahal, setiap orang yang pintar berbahasa Inggris pun masih tetap belajar.

Hal tersebut dapat dibuktikan dengan sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang akan terus memperoleh kata baru dalam bahasa asli mereka setiap harinya. Artinya, belajar bahasa tidak akan pernah ada habisnya.

Oleh karena itu, agar bisa belajar lebih cepat, kamu perlu menetapkan target yang cocok atau sesuai dengan kemampuan kamu. Bagaimana target yang cocok itu? Adalah yang memungkinkan kamu dapat mengukur kemampuan sesuai kehidupan keseharianmu.

Kamu bisa menerapkan teknik SMART (Specific, Measurable, Attainable, Relevant, and Time-bound). Contohnya, dalam enam bulan, saya sudah bisa berbicara dengan penutur bahasa Inggris asli tanpa terbata-bata. Atau, dalam delapan bulan belajar bahasa Inggris, saya ingin mendapatkan skor TOEFL 500, agar bisa diterima beasiswa LPDP.

9. Fokus dengan Tujuanmu

cara belajar bahasa inggris dengan cepat dan mudah dipahami

Tidak ada cara yang instan dalam mengejar sesuatu. Belajar bahasa Inggris dengan cepat akan membutuhkan energi yang besar. Untuk mempertahankannya, kamu harus memiliki motivasi yang kuat agar tidak gampang goyah.

Ketika kamu telah menetapkan tujuan, kamu kiranya bisa pastikan kalau semua usaha yang sudah kamu lakukan akan membawamu selangkah lagi ke arah itu. Misalnya. Seseorang yang belajar bahasa Inggris untuk lulus beasiswa luar negeri mungkin akan berfokus pada soal-soal IELTS daripada TOEFL. 

Jika kamu belajar bahasa inggris untuk tujuan bekerja, mungkin kamu akan belajar lebih banyak speaking dan memahami frasa yang berhubungan dengan pekerjaan. Fokuslah pada tujuan-tujuan seperti itu. Sebab, mempelajari bahasa inggris tanpa tujuan akan membuat kamu menjadi frustasi. 

10. Lakukan Hal-hal yang Kamu Sukai dalam Belajar Bahasa Inggris

Tidak perlu khawatir jika bahasa Inggris bukan pelajaran kesukaanmu. Kamu tidak perlu untuk mengikuti pembelajaran secara rutin jika itu membuatmu bosan berada di kelas. 

Cukup pikirkan sesuatu yang kamu sukai dan cobalah mencari cara untuk melakukan aktivitas itu dalam bahasa Inggris. Misalnya, jika kamu senang bermain video game online. Bergabunglah dengan platform berbahasa Inggris, atau setel perangkat kamu ke bahasa inggris untuk mendapatkan frasa-frasa terbaru.

Jika kamu senang berolahraga, maka bergabunglah komunitas atau klub bahasa Inggris yang juga senang berolahraga. Atau, kamu memiliki hobi lain seperti merajut, memahat, dan yoga? Segera cari tahu komunitas bahasa Inggris yang memiliki hobi yang sama dengan kamu. 

Dengan cara ini, kamu secara tidak langsung dapat belajar sambil melakukan sesuatu yang kamu sukai.

11. Jadwalkan Waktu untuk Belajar Bahasa Inggris

cara belajar bahasa inggris dengan cepat dan mudah dipahami

Meskipun hanya lima atau sepuluh menit sehari, sempatkanlah waktu untuk belajar bahasa inggris. Ini akan membantu kamu mempelajari hal-hal baru dengan lebih cepat dan tidak gampang lupa. 

Oleh karena itu, temukan waktu yang cocok untuk kamu belajar bahasa Inggris. Misalnya, tidak perlu dua jam, mungkin cukup sepuluh menit pertama di pagi hari setelah kamu bangun tidur.

12. Jangan Takut Melakukan Kesalahan

Perlu kamu pahami bahwa belajar membutuhkan proses yang tidak instan. Teruslah latihan dalam mendengarkan dan berbicara bahasa Inggris. Jangan takut membuat kesalahan dan takut dikoreksi oleh orang lain. 

Belajar bahasa tidak mesti harus sempurna. Kesalahan demi kesalahan adalah bagian dari proses belajar. Kamu mungkin salah menggunakan kosakata baru atau salah mengucapkan kalimat.

Meski demikian, tidak perlu berkecil hati. Orang akan tahu bahwa kamu sedang belajar. Bahkan, beberapa dari mereka juga sedang belajar berbahasa Inggris. 

Demikianlah beberapa tips dan cara belajar bahasa Inggris dengan cepat dan mudah dipahami. Ingatlah bahwa inti dari bahasa adalah komunikasi. Jika kamu berhasil mengatakan sesuatu dan orang lain mengerti apa yang kamu maksud, maka kamu sudah bisa berbicara dalam bahasa Inggris.