Materi Food and Drink Bahasa Inggris, Mudah Dipahami Anak!

Pada dasarnya, makan dan minum merupakan salah satu aktivitas rutin yang kamu lakukan setiap hari. Nah, bagi orang yang baru belajar bahasa asing, termasuk bahasa Inggris, mempelajari kosakata dalam aktivitas sehari-hari akan sangat bermanfaat. Ini kenapa penting untuk mempelajari materi food and drink.

Dengan mengetahui berbagai jenis vocabulary tentang makanan dan minuman, pastinya itu akan sangat memudahkanmu untuk berkomunikasi. Sebab, membicarakan makanan dan minuman adalah hal yang dekat dengan keseharian. Maka dari itu, berikut kumpulan kosakata food and drink yang perlu kamu tahu!

Bacaan Lainnya

Nama-Nama Waktu Makan

Umumnya, manusia memerlukan makan tiga kali sehari. Dalam bahasa Indonesia, kamu mungkin mengenal istilah sarapan, makan siang, dan juga makan malam. Sebenarnya di dalam bahasa Inggris pun tidak jauh berbeda. Entah itu dalam materi food and drink kelas 2 SD ataupun jenjang lain, semuanya sama. 

    1. Breakfast – Jika kamu makan pada pukul 6 hingga pukul pukul 10 pagi, kamu bisa menyebutnya sebagai “breakfast”
    2. Lunch – Ketika kamu makan pada pukul 12 hingga pukul 2 siang, kamu bisa menyebutnya sebagai “lunch”
    3. Dinner – Jika kamu makan pada pukul 7 hingga pukul 9 malam, kamu menyebutnya “dinner”.
  • Brunch – Sebutan untuk waktu sarapan yang terlambat, namun terlalu pagi untuk makan siang. Kamu bisa menyebutnya dengan nama “brunch”, yang merupakan gabungan dari kata “breakfast” dan “lunch”. 
  • Supper – Lalu, bagi kamu yang suka makan tengah malam, ada juga istilah “supper”, yang biasanya berlangsung dari pukul 9 malam ke atas. 

Selain itu, ada juga istilah “snack time” dan “coffee break” yang berarti “ngemil” dalam bahasa Indonesia. Kemudian, ada “tea time” atau “waktu minum teh dan makan biskuit”.

Pada umumnya, “snack time”, “coffee break”, dan “tea time” dilakukan di sela-sela waktu makan. Biasanya, orang-orang akan melakukannya di antara jam makan siang dan jam makan malam.

Nama-nama Makanan dan Minuman

Nama-Nama Jenis Hidangan

Selain vocabulary  nama buah, food and drink in English tentang waktu makan, kamu pun perlu tahu apa saja jenis-jenis hidangan. Di dalam bahasa Indonesia, kamu mungkin mengenal istilah makanan pembuka, makanan utama, dan makanan penutup. Di dalam bahasa Inggris pun ternyata tidak jauh berbeda. 

1. Makanan Pembuka

Untuk makanan pembuka, kamu akan mengenalnya dengan nama “appetizers”. Bagi kamu yang belum familier, beberapa contoh food and drink yang termasuk appetizer yaitu sup atau “soup” dan roti bawang atau “garlic bread”.  Lalu, ada salad yang dalam bahasa Inggris juga bernama “salad”.

2. Makanan Utama

Kemudian, ada juga makanan utama atau “main courses” dalam bahasa Inggris. Biasanya, kamu akan memakan jenis hidangan ini setelah selesai memakan makanan pembuka. Beberapa contohnya adalah nasi goreng atau “fried rice”, mie atau “noodle”, tumis daging atau “stir fry the meat”, dan lain-lain.

3. Pencuci Mulut

Setelah selesai main course, pada umumnya orang akan mencari pencuci mulut atau biasa dikenal juga dengan istilah makanan penutup. Dalam bahasa Inggris, kamu akan mengenalnya dengan kata “desserts”. Contohnya seperti es serut atau “shaved ice”, kue atau “cake”, dan lain sebagainya. 

Selain ketiga jenis hidangan tersebut, kamu pun perlu mengenal berbagai vocabulary tentang minuman. Dalam bahasa Inggris, kamu mengenalnya dengan kata “beverages”

Contohnya pun sangat banyak. Dimulai dari “susu” yang berarti “milk”, “kopi” atau “coffee”, teh atau “tea”, dan air mineral atau “mineral water”.

Nama-Nama Waktu Makan

Itulah materi food and drink yang perlu kamu pelajari. Jangan lupa untuk menghafal semua vocabulary yang berhubungan dengan makanan dan minuman yang ada di materi ini. Jadi, selamat belajar!