Materi Shopping Bahasa Inggris untuk Anak, Mudah Dimengerti

Belajar bahasa Inggris sejak dini akan bisa membantu anak kelak ketika mereka tumbuh dewasa. Nah, mengenalkan anak-anak dengan bahasa Inggris harus dimulai dengan materi dasar yang gampang mereka ingat. Salah satunya adalah materi shopping bahasa Inggris.

Berbelanja merupakan salah satu aktivitas yang sering dilakukan dan sangat dekat dengan keseharian. Oleh karena itu, jangan lewatkan untuk mengajari sang anak materi berbelanja bahasa Inggris atau shopping, karena ada banyak sekali vocabulary yang bisa mereka kenal.

Berikut ini beberapa kosakata shopping dan contoh kalimat yang bisa kamu ajarkan kepada anak-anak.

Kosakata Profesi di Bidang Perbelanjaan

Kosakata Profesi di Bidang Perbelanjaan

Dalam berbelanja, terdapat dua profesi yang biasa berperan di dalamnya, yaitu penjual dan pembeli. Untuk penjual, biasanya terdiri dari attendant/assistant (petugas toko) yang bertugas melayani pembeli. Beberapa orang juga kadang menyebutnya sebagai shopkeeper (penjaga toko/ pramuniaga).

Sedangkan cashier/clerk (penjaga kasir) adalah orang yang bertugas melayani transaksi pembayaran, dan manager (manajer toko) yang mengelola dan mengatur toko. Sementara pembeli biasanya disebut sebagai customer (Pelanggan).

Kosakata Isi Toko

Kosakata Isi Toko

Ketika memasuki toko atau supermarket, kamu tentu akan menemukan beragam kata benda. Misalnya, jika ingin berbelanja dalam jumlah banyak, kamu biasanya akan membutuhkan trolley (kereta dorong belanjaan) atau basket (keranjang belanjaan). 

Di toko baju, terdapat fitting room (ruang ganti) yang dapat membantu kamu dalam mencoba berbagai jenis pakaian yang hendak dibeli. Ada shelf (rak) sebagai wadah penyimpanan barang, serta stockroom (gudang persediaan). 

Setelah memperoleh barang-barang yang hendak di beli, kamu akan menuju ke counter (kasir) untuk membayar belanjaan.

Kosakata ketika Berada di Kasir

Kosakata ketika di kasir

Ketika berada di kasir, apa yang kamu lakukan? Pertama adalah melakukan antrean atau queue di mesin kasir atau till. Untuk melakukan pembayaran, ada beberapa metode yang biasanya dilakukan, yaitu menggunakan cash (tunai), credit cards/debit cards (kartu kredit/kartu debit), atau cheques (cek). 

Khusus metode pembayaran kartu debit atau kredit, ada alat berupa card machine (mesin kartu) dalam prosesnya. Selain itu, penjaga kasir juga akan meminta loyalty card (kartu pelanggan) jika ada.

Jika menggunakan uang tunai, biasanya akan ada change atau kembalian. Belanjaan yang telah dibayar, kemudian masuk ke dalam plastic bag/carrier bag (kantong plastik), serta receipt (bon) belanja yang telah kamu beli. 

Contoh Kalimat Materi Shopping

Setelah mengetahui beberapa kosakata dalam berbelanja seperti di atas, sebaiknya segera gunakan dalam kalimat. Tujuannya, agar anak segera bisa berkomunikasi dengan penjual atau pembeli saat berbelanja. 

Berikut contoh kalimat untuk menanyakan dan menjawab pertanyaan tentang harga:

Contoh Kalimat Menanyakan Harga (Asking Price)

Ketika berada di supermarket, pasar, atau toko, hal pertama yang mungkin muncul dalam benakmu adalah harga barang yang hendak kamu beli. Dalam bahasa Inggris, asking price adalah menanyakan harga barang kepada penjual atau pembeli. 

Berikut ini beberapa contoh kalimat asking price yang bisa kamu aplikasikan:

materi shopping bahasa inggris

Contoh Kalimat Menjawab Pertanyaan tentang Harga  (Answering Price)

Jika kamu posisinya sebagai penjual dan seorang pelanggan tiba-tiba bertanya tentang harga produkmu dalam bahasa inggris, kamu akan menjawab apa? Tentu kamu akan menyebutkan angka, bukan? Dalam bahasa Inggris, answering price merupakan jawaban penjual tentang harga yang ditanyakan oleh pembeli. 

Agar tidak bingung, berikut ini beberapa contoh kalimat answering price yang bisa kamu aplikasikan:

materi shopping bahasa inggris

Penutup

Nah, itulah beberapa materi shopping bahasa Inggris yang terdiri dari kos kata dan contoh kalimat untuk anak, yang mudah dimengerti. Biasakan untuk menggunakan bahasa Inggris kepada anak untuk melatih skill listening dan menambah wawasan kosakatanya. Dengan begitu, mereka tidak lagi kesulitan berbicara dan tidak merasa asing dengan bahasa inggris. 

Tinggalkan komentar