10 Materi Bahasa Inggris untuk Anak TK, Orang Tua Wajib Tahu

Saat ini banyak TK yang memberikan pelajaran bahasa Inggris untuk menempa kemampuan anak sedini mungkin. Namun begitu, orang tua tidak bisa begitu saja lepas tangan. Agar kemampuan bahasa Inggris anak berkembang, orang tua harus ikut memahami materi bahasa Inggris untuk anak TK untuk proses belajar di rumah. 

Perlukah Mengenalkan Bahasa Inggris pada Anak TK?

Materi Bahasa Inggris untuk Anak TK

Perlu dipahami, bahwa mengajari anak bahasa Inggris sedini mungkin adalah hal tepat untuk orang tua lakukan kepada anaknya. Terutama jika ingin si Kecil untuk bisa menguasai bahasa Inggris dengan baik. 

Pasalnya, anak-anak usia di bawah tujuh tahun memiliki kemampuan penguasaan bahasa baru yang baik. Bahkan, kemampuan orang yang belajar bahasa Inggris dari usia dini dinilai lebih unggul dari orang yang belajar di usia matang atau dewasa. 

Nah, fakta bahwa usia di bawah tujuh tahun adalah periode emas penyerapan bahasa ini membuat TK menawarkan pelajaran bahasa Inggris kepada muridnya. Namun meskipun anak sudah belajar bahasa Inggris di TK, bukan berarti orang tua bisa melimpahkan semua tanggung jawabnya ke pihak sekolah.

Untuk membantu meningkatkan kemampuan anak, orang tua juga harus ikut andil dalam proses belajar di rumah. Toh, sebagian besar waktu anak memang dihabiskan di rumah. Oleh karena itu, orang tua juga harus tahu materi belajar bahasa Inggris untuk anak TK untuk membantu anak belajar di rumah.

Materi Pelajaran Bahasa Inggris untuk Anak TK

Materi Bahasa Inggris untuk Anak TK

Untuk membantu meningkatkan kemampuan bahasa Inggris anak, orang tua juga harus memahami ragam materi ajar bahasa Inggris untuk anak playgroup dan TK. Apa saja materi dasar bahasa Inggris tersebut? Berikut adalah beberapa contoh materi pelajaran terkait bahasa Inggris untuk anak TK!

1. Salam Sapaan dan Perpisahan (Greeting dan Parting)

Materi dasar bahasa Inggris untuk anak TK yang pertama adalah greeting (sapaan) dan parting (perpisahan). Menyapa dan juga memberikan salam perpisahan adalah pelajaran dasar untuk anak saat bersosialisasi. 

Nah, dalam materi greeting dan parting ini anak akan belajar berbagai salam untuk menyapa dan berpamitan kepada orang lain dalam bahasa Inggris. Beberapa contoh, salam sambutan dan perpisahan adalah how are you, good morning, good afternoon, good bye, dan juga see you later.

Untuk membantu anak menguasai materi ini, orang tua dapat mengajarkan anak bermain permainan peran. Pada permainan ini, orang tua bisa mengajak anak untuk bermain peran yang berfokus pada pengajaran cara memberikan salam sapaan dan juga perpisahan.

2. Nama Panggilan Anggota Keluarga (Family Members)

Materi lainnya yang anak pelajari di Taman Kanak-kanak adalah beragam sebutan anggota keluarga dalam bahasa Inggris. Nah, agar anak dapat menguasai materi ini, sebetulnya orang tua bisa memberikan contoh penggunaan sebutan anggota keluarga ini di rumah.

Hal yang bisa orang tua lakukan agar anak hafal materi ini adalah mengenalkan sebutan anggota keluarga yang paling sering berinteraksi terlebih dahulu. Misalnya, father untuk ayah, mother untuk ibu, grandmother untuk nenek, dan juga grandfather untuk kakek.

Setelah anak memahami berbagai sebutan dari orang yang sering berinteraksi dengannya, barulah kemudian mengenalkan sebutan anggota keluarga lainnya. Misalnya, uncle untuk paman, aunt untuk bibi, sister untuk saudara perempuan, dan juga brother untuk menyebut saudara laki-laki.

3. Sebutan Warna dalam Bahasa Inggris (Colours)

Materi pelajaran bahasa Inggris untuk anak TK lainnya yang akan anak pelajari di Taman Kanak-kanak adalah warna atau colours. Nah, apa yang sebetulnya orang tua bisa lakukan untuk membantu anak mengingat sebutan warna bahasa Inggris yang sudah dipelajarinya di sekolah?

Untuk menguatkan memori anak, orang tua bisa membantu dengan mengajak anak menembak warna dari benda-benda yang ada di sekitarnya. Contohnya adalah menanyakan warna pakaian yang anak pakai atau menyalakan warna makan yang anak sedang makan.

Agar lebih efektif, orang tua bisa melakukan hal ini secara rutin. Apabila ada sebutan warna yang anak tidak tahu namanya, orang tua bisa ikut membantu dengan mengingatkan kembali istilah bahasa Inggrisnya. Seperti merah adalah red, kuning adalah yellow, dan biru adalah blue.

4. Sebutan Angka dalam Bahasa Inggris (Numbers)

Materi bahasa Inggris lainnya  yang juga akan anak dapatkan di TK adalah cara menyebutkan angka dalam bahasa Inggris. Seperti, satu adalah one, dua adalah two, tiga adalah three, dan empat adalah four

Nah, orang tua bisa memberikan pertanyaan terkait angka di rumah untuk membantu buah hati lebih memahami materi ini. Misalnya, saat memberikan anak sejumlah permen, orang tua bisa menanyakan berapa jumlah permen tersebut.

Selain itu, orang tua juga bisa mengajak anak untuk mulai belajar menghitung sederhana dengan memberikan soal mudah. Misalnya, menghitung satu tambah satu dengan menjajarkan mainan yang anak miliki dan mengajaknya menghitung jumlahnya dalam bahasa Inggris.

5. Belajar Abjad Bahasa Inggris (Alphabet)

Selanjutnya adalah materi alphabet bahasa Inggris untuk anak TK. Dalam materi ini, pada umumnya anak akan belajar cara mengucapkan abjad dalam bahasa Inggris dengan benar.

Untuk membantu penguasaan anak terhadap materi ini, maka cara yang bisa orang tua lakukan di rumah adalah mengajak anak bernyanyi lagi alfabet. Ada banyak judul lagu yang bisa orang tua pakai, contohnya adalah ABC Song with Balloons dari Cocomelon dan juga ABC Songs dari Wheels on the Bus.

Selain memanfaatkan lagu, orang tua juga bisa mengajak anak bermain permainan mengeja alfabet dari namanya atau benda-benda yang ada di sekitar. Misalnya, ejaan dari benda-benda favoritnya seperti car atau doll

6. Nama Binatang dalam Bahasa Inggris (Animals)

Materi lain yang akan dipelajari di Taman Kanak-kanak adalah materi terkait nama-nama hewan di bahasa Inggris, seperti monkey, tiger, dan bear. Nah, tindakan apa yang bisa orang tua lakukan untuk membantu anak memahami materi ini?

Untuk materi animals ini, orang tua bisa memanfaatkan media pembelajaran bahasa Inggris untuk anak TK berupa flashcard. Secara singkat, flashcard merupakan media belajar berupa kartu kecil dengan beragam gambar yang disertai nama di dalamnya. 

Orang tua bisa memanfaatkan flashcard ini untuk bermain tebak nama hewan dalam bahasa Inggris dari tampilan gambar yang ada di kartu. Bagaimana kalau tidak ada flashcard? Orang tua bisa memanfaatkan internet untuk mengunduh gambar hewan dan menggunakannya untuk bermain tebak-tebakan.

Selain kedua cara di atas, orang tua juga bisa mengajak anak bermain ke kebun binatang. Dengan cara ini, anak tidak hanya belajar nama binatang dalam bahasa Inggris namun juga mendapatkan pengalaman melihat secara langsung hewan tersebut.

7. Nama Anggota Tubuh dalam Bahasa Inggris (Body Parts)

Selain materi materi di atas, pelajaran lain yang akan anak dapatkan adalah materi part of body bahasa Inggris untuk anak TK. Dalam materi ini akan akan belajar berbagai istilah bagian tubuh bahasa inggris seperti head untuk kepala, knee untuk lutut, dan juga eye untuk mata.

Di rumah, orang tua bisa membantu anak mengingat-ingat materi body parts ini dengan mengajak anak menyanyi lagu tentang bagian tubuh bahasa Inggris. Beberapa lagu yang bisa orang tua pakai adalah Head, Shoulder, Knees, and Toes dari Toddler Tunes atau Open Shut Them dari The Wiggles.

Selain itu, orang tua juga bisa mengajak anak bermain permainan tebak nama bagian tubuh dengan flashcard. Ajak anak menembak istilah bahasa Inggris dari gambar yang ada di dalam kartu.

8. Istilah Pekerjaan dalam Bahasa Inggris (Profession)

Materi lain yang juga anak pelajari adalah berkenalan dengan nama-nama profesi atau pekerjaan. Misalnya, police untuk polisi, gardener untuk tukang kebun, dan juga teacher untuk guru.

Sama dengan materi nama binatang dan anggota tubuh, untuk memperdalam pemahaman anak terkait subjek ini, flashcard juga bisa dimanfaatkan. Orang tua dapat mengajak anak bermain tebak kata menggunakan flashcard dengan gambar berbagai profesi yang berbeda-beda.

9. Nama-Nama Buah dalam Bahasa Inggris (Fruits)

Selanjutnya anak juga akan belajar nama-nama buah dalam bahasa Inggris. Beberapa contohnya adalah watermelon untuk semangka, manggo untuk mangga, dan juga orange untuk jeruk.

Nah, untuk membantu anak memahami berbagai nama buah dalam bahasa Inggris ini, ada beberapa cara yang bisa orang tua lakukan di rumah. Sama seperti belajar berbagai istilah bahasa Inggris lainnya, orang tua juga bisa mengandalkan permainan flashcard untuk materi ini.

Namun selain itu, orang tua juga bisa mengajak anak bermain permainan sandiwara antara pedagang dan pembeli di pasar. Anak bisa berpura-pura sebagai pedagang yang menjual buah dan orang tua adalah pembelinya. Dalam permainan ini pastikan untuk menyebutkan berbagai istilah buah bahasa Inggris.

10. Nama-Nama Bagian Tumbuhan dalam Bahasa Inggris (Plants)

Selain sembilan materi di atas, materi lain yang juga akan anak terima di TK adalah nama-nama bagian tumbuhan dan juga bunga. Beberapa contoh istilahnya adalah seed untuk benih, petals untuk kelompok bunga, dan leaf untuk daun.

Untuk membantu anak memahami materi ini, orang tua dapat mengajak anak untuk bermain di halaman rumah atau alam terbuka. Saat bermain di alam inilah orang tua bisa mengajarkan berbagai istilah tumbuhan dan bunga sambil menunjukan contoh nyatanya.

Sebagai contohnya, saat membahas nama-nama bagian pohon, orang tua bisa memanfaatkan pohon yang tumbuh di sekitar rumah. Selain itu, orang tua juga bisa mengajak anak melakukan aktivitas mengasyikan seperti menanam pohon atau bunga untuk belajar istilah-istilah ini.

Penutup

Menjawab pertanyaan materi apa saja yang untuk belajar bahasa Inggris, di atas adalah sejumlah tema pengenalan bahasa Inggris pada anak TK. Meski materi bahasa Inggris ini sudah anak dapatkan di sekolah, orang tua juga bisa membantu pemahaman anak dengan proses belajar tambahan di rumah.

Untuk melakukannya, orang tua harus mengetahui materi bahasa Inggris apa saja yang sesuai diberikan untuk anak usia dini utamanya TK. Di atas merupakan berbagai materi yang bisa orang tua ajarkan di rumah. 

Agar proses belajar menyenangkan, orang tua bisa mengajari anak melalui permainan. Bukan hanya itu, orang tua juga bisa mengajari materi bahasa Inggris untuk anak TK di rumah dengan mengajak anak bernyanyi. Agar efektif, tentukan pilihan lagu yang sesuai dengan masing-masing materi. 

Tinggalkan komentar