Belajar Bahasa Inggris? Ini Materi yang Wajib Kamu Kuasai

banyak digunakan di seluruh dunia, termasuk untuk bidang pendidikan dan industri di Indonesia. Saat ini, kamu bisa makin mudah belajar bahasa Inggris dan mengasah kemampuan dengan mencari ilmu secara daring, seperti di Visitpare ini.

Bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, artikel ini membahas berbagai materi yang bisa kamu pelajari agar cepat menguasai bahasa Inggris. Ada juga tips cara belajar bahasa Inggris dari nol. Yuk, simak!

Beragam Manfaat Belajar Bahasa Inggris

Belajar Bahasa Inggris

Sebelum membahas berbagai materi yang harus kamu pelajari, kamu harus tahu manfaat belajar bahasa Inggris terlebih dahulu. Tujuannya, agar kamu semakin termotivasi dalam mempelajari berbagai materi pelajaran bahasa Inggris nantinya. Apa saja manfaatnya, ya?

1. Peluang Kerja yang Lebih Luas

Dengan belajar bahasa Inggris, peluang yang pekerjaan yang  bisa kamu dapatkan jadi lebih luas. Bahasa Inggris adalah kemampuan yang paling dibutuhkan di tempat kerja saat ini. 

Kamu bisa melamar tak hanya di perusahaan loka, tapi juga internasional. Kamu bahkan bisa bekerja secara remote di berbagai perusahaan global, dengan makin modernnya industri saat ini. Tentu saya syaratnya adalah minimal bisa berbahasa Inggris dengan lancar. 

2. Wawasan Makin Luas

Selanjutnya, kamu juga bisa memiliki wawasan yang jauh lebih luas dengan kemampuan bahasa Inggris yang baik. Kamu bahkan bisa mengakses berbagai media, jurnal, serta bahan berita berbahasa Inggris secara maksimal. Selain itu, kamu juga akan lebih mudah berkomunikasi dengan orang asing tanpa terkendala bahasa. 

Nah, ada banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan lancar berbahasa Inggris, kan? Jadi, tidak ada alasan lagi untuk menunda belajar bahasa Inggris, apalagi saat ini ada banyak media yang bisa kamu akses untuk belajr. Salah satunya, dengan mempelajari berbagai materi di bawah ini.

Materi Belajar Bahasa Inggris

Belajar Bahasa Inggris

Dalam proses pembelajaran bahasa Inggris, ada banyak materi yang harus kamu kuasai. Tidak perlu terburu-buru, kamu bisa mempelajari beragam materi bahasa Inggris ini secara perlahan-lahan. Nah, apa saja sih, materi-materi pelajaran bahasa Inggris tersebut? Berikut adalah ulasan singkatnya.

(Klik judul pada materi di bawah ini untuk mengakses pembahasan lengkapnya),

1. Belajar Kosakata Umum

Langkah awal belajar bahasa Inggris untuk pemula adalah memperbanyak vokabuler terlebih dahulu. Kamu bisa belajar kata-kata sederhana terlebih dahulu, seperti nama-nama benda atau nama-nama pekerjaan. 

Tidak perlu banyak-banyak, sebagai langkah awal dalam belajar bahasa Inggris, kamu bisa belajar sekiranya sepuluh hingga dua puluh kata baru setiap hari. Sebagai permulaan, berikut adalah beberapa materi kosakata yang bisa kamu pelajari:

2. Belajar Frasa dan Ekspresi Umum dalam Bahasa Inggris

Setelah kamu menguasai sebagian besar kosakata, langkah selanjutnya adalah membiasakan diri dengan berbagai macam ekspresi alias ungkapan dalam bahasa Inggris. Berikut adalah beberapa contoh materi ungkapan dalam bahasa Inggris yang bisa kamu pakai untuk belajar:

3. Belajar Part of Speech

Setelah mempelajari beragam ekspresi atau ungkapan dalam bahasa  Inggris, kamu dapat meningkatkan kemampuan dengan mengenal part of speech. Part of speech merupakan pengelompokan kata dari grammar bahasa Inggris. 

Materi ini wajib kamu pelajari jika memang ingin menguasai kemampuan menulis bahasa Inggris. Berikut adalah beberapa materi part of speech yang bisa kamu pelajari  satu per satu:

Verb 

Noun

Adjective

Adverb

4. Belajar 16 Tense dalam Bahasa Inggris

Jika kamu sudah memahami beragam part of speech, maka langkah selanjutnya adalah belajar beragam pola kalimat. Dalam bahasa Inggris terdapat setidaknya 16 pola kalimat dengan kegunaannya masing-masing. Untuk ulasan lengkapnya, kamu bisa mempelajari materi ini:

5. Belajar Pengetahuan Umum Lainnya

Jika kamu menguasai berbagai materi di atas, maka tidak diragukan lagi kalau kamu sudah cukup memiliki kemampuan yang baik dalam bahasa Inggris. Namun demikian, ada materi lain yang bisa kamu pakai untuk meningkatkan lebih jauh lagi kemampuan dalam bahasa Inggris. Berikut adalah beberapa materinya:

Tips Cara Belajar Bahasa Inggris secara Mandiri

Belajar Bahasa Inggris

Belajar bahasa Inggris online adalah pilihan paling praktis yang bisa kamu lakukan. Namun, hal itu berarti kamu akan belajar secara mandiri atau otodidak. Nah, agar proses pembelajaran otodidak ini berjalan secara maksimal, berikut adalah tips bagaimana cara cepat belajar bahasa Inggris otodidak

1. Buat Jadwal Belajar

Di  atas tadi kamu sudah mempunyai beragam informasi penting tentang materi apa saja yang harus kamu pelajari untuk fasih berbahasa Inggris. Selanjutnya, kamu hanya perlu membuat jadwal belajarnya saja.

Tidak perlu sampai berjam-jam, cukup luangkan waktu singkat sekiranya 30 menit hingga satu jam saja. Kalau materi yang kamu baca cukup panjang, kamu bisa membaginya dalam beberapa hari. Intinya, kamu harus rutin dalam belajar dan tentu saja menikmati prosesnya, serta memahami isi materinya.

2. Mencatat Kata-Kata atau Frasa Baru

Dalam belajar bahasa baru, menghafal kosakata atau frasa baru yang kamu temui adalah cara cepat menguasai bahasa itu. Nah, agar kamu bisa dengan mudah hafal kata-kata baru yang kamu temui, ada baiknya kamu mencatatnya di  note. 

Catatan itu kemudian bisa kamu tempelkan di tempat yang terlihat dan sering kamu kunjungi. Dengan demikian kamu akan sering  membacanya dan tanpa kamu sadari, seiring waktu kamu akan hafal kata-kata tersebut.

3. Biasakan Membaca dan Menulis Teks Bahasa Inggris

Proses belajar bahasa Inggris akan jauh lebih maksimal jika dibarengi dengan membaca teks bahasa Inggris dan latihan menulis. Agar lebih cepat menguasai bahasa Inggris, kamu bisa membaca berbagai teks singkat berbahasa Inggris kemudian membuat rangkumannya.

Ada banyak teks berbahasa Inggris yang bisa kamu jumpai di media online. Mulai dari menulis caption text, teks berita hingga cerita pendek. Setelah selesai membaca teks-teks tersebut, kamu bisa mencoba menulis rangkuman dari teks yang kamu baca untuk melatih writing dalam bahasa Inggris. 

4. Menonton Konten Berbahasa Inggris

Untuk melatih kemampuan berbicara dan mendengarkan dalam bahasa Inggris, kamu bisa sering-sering menonton konten berbahasa Inggris. Dengan demikian kamu akan membiasakan diri dengan pengucapan (pronunciation) berbagai kata dalam bahasa Inggris yang benar. 

Nah, itu dia beberapa materi yang wajib kamu pelajari dan berbagai tips  langkah dasar  belajar bahasa Inggris secara mandiri. Untuk kebutuhan belajar, kamu hanya perlu mengeklik tautan pada masing-masing materi untuk membuka pembahasan lengkapnya. 

Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kamu yang ingin mulai belajar bahasa Inggris. Selamat belajar, dan tetap semangat!

Tinggalkan komentar