Digunakan pada level profesional dan internasional, materi yang diujikan pada tes TOEIC memang lebih kompleks dari tes kemampuan bahasa Inggris lainnya. Oleh karena itu, memahami berbagai materi TOEIC yang banyak muncul dalam tes ini, akan membantu kamu mendapatkan skor yang baik nantinya.

Rangkuman Materi TOEIC

Pelajari Rangkuman Materi TOEIC

Nah, sudah tahukah kamu apa saja materi tes TOEIC yang biasanya muncul dalam tes bahasa Inggris ini? Berikut adalah beberapa materi TOEIC yang sering muncul dalam ujian:

1. Auxiliary Verb

Materi yang  sering muncul sebagai soal dalam TOEIC adalah auxiliary verb. Secara singkat, auxiliary verb ini adalah kata kerja pembantu yang fungsinya adalah melengkapi kata kerja utama yang ada dalam kalimat bahasa Inggris. Beberapa contoh auxiliary verb adalah do, be, dan have

2. Tenses

Materi tes TOEIC yang selanjutnya adalah tentang tenses dalam bahasa Inggris. Secara terperinci, materi ini mencakup simple, past dan future tense. Dalam soal tes, biasanya kamu akan diminta melengkapi kalimat bahasa Inggris sesuai dengan rumus tense yang tepat. 

3. Gerund dan Infinitives

Dalam tes TOEIC kamu juga akan menemui berbagai soal terkait penggunaan gerund beserta infinitives. Secara singkat, gerund adalah kata kerja yang berfungsi seperti kata benda dengan ciri khas akhiran –ing. Sedangkan infinitive adalah kata kerja dasar yang biasanya menggunakan “to” di depannya. 

4. Participle Clauses

Selanjutnya kamu juga akan menemui beragam soal gramatika terkait participle clauses. Untuk melewati bagian ini, kamu harus memahami apa fungsi dari masing-masing participle atau kata kerja partisipatif dalam bentuk verb-ing dan verb-ed

5. Negation dan Parallel Structure

Selain beberapa materi di atas, kamu juga akan menemui soal terkait negation yakni pernyataan negatif dan parallel structure atau kesejajaran struktur kalimat. Pada soal jenis ini, kamu harus bisa mengidentifikasi bentuk negation dan  kesejajaran yang tepat dalam kalimat bahasa Inggris.

6. Comparison

Dalam bahasa Inggris, terdapat beragam kategori comparison word atau kata perbandingan, seperti regular, irregular, dan as comparison. Nah, materi ini juga akan muncul sebagai soal tes TOEIC. Oleh karena itu, kamu harus mendalami perbedaan dan karakteristik setiap kategori comparison word ini.

7. Relative Pronouns dan Clauses

Materi yang tidak kalah penting harus kamu kuasai adalah relative pronoun dan clauses. Secara singkat, relative pronoun adalah kata ganti yang menerangkan kata benda, bisa manusia, hewan, atau barang. Sedangkan relative clause adalah kalimat yang mengandung relative pronoun yang diikuti kalimat independen.

8. Word Order

Penguasaan yang tidak kalah penting untuk kamu miliki adalah penguasaan terkait penyusunan kata dalam bahasa Inggris atau word order. Di sini kamu harus mengetahui part of speech mana yang harus muncul terlebih dahulu dari part of speech lainnya. 

9. Indefinite Pronoun 

Materi TOEIC bahasa Inggris yang selanjutnya adalah indefinite pronoun. Indefinite pronoun adalah kata ganti tidak pasti yang menyatakan seseorang, tempat, atau benda. Beberapa contohnya adalah anyone untuk singular indefinite pronoun dan few untuk  plural indefinite pronoun.

Untuk materi ini, kamu harus mengetahui fungsi dan kegunaan dari setiap kategori indefinite pronoun. Termasuk juga perbedaan dari penggunaan neither, either, dan both dalam sebuah kalimat.

10. Active dan Passive Sentences

Dalam ujian TOEIC kamu juga akan berhadapan dengan beragam soal terkait active dan passive sentences. Agar kamu bisa melewati bagian soal ini, kamu bisa memahami rumus atau pola kalimat dari kalimat pasif dan aktif dalam bahasa Inggris. 

11. Conjunctions dan Prepositions

Dalam bahasa Inggris, terdapat banyak jenis konjungsi dan preposisi, yang tentu saja memiliki peran serta fungsi yang berbeda dalam sebuah kalimat. Nah, dalam tes TOEIC ini, kamu bisa mengidentifikasi penggunaan konjungsi serta preposisi yang tepat dalam sebuah kalimat. 

Itulah beberapa materi  yang sering muncul sebagai soal dalam tes TOEIC. Agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal dalam tes TOEIC, kamu bisa mempelajari setiap materi TOEIC di atas dengan lebih sungguh-sungguh. Selain itu, kamu juga dianjurkan untuk banyak mengerjakan latihan soal terkait materi di atas.

Bagikan: