Belajar tes TOEIC perlu perencanaan yang matang. Jika tidak, kemungkinan proses pembelajaranmu akan menjadi kurang efektif. Kamu  akan kehilangan banyak waktu dan tenaga, namun hasil belajar Anda tidak terlalu memuaskan. Ini sebabnya, kamu harusmenemukan strategi belajar tes TOEIC yang efektif.

1. Buat Jadwal

Buat Jadwal Belajar Tes TOEIC

Sebelum mulai belajar untuk persiapan tes, ada baiknya kamu membuat jadwal terlebih dahulu. Cobalah tanyakan pada diri sendiri, seberapa banyak waktu yang bsa kamu sisihkan untuk belajar? Jangan terlalu muluk namun juga jangan terlalu longgar. 

Setengah jam rasanya kurang, kecuali jika kamumengulangnya dua atau tiga kali sehari. Delapan jam sehari terdengar seperti agak berlebihan, karena kmungkinan kamu akan lelah setelah satu minggu dan ingin berhenti belajar. 

Jadi realistis saja. Dua atau tiga jam sehari rasanya cukup. Mungkin kamu  ingin memulainya dari satu jam dulu? Lantas tambahkan setengah jam beberapa hari setelahnya. Lalu tambahkan setengah jam lagi. Jika merasa berat, kamu bisa kurangi setengah jam lagi. 

Setelah menemukan durasi waktu yang tepat, kamu tinggal mengikutinya dengan konsisten.

2. Bagi Waktu dengan Bijak

Belajar Tes TOEIC Harus Bisa Membagi Waktu dengan Baik

Setelah menentukan durasi waktu, kamu dapat membagi waktumu menjadi beberapa bagian. Anggap saja kamu telah mengalokasi waktu dua jam per hari untuk mempersiapkan diri mengikuti tes TOEIC Listening and Reading. Dari dua jam tersebut, kamu bisa bagi satu jam untuk Reading dan satu jam untuk Listening.

Alternatifnya, kamu bisa menggunakan dua jam tersebut untuk fokus pada satu kemampuan bahasa Inggris saja. Lalu di hari berikutnya, kamu dapat mengasah kemampuan di bidang kemahiran yang lain.

Tes TOEIC Reading and Listening adalah jenis tes TOEIC yang paling populer. Jika kamu berencana mengambil tes ini, fokuskan perhatian pada dua kemahiran berbahasa tersebut. Bacalah artikel atau berita berbahasa Inggris sesering mungkin. Dengarkan podcast dan YouTube yang membahas topik dunia kerja.

3. Daftar Awal

Segera Daftar Lebih Awal Untuk Belajar Tes TOEIC

Usahakan mendaftar setidaknya dua bulan sebelum hari H. Banyak peserta tes yang berbondong-bondong mendaftar mendekati hari H, sehingga kemungkinan kamu bisa kehabisan jatah tes jika tidak mendaftar lebih dulu. 

Dengan mendaftar tes TOEIC lebih awal, kamu dapat merasa lebih tenang dan lebih fokus dalam mempersiapkan diri menghadapi tes kemampuan bahasa Inggris ini. Selain itu, mendaftar awal juga bisa membuatmu lebih bersemangat untuk banyak melatih diri.

Ada banyak contoh materi tes yang bisa Anda dapatkan dari website ETS atau modul yang dapat kamu beli dari organisasi yang sama. Dengan mendaftar lebih awal, kamu memiliki lebih banyak waktu untuk mempelajari semua materi pelatihan yang tersedia.

4. Gunakan Materi Pelatihan yang Tersedia

Seperti disebutkan sebelumnya, kamu bisa mendapatkan materi pelatihan TOEIC gratis dari website ETS. Ada beberapa sampel tes untuk semua kategori tes. Jika dirasa kurang, kamu dapat membeli bukunya dari ITC Indonesia. Kamu juga dapat membeli buku pelatihan tes TOEIC lainnya dari toko-toko buku terdekat.

Kamu dapat mencoba mengerjakan satu tes di satu hari, lalu catat kesalahan-kesalahan yang kamu buat. Apakah ada kesalahan tata bahasa? Salah kosakata? Cari titik kelemahanmu, lalu catat di selembar kertas. Pelajari kesalahan itu hingga kamu paham, lalu ulas lagi kesalahan yang kamu buat di tes pertama.

5. Minta Bantuan Tutor

Beberapa orang kesulitan belajar sendiri. Jika kamu adalah tipe pembelajar seperti ini, ada baiknya merekrut seorang tutor. Kamu bisa mendaftar kursus atau workshop TOEIC yang bisa kamu dapatkan di kotamu. Dalam setting seperti ini, tutor banyak membantu.

Jik kamu menginginkan kursus private, kamu dapat meminta bantuan teman atau menyewa jasa tutor private bahasa Inggris. Tidak masalah jika tutor tersebut bukan spesialis tutor TOEIC, karena orang yang memiliki background pendidikan bahasa Inggris biasanya mempelajari berbagai macam tes kemampuan bahasa Inggris selama masa kuliahnya.

Selain lima kiat belajar tes TOEIC ini, ketekunan dan konsistensi adalah dua hal yang penting. Jika kamu tekun berlatih dan konsisten dengan tujuan belajar, maka mendapatkan hasil yang memuaskan bukanlah suatu hal yang tidak mungkin.

Bagikan: