Contoh Surat Resign Bahasa Inggris dan Cara Penulisan yang Baik

Contoh Surat Resign Bahasa Inggris dan Cara Penulisan yang Baik

Surat pengunduran diri (resignation letter) Anda perlukan pada saat hendak mengajukan pengunduran diri. Anda sudah mulai merasa lelah dengan pekerjaan, lalu ingin memberikan surat pengunduran diri? Apakah Anda sudah mulai mencari contoh surat resign bahasa Inggris yang baik dan benar?

Mendapatkan pekerjaan, memang merupakan hal yang menjadi idaman untuk banyak orang. Kendati demikian, ada pula yang merasa kurang nyaman dengan pekerjaan yang sudah dilakoninya. Selain itu, karena sejumlah faktor tertentu, menjadikan seseorang harus mengundurkan diri dari perusahaan atau instansi dari tempat orang tersebut bekerja.

contoh surat resign bahasa inggris
pixabay.com

Contoh Surat Resign Bahasa Inggris yang Benar dan Sopan

Pengunduran diri atau resign merupakan suatu hal yang sudah familiar bagi seorang karyawan di suatu perusahaan. Pengajuan resign biasanya karena terdapat alasan tertentu seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya.

Mulai beban di tempat kerja terlalu demanding, sikap dan sifat atasan yang kurang baik, tuntutan meneruskan usaha keluarga, sampai hal lain yang menjadikan Anda harus melepas pekerjaan yang tengah Anda jalani.

Sama halnya pada saat melamar kerja, tahap berikutnya bagi karyawan yang hendak resign yaitu perlu menulis sebuah dokumen pengunduran diri resmi yang berupa resignation letter. Di era global seperti sekarang ini, banyak perusahaan yang mengharuskan resignation letter Anda tulis dalam bahasa Inggris, lho.

Sehingga, apabila Anda memutuskan untuk resign saat ini atau nanti, baca artikel berikut ini sampai selesai untuk memperoleh contoh surat resign bahasa Inggris yang baik dan benar.

Hal-hal yang Harus Anda Perhatikan Ketika Menulis Surat Resign Bahasa Inggris

Berikut ini sejumlah hal yang perlu Anda perhatikan apabila hendak membuat surat pengunduran diri dari pekerjaan.

Pakai Bahasa Inggris Formal

Resignation letter adalah dokumen resmi, sehingga Anda pun harus memakai dan juga serta memilih kosakata bahasa Inggris yang formal. Tentunya, penulisan surat resmi, berbeda dengan penulisan diary, bukan? Bahasa yang formal di dalam surat pengunduran diri bakal memberi Anda kesan yang rendah hati serta sopan santun.

Di dalam resignation letter, kalimat atau bahasa formal bukan berarti terdiri atas kosakata yang Anda pakai lebih sulit ya. Berikut bentuk bahasa Inggris formal di dalam contoh surat resign bahasa Inggris:

“Saya ingin memberi Anda informasi bahwa..”

“I wanna give you some information..”

“I would like to inform you that..”

Sudah tentu, kalimat “I would like to” bakal lebih baik untuk Anda tulis pada resignation letter.

Sertakan Alasan Apa yang Membuat Anda Resign

Pada saat Anda menulis surat pengunduran diri, hendaknya jangan lupa untuk menyertakan alasan Anda keluar dari perusahaan tempat Anda bekerja dengan bahasa yang baik dan sopan. Hal tersebut bukan hanya akan meninggalkan kesan positif, namun juga dapat membuat perusahaan mengerti alasan terbaik Anda melakukan resign.

Nah, berikut merupakan salah satu kalimat alasan Anda mengundurkan diri di dalam contoh surat resign bahasa Inggris.

“Saya merasa bahwa sekarang ini merupakan waktu yang tepat bagi saya untuk mengembangkan karir di bidang lain. Saya akan berterima kasih apabila Anda dapat mengkonfirmasi penerimaan pemberitahuan dan tanggal pengunduran diri saya.”

Maka penulisan di dalam contoh surat resign bahasa Inggris menjadi:

“I feel that now is the right time for me to develop a career in another field. I would be grateful if you can confirm the receipt of my notice and the date of my resignation.”

Beri Apresiasi dan Ucapkan Terimakasih

Bukan hanya memberikan alasan resign dengan baik dan sopan, Anda pun harus memberi sebuah apresiasi dan juga mengucapkan terimakasih untuk perusahaan tersebut. Hal itu adalah sesuatu yang tak boleh tertinggal ketika Anda membuat surat pengunduran diri.

Nah, berikut ini salah satu contoh kalimat yang merupakan ucapan apresiasi serta terima kasih di dalam contoh surat resign bahasa Inggris.

“Saya mengucapkan banyak terimakasih atas semua dukungan dan saya sangat mengapresiasi kesempatan yang diberikan oleh perusahaan selama bekerja disini.”

“I would like to thank you very much for all the support and I really appreciate the opportunity provided by the company while working here.”

Tulis Kesan yang Positif Terhadap Perusahaan

Berikutnya, Anda juga wajib untuk menuliskan sebuah kesan yang positif untuk perusahaan tempat Anda bekerja. Berhubungan dengan hal-hal positif apa saja yang telah Anda peroleh selama Anda menjadi karyawan di perusahaan tersebut.

Berikut merupakan salah satu contoh tulisan yang menunjukkan kesan positif di dalam contoh surat resign bahasa Inggris.

“Tidak mudah bagi saya untuk membuat keputusan pengunduran diri ini, saya merasa tiga tahun terakhir berada di perusahaan sangat bermanfaat. Saya merasa kemampuan saya banyak berkembang semenjak bekerja di perusahaan ini.”

“It wasn’t easy for me to make this resignation decision, I found the last three years of being in the company very rewarding. I feel that my ability has improved a lot since working at this company.”

Sampaikan Permohonan Maaf

Jangan lupa pula untuk menyertakan permohonan maaf di dalam resigned letter yang Anda buat. Sampaikan permintaan maaf atas kesalahan-kesalahan yang pernah Anda perbuat selama Anda bekerja untuk perusahaan tersebut.

Berikut salah satu contoh kalimat permintaan maaf yang terdapat di dalam contoh surat resign bahasa Inggris.

“Dengan tulus saya meminta maaf apabila selama saya bekerja, saya belum bisa memberikan kinerja terbaik untuk perusahaan.”

“Sincerely I apologize if during my work, I have not been able to provide the best performance for the company.”

Sampaikan Saran atau Harapan untuk Perusahaan

Satu hal lagi yang wajib ada di dalam surat pengunduran diri Anda, yaitu jangan lupa menyampaikan saran dan/atau harapan untuk perusahaan tersebut. Tak ada salahnya jika Anda memberi saran yang membangun serta sebuah harapan untuk perusahaan yang sudah memberi Anda kesempatan untuk belajar dan juga berkembang, bukan?

Berikut ini contoh kalimat saran dan/atau harapan untuk perusahaan di dalam contoh surat resign bahasa Inggris.

“Sekali lagi, saya ucapkan terimakasih atas bimbingan dan kesempatan untuk menjadi bagian keluarga dari Bank XYZ. Saya berharap yang terbaik bagi Anda dan perusahaan ini.”

“Once again, I thank you for your guidance and the opportunity to be part of the XYZ Bank family. I wish you and this company all the best.”

Hal-hal yang Perlu Anda Hindari Ketika Membuat Surat Pengunduran Diri Bahasa Inggris

Nah, sesudah Anda tahu dan paham tentang hal-hal apa saja yang harus ada di dalam resigned letter. Kini waktunya bagi Anda untuk mengetahui hal-hal apa saja yang tak boleh Anda cantumkan di dalam surat pengunduran diri.

Berikut ini merupakan beberapa hal yang perlu Anda hindari ketika membuat surat resign.

Bertele-tele

Hal yang pertama, di dalam contoh surat resign bahasa inggris hendaknya hindari terlalu bertele-tele. Perlu Anda ingat bahwa Anda membuat surat pengunduran diri yang merupakan dokumen pribadi. Surat ini pun Anda tujukan untuk atasan atau perusahaan Anda.

Oleh sebab itu, sebisa mungkin untuk menyampaikan hal yang hendak Anda sampaikan secara jelas, ringkas, dan juga langsung ke intinya. Jika memungkinkan, buatlah surat resign ini dalam satu lembar saja, ya!

Membandingkan Perusahaan yang Lama dengan Perusahaan Baru Anda

Apabila alasan pengunduran diri Anda adalah karena memperoleh offering untuk pindah ke perusahaan lain. Maka hendaknya Anda tidak membandingkan perusahaan lama dengan yang baru. Terlebih lagi sampai Anda memamerkannya di dalam surat pengunduran diri.

Baik itu membandingkan dari segi culture kerjanya, benefitnya, dan lain sebagainya. Usahakan Anda memberikan kesan perpisahan yang baik sebelum meninggalkan perusahaan.

Menceritakan Masalah Pribadi dengan Perusahaan di Dalam Surat Pengunduran Diri

Untuk Anda yang kemungkinan merasa terpaksa harus resign karena adanya ketidakpuasan akan perusahaan yang lama, atau Anda memiliki kekecewaan terhadap atasan maupun rekan di kantor. Akan lebih baik apabila hal itu tidak Anda sampaikan secara gamblang di dalam surat pengunduran diri yang Anda buat.

Contoh surat resign bahasa Inggris yang di dalamnya menceritakan masalah pribadinya dengan perusahaan bakal memberikan dampak yang kurang baik pada diri Anda serta loyalitas pekerja lain di perusahaan lama.

Memberikan Surat Pengunduran Diri Secara Mendadak

Anda pernah mendengar tentang istilah one month twice? Di dalam dunia kerja, istilah tersebut punya arti bahwa ketika pekerja akan mengundurkan diri, ia harus menyerahkan resigned letter dengan jangka waktu sebulan sebelum resmi keluar perusahaan.

Hal ini bertujuan supaya perusahaan bisa bersiap untuk mencari pengganti posisi Anda. Selain itu, jangan pernah sekali-kali Anda melakukan resign dengan cara menghilang begitu saja tanpa berpamitan, ya!

Struktur Penulisan Contoh Surat Resign Bahasa Inggris

Untuk menulis surat pengunduran diri, tentunya terdapat struktur penulisan yang harus Anda perhatikan supaya bisa diterima dengan baik oleh perusahaan tempat Anda bekerja.

Yuk, perhatikan struktur dan juga tips membuat surat resign yang baik dan benar berikut ini!

Kepala Surat (Header)

Anda bisa menuliskan informasi-informasi yang berhubungan dengan dokumen surat pengunduran diri pada bagian ini. Susunan isi contoh surat resign bahasa Inggris pada bagian ini biasanya terdiri dari:

  • Tempat serta tanggal lengkap ketika surat resign Anda tulis
  • Salam pembuka dan pihak yang Anda tuju, baik itu atasan atau HRD perusahaan. Nah, untuk salam pembuka dalam bahasa Inggris, biasanya dimulai dengan “Dear yyy”
  • Nama lengkap dan alamat kantor dari posisi Anda (headquarter atau branch)

Isi Surat (Body Letter)

Nah, contoh surat resign bahasa Inggris pada bagian ini, barulah Anda bisa menuliskan paragraf berhubungan dengan resign Anda dari perusahaan. Susunannya meliputi:

  • Identitas diri, seperti nama lengkap, Nomor Induk Kependudukan, jabatan, serta departemen (apabila Anda seorang pegawai swasta, dapat Anda sesuaikan dengan nomor pegawai Anda)
  • Alasan Anda mengundurkan diri dan tanggal resign
  • Ucapan terima kasih
  • Memberi kesan yang positif serta permintaan maaf untuk perusahaan
  • Penawaran bantuan
  • Harapan Anda untuk perusahaan

Penutup (Closing)

Untuk penutup pada contoh surat resign bahasa Inggris, Anda bisa menyampaikan bahwa Anda telah selesai menulis surat pengunduran diri serta jelaskan Anda berharap untuk pihak perusahaan supaya dapat menerima keputusan resign Anda dengan baik.

Salam Penutup dan Nama Lengkap

Jangan lupa untuk mengakhiri surat pengunduran diri dengan salam penutup seperti respectfully yours, sincerely, atau best regards.

Pada bagian bawahnya, jangan lupa untuk menuliskan nama lengkap Anda. Apabila Anda ingin memasukkan tanda tangan juga tak masalah. Sebab terdapat anggapan bahwa tanda tangan itu penting, namun ada pula yang tidak.

Contoh Surat Resign Bahasa Inggris

Yogyakarta, 25 October 2020

Mrs. Alicia Ananda

Acaciana Insurance Director

Mergoyasan Street 26

Yogyakarta

 

With respect,

With this letter I inform you, that I intend to resign from Acaciana Insurance starting from October 30, 2020.

I feel that now is the right time for me to develop a career in another field. I would be very grateful if you can accept my decision well and confirm the date of my resignation. If I have anything to do before I leave the company, please let me know.

I also thank the company for the support and opportunities I have received while working here. My great hope, you and all the Acaciana Insurance team are successful and continue to provide the best for consumers.

Thank you for your concern and wisdom.

Sincerely

Nakamoto Yuta

Artinya :

Yogyakarta, 25 Oktober 2020

Ibu Alicia Ananta

Direktur Asuransi Acaciana

Jalan Margoyasan 26

Yogyakarta

 

Dengan hormat,

Dengan surat ini saya beritahukan, bahwa saya bermaksud untuk mengajukan permohonan undur diri dari Asuransi Acaciana terhitung mulai 30 Oktober 2020.

Saya merasa bahwa saat ini merupakan waktu yang tepat untuk saya mengembangkan karir di bidang lain. Saya akan sangat berterima kasih apabila Ibu bisa menerima dengan baik keputusan saya ini dan mengkonfirmasi tanggal pengunduran diri saya. Apabila ada sesuatu yang harus saya selesaikan sebelum saya meninggalkan perusahaan ini, tolong beritahu saya.

Saya juga mengucapkan terimakasih kepada perusahaan atas dukungan dan kesempatan yang sudah saya dapatkan selama bekerja di sini. Besar harapan saya, Anda dan semua tim Asuransi Acaciana sukses serta terus memberi yang terbaik untuk konsumen.

Terima kasih atas perhatian dan kebijaksanaan dari Ibu.

Salam

Nakamoto Yuta

Contoh Surat Resign Bahasa Inggris Kedua

To Mr. Adam Smith

Through this letter I would like to inform you that I will be resigning from my position as Digital Marketing Officer at Heroscope Ltd, effective October 14, 2021.

I really appreciate all the support and opportunities that have been given over the past five years. I feel proud to have been part of the team so that my ability is developing well.

Please let me know if I can help a little during the time of the move from the company. I’m happy to help you as best I can to keep the marketing plan going until you get a better replacement.

Sincerely

Seo Johnny

Artinya :

Kepada Mr. Adam Smith

Melalui surat ini saya hendak menginformasikan kepada Anda bahwa saya akan mengundurkan diri dari posisi saya sebagai Petugas Pemasaran Digital di Horoscope Ltd, berlaku mulai 14 Oktober 2021.

Saya sangat mengapresiasi semua dukungan dan kesempatan yang sudah diberikan selama lima tahun terakhir. Saya merasa bangga pernah menjadi bagian dari tim sehingga kemampuan saya berkembang dengan baik.

Silakan beritahu saya jika saya dapat sedikit membantu selama masa kepindahan dari perusahaan. Saya dengan senang hati akan membantu sebaik mungkin supaya rencana pemasaran tetap berjalan hingga Anda mendapatkan pengganti yang lebih baik.

Salam

Seo Johnny

Demikian penjelasan mengenai contoh surat resign bahasa Inggris beserta hal-hal yang perlu Anda sertakan dan Anda hindari ketika membuat surat pengunduran diri. Melalui surat pengunduran diri, maka perpisahan Anda dengan perusahaan bakal terlihat seperti profesional dan sah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.