Nama-Nama Bulan dalam Bahasa Inggris dengan Contoh Kalimatnya

Mengenal nama-nama bulan dalam Bahasa Inggris adalah salah satu hal mendasar dalam mempelajari bahasa internasional ini. Anda dapat memahami nama bulan Bahasa Inggris dengan mudah karena tidak terlalu berbeda dengan versi Bahasa Indonesia. Nama-nama bulan dalam Bahasa Indonesia sendiri merupakan serapan dari Bahasa Inggris.

Untuk lebih jelasnya, langsung saja simak pembahasan mengenai nama bulan dalam Bahasa Inggris berikut ini.

Nama-nama Bulan dalam Bahasa Inggris

Penanggalan bulan atau month dalam Bahasa Inggris mengacu pada penanggalan Masehi yang berlaku secara internasional. Pada penanggalan Masehi terdapat dua belas bulan dalam setahun, yang mana tiap bulannya terdiri dari 29 hari sampai 31 hari. Sistem penanggalan ini pun berlaku juga di Indonesia, sehingga Anda mungkin tidak asing lagi dengan versi Bahasa Inggrisnya.

Berikut nama-nama bulan dalam Bahasa Inggris:

January

Bulan pertama adalah January, yang dalam Bahasa Indonesia Anda kenal dengan Januari. Penyebutan dari January ini adalah [jenyueri], tidak lugas Januari seperti yang biasa diucapkan oleh orang Indonesia. Bulan pertama dalam penanggalan Masehi ini memiliki 31 hari.

February

Selanjutnya adalah February yang dalam Bahasa Indonesia berarti bulan Februari. Penyebutan bulan kedua dalam Bahasa Inggris ini adalah [februeri]. February memiliki jumlah hari yang paling sedikit dibanding bulan lainnya. Pada tahun-tahun biasa, jumlahnya adalah 28 hari. Sedangkan pada tahun kabisat, jumlah hari pada bulan February adalah 29 hari.

March

Bulan ketiga pada penanggalan Masehi dalam Bahasa Inggris adalah March. Dalam Bahasa Indonesia, Anda biasa menyebutnya dengan bulan Maret. Cara melafalkan bulan ini adalah [ma:tc], dengan huruf r dan h yang tidak terlalu jelas.

April

Nama bulan Bahasa Inggris yang selanjutnya adalah April, yang berarti bulan April. Dari segi penulisan, baik dalam Bahasa Inggris maupun Bahasa Indonesia sama. Namun pelafalannya tentu saja berbeda. April dalam Bahasa Inggris dilafalkan dengan [eipril].

May

Setelah April, bulan yang selanjutnya pada penanggalan Masehi adalah May. Dalam Bahasa Indonesia, Anda menyebutnya dengan bulan Mei. Sedangkan pelafalan May dalam Bahasa Inggris adalah [mei], dengan huruf i yang tidak terlalu jelas dan mengayun di akhir. 

June

Bulan keenam pada nama-nama bulan dalam Bahasa Inggris adalah June, yaitu bulan Juni. Cara melafalkan June adalah [ju:n], dengan huruf u yang agak mengayun sebelum ditutup huruf n. Bulan kelima dalam penanggalan Masehi ini memiliki jumlah hari sebanyak 30 hari.

July

Setelah June, bulan selanjutnya adalah July. Jika dalam Bahasa Indonesia Anda mengucapkannya dengan Juli secara jelas, maka pada Bahasa Inggris Anda perlu melafalkannya dengan [julai]. Pengucapan huruf i di akhir agak mengayun dan seolah ada huruf y sebagai penutup. Pada bulan ketujuh ini, terdapat 31 hari di dalamnya.

August

August adalah bulan kedelapan pada versi Bahasa Inggris nama-nama bulan dalam setahun. Dalam Bahasa Indonesia, Anda menyebutnya dengan Agustus secara jelas. Namun pada Bahasa Inggris, pengucapan yang tepat adalah [o:gest] dengan huruf o agak diayun. Seperti bulan July, August pun memiliki jumlah hari sebanyak 31 hari.

September

Bulan kesembilan pada nama-nama bulan dalam Bahasa Inggris adalah September. Secara penulisan, versi Bahasa Inggris ini sama dengan versi Bahasa Indonesia yang tentu sudah Anda kenal. Namun pelafalan September dalam Bahasa Inggris adalah [septembe], dengan huruf r di akhir yang tidak terlalu jelas.

October

Setelah September, nama bulan yang selanjutnya dalam Bahasa Inggris adalah October. Dalam Bahasa Indonesia, bulan ini berarti bulan kesepuluh yaitu bulan Oktober. Pelafalan October dalam Bahasa Inggris adalah [okto:ube], dengan huruf o agak diayun dan huruf r yang tidak terlalu jelas di akhir.

November

Bulan sebelum terakhir pada nama-nama bulan dalam Bahasa Inggris adalah November, yang Anda kenal dengan nama sama pada Bahasa Indonesia. Namun seperti bulan-bulan lainnya, pengucapannya berbeda antara Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Pada Bahasa Inggris, November dilafalkan dengan [nouvembe].

December

Bulan terakhir pada nama-nama bulan dalam Bahasa Inggris adalah December, yang berarti bulan Desember. Cara mengucapkan December dalam Bahasa Inggris adalah [disembe], dengan huruf r yang tidak terlalu jelas di akhir. Bulan terakhir ini memiliki jumlah hari sebanyak 31 hari.

Singkatan Bulan dalam Bahasa Inggris

Setelah memahami nama-nama bulan, selanjutnya Anda perlu mengetahui singkatan nama bulan dalam Bahasa Inggris. Singkatan ini biasanya digunakan pada Bahasa Inggris tertulis atau written English. Anda mungkin tidak akan menemukan singkatan nama bulan pada percakapan atau Bahasa Inggris verbal.

Penulisan singkatan nama bulan ini diakhiri dengan tanda titik. Lebih jelasnya, berikut singkatan nama bulan dalam Bahasa Inggris:

Jan.

Jan. merupakan singkatan untuk Bahasa Inggris nama-nama bulan yang pertama yaitu January.

Feb.

Singkatan yang kedua adalah Feb., yang merupakan kependekan dari February.

Mar.

Singkatan Bahasa Inggris nama-nama bulan yang ketiga adalah Mar., yang merupakan singkatan untuk March.

Apr.

Apr. merupakan singkatan untuk bulan keempat dalam penanggalan Masehi, yaitu April.

May.

Singkatan nama bulan dalam Bahasa Inggris adalah May., yang merupakan singkatan untuk bulan May. Berbeda dengan singkatan bulan lainnya, singkatan dan nama bulan May sama. Yang membedakan hanyalah penggunaan titik pada singkatan May.

Jun.

Jun. merupakan singkatan untuk bulan keenam dalam kalender, yaitu June.

Jul.

Singkatan nama-nama bulan dalam Bahasa Inggris yang selanjutnya adalah Jul. Singkatan ini ditujukan untuk bulan ketujuh, yaitu July.

Aug.

Aug. merupakan singkatan untuk bulan kedelapan dalam penanggalan Masehi, yaitu August.

Sept.

Sept. merupakan singkatan dari nama bulan Bahasa Inggris yaitu September.

Oct.

Singkatan bulan yang selanjutnya adalah Oct., yang berarti bulan October.

Nov.

Nov. adalah singkatan untuk bulan kesebelas dalam kalender, yaitu bulan November.

Dec.

Singkatan yang terakhir adalah Dec., yang merupakan singkatan untuk bulan December.

 

Contoh Penggunaan Nama-Nama Bulan dalam Bahasa Inggris

Dengan memahami nama-nama bulan berikut singkatannya, Anda dapat menggunakannya pada berbagai konteks. Namun tentu saja pemahaman mengenai nama bulan dalam Bahasa Inggris ini tak lengkap tanpa adanya contoh pada kalimat.

Untuk itu, berikut contoh-contoh kalimat yang menggunakan nama bulan dalam Bahasa Inggris:

  • It’s the rainy season in January, so don’t forget to bring your umbrella or raincoat. (Januari adalah musim hujan, jadi jangan lupa bawa payung atau jas hujan Anda)
  • My grandmother will come here on March next year, but I already can’t wait to see her. (Nenek saya akan datang kesini pada Maret tahun depan, tapi saya sudah tidak sabar bertemu dengannya)
  • His gym subscription will end in July and he doesn’t want to extend it. (Langganan gymnya akan habis pada Juli dan dia tidak mau memperpanjangnya)
  • I always like October because I was born on that month. (Saya selalu suka Oktober karena saya lahir pada bulan itu)
  • We often get anxious but also excited when December is coming. (Kita sering merasa gugup tapi juga bersemangat ketika Desember datang)

Demikianlah pembahasan mengenai nama-nama bulan dalam Bahasa Inggris. Semoga dapat menambah pengetahuan Anda!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *