Mengenal Jenis dan Struktur Greeting Card dalam Bahasa Inggris

Pada kesempatan kali ini, kamu akan belajar materi greeting card dalam bahasa Inggris. Di sini, kamu akan mengenal berbagai jenis greeting card dan strukturnya. Tidak lupa juga akan ada contoh greeting card yang bisa kamu jadikan referensi untuk menulis. Yuk, simak!

Mengenal Greeting Card

greeting card

Pernahkah kamu menerima kartu ucapan saat kamu ulang tahun dari teman, orang tua, atau saudara? Nah, dalam bahasa Inggris kartu seperti itu dikenal dengan sebutan greeting card

Pada umumnya, greeting card ini orang berikan untuk mengutarakan ucapan selamat atau congratulations. Namun tidak sedikit juga orang yang kadang-kadang memberikan greeting card berisi rangkaian doa serta harapan untuk penerimanya.

Jenis-Jenis Greeting Card

greeting card

Nah, tahukah kamu ada berapa macam greeting card yang sesungguhnya ada di luar sana? Bukan hanya kartu ucapan untuk ulang tahun saja, ternyata greeting card memiliki beragam variasi. Berikut adalah berbagai varian greeting card yang rupanya ada di luar sana:

1. Birthday Card

Kartu ucapan yang bisa kamu gunakan untuk mengucapkan kebahagiaan atas ulang tahun seseorang. Biasanya seseorang akan menuliskan ucapan selamat ulang tahun serta doa untuk orang yang merayakan hari kelahirannya.

2. Get Well Card

Pada umumnya kartu ini seseorang berikan kepada orang yang sedang sakit. Rata-rata, kartu isi berisi doa serta harapan agar orang yang sakit lekas sembuh dan juga segera sehat kembali.

3. Wedding Card

Kartu ucapan ini biasa orang berikan kepada pasangan yang menikah sebagai wujud turut berbahagia atas pernikahan kedua mempelai.

4. Religious Celebration Card

Kartu perayaan agama adalh kartu yang seringkali orang berikan untuk merayakan perayaan agama secara spesifik. Misalnya, mengucapkan selamat Idul Fitri dan juga Natal.

5. Sympathy Card

Umumnya, kartu ini diberikan sebagai wujud belasungkawa atas kejadian buruk menimpa seseorang, seperti kematian kerabat atau keluarganya.

6. Greeting Card Congratulation

Kartu ini bisa kirimkan kepada seseorang untuk mengekspresikan perasaaan bahagia atas pencapaian seseorang. Misalnya saja saat ada teman yang menang lomba atau lulus sekolah.

Struktur Greeting Card dan Contohnya

greeting card

Untuk dapat menulis kartu ucapan yang baik, tentu saja kamu harus terlebih dahulu memahami struktur penulisan greeting card yang baik. Nah, apa saja isi greeting card ini? 

Menurut strukturnya, kartu ucapan terbagi menjadi tiga elemen yakni receiver (penerima), body (badan surat), dan sender (pengirim)

Secara singkat, kamu bisa menuliskan nama penerima kartu ucapan pada bagian receiver dan nama pengirim kartu pada bagian sender. Sedangkan untuk bagian badan surat atau body, kamu bisa menuliskan ucapan selamat, doa, atau harapan, tergantung pada jenis greeting card yang kamu buat.

Untuk memperjelas konstruksi penulisan greeting card, kamu bisa melihat contoh di bawah ini sebagai referensi:

Receiver: 

To my beautiful friend, Siska.

(Untuk sahabatku yang cantik, Siska)

Body: 

Siska, happy sweet seventeen birthday to you! I hope you grow into an intelligent girl, a kind and lovely person. Hopefully, the things you want can also be realized as soon as possible.

(Siska, selamat ulang tahun ke tujuh belas untukmu! Aku berharap agar kamu tumbuh menjadi gadis yang cerdas, orang yang baik dan cantik. Semoga hal-hal yang diinginkan juga dapat terwujud secepatnya.)

Sender:

From your funniest friend, Cecil.

(Dari temanmu yang paling lucu, Cecil)

Itu di penjelasan singkat materi greeting card kelas 8 dan juga contoh greeting card. Semoga pembahasan mengenai greeting card ini dapat berguna dan menambah wawasan kamu!

Tinggalkan komentar