Expression of Surprise Dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya

Expression of Surprise Dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya

Mungkin Anda masih sering bingung dengan Expression of Surprise. Sebenarnya hal ini merupakan cara mengekspresikan suatu keterkejutan akan sebuah kabar atau berita. Sama halnya dengan bahasa Indonesia pasti ada ekspresi khusus yang berfungsi untuk mendeskripsikan keterkejutan.

Nah, dalam bahasa Inggris hal ini juga sering kali kita temukan. Biasanya dialog sehari-hari hal ini bersamaan dengan berbagai ekspresi. Meskipun begitu mungkin masih banyak orang yang bingung mengenai hal ini, sehingga mereka masih sering salah dalam mengartikannya.

Meski begitu tanpa kita menyadarinya, pasti dalam kehidupan sehari-hari Anda akan menemui suatu kondisi yang mengejutkan dan merasa tidak percaya dengan hal tersebut. Nah, biasanya rasa terkejut dan tidak percaya ini sering kita ungkapkan dengan berbagai cara, mulai dari ungkapan atau sikap.

Meskipun Anda sering kesulitan jika harus mengungkapkan Expression of Surprise dengan bahasa Inggris, nyatanya Anda juga pernah melakukan hal ini meski menggunakan bahasa Indonesia. Nah, bedanya sekarang ini Anda harus mengungkapkannya menggunakan bahasa Inggris. Sebenarnya hal ini mudah saja kita lakukan dengan menggunakan beberapa kata Bahasa Inggris yang mudah.

Agar bisa memahami hal ini tentunya Anda juga harus bisa menguasai dengan mempelajarinya terlebih dahulu, supaya Anda tidak salah dalam menggunakannya. Hal ini memang cukup mudah untuk kita pelajari daripada dengan berbagai materi bahasa Inggris lainnya, Anda bisa mempelajarinya dengan mudah jika mau.

Anda hanya perlu memahami kalimat apa yang cocok, contohnya dengan mengungkapkan atau merespon keterkejutan. Selanjutnya Anda bisa menggunakan kalimat tersebut, tapi Anda juga harus memperhatikan apakah kalimat tersebut cocok atau tidak.

Namun sebelum itu, tentu ada baiknya jika Anda mempelajarinya terlebih dahulu. Karena tentunya Anda tidak bisa mengungkapkannya dengan sembarangan, ada beberapa hal yang harus penting untuk kita perhatikan. Karena seperti yang kita tahu ketika Anda salah dalam mengungkapkan sesuatu dalam bahasa Inggris tentu nanti pengertiannya juga akan berbeda.

Expression of Surprise Dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya
pixabay.com

Pengertian Expression of Surprise Dalam Bahasa Inggris

Sebelum pembahasan lebih jauh, sebaiknya Anda mengetahui dan memahami pengertiannya. Mungkin Anda sudah tidak asing dengan kata surprise. Dalam bahasa Indonesia surprise ini berarti keterkejutan, perasaan ini biasanya muncul karena sesuatu yang tidak terduga.

Nah, tentu ketika Anda berada di posisi ini pasti Anda akan bereaksi dengan ekspresi yang berbeda dan inilah yang disebut dengan expression. Jadi ketika kita gabungkan, kalimat Expression of Surprise ini merupakan sebuah ekspresi untuk menunjukkan keterkejutan akan suatu hal yang terjadi.

Ketika Anda terkejut akan sesuatu hal pasti Anda akan menunjukkannya dengan berbagai respon atau ekspresi yang bermacam-macam. Hal ini tergantung dengan hal apa yang membuat Anda terkejut seperti berita menyenangkan atau menyedihkan, karena tentunya respon pada keduanya akan sangat berbeda.

Anda tidak bisa menunjukan Expression of Surprise pada berita menggembirakan dengan kalimat atau sikap yang terlihat sedih. Begitupun dengan sebaliknya, Anda juga tidak bisa mengekspresikan kesedihan dengan ekspresi yang senang.

Untuk itu, sebaiknya memang Anda memahami hal ini sehingga nanti Anda tidak salah dalam merespon atau mengekspresikan sesuatu. Mungkin bagi mereka yang sudah lama belajar bahasa Inggris hal ini tidak sulit dilakukan, namun bagi mereka yang memang masih pemula pasti akan merasa kesulitan.

Biasanya hal ini terjadi ketika Anda tidak menyangka jika hal tersebut terjadi pada Anda. Nah, biasanya hal ini harus Anda sikapi dengan berbagai hal. Meskipun akan merasa asing akan hal ini dalam bahasa Inggris, kenyataannya hal ini seharusnya cukup familiar dengan kehidupan Anda.

Expression of Surprise ini sering kita gunakan untuk kehidupan sehari-hari, makanya sangat penting bagi Anda untuk memahami penggunaannya. Sehingga nantinya Anda bisa menerapkannya  dengan lebih mudah. Untuk itu ada baiknya Anda mempelajarinya dengan benar.

Karena pastinya Anda sudah pernah mengalami hal ini. Nah, perbedaannya sekarang ini Anda harus mengungkapkan keterkejutan dengan bahasa Inggris. Tidak hanya cara mengungkapkannya saja yang harus  kita perhatikan, namun cara meresponnya juga harus Anda pahami dengan benar.

Namun jika Anda memang benar-benar mempelajarinya tentu akan sangat mudah untuk menggunakan kalimat ketika merespon sebuah ungkapan keterkejutan. Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda memahami hal tersebut sehingga Anda tidak akan salah dalam menggunakannya.

Penggunaan

Penggunaan Expression of Surprise ini tentunya juga bertujuan untuk mengekspresikan keterkejutan terhadap sesuatu yang terjadi. Hal ini biasanya menggunakan ekspresi dalam berbagai sikap, kata atau bahkan tingkah laku, ada berbagai kata bahasa Inggris yang umumnya berfungsi untuk mengungkapkan hal ini.

Selain itu, ketika Anda ingin merespon suatu keterkejutan juga ada berbagai cara yang bisa Anda gunakan, mulai dari perkataan hingga perbuatan. Hal ini biasanya tergantung dengan berbagai hal, contohnya dengan siapa Anda menunjukan rasa keterkejutan tersebut.

Karena nyatanya penggunaan kalimat maupun menunjukan perilaku untuk menunjukan hal ini juga harus kita sesuaikan dengan siapa sedang berbicara. Expression of Surprise ini bisa saja kita ungkapkan dengan kata atau perbuatan formal maupun informal, tujuannya tentu untuk menunjukan kesopanan terhadap lawan bicara.

Selain itu Anda juga harus memahami cara mengungkapkan hal ini, dengan ini tentunya Anda jadi akan lebih mudah untuk mengekspresikan hal tersebut. Namun bagi Anda yang masih merasa bingung akan hal ini ada baiknya untuk memahami berbagai hal terlebih dahulu.

Sebenarnya penggunaan Expression of Surprise ini memiliki berbagai makna sesuai dengan kalimat dan jenis kalimat yang kita gunakan. Makanya dalam menggunakan sebuah kalimat untuk menggambarkan hal ini kita tidak bisa sembarangan, ada berbagai hal yang harus Anda perhatikan.

Karena tidak semua jenis Expression of Surprise  dapat digunakan untuk merespon atau mengungkapkan keterkejutan, hal ini biasanya juga dipengaruhi oleh situasi saat itu. Makanya ada baiknya jika Anda memahami hal ini sebelum menerapkannya untuk kehidupan sehari-hari Anda.

Contoh Dialog 1

Sebenarnya ada banyak sekali contoh dialog Expression of Surprise ini, bahkan mungkin Anda juga pernah melakukan hal ini dalam kehidupan sehari-hari. Biasanya ungkapan keterkejutan ini juga akan dibarengi dengan respon atas keterkejutan tersebut, Anda harus bisa memahami keduanya.

Sehingga ketika Anda berada di posisi terkejut maupun merespon Anda sudah bisa mengungkapkannya dengan baik dan benar. Nah, bagi Anda yang masih bingung dengan hal ini sebaiknya pahami contoh dialog dan respon tentang keterkejutan di bawah ini.

Contoh dialog:

Yaya: Guess what? I’m going to go to Amerika!

Sasa: Wow! Are you serious? that’s a great news.

Yaya: Yeah! I will bring some give for you, Sasa.

Sasa: Okay, thanks Yaya.

Contoh Dialog 2

Dari contoh dialog Expression of Surprise di atas bisa kita simpulkan jika Sasa mengeksperikan keterkejutannya dengan kata “Wow! Are you serious?”. Hal ini menggambarkan bahwa Saya terkejut ketika mendengar kabar bahwa Yaya akan pergi ke Amerika.

Sasa juga menunjukkan rasa ketidak percayaannya akan berita tersebut dengan kalimat “are you serious?”, hal ini menunjukkan rasa kurang percaya dengan berita tersebut. Nah, dari dialog sederhana ini tentunya akan jauh lebih mudah bagi Anda untuk memahami materi kali ini.

Selain kata Wow Anda juga bisa mengekspresikan keterkejutan ini dengan kata what, untuk memastikan jika kabar yang Anda dengar tersebut memang benar-benar terjadi. Atau Anda juga bisa menggunakan kalimat “That’s a surprise”, untuk mengekspresikan keterkejutan yang membahagiakan.

Nah jika Anda ingin memberitahukan tentang berita mengejutkan bisa menggunakan kalimat “guess what!” atau “I’ve got news” untuk merespon sebuah surprise yang membahagiakan. Bisa juga dengan “surprise”, “do you know what” dan masih banyak lagi contoh untuk memberitahukan tentang berita yang mengejutkan.

Contoh dialog:

Sasa: It is such a nice book. How much is this?

Siti: It’s one hundred thousand rupiah

Sasa: What ? you are kidding !

Siti: no, I’m not

Sasa: It’s too expensive

Siti: I know

Nah, dari contoh dialog Expression of Surprise berikutnya ini menunjukan keterkejutan atas harga sebuah buku yang terlalu mahal. Sasa menunjukan keterkejutannya menggunakan kalimat “what ? you are kidding!”, atau bisa kita artikan ketidakpercayaan karena ia beranggapan jika itu terlalu mahal.

Dari contoh ini kita juga bisa belajar dan memahami dengan mudah contoh kalimat yang bisa kita gunakan untuk menunjukan keterkejutan akan suatu hal. Anda bisa memahami dan mempraktekannya untuk kehidupan sehari-hari jika ingin memahami hal ini dengan lebih jelas, dan tidak salah.

Cara Merespon

Selain cara mengungkapkan tentunya Anda juga harus tahu cara merespon Expression of Surprise ini, sebenarnya untuk merespon hal ini bisa diungkapkan dengan berbagai kata. Hal yang paling penting ada banyak sekali kata yang bisa digunakan untuk mengekspresikan hal ini dan tentunya sangat mudah untuk diingat dan diucapkan.

Misalnya saja dengan kata Yeah, I’m serious, No, I’m not kidding, It is, Sure, It’s true, atau Yup, Anda bisa menggunakannya tergantung dengan keterkejutan apa yang hadir. Jika dalam sebuah dialog menanyakan keseriusan berita Anda bisa menggunakan kata yeah, I’m serious atau yup untuk merespon kebenaran berita yang Anda sampaikan tersebut.

Sedangkan jika Anda ingin membenarkan sebuah ungkapan Expression of Surprise maka Anda bisa menggunakan it is yang berarti betul. Sebenarnya hal ini tergantung dengan ungkapan keterkejutan yang diberikan, sehingga Anda bisa menentukan respon yang tepat untuk membenarkan atau mengoreksi kebenaran berita tersebut.

Biasanya untuk kata “wow” sendiri untuk menunjukan keterkejutan akan sesuatu yang menakjubkan, atau juga bisa menggunakan “what”. Namun biasanya what ini ditujukan untuk keterkejutan akan sesuatu yang kurang mengenakan, makanya sangat penting untuk Anda memahami hal ini.

Cara merespon Expression of Surprise ini bisa menggunakan berbagai kalimat seperti “That’s a surprise” atau dengan kalimat lebih singkat seperti “Really”. Sebenarnya ada banyak sekali respon yang harus Anda pelajari untuk bisa merespon ebuah keterkejutan.

Agar nantinya Anda tidak salah menggunakan kata untuk merespon keterkejutan, karena meski intinya sama tentu tetap saja Anda harus memilih kalimat yang tepat. Dengan ini tentunya Anda juga akan lebih mudah dan tidak akan salah lagi dalam mengekspresikan sebuah keterkejutan akan sesuatu.

Biasanya ketika Anda mendapatkan pertanyaan atau kalimat atas keterkejutan maka Anda akan meresponnya, nah banyak yang biasanya menggunakan ungkapan ketidakpercayaan. Untuk itu, berarti Anda harus merespon ketidak percayaan ini dengan berbagai kalimat misalnya seperti “are you serious”.

Atau bisa juga dengan menggunakan kalimat “are you kidding” atau bisa juga dengan “this is really a surprise”  hal ini bisa disesuaikan dengan siapa Anda berbicara. Selain hal tersebut, sebenarnya juga masih ada berbagai macam expression yang bisa Anda tunjukan sesuai dengan jenisnya.

Macam-macam Expression Dalam Bahasa Inggris

Ternyata Expression of Surprise ini juga terdiri dari berbagai macam, yang tentunya setiap jenis tersebut memiliki kegunaan yang berbeda. Hal ini dibedakan menjadi jenis informal dan formal, tentunya keduanya ini juga memiliki penggunaan yang berbeda, untuk itu ada baiknya jika Anda memahami hal ini.

Sebenarnya hal ini sama halnya dengan Anda harus mengekspresikan sesuatu berdasarkan dengan apa yang mengejutkan Anda. Untuk itu, ada baiknya jika Anda memahaminya terlebih dahulu sebelum menerapkannya untuk kehidupan sehari-hari, jangan sampai Anda salah menggunakannya.

Anda juga bisa menggunakan bahasa Indonesia yang diterjemahkan ke bahasa Inggris jika masih kesulitan untuk mengungkapkannya. Namun tentunya tetap pastikan jika Anda sudah benar dalam menggunakan kalimat atau kata tersebut, sehingga tidak akan mengandung arti yang salah.

Bagi Anda yang belum tahu mengenai hal ini, ada baiknya untuk tetap memperhatikan, agar nantinya Anda tidak salah dalam menggunakannya. Nah, untuk itu berikut ini berbagai macam expression dalam bahasa Inggris yang harus Anda ketahui sebelum lebih jauh mengenal akan hal ini.

Formal

Expression of Surprise formal ini tentunya bertujuan untuk mengekspresikan keterkejutan dengan cara yang lebih formal, yang biasanya ditujukan ketika berbicara dengan orang yang lebih tua. Misalnya dengan kalimat ”I find that very surprising”, mungkin sebagian orang masih jarang yang memperhatikan hal ini.

Padahal tentunya hal ini tidak kalah pentingnya, agar Anda tidak salah dalam merespon atau mengungkapkan keterkejutan. Untuk itu ada baiknya Anda memahami contoh kalimat formal untuk mengungkapkan atau merespon suatu keterkejutan ini.

Biasanya kalimat formal ini kita pakai untuk menunjukan keterkejutan akan suatu hal yang mustahil ketika Anda mendengarnya dari orang yang lebih tua atau seseorang yang terhormat. Karena tentunya Anda tidak bisa sembarangan menggunakan kalimat untuk mengungkapkan sesuatu, hal ini harus sesuai dengan siapa Anda berbicara.

Informal

Contoh Expression of Surprise informal ini sebenarnya sama halnya dengan formal, bedanya hanya terletak pada kata yang Anda gunakan. Biasanya untuk kata  pada kalimat informal ini jauh lebih santai dibandingkan dengan kata yang biasa untuk sebuah situasi formal.

Misalnya seperti “fantastic”, hal ini menunjukan keterkejutan akan suatu hal yang mengagumkan, atau dengan kalimat “are you serious”. Tentunya akan kurang sopan jika Anda menggunakan kalimat “are you serious” untuk berbicara dengan orang yang lebih tua.

Sebenarnya Expression of Surprise ini sangat mudah untuk kita pahami, asalkan Anda sudah mengetahui berbagai kosa kata bahasa Inggris. Karena nantinya kosakata ini akan sangat berguna untuk mengungkapkan atau merespon sebuah kalimat keterkejutan akan sesuatu. Makanya jika Anda ingin bisa melakukan hal ini ada baiknya untuk memahaminya terlebih dahulu hal-hal tersebut. Sehingga Anda tidak akan merasa kesulitan lagi untuk menunjukan atau merespon keterkejutan akan sesuatu hal yang mengejutkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.