Contoh Biodata Diri (CV) dalam Bahasa Inggris, Poin Penting yang Diperhatikan

Contoh biodata diri CV dalam bahasa Inggris sangatlah penting untuk kita pelajari. Meskipun bagi sebagian besar orang, membuat CV dalam bahasa Inggris merupakan hal yang sulit. Apalagi bila kita bandingkan dengan membuat CV ke dalam bahasa Indonesia.

Akan tetapi terdapat beberapa point penting yang bisa kita pahami dengan baik. Sehingga membuat biodata CV ke dalam bahasa Inggris ini menjadi lebih mudah.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami paparkan selengkapnya untuk anda. Mulai dari pemahaman biodata CV dalam bahasa Inggris itu sendiri, fungsi, bagian terpenting yang harus kita perhatikan, hingga contoh-contohnya. Pastinya juga dilengkapi dengan penjelasan secara detail.

Contoh Biodata Diri CV dalam Bahasa Inggris dan Penjelasannya

Bagi kita yang sudah terbiasa dengan dunia pekerjaan, CV ini bukanlah hal asing lagi. Akan tetapi, berbeda dengan mereka yang masih awam.

Sederhananya, CV singkatan dari Curriculum Vitae. Kita sering menyebutnya sebagai daftar riwayat hidup ataupun biodata.

Dalam CV terdapat beberapa hal penting yang harus kita cantumkan sebagai informasi mengenai diri kita. Misalnya saja seperti identitas diri, riwayat pendidikan, karir, hobi, dan lain sebagainya.

Sebenarnya, dalam menulis biodata CV ini bisa menggunakan berbagai macam bahasa sesuai dengan kebutuhan. Salah satunya adalah dengan menggunakan bahasa Inggris ini.

Fungsi dan Pentingnya Biodata Diri CV dalam Bahasa Inggris

Sebelum kita mempelajari lebih lanjut mengenai contoh biodata diri CV dalam bahasa Inggris, ada baiknya untuk mengetahui apa saja fungsi-fungsinya. Sebab, dengan kita mengetahui fungsi dan peran pentingnya, akan semakin membuat anda bersemangat dalam belajar bahasa Inggris.

Terutama dalam membuat biodata CV dalam bahasa Inggris ini. Umumnya, CV sering kali kita gunakan untuk melamar sebuah pekerjaan tertentu. Selain itu, juga dapat kita gunakan untuk melanjutkan studi maupun kebutuhan identitas lainnya.

Penting untuk kita ketahui bersama, biodata CV dalam bahasa Inggris ini memiliki nilai plus apabila kita bandingkan dengan penggunaan bahasa lainnya.

Isi Biodata Diri Yang Harus Diperhatikan

Agar kita dapat membuat biodata CV dalam bahasa Inggris yang baik dan benar, harus memperhatikan beberapa isi atau poin penting. Poin-poin penting ini juga dapat anda jadikan sebagai panduan untuk menulisnya.

Berikut ini adalah penjelasan selengkapnya untuk anda.

Personal Details (Data atau Identitas Diri)

Sesuai dengan namanya, personal details atau data diri ini merupakan bagian penting pada biodata CV dalam bahasa Inggris. Umumnya, bagian ini akan berisikan data-data pribadi secara lengkap.

Kita perlu mencantumkan informasi penting seperti halnya, nama lengkap, tempat beserta tanggal lahir, alamat lengkap, nomor telepon yang masih aktif, dan juga alamat email.

Terkadang beberapa perusahaan ataupun institut mungkin saja akan meminta data pribadi yang jauh lebih detail. Misalnya saja seperti jenis kelamin, agama, dan data diri lainnya.

Education Details atau Riwayat Pendidikan

Ketika kita membuat contoh biodata CV dalam bahasa Inggris, maka jangan lupa untuk mencantumkan education details atau riwayat pendidikan. Pada dasarnya, pada bagian riwayat pendidikan ini sangatlah penting untuk kita sertakan.

Baca Juga :  Simple Past Tense: Pengertian, Rumus, dan Contoh Penggunaannya

Apalagi jika kita melamar sebuah pekerjaan dalam sebuah perusahaan tertentu yang memberikan syarat untuk mencantumkan riwayat pendidikan tersebut. Untuk bagian ini, kita tidak perlu menyebutkan seluruh riwayat pendidikan yang kita miliki.

Berikut ini adalah informasi riwayat pendidikan yang bisa kita cantumkan pada biodata CV dalam bahasa Inggris ketika hendak melamar sebuah pekerjaan.

  • Junior High School (Sekolah Menengah Pertama)
  • Senior High School (Sekolah Menengah Atas)
  • Vocational School (Sekolah Menengah Kejurusan)
  • College (Kampus)
  • University (Universitas)

Selain ini, kita juga perlu untuk menyertakan lokasi maupun tempat ketika menempuh studi tersebut. Jangan lupa untuk memberikan informasi tambahan seperti tahun masuk studi, hingga tahun kelulusan.

Job Experiences atau Pengalaman Kerja

Point penting lainnya saat membuat contoh biodata CV dalam bahasa Inggris adalah job experiences atau pengalaman kerja. Pengalaman kerja ini sering kali menjadi syarat paling penting saat melamar sebuah pekerjaan.

Begitu pula ketika kita membuat biodata CV dalam bahasa Inggris, maka poin ini jangan sampai terlewatkan, karena dapat memberikan nilai plus bagi kita dan peluang besar untuk diterima.

Ketika kita sebelumnya sudah pernah mengikuti sebuah program magang atau bekerja part time maupun full time, maka silahkan cantumkan ke dalam biodata CV. Perusahaan tentu saja akan mempertimbangkan lamaran pekerjaan kita karena dianggap lebih siap untuk bekerja.

Bukan hanya itu saja, dari pengalaman kerja yang kita miliki sebelumnya juga memberikan pengaruh terhadap kebijakan perusahaan. Terutama dalam menjalankan training.

Tuliskan pengalaman kerja terbaik yang kita miliki. Untuk memberikan nilai lebih, jangan lupa pula untuk mencantumkan detail dari pekerjaan tersebut. Dengan demikian, pihak perusahaan dapat mengetahui skill dan kontribusi kita.

Hobbies and Interests atau Hobi dan Minat

Poin selanjutnya yang tak kalah penting untuk kita cantumkan saat membuat contoh biodata CV dalam bahasa Inggris adalah hobi dan minat. Meskipun terdengar sepele, akan tetapi informasi terkait hobi dan minat ini memberikan pengaruh bagi perusahaan dalam merekrut karyawan baru.

Tidak perlu terlalu panjang untuk menuliskan bagian yang satu ini. Kita cukup menuliskan hobi maupun minat kita secara singkat dan juga lugas.

Bisa dengan menggunakan bullets atau tanda lainnya seperti dash atau bintang. Hal ini kita lakukan dengan tujuan untuk memisahkan hobi yang berbeda.

Selain itu, apabila memungkinkan anda juga bisa mencantumkan hobi dan minat yang berkaitan dengan pihak lain. Meskipun terdengar sangat penting, tidak perlu untuk menuliskan hobi dan minat dalam jumlah yang terlalu banyak. Apalagi jika data tersebut tidak berkaitan dengan pekerjaan maupun perusahaan yang sedangkan anda incar saat ini.

Skills atau Talenta/Kemampuan

Ketika membuat contoh biodata CV dalam bahasa Inggris, maka jangan lupa untuk mencantumkan skill atau talenta. Jangan sungkan atau malu untuk menyertakan talenta atau kemampuan yang benar-benar anda sukai.

Misalnya saja, jika anda memiliki kemampuan berbahasa asing, maka jangan lupa untuk menuliskan levelnya juga. Seperti good conversational English, basic Germany, and Chinese.

Bukan hanya itu saja, tambahkan pula kemampuan anda dalam menguasai pengoperasian komputer maupun program. Misalnya seperti good working knowledge of basic graphic design and Microsoft Office.

Contoh Biodata CV dalam Bahasa Inggris
Contoh Biodata CV dalam Bahasa Inggris

Contoh Biodata Diri CV dalam Bahasa Inggris Standar

CV tipe standar, biasanya kita gunakan karena belum mempunyai pengalaman kerja. Ketika menulis CV jenis ini, usahakan untuk jujur apa adanya terutama kaitannya dalam menilai kepribadian diri kita sendiri.

Tonjolkan pencapaian-pencapaian ketika masih di bangku sekolah maupun kuliah sebagai daya tarik perusahaan merekrut kita untuk bergabung. Jika saat sekolah hingga kuliah tidak pernah terlibat aktif organisasi, kita juga bisa menonjolkan kebolehan dari hal yang lain misalnya hobby, pengalaman magang, atau kegiatan kemasyarakatan.

Baca Juga :  Panduan Definitif untuk Mempersiapkan TOEFL iBT Sendiri

CURRICULUM VITAE

Personal Details

  • Name: Gembul Berdikari Sentosa
  • Date of Birth: February, 31th, 2000
  • Gender: Male
  • Address: Maju Sejahtera St, Kampong Durian Runtuh.
  • Marital Status: Married
  • Religion: Islam
  • Nationality: Indonesian
  • Phone: (021) 223450
  • Cellphone: +62 899 234 231
  • Email: gembulsentosa@mailmail.com

Education Details

  • 2007 – 2012 Maju Indonesia Elementary School, Kampung Durian Runtuh
  • 2012 – 2015 Kampung Durian Runtuh 12 Junior High School, Kampung Durian Runtuh
  • 2015 – 2018 Kekeluargaan High School, Kampung Durian Runtuh
  • 2018 – 2020 Architecture, Universitas Merdeka Raya (GPA: 3,99/4,00 Job Experiences
  • March 2018 – Part time Baristas, Starbecks Coffee
  • May 2019 – President of Student Executive Board, Universitas Merdeka Raya

Skills

  • Microsoft Office, English (Active), Correl Draw, Writting

Personality

  • Active, responsible, smart, communicative

Contoh Biodata Diri Posisi Creative Director

Ada hal yang perlu kita perhatikan dalam menulis sebuah CV. Sama seperti sebuah surat, CV juga harus kita sesuaikan dengan perusahaan yang kita tuju. Kita perlu melakukan sebuah penelitian kecil tentang perusahaan yang ingin kita daftar.

Hasil dari penelitian kecil tersebutlah yang kemudian kita gunakan sebagai dasar pembuatan sebuah CV. Pasalnya kita perlu menentukan sifat CV yang bakal kita buat apakah CV ini bersifat formal, semi formal atau non formal.

Pada contoh CV untuk mendaftar di posisi Creative Director, kita dapat mengirimkan CV yang bersifat semi-formal. Artinya, kita dapat lebih memainkan kreatifitas kita dalam membentuk CV yang akan kita kirimkan.

Mainkan sejumlah aksen-aksen seni yang manis pada biodata atau CV kita. Namun, tentu saja maksud dari CV tersebut harus tercapai.

Untuk contoh biodata CV jenis ini kita dapat menonjolkan kemampuan atau skill kita dalam hal seni dan industri kreatif. Selain itu, kita juga dapat menonjolkan pengalaman kerja kita atau pengalaman organisasi yang tentunya berkaitan erat dengan dunia seni. Jangan asal atau sembarangan dalam membuat biodata CV dengan menggunakan bahasa Inggris.

Contoh Biodata Diri Posisi Content Writter

Untuk CV yang kita tunjukkan dalam mendaftar posisi penulis konten atau media, salah satu rubrik yang perlu kita tambahkan adalah penjelasan tentang deskripsi diri yang lebih luas. Meski luas dan menyeluruh, tentu kita tidak bisa membuat rubrik ini terlalu panjang.

Dalam rubrik tersebut kita juga dapat membahas tentang hobby yang kita miliki. Poin plus untuk mendaftar pada posisi penulis konten akan meningkat jika hobby yang kita miliki adalah membaca buku.

Selain memasukkan ulasan singkat tentang hobby, kita juga perlu memasukkan rubrik bahasa yang kita kuasai jika mendaftar sebagai penulis konten. Pasalnya, dalam menghasilkan tulisan yang berkelas terkadang penulis konten tidak hanya bisa bergantung pada satu bahasa saja.

Hal yang paling penting, kita harus menampilkan referensi agar CV semakin kuat. Referensi tidak hanya berasal dari tempat kerja saja, jika anda sebelumnya belum pernah bekerja, maka alamat blog pribadi sudah cukup untuk menunjukkan keahlian kita dalam menulis.

Contoh Biodata Diri Posisi Illustrator

Seperti halnya namanya, seorang illustrator biasanya adalah orang-orang yang kreatif dalam mendesain sesuatu. Hal tersebut yang membuat CV menjadi bahan penilaian pertama dan krucial bagi kita yang mendaftar pada posisi illustrator.

Selain data diri biasa yang bersifat wajib, kita juga perlu menyantumkan beberapa abilities atau kemampuan yang kita miliki. Perlu kita ketahui, ada beberapa kemampuan yang paling tepat untuk posisi illustrator.

Kemampuan tersebut antara lain character design (desain karakter), illustration (ilustrasi),  logo and branding (logo dan merk), graphic design (desain grafis), print design (desain cetak), user interface (tampilan user), dan concept art (konseptor seni).

Baca Juga :  Cara Penulisan Tanggal Dalam Bahasa Inggris Yang Benar dan Lengkap

Selain kemampuan di atas, kita juga dapat menampilkan ketertarikan atau interest yang kita miliki pada bidang tertentu. Usahakan juga kita menyantumkan keahlian terhadap software-software pendukung kegiatan illustrator.

Terakhir, CV akan semakin kuat jika kita menyantumkan portofolio buatan kita. Portofolio sendiri merupakan sebuah kolase hasil karya yang pernah kita buat.

Untuk posisi illustrator, biasanya portofolio berisi dengan desain-desain gambar yang telah kita buat. Usahakan hanya menampilkan hasil gambar terbaik kita saja, tidak perlu menuliskan semua karya yang kita buat.

Contoh Biodata Diri Posisi Guru

Tidak hanya untuk pekerjaan yang bertajuk dengan bahasa Inggris saja, penggunanya CV berbahasa Inggris juga dapat kita gunakan untuk melamar pekerjaan yang tidak berkaitan dengan bahasa Inggris seperti halnya, guru.

Biasanya, menuliskan CV dalam bahasa Inggris akan memberikan poin tambahan untuk pelamar. Namun yang perlu kita ingat, jika ketentuan pendaftaran adalah membuat CV dalam bahas Indonesia, maka jangan sekali-kali mengirimkan CV dalam bahas Inggris.

Pada dasarnya, CV untuk posisi guru juga tidak terlalu jauh berbeda dengan posisi yang lain. Poin-poin standar pada CV seperti personal information, academic background, skills, experience, languages dan interest tentu penting untuk kita cantumkan. Sebagai tambahan, kita dapat menguasai dan memahami career objective atau tujuan karier jika mendaftar pada posisi guru.

Contoh Biodata Diri Posisi Akuntan

Dalam membuat CV untuk posisi akuntan, seperti biasa, masalah mengenai data identitas diri adalah hal yang wajib untuk kita isi secara menyeluruh. Pada bagian ini kita juga bisa membuat sebuah ulasan singkat tentang diri kita dalam sebuah kalimat sederhana. Seperti halnya contoh di bawah ini.

“An hardworker holic, with some twist in humor,” dalam bahasa Indonesia kalimat tersebut berarti “Seorang pekerja keras yang memiliki sedikit humor,”

Menuliskan kalimat seperti di atas menunjukkan bahwa kita adalah pribadi yang pekerja keras namun tetap bisa santai untuk berkomunikasi. Karena pada dasarnya setiap perusahaan pasti mencari pribadi yang nyaman untuk diajak berkomunikasi.

Disamping menuliskan identitas diri dan juga sedikit ulasan seperti di atas, kita juga dapat menambahkan rubrik expertise atau keahlian yang tentunya juga harus kita sesuaikan dengan keahlian yang bersifat wajib bagi akuntan.

Keahlian-keahlian yang wajib dimiliki akuntan tersebut antara lain, melticulous atau teliti, patient atau sabar, focus atau fokus, dan keahlian lainnya. Setelah menulis poin-poin ini, kita juga tidak boleh lupa memberikan bagian lainnya seperti experience, educational, skills and hobbies pada bagian CV kita.

Kita juga dapat menambahkan sertifikat pelatihan yang telah kita ikuti untuk menambah daya tarik CV kita. Sehingga kita mendapatkan peluang untuk diterima bekerja dalam perusahaan tersebut.

Itulah tadi beberapa penjelasan mengenai cara menuliskan biodata CV dalam bahasa Inggris yang baik dan benar. Dengan memperhatikan setiap contoh yang diberikan, anda akan lebih mudah untuk memahaminya.

Selain itu, poin-poin penting yang sudah dijelaskan sebelumnya, tentu saja harus selalu kita perhatikan. Biodata CV dalam bahasa Inggris yang lengkap tentunya akan memberikan informasi lebih jelas mengenai diri kita.

Menulis dan membuat contoh biodata CV dalam bahasa Inggris tidaklah sulit. Untuk itulah, jangan pernah ragu untuk memperlihatkan kemampuan terbaik anda dengan memperlihatkan biodata CV dalam bahasa Inggris terbaik.  Baca artikel sebelumnya tentang Cara Menulis Tanggal Bahasa Inggris , Contoh Interview Kerja Bahasa Inggris dan Kumpulan Contoh Bahasa Inggris. Selamat mencoba dan semoga berhasil!.