Aturan di Sekolah: Pengertian, Tujuan, Manfaat, dan Contoh

Aturan di Sekolah: Pengertian, Tujuan, Manfaat, dan Contoh

Setiap sekolah, tentunya mempunyai peraturan yang harus kita patuhi oleh seluruh anggotanya. Oleh sebab itu, contoh aturan di sekolah memang seharusnya wajib orang-orang yang ikut serta di dalamnya ketahui. Dengan begitu, maka akan tercipta suasana yang tertib dan juga disiplin. 

Namun, sebelum mengenal contohnya, seluruh warga sekolah juga sangat penting untuk memahami penjelasan lainnya mengenai aturan tersebut. Adapun penjelasan yang perlu kita pahami, seperti istilah, tujuan dan juga manfaat dalam melaksanakan aturan.

Aturan di Sekolah: Pengertian, Tujuan, Manfaat, dan Contoh

Alhasil, nantinya seluruh orang yang menjadi anggota di sekolah bisa melaksanakan peraturan yang berlaku dengan baik dan juga benar. Oleh sebab itu, maka berikut ialah ulasan mengenai aturan di sekolah yang perlu kita ketahui secara seksama:  

Apa Itu Peraturan Sekolah?

Perlu diketahui bahwa, sangat baik bagi orang-orang untuk mengenal istilahnya terlebih dahulu sebelum mengetahui penjelasan lainnya. Terkait hal itu, maka  pengertian dari peraturan sekolah ini adalah suatu bentuk ketentuan yang telah disepakati oleh lembaga pendidikan.

Kemudian, kesepakatan tersebut pun ada guna menciptakan suasana lingkungan pendidikan yang nyaman, aman, dan juga kondusif. Lalu, peraturan ini juga tentunya dapat membantu mengatur perilaku dan tindakan yang dilakukan oleh seluruh warga sekolah.

Baca juga: Inilah Tips dan Cara Mendapatkan Teman di Sekolah dengan Baik – Visitpare.com

Tujuan dari Adanya Aturan di Sekolah

Bayangkan saja jika suatu sekolah tidak memiliki peraturan yang mengelola segala perilaku dari seluruh warga sekolah. Hal itu, tentunya akan membuat lingkungan sekolah menjadi tidak tertib. Oleh sebab itulah, perlu adanya aturan ini di lingkungan pendidikan dengan tujuan sebagai berikut: 

  • Mewujudkan tujuan pendidikan nasional yang telah diamanatkan dalam pembukaan UUD 1945.
  • Meningkatkan jiwa ketangguhan di dalam sekolah ketika menghadapi berbagai tantangan.
  • Menanamkan perilaku positif yang harus selalu kita terapkan.
  • Menciptakan kondisi belajar dan mengajar yang berjalan dengan baik dan lancar.
  • Membentuk mental, watak, dan juga moral seluruh warga sekolah.
  • Melatih kedisiplinan.
  • Menanamkan beragam norma luhur.
  • Menghindarkan seluruh warga sekolah dari norma tuna susila.
  • Menciptakan rasa aman dan tentram di lingkungan sekolah.
  • Melatih untuk menjadi individu yang bertanggung jawab.
  • Memberikan ajaran tentang batasan dalam bertingkah laku.

5 Manfaat Adanya Aturan di Sekolah

Lembaga pendidikan memang menjadi harapan untuk selalu memberikan contoh aturan di sekolah yang baik dan benar. Hal itu karena, aturan tersebut bisa mencerminkan tindakan dan perilaku dari anggota yang ada di sekolah. Lalu, adapun manfaat adanya peraturan di lingkungan pendidikan, yakni:

1. Menghilangkan Kecemburuan Sosial

Manfaat pertama setelah adanya contoh aturan di sekolah yang baik, yaitu bisa menghilangkan rasa cemburu di lingkungan sosial. Hal ini karena aturan sekolah bisa mempengaruhi tingkah laku dari seluruh anggota di dalamnya.

Dengan adanya peraturan tersebut, maka akan ada kesamaan hak dan kewajiban setiap individu. Alhasil, upaya itu tentunya akan mengurangi rasa cemburu di antara orang satu sama lain. Sehingga, tidak akan menimbulkan permasalahan di lingkungan sekolah.

2. Meningkatkan Rasa Kebersamaan

Selanjutnya ini ada juga manfaat lainnya yang bisa kita rasakan ketika sekolah menyediakan aturan, yaitu dapat meningkatkan rasa kebersamaan. Dalam hal ini, peraturan tersebut memang akan membuat dampak positif bagi seluruh pihak di lingkungan sekolah, keluarga, hingga masyarakat.

Hal itu pun karena adanya aturan di lingkungan pendidikan akan membuat setiap individu yang menerapkannya bisa tumbuh memiliki rasa kekeluargaan. Dengan begitu, maka upaya ini bisa menghilangkan sikap egois di dalam diri seluruh warga sekolah yang telah melaksanakan peraturannya.

3. Menjaga Kenyamanan di Lingkungan Sekolah

Aturan yang berlaku di sekolah, tentunya juga sangat bermanfaat karena dapat menumbuhkan rasa kenyamanan di dalam lingkungan sekolah. Terkait hal itu, aturan ini tentunya akan membuat seluruh aktivitas peserta didik, guru, atau anggota lainnya bisa lebih terkontrol .

Dengan begitu, maka upaya tersebut akhirnya bisa meminimalisir perilaku yang dapat merugikan bagi lingkungan pendidikan. Selain itu, tidak akan ada lagi keributan yang terjadi di dalam sekolah yang telah melaksanakan aturan itu dengan baik.

4. Mengefektifkan kegiatan

Apabila suatu sekolah tidak memiliki aturan, maka tentunya kegiatan yang ada di dalamnya pun akan tidak akan berjalan dengan baik. Hal itu karena pasti akan ada siswa yang terlambat atau bahkan tidak memakai atribut dengan benar.

Selain itu, pengajar juga bisa saja tidak mendidik seluruh siswanya dengan benar. Alhasil, tentunya kejadian itu akan dapat mengganggu proses belajar dan mengajar. Oleh sebab itulah, dengan adanya aturan yang berlaku di sekolah, maka kegiatan  di dalamnya akan semakin efektif.

5. Melatih keterampilan sosial dan soft skills

Pada saat melakukan kegiatan di sekolah, seluruh siswa dan juga pengajar tentunya akan saling bergaul dan berinteraksi. Oleh sebab itu, ketika menjalankan kegiatan interaksi tersebut tentunya akan sangat memerlukan adanya aturan juga.

Hal itu penyebabnya karena aturan tersebut tentunya dapat menghasilkan sikap saling menghargai dan menghormati di antara individu satu sama lain. Alhasil, tidak akan ada kejadian ricuh seperti keributan yang pastinya akan membuat suasana di lingkungan sekolah menjadi tidak baik.

Contoh Aturan di Sekolah

Setelah memahami istilah, tujuan, dan manfaatnya, orang-orang tentunya juga harus mengetahui contoh-contohnya. Dengan begitu, maka orang pasti lebih bisa menerapkannya secara baik dan benar. Oleh sebab itu, berikut adalah contoh aturan di sekolah yang penting untuk kita ketahui:

  • Peserta didik dan pengajar harus berada di ruangannya masing-masing ketika bel sudah berbunyi.
  • Peserta didik dan pengajar harus melaksanakan doa terlebih dahulu sebelum memulai kegiatan pembelajarannya.
  • Bagi yang tidak masuk sekolah harus menyertakan surat keterangan dari orang tua dengan alasan yang meyakinkan.
  • Peserta didik dan pengajar harus datang sesuai waktu yang telah tertulis di sekolah.
  • Peserta didik harus memakai atribut yang lengkap sesuai ketentuan yang telah ditetapkan oleh sekolah.
  • Bagi yang memiliki kepentingan untuk meninggalkan kelas di waktu pembelajaran, maka diwajibkan untuk izin kepada pengajar terlebih dahulu.
  • Peserta didik harus merapikan kelas terlebih dahulu sebelum meninggalkan kelas ketika sudah waktunya pulang sekolah.
  • Peserta didik harus meninggalkan sekolah secara teratur ketika sudah waktunya pulang sekolah.
  • Etika dan sopan santun harus selalu diterapkan oleh seluruh warga sekolah.
  • Peserta didik tidak boleh memakai riasan berlebihan di wilayah sekolah.
  • Peserta didik dan pengajar diwajibkan selalu menjaga ketertiban dan kebersihan di lingkungan sekolah.
  • Bagi pengajar yang tidak masuk kelas ketika waktu pembelajaran, maka ketua kelas harus segera menghubungi petugas piket.

Itulah ulasan terkait beberapa contoh aturan di sekolah beserta istilah, tujuan, dan juga manfaatnya yang perlu diketahui. Dengan adanya informasi tersebut, maka kegiatan belajar dan mengajar akan bisa dilakukan secara efektif dan kondusif.

Selain itu, contoh-contoh yang telah diberikan tersebut tentunya dapat membuat seluruh warga sekolah lebih bisa menerapkannya. Dengan begitu, maka tujuan dari aturan tersebut bisa tercapai dan manfaatnya dapat dirasakan oleh seluruh anggota yang ada di sekolah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.