10 Tips dan Cara Mendapatkan Teman di Sekolah dengan Baik

10 Tips dan Cara Mendapatkan Teman di Sekolah dengan Baik

Memiliki teman banyak tentu sangat menyenangkan, apalagi ketika masa-masa masih sekolah. Dengan memiliki banyak teman, tentu akan bermanfaat dalam berbagai hal. Misalnya, seseorang jadi tidak kesepian, menambah banyak ilmu dan lainnya. Namun, tidak sedikit orang yang belum tahu tentang cara mendapatkan teman di sekolah.

Hal ini, mungkin karena beberapa faktor seperti pertama kali masuk ajaran baru sekolah. Dimana, seseorang akan menemui banyak orang baru. Terkadang seseorang pun merasa kesulitan untuk mendapatkan teman, baik itu yang introvert atau ekstrovert. Untuk itu berikut terdapat cara dan juga tips mendapatkan teman di sekolah.

Cara Mendapatkan Teman di Sekolah

Untuk mendapatkan teman, sebenarnya setiap orang memiliki caranya masing-masing. Namun, tidak semua cara baik dilakukan dan mungkin saja belum benar. Mendapatkan teman dengan baik tentu perlu diketahui, apalagi yang mengalami kesulitan untuk mendapatkan teman baru. Nah, berikut cara mendapatkan teman dengan baik di sekolah:

1. Senyum dan Berkenalan

Hal penting yang harus dilakukan seseorang untuk mendapatkan teman adalah dengan menampilkan raut wajah yang menyenangkan. Sebenarnya, tidak harus menyenangkan secara berlebihan, tetapi setidaknya tampilkan wajah yang bersahabat. Misalnya seperti dengan tersenyum.

Dengan tersenyum tentu akan mudah untuk menarik orang lain. Hal ini karena, dengan tersenyum akan membuat kesan bahwa seseorang tidak menutup diri serta susah didekati orang lain. Nah, setelah itu seseorang bisa mengajak orang lain untuk berkenalan. Tentunya dengan sikap yang ramah serta sopan.

2. Memilih waktu yang Tepat

Untuk mendapatkan teman, selain dengan tersenyum dan berkenalan. Seseorang juga harus melihat waktu dan kondisi yang tepat. Dalam hal ini, janganlah seseorang memulai perkenalan ketika orang yang dituju tidak dalam kondisi yang menungkinkan.

Misalnya, ketika orang tersebut sedang sibuk, atau dalam emosi yang buruk. Sebab, usaha perkenalan tersebut bisa saja tidak berhasil. Bahkan, bisa saja tidak ditanggapi dengan benar, atau malah bersikap yang tidak enak.

3. Memberikan Perhatian Penuh

Terdapat pernyataan yang sering diucap yakni ketika seseorang ingin diperhatikan, maka seseorang juga harus memberikan perhatian yang baik. Hal itu, juga berlaku dalam cara mendapatkan teman di sekolah. Apabila seseorang telah menemui orang baru dan berkenalan.

Maka, hendaknya berikan perhatian penuh terhadap lawan bicaranya atau teman baru tersebut. Hindarilah, jangan sampai kelihatan melamun atau bahkan tidak mendengarkan sama sekali. Ketika mendapati topik pembicaraan yang membosankan, maka coba untuk mengalihkan pembicaraan dengan cara yang halus. Paling penting, jangan menyinggung lawan bicara.

4. Tidak Mengumbar Cerita

Dalam tahap perkenalan tentu akan sangat nyaman ketika kedua belah pihak atau lainnya menerima dengan baik. Nah, perlu diperhatikan saat perkenal tersebut, cobalah untuk memperkenalkan diri dengan baik. Seseorang boleh saja memperkenalkan diri mengenai gambaran dirinya. Namun, hal ini jangan terlalu berlebihan dan jangan terlalu banyak menceritakan diri sendiri.

Sebab, hal ini akan membuat teman baru akan merasa bosan dan tidak nyaman untuk mendengar. Jadi lakukan dengan secukupnya saja, berinteraksi dengan benar. Tampilkan pula, gestur atau sikap tubuh yang baik. Paling penting cobalah percaya diri, dengan sikap tegap, dan usahakan menatap lawan bicaranya.

5. Santai dan Ramah

Ketika memulai suatu obrolan untuk cara mendapatkan teman dengan benar adalah bersikap santai. Dimana, sikap santai yang dimaksud disini adalah tidak terlalu terburu-buru dalam mencari teman baru. Sebab, proses perkenalan memang tidak dapat berjalan dengan cepat.

Cobalah untuk bersikap tenang, santai dan tidak terlalu memaksakan. Seseorang hanya perlu mengikuti alur yang ada, dan jadilah diri sendiri maka nantinya tidak terasa akan bertambah banyak teman. Paling penting adalah bersikap ramah kepada semua orang. Dengan begitu, akan banyak orang yang mau membuka diri untuk berteman baik.

Tips Mendapatkan Teman di Sekolah

Mendapatkan teman memang bukan hal mudah bagi yang memiliki persona dan bersikap friendly. Namun, tidak semua orang dapat melakukannya. Nah, berikut ada beberapa tips agar seseorang mudah mendapatkan teman di sekolah.

1. Menghafal dan Mengingat Nama

Ketika seseorang telah memahami cara mendapatkan teman di sekolah yang pertama yaitu perkenalan. Maka, dalam perkenalan tersebut tentu adanya suatu interaksi. Dimana seseorang akan mendapatkan informasi mengenai lawan bicaranya tersebut. Mulai dari nama, atau hal lainnya yang menyangkut seseorang tersebut.

Nah, tips agar mendapatkan teman di sekolah adalah coba untuk menghafal serta mengingat nama-nama teman baru yang telah berkenalan. Dengan demikian, akan saling memanggil nama dan menunjukkan kepedulian. Hal itu, akan membuat seseorang akan merasa respect dan mau menjalin pertemanan dengan baik.

2. Menjalin Komunikasi yang Baik

Apabila telah berkenalan dengan seseorang yang baru. Maka tentunya mengobrol dengan baik seperti yang sudah dijabarkan pada cara mendapatkan teman di sekolah. Untuk itu, tipsnya adalah cobalah untuk tetap menjalin komunikasi dengan baik.

Dengan cara jadi pendengar yang baik ketika lawan bicara ngobrol. Jangan terlalu mendominasi serta gunakanlah kata-kata yang baik. Jangan ceplas ceplos, sebab seseorang belum tahu mengenai sifat dari lawan bicara. Supaya, menghindari lawan bicara merasa tersinggung.

3. Menemukan Kesamaan Kebiasaan serta Hobi

Tips agar memiliki teman baru dengan akrab dan baik adalah mengetahui mengenai kesamaan dan kebiasaannya. Ketika seseorang telah mengetahui mengenai kebiasaan serta kesamaan dirinya dengan teman barunya. Maka, akan dengan cepat seseorang bisa menemukan teman baru di sekolah.

Hal ini, karen akan terdapat banyak bahan perbincangan seru. Dengan demikian, keduanya tidak akan merasa bosan dan akan terus menemukan hal baru yang dikerjakan Bersama karena memiliki kesamaan tersebut. Tentunya, pertemuan-pertemuan berikutnya akan menjadi nyaman karena sering melakukan perbincangan.

4. Mengikuti Ekstrakulikuler

Nah, seperti yang kita ketahui pada cara mendapatkan teman di sekolah adalah berkenalan dengan banyak orang di sekolah. Untuk itu, tips agar seseorang memiliki teman banyak bisa dengan mengikuti ekstrakulikuler. Dengan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler akan membuat seseorang lebih banyak mengenal orang selain dari kelasnya.

Selain itu, ketika memasuki kegiatan ekstrakurikuler yang sesuai minat serta bakatnya. Membuat seseorang dapat menemukan teman baru yang memiliki minat maupun hobi yang sama. Dengan begitu, akan mudah menjalin pertemanan dengan baik.

5. Banyak Bergabung dengan Teman

Untuk lebih cepat mendapatkan teman baru di sekolah. Seseorang, bisa mencoba untuk bergabung atau berbaur dengan kelompok-kelompok teman yang berbeda-beda. Dengan begitu, mungkin saja seseorang akan memperoleh teman yang cocok dan sefrekuensi. Meskipun, seseorang mungkin tidak bisa langsung mengelompokkan diri, namun setidaknya memiliki teman baru yang baik.

Tetapi, yang perlu kita perhatikan ketika memilih kelompok atau teman yang ada adalah pilih yang baik-baik. Berhati-hati dalam memilih pertemanan. Jangan sampai salah memilih kelompok pertemanan yang hanya akan menyesatkan atau menjerumuskan ke dalam kenakalan remaja saat ini. Pilihlah circle yang bisa membuat seseorang menjadi lebih positif ke depannya dan paling penting nyaman.

Baca Juga: 10 Cara Menghargai Teman agar Dihormati Teman

Itulah tadi beberapa cara mendapatkan teman di sekolah dengan baik. Hal itu, juga dengan beberapa tips yang bisa kita terapkan. Supaya seseorang bisa mendapatkan teman baru yang bukan sekedar nyaman tapi juga membawa ke hal-hal positif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *