10 Cara Agar Anak Pintar Bahasa Inggris Sejak Kecil

10 Cara Agar Anak Pintar Bahasa Inggris Sejak Kecil

Banyak orang tua mengharapkan anaknya pintar bahasa inggris mulai mulai sejak kecil, sebagaimana kita ketahui dengan pandai berbahasa asing itu penting sekali yang satu ini tentu kelak akan banyak manfaat yang bisa didapat dlm mereka belajar banyak hal, karena bahasa inggris merupakan salah satu bahasa paling banyak digunakan pada era modern ini.

Manfaat Anak-anak Pintar Menggunakan Bahasa Inggris Sejak dari Kecil

Cara Anak Pintar Bahasa Inggris sejak Kecil
Cara Anak Pintar Bahasa Inggris sejak Kecil

Dalam proses mempelajari Bahasa Inggris pada dasarnya lebih mudah ketika seseorang belajar sejak dini. Penggunaan Bahasa tersebut sendiri saat ini sangat dibutuhkan karena selain digunakan sebagai Bahasa internasional juga kemajuan yang menuntut masyarakatnya bisa menggunakan minimal Inggris dasar. Berikut akan dijelaskan manfaat anak pintar menggunakannya sejak kecil.

Dua Manfaat Anak-anak Pintar Menggunakan Bahasa Inggris Sejak dari Kecil

Di zaman modern seperti sekarang ini masih ada orang tua yang sedikit menyepelekan tentang penggunaan Bahasa Inggris untuk  anak-anak sehingga tidak mengajarinya sejak dini. Padahal ada banyak sekali manfaatnya dan memang diharapkan bisa mengajarkannya di saat anak-anak masih penasaran dengan hal baru. Berikut dua manfaatnya.

1. Lebih Mudah dalam Mempelajari dan Memahami Bahasa Inggris

Dalam permasalahan ini memang anak-anak yang sudah mempelajari penggunaan Bahasa Inggris sejak dini akan mudah ketika nantinya mendapat pelajaran di sekolahnya. Hal tersebut karena di awal mereka sudah berlatih melalui penggunaan dasar-dasar Bahasa Inggris sehingga ketika mendapatkan materi baru dapat mudah memahaminya.

Melihat bagaimana saat ini anak-anak sangat sering memanfaatkan dan menjadikan acara di Youtube sebagai pelarian, tentunya Anda sebagai orang tua bisa mengajarinya darisana. Dimana berikanlah tontonan yang mendidik sekaligus memberikan ilmu tentang penggunaan Bahasa Inggris. Dari situlah nantinya mereka mempelajari dasar listening serta kosakata sederhana.

2. Tidak Perlu Merasa Kesulitan ketika di saat Pertama Kali Sekolah

Menjadi Bahasa internasional tentunya Bahasa Inggris akan selalu ada di silabus mata pelajaran sekolahan dasar. Oleh sebab itu ketika sudah mengajarkan penggunaan dasarnya ketika mereka anak-anak nantinya di saat mendapatkan pelajaran di awal sekolahnya tidak merasa kesulitan karena sudah memahami penggunaan dasarnya.

Oleh sebab itulah mengapa anak-anak sebenarnya perlu diajarkan menggunakan Bahasa Inggris sejak dini. Selain menjadi bekal ilmunya, juga bisa menjadi jalan menuju kemudahan dalam mempelajari salah satu mata pelajaran sekolah sehingga pemahamannya lebih ringan dan tidak berat ketika mendapatkan materi pertamanya.

Dalam proses pembelajaran tersebut peran orang tua sangat dibutuhkan, sehingga anak juga bisa merasa tenang karena kedua orangtuanya bisa membantu dalam mengajarinya. Oleh sebab itu penting mengajarkannya sejak dini penggunaan Bahasa Inggris dasar.

Agar anak pintar bahasa inggris sejak dini

Yang perlu orang tua lakukan agar bisa mengajarkan bahasa inggris pada anak usia dini dengan mudah dan tentu akan efektif tentu berbeda caranya dengan mengajarkan pada orang dewasa, berikut apa saja yang bisa anda lakukan dan coba terapkan pada anak bahkan sejak dia balita atau  usia dini!

1. Mulailah dengan hal yang mudah

Mulailah dengan hal yang mudah
Mulailah dengan hal yang mudah

Jika anak anda masih terlalu kecil ajarilah hal-hal yang mudah terlebih dahulu untuk permulaan ,misalnya Mengajarkan kosa kata- kosa kata yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari, misalnya kosa kata bahasa inggris tentang nama-nama hewan, nama-nama buah-buahan, nama tempat dalam rumah maupun alat-alat yang ada dalam rumah tangga.

2. Jangan Paksakan belajar terlalu keras kepada anak

Kunci untuk membentuk anak yang cerdas dan pintar bukanlah dengan memaksakan dengan keras kepada anak untuk memahami sesuatu, yang terpenting yang harus dilakukan adalah mengajarinya secara konsisten, ketahui apa saja yang disukai oleh anak, misalnya ketika anak menyukai tentang hewan maka ajarilah bahasa inggris yang berkaitan dengan nama hewan, ketika anak tertarik dengan seseatu hal yang baru, maka iringi sesuatu yang dia sukai itu dengan mengajarkan bahasa inggris.

3. Jangan terpaku pada Grammar

Dalam belajar bahasa inggris pada usia dini, struktur tata bahasa atau tenses belum sangat penting, yang lebih penting adalah bagaimana si anak bisa hafal dan tahu nama2 atau arti dari kosa kata-kosa kata bahasa inggris saja, sedangkan untuk tenses sebenarnya anak kecil hanya akan megikuti kebiasaan-kebiasaan yg sering diucapkan saja, jadi fokuskan pelajaran sesuai kira2 kemampuan otak anak sesuai perkembangannya.

4. Usahakan anda fasih dalam melafalkan bahasa inggris

Bagi anak yang belum bisa membaca atau menulis maka anak tersebut sebenarnya hanya akan meniru apa yang anda ucapkan, mereka belum mengetahui text atau tulisan dari bahasa yang anda ucapkan, jadi usahakan anda fasih hal ini penting agar anak kecil bisa menirunya dengan benar juga.

5. Berikan mereka visualisasi dari apa yang anda  ajarkan

Anak kecil akan lebih mudah mengingat apapun jika divisualisasikan, misal ketika kita menyebut nama benda, namun benda tersebut tidak ada dan tidak dilihat oleh si kecil tentu si kecil akan kesulitan dalam memvisualisasikan dalam imajinasinya. oleh karena itu lebih baik tunjukkan obyek secara visual agar membantu si kecil mengingatnya.

Salah satu cara untuk membantu mereka dalam memvisualisasikan hal  tentang pelajaran bahasa inggris salahnya satunya adalah membelikan buku gambar yang berisi kosa kata bahasa inggris beserta gambarnya, banyak buku-buku kosa kata bahasa inggris beserta gambarnya bisa kita beli di toko.

6. Minta mereka untuk menirukan apa yang anda ucapkan

Ketika mereka mendengar atau membaca tulisan bahasa inggris, minta mereka untuk mengucapkannya, walau tidak fasih tidaklah mengapa, karena untuk melafalkan bahasa inggris dengan fasih tentu butuh proses, yaitu dengan membiasakannya juga.

7. Bantu dengan teknologi

Bantu dengan teknologi
Bantu dengan teknologi

Selain dengan cara-cara diatas tidak ada salahnya bunda memanfaatkan teknologi untuk membantu proses belajar bahasa inggris mereka, misalnya gunakan Youtube for kids untuk membantu buah hari anda belajar, atau dengan menggunakan aplikasi game yang ada di HP, karena banyak sekali aplikasi yang bisa kita gunakan.

Namun, cara ini kita sebagai orang tua harus berhati-hati, berikanlah konten yang tepat dan durasi yang sesuai yang dibutuhkan oleh sang anak, jangan sampai kegiatan menggunakan gadget malah memberi efek kecanduan Hp pada anak.

8. Ajarkan percakapan sehari-hari

Dengan mengajarkan percakapan yang sering digunakan maka akan lebih membantu anak kecil, karena otomatis percakapan itu akan sering digunakan, misalnya mengucapkan selamat pagi dengan bahasa inggris, meminta tolong dengan bahasa inggris dan lain sebagainya.

9. Ajarkan perbedaan pengucapan dan bunyi pengucapan pada bahasa Inggris

Banyak kosa kata pada bahasa inggris yang berbeda cara pengucapannya, ajari anak dengan perbedaan-perbedaan tersebut mulai dari hal yang termudah, misalnya untuk dasar ajari bunyi-bunyi huruf dalam bahasa inggris dan lain sebagainya.

10 Bernyayi dengan bahasa inggris

Bernyayi dengan bahasa inggris
Bernyayi dengan bahasa inggris

Kegiatan belajar yang menyenangkan bagi anak kecil salah satunya adalah bernyanyi, nah ajarin anak-anak anda dengan lagu-lagu anak yang menggunakan bahasa inggris, misalnya lagu twinkle twinkle little star, lagu baby shark dan lain-lain.

Nah, 10 cara diatas bisa anda terapkan untuk membentuk anak pintar bahasa inggris sejak kecil sejak dini bahkan sejak balita, dengan ketekunan dan kesabaran yang dilakukan secara konsisten maka tentu akan membuahkan hasil yang baik dalam mengajarkan bahasa inggris pada anak. semoga anak anda pintar dalam bahasa inggris!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *