Ini Dia Alasan Kenapa Belajar Bahasa Inggris Itu Penting!

Tahukah Anda bahwa di era globalisasi belajar Bahasa Inggris sangat penting? Di era globalisasi, Anda dituntut untuk mampu bersaing dengan bangsa lain. Namun, hal tersebut tidak akan berjalan baik apabila kemampuan berbahasa asing Anda minim.

Dari banyaknya bahasa yang ada, Bahasa Inggris menjadi hal wajib dipelajari. Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang digunakan dalam berbagai bidang. Mulai dari ekonomi, politik, bisnis, hingga teknologi.

Inilah mengapa kemampuan Bahasa Inggris menjadi salah satu syarat utama untuk bersaing di era globalisasi. Bahasa tidak hanya berperan sebagai alat komunikasi, tetapi juga dapat memudahkan Anda untuk beradaptasi dengan lingkungan dan pekerjaan. Oleh sebab itu, penting bagi anda untuk mempelajari bahasa Inggris.

Dengan menguasai bahasa Inggris, Anda selangkah lebih maju untuk meraih tujuan. Entah itu untuk karier, kelangsungan bisnis, atau menambah koneksi. Oleh karena itu sangat penting untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris Anda.

 

Belajar Bahasa Inggris dan Manfaat Mempelajarinya

Lantas, apa saja manfaat belajar Bahasa Inggris? Berikut uraiannya!

1. Belajar Bahasa Inggris Meningkatkan Kecerdasan  

Tahukah Anda bahwa menguasai lebih dari satu bahasa dapat meningkatkan kecerdasan? Mempelajari lebih dari satu bahasa berdampak pada perkembangan otak dan menghindarkan Anda dari risiko penyakit pikun yang kerap menyerang di usia senja.

Jika Anda mulai terbiasa mempelajari Bahasa Inggris, maka lambat laun otak cenderung lebih mudah menerima bahasa asing lainnya.

2. Kesempatan Bekerja di Perusahaan Besar Terbuka Lebar

Hampir semua orang memiliki keinginan untuk hidup yang lebih baik, memiliki pekerjaan, dan karier cemerlang. Hal tersebut hanya dapat diwujudkan jika Anda memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik.

Sebagaimana Anda ketahui, perusahaan besar biasanya menetapkan standar yang tinggi. Bukan hanya dari sisi akademik dan pengalaman kerja, melainkan juga kemampuan berkomunikasi dengan bahasa asing.

Dengan belajar Bahasa Inggris, Anda akan mendapatkan nilai tambah yang dapat memperbesar peluang diterima.

belajar bahasa inggris
belajar bahasa inggris

3. Lebih Mudah Mengikuti Perkembangan Zaman

Bahasa Inggris dikenal sebagai bahasa pergaulan dunia. Lebih dari lima puluh negara di dunia menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa sehari-hari. Dengan kemampuan Bahasa Inggris, Anda akan lebih mudah mengikuti perkembangan zaman mengenai informasi, isu, dan berita terkini.

4. Lebih Mudah Memahami Teknologi

Sadarkah Anda bahwa sebagian besar orang yang gagap teknologi memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang minim? Namun, hal ini sering disepelekan. Padahal, hampir sebagian besar teknologi terkini, seperti smartphone, laptop, televisi, mesin, hingga software dioperasikan menggunakan Bahasa Inggris.

Bayangkan, apa yang terjadi jika Anda tidak memiliki kemampuan Bahasa Inggris dasar? Anda akan kesulitan mengoperasikan alat-alat yang mengusung teknologi canggih. Lain halnya jika Anda setidaknya belajar bahasa Inggris dan menguasai kosakata Inggris.

5. Belajar Bahasa Inggris Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Manfaat mempelajari Bahasa Inggris selanjutnya adalah meningkatkan percaya diri. Banyak orang yang merasa minder dan malas bergaul karena kendala bahasa.

Maklum saja, di era modern ini banyak orang yang sering menyelipkan kosakata Bahasa Inggris dalam bahasa pergaulan sehari-hari. Bahkan, tak sedikit lagu-lagu populer Indonesia juga menggunakan kosakata Bahasa Inggris.

Selain itu, banyak perusahaan bonafit yang melakukan wawancara kerja menggunakan Bahasa Inggris. Setidaknya dengan memahami Bahasa Inggris, Anda akan lebih mudah memahami apa yang ingin disampaikan orang lain sehingga secara tidak langsung kepercayaan diri Anda meningkat.

6. Menjembatani Perbedaan

Bahasa asing, khususnya Bahasa Inggris merupakan jembatan yang menghubungkan perbedaan bahasa. Dengan kemampuan ini, ketika Anda berlibur atau melaksanakan dinas ke luar negeri, Anda tak akan menemukan kendala berarti terkait perbedaan bahasa.

Jangan sampai karena kemampuan Bahasa Inggris Anda yang minim, Anda mengurungkan niat untuk menikmati liburan atau menolak tugas dinas ke luar negeri. Alih-alih menghindar, akan lebih baik jika Anda belajar bahasa Inggris mulai detik ini.

Dengan kemampuan Bahasa Inggris, komunikasi menjadi lebih lancar. Semakin sering Anda berbicara menggunakan Bahasa Inggris, semakin kemampuan Anda pun terasah dan berkembang.

Tak hanya itu, kemudahan berkomunikasi juga memudahkan Anda mendapatkan teman baru.  Anda juga bisa saling bertukar informasi budaya dengan orang asing yang Anda temui di berbagai belahan dunia.

7. Bekal Melanjutkan Pendidikan

Kemampuan berbahasa Inggris yang baik juga akan memudahkan jalan Anda untuk melanjutkan pendidikan. Sebenarnya, banyak orang beranggapan bahwa belajar di dalam negeri tidak membutuhkan kemampuan berbahasa Inggris, tetapi hal ini kurang tepat.

Pasalnya, kemampuan berbahasa Inggris bukan hanya menjadi syarat bagi Anda yang ingin melanjutkan pendidikan di luar negeri, melainkan juga untuk melanjutkan pendidikan pascasarjana.

Kemampuan Bahasa Inggris yang Anda miliki akan menjadi nilai tambah sekaligus menjadi modal utama untuk menyelesaikan pendidikan. Di bangku pascasarjana, hampir semua modul menggunakan pengantar Bahasa Inggris.

Jika kemampuan Bahasa Inggris Anda kurang, hal ini menghambat kegiatan belajar Anda. Oleh karena itu, sangat penting untuk belajar bahasa Inggris dan meningkatkan kemampuan anda.

8. Meningkatkan Rasionalitas

Tak banyak yang menyadari bahwa mempelajari Bahasa Inggris juga dapat meningkatkan rasionalitas. Sebagaimana Anda ketahui, bersikap rasional sangat diperlukan, terutama ketika Anda hendak memutuskan sesuatu.

Barangkali Anda bertanya-tanya, apa hubungannya belajar bahasa asing dengan rasionalitas? Ketika Anda mempelajari bahasa baru, otak akan memproses masalah yang tengah Anda hadapi dan memberikan pilihan-pilihan terkait pengambilan keputusan menggunakan logika, bukan mengikuti emosi semata.

Singkatnya, orang yang menguasai lebih dari satu bahasa memiliki logika yang lebih terasah sehingga mampu bersikap rasional apa pun masalah dihadapinya.

9. Belajar Bahasa Inggris Membuka Cakrawala

Belajar Bahasa Inggris dapat membuka cakrawala Anda mengenai banyak hal. Jika sebelum menguasai Bahasa Inggris Anda kesulitan memahami sesuatu, maka ketika Anda mulai menguasai Bahasa Inggris, meskipun baru di tahap pemula, cakrawala Anda terbuka luas.

Anda akan lebih bijaksana memandang kehidupan, memahami bahwa setiap perbedaan adalah unik sehingga lebih menghargai setiap perbedaan yang ada.

10. Meningkatkan Konsentrasi

Manfaat belajar bahasa Inggris yang terakhir adalah bisa meningkatkan konsentrasi kita. Hal ini dikarenakan mereka yang jago berbahasa Inggris dapat lebih fokus dalam mendengar setiap ejaan yang diucapkan. Semakin sering mereka berkonsentrasi untuk mendengarkan setiap ejaan, maka otomatis konsentrasi mereka akan terus meningkat dan berkembang.

Sulitkah Belajar Bahasa Inggris?

Banyak orang bertanya-tanya, sulitkah mempelajari Bahasa Inggris? Jawabannya tidak. Di awal belajar bahasa Inggris, Anda akan menghadapi banyak kendala, seperti sulitnya menghafal dan melafalkan kosakata. Namun, semakin rajin Anda mengucapkannya, semakin tepat pula pelafalannya.

Bagi Anda yang ingin meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris dengan cepat dan tepat, sangat direkomendasikan untuk mengikuti kursus Bahasa Inggris di Kampung Inggris Pare. Di tempat ini, Anda akan dibimbing untuk mempelajari Bahasa Inggris dengan cara mudah dan menyenangkan.

Kini, belajar Bahasa Inggris tak lagi sulit karena ada kursus terbaik yang akan membawa Anda menuju gerbang kesuksesan. Nah, tunggu apa lagi? Segera bergabung dengan Kampung Inggris Pare. Untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi kami.

BERI KOMENTAR

Please enter your comment!
Masukkan nama anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.