Mudah namun Efektif, Ini Materi Dasar Bahasa Inggris untuk Anak TK

VisitPare – Mengenalkan bahasa Inggris sejak dini pada anak-anak, terutama di usia taman kanak-kanak, memang perlu. Namun, materi dasar bahasa Inggris untuk anak TK bisa jadi gampang-gampang susah. Informasi yang terlalu rumit dan tenses yang kompleks tentu bisa membuat anak-anak kebingungan.

Bangku taman kanak-kanak memang harus lebih fokus bermain sambil belajar, di mana para pengajar harus mengedepankan suasana mengajar yang menyenangkan. Dari bermain sambil belajar inilah, anak-anak bisa memahami bahasa Inggris secara mudah.

Materi Dasar Bahasa Inggris untuk Anak TK

Pada dasarnya, kurikulum bahasa Inggris TK berpatokan pada materi sederhana. Bahkan referensinya banyak berasal dari aktivitas sehari-hari, jadi anak-anak bisa mempraktikkan bahasa baru secara langsung.

Mengajari Bahasa Inggris anak pun bersifat fleksibel. Tanpa melulu perlu mengandalkan guru di sekolah, orang tua pun bisa mengajari anaknya sendiri. Sebab, umumnya anak akan merasa nyaman dengan panduan ayah maupun ibunya.

Berikut ini jenis materi mudah dan sederhana supaya anak TK dapat belajar bahasa asing. Fokusnya adalah membuat mereka paham. Anda sebagai pengajar maupun orang tua, tidak perlu kesulitan mencari referensi, karena bisa memanfaatkan berbagai macam sumber.

Angka dan Huruf Alphabet Paling Dasar

Angka dan Huruf Alphabet Paling Dasar

Materi Bahasa Inggris anak paling sederhana bermula dari pengenalan huruf dan angka. Yang harus Anda fokuskan yaitu teknik penghafalan sekaligus pronunciation.

Pronunciation merupakan cara melafalkan bahasa Inggris dengan benar. Masalah sering terjadi ketika anak-anak hafal semua bentuk huruf serta angka, namun salah ketika mengucapkannya.

1. Alphabet Pronunciation

Alphabet Pronunciation

Ada 26 huruf alfabet yang harus dihafalkan anak-anak. Cara bacanya jelas berbeda dengan Bahasa Indonesia meskipun jenis hurufnya sama persis. Sering terjadi kesalahan  membaca karena mereka masih berpatokan pada bahasa ibu.

Contohnya, huruf ‘w’ tetap dibawa ‘wehseperti dalam bahasa Indonesia. Padahal yang betul adalah ‘dabelyu”, sesuai pelafalan yang benar, mengikuti standar English global.

2. Number Pronunciation

Number Pronunciation

Masalah serupa juga terjadi ketika anak-anak belajar menghafal materi bahasa Inggris angka. Pertama-tama, ada baiknya Anda memperkenalkan bilangan sederhana seperti 0-10.

Setelah mereka hafal secara lancar, maka tambahkan nilai berikutnya. Dimulai dari angka 11-20 lalu 21-30, dan seterusnya. Perhatikan teknik pengucapan atau pronunciation agar anak tidak salah sejak awal.

Lagu Menghafal Huruf Bahasa Inggris

Setelah memberikan contoh cara membaca dengan tepat, maka Anda bisa mencari teknik menghafal. Huruf English hanya ada 26 namun jenis angkanya sangat beragam. Ada satuan, puluhan, ratusan, ribuan, dsb.

Supaya anak-anak mudah menghafalnya maka kita bisa menerapkan cara menyenangkan. Salah satunya dengan menyanyikan lagu alfabet dalam bahasa Inggris.

Vocabulary tentang Benda di Sekitar Kita

Vocabulary tentang Benda di Sekitar Kita

Sumber materi bahasa Inggris anak termudah didapatkan dari lingkungan sekitar. Akan lebih sederhana jika Anda mengambil contoh kosakata sederhana dari lingkup anak-anak dan aktivitas sehari-hari di sekitarnya. Anak TK akan mudah menguasai vocabulary, asalkan cara penyampaiannya tepat.

Contohnya saja, anak-anak lebih gemar bermain di luar ruangan ketika jam olahraga. Mereka senang bercanda bersama teman-teman sambil memainkan games outdoor seperti ular naga, sepak bola, lompat tali, dll.

Nah, Anda bisa mencari benda-benda di sekitar mereka untuk dijadikan tambahan vocabulary. Contohkan juga cara membaca hingga mengeja tiap kata benda secara tepat.

Untuk memperkuat ingatan mereka, sebaiknya Anda tunjukkan contoh bendanya secara langsung. Ucapkan vocabulary bahasa Inggris, arti dalam bahasa Indonesia, lalu cara melafalkannya.

1. Nama-Nama Hewan di Sekitar

Anda bisa menyebutkan jenis hewan yang paling dekat dengan kehidupan anak-anak, terutama yang sering mereka jumpai.

Misalnya saja butterfly (kupu-kupu), bees (lebah), dragonfly (capung), roster (ayam jantan), hen (ayam betina), mosquito (nyamuk), cat (kucing), dog (anjung), cow (sapi), fish (ikan), grasshopper (belalang), dan masih banyak lainnya.

2. Nama-Nama Bunga atau Tumbuhan

Mengenalkan materi dasar bahasa Inggris nama bunga atau jenis tumbuhan di sekitar anak juga penting. Mereka dapat belajar kosakata English terbaru, melihat bendanya ;angsung, sekaligus mengingatnya.

Jadi anak-anak mampu mengenali serta membedakan aneka tumbuhan tersebut, mulai dari bentuk, warna, hingga aroma.

Anda bisa menyebutkan rose (bunga mawar), jasmine (bunga melati), orchid (bunga anggrek), lily (bunga lily), sunflower (bunga matahari), mango tree (pohon mangga), palm tree (pohon kelapa), dsb.

3. Benda-Benda di Sekitar

Cara paling mudah mengajarkan vocabulary adalah dengan mengambil contoh dari lingkup terdekat anak. Misalnya jenis mainan, barang favorit, tokoh games, atau peralatan sekolah.

Ada ball (bola), table (meja), chair (kursi), book (buku), chalk (kapur), pencil (pensil), television (televisi), bed (tempat tidur), doll (boneka), bag (tas), water (air), bottle (botol).

Simple Present Tense dalam Kalimat Sehari-hari

Simple Present Tense dalam Kalimat Sehari-hari

Materi belajar bahasa Inggris di Taman Kanak-Kanak juga bisa menggunaka materi tenses, lho. Hanya saja, guru bisa berfokus pada penggunaannya.

Struktur kalimat atau grammar tidak penting karena anak-anak belum memahami teorinya. Anda bisa memperkenalkan model kalimat English berbentuk sederhana.

Ada tips khusus agar materi mudah diterima oleh anak-anak. Pertama-tama, jangan menggunakan tenses terlalu rumit. Cukup berikan Simple Present Tense dengan verb pendek.

Kedua, pakailah kata kerja (verb) dan objek berupa kata benda (noun). Ambil contoh benda di sekitar dan akrab dengan mereka.

Contoh :

–         This is a cat (ini adalah seekor kucing).

–         This is a pencil (ini adalah sebuah pensil).

–         My name is Andi (nama saya Andi).

–         I am 5 years old (umur saya lima tahun).

–         This is my cat (ini kucingku)

Agar anak-anak bisa mengingat materi bahasa Inggris TK yang Anda berikan,  ajak mereka mengulanginya setiap hari. Anda dapat mengganti bagian objek dengan kata benda lain. Misalnya, this is my dog atau this is my bag.

Belajar Listening dari Lagu-Lagu Favorit

Belajar Listening dari Lagu-Lagu Favorit

Belajar bahasa Inggris tidak boleh melupakan aspek mendengarkan atau listening.  Salah satu strategi pembelajaran paling menyenangkan yaitu mendengarkan lagu. Lagu khusus anak-anak dengan bahasa Inggris tentu bisa menambah vocabulary mereka.

Selain itu terdapat lirik yang menjadi contoh kalimat sederhana. Cara ini sangat ampuh meningkatkan memori otak agar mudah mengingat semua materi pelajaran.

Selain itu murid TK merasa lebih senang dan bersikap ekspresif. Anak-anak dapat bernyanyi sambil menari dengan gembira.

Untuk pemilihan lagunya, jangan sembarangan, ya. Anda bisa cek dahulu keseluruhan lirik, gambar, dan video musiknya. Tujuannya untuk menghindari hal-hal berbau negatif yang bisa memengaruhi anak-anak.

Misalnya seperti kosakata kasar atau kalimat slang yang kurang mendidik. Jangan sampai juga ada unsur bullying, kekerasan, pornografi, penghinaan, dsb.

Banyak sekali contoh lagu anak-anak versi English dengan lirik sederhana. Anda boleh mengambil lagu berikut sebagai referensi!

1. The Itsy Bitsy Spider (Laba-Laba Kecil)

Tidak hanya menyanyikan lirik lagu, namun guru dapat mengajarkan banyak hal. Pertama, cara membaca tiap kata atau pronunciation. Kedua, mengambil beberapa contoh vocabulary baru.

Melalui lirik lagu Laba-Laba Kecil, Anda bisa memberikan kosakata baru. Beberapa contohnya, sunshine (sinar matahari), water (air), rain (hujan), spider (laba-laba).

2. Twinkle Twinkle Little Star atau The Star

Lagu ini menjadi materi pembelajaran bahasa Inggris andalan bagi anak-anak. Lagunya calming dengan lirik pendek.

Twinkle Twinkle Little Star

Buku Cerita Berbahasa Inggris untuk Latihan Reading

Buku Cerita Berbahasa Inggris untuk Latihan Reading

Anak-anak umumnya menyukai buku cerita serta dongeng sebagai hiburan sehari-hari. Nah, Anda harus tahu bahwa belajar bahasa Inggris anak TK juga bisa melalui media textbook tersebut. Terlebih lagi genre ceritanya sangat beragam untuk menjadi pilihan.

Karena belum memahami English secara mendalam, maka mereka membutuhkan pendamping. Guru atau orang tua bisa membacakan sebuah cerita pendek berbahasa Inggris. Teknik storytelling mungkin bisa Anda terapkan di sini.

Ada banyak manfaat akan diperoleh anak-anak jika rutin mendengarkan cerita, yaitu:

  • Membantu anak-anak berimajinasi terhadap alur cerita atau dongeng. Ini akan meningkatkan kreativitas mereka lewat visualisasi karakter, tokoh, suasana dan tempat.
  • Meningkatkan kecerdasan di mana pendengar dongeng dapat memahami pesan moral di dalamnya. Ada pelajaran hidup tentang kebaikan dan keburukan.
  • Meningkatkan kemampuan berpikir secara kritis ketika menanggapi suatu peristiwa dalam cerita.
  • Mendapatkan banyak vocabulary bahasa Inggris baru plus pronunciation kata tersebut secara benar.
  • Anak ikut berlatih reading supaya kemampuan praktikal berbahasanya bagus. Bahasa adalah ilmu praktik, sehingga harus diterapkan secara langsung. Caranya, Anda bisa mencoba menyuruh mereka menirukan beberapa kalimat di dalam cerita.

Cerita maupun dongeng English sendiri jumlahnya cukup banyak. Anda bisa memberikan anak-anak TK materi reading singkat supaya mereka mudah mengingat pelajarannya.

Dongeng terpopuler yang dapat Anda gunakan seperti Princess and The Pea, Little Red Riding Hood, Little Mermaid, The Tale of Peter Rabbit, dll.

Selain storytelling, Anda dapat membacakan buku-buku dongeng bergambar. Desain gambar kartun akan menarik perhatian anak-anak, sehingga mereka bisa bersemangat untuk terus mengetahui jalan ceritanya hingga akhir.

Meningkatkan Speaking dengan Latihan Conversation

Meningkatkan Speaking dengan Latihan Conversation

Materi bahasa Inggris untuk anak TK terakhir yaitu mengenai speaking. Kemahiran seseorang berbahasa asing dinilai dari penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Anak TK juga mampu mengembangkan kemampuan English speaking. Anda dapat membantunya belajar dengan cara mengajar mereka berkomunikasi secara rutin.

Conversation atau percakapan ringan tentang topik sehari-hari merupakan strategi terbaik. Gunakan diksi dan kosa kata paling mudah. Jangan terlalu berlebihan dalam mengenalkan vocabulary asing dan terlalu sulit.

Misalnya :

  •       Big menjadi massive
  •       New menjadi recent
  •       Safe menjadi secure
  •       Student menjadi pupil
  •       Food menjadi cuisine, dsb

Pemilihan vocabulary sederhana akan mempermudah daya ingat anak. Selain itu gunakan percakapan harian supaya dapat mereka terapkan terus-menerus. Adapun contohnya seperti berikut!

  •       Good morning!
  •       How are you?
  •       Hello, are you okay?
  •       I am fine. Thank you!
  •       This is my bag.
  •       I love my parents.
  •       I go to school this morning.
  •       I love pizza/milk/chocolate/spaghetti/cake

Memakai percakapan dengan topik tertentu. Usahakan Anda memilih topik-topik seputar kehidupan anak. Misalnya tentang kegiatan sekolah, aktivitas bermain, atau makanan kesukaan.

Frans : Hi, Nina. How are you?

Nina     : I am fine. And you?

Frans    : Do you like movies?

Nina     : Yes. I love watching movies.

Percakapan tersebut sangat singkat dan sederhana. Kita mengenalkan cara menyapa seseorang terutama teman sebaya. Ada topik ringan yang dibahas yaitu tentang hobi menonton film.

Karina  : Good morning

David   : Hi. Good Morning

Karina  : What is your favorite food?

David   : I love to eat pancakes. And you?

Karina  : I love fried rice.

Boleh juga topik mengenai makanan dan minuman kesukaan. Anak-anak akan antusias bercerita dan menyampaikan hal-hal favoritnya.

Mengajarkan bahasa asing yang tergolong baru bagi anak-anak perlu taktik khusus. Pengajar wajib memerhatikan kemudahan mereka dalam memahami pelajaran. Oleh karena itulah jenis materi dasar Bahasa Inggris untuk anak TK harus sederhana dan menyenangkan.

Tinggalkan komentar