Contoh Surat Pribadi Bahasa Inggris untuk Teman, Guru dan Orang Tua

Jika Anda sedang mencari contoh surat pribadi dalam bahasa Inggris, maka Anda berada di tempat yang tepat.

Surat pribadi merupakan salah satu media komunikasi klasik yang mulai luntur sejak era 90-an. Saat ini, surat pribadi sudah sangat jarang digunakan. Aktivitas bertukar pesan kini lebih mengandalkan email, sosial media, aplikasi messaging, dan teknologi digital lainnya.

Bagaimanapun juga, belajar menulis surat pribadi tetaplah bermanfaat. Anda bisa mengaplikasikan gaya penulisan surat pribadi ke media lain untuk memberikan sentuhan yang lebih personal.

Pengertian Surat Pribadi Bahasa Inggris

Surat-menyurat merupakan salah satu materi pembelajaran bahasa Inggris yang paling penting. Anda pasti membutuhkan keahlian ini untuk menulis surat lamaran pekerjaan, surat kuasa, surat pernyataan, dan masih banyak lagi. Termasuk surat pribadi yang tergolong dalam surat tidak resmi/informal.

Surat pribadi adalah jenis surat yang ditulis untuk keperluan personal. Isi surat biasanya seputar menanyakan kabar, memberitahukan berita baik/buruk tentang orang-orang terdekat, dan membahas hal-hal lain yang bersifat pribadi.

Surat pribadi biasa dikirimkan untuk orang tua, keluarga, pasangan, kerabat jauh, sahabat, dan siapa saja yang memiliki ikatan personal. Gaya penulisan surat pribadi lebih santai dan bersahabat layaknya gaya chatting anak muda masa kini.

Sejarah surat pribadi berawal dari tahun 500 BC ketika bangsa Persia kuno sering berkirim surat pribadi satu sama lain. Pada abad ke-18, saat kertas mulai diproduksi secara massal dan tingkat literasi masyarakat terus meningkat, surat pribadi pun menjadi semakin populer.

Surat cinta pun termasuk dalam kategori surat pribadi. Hanya saja maksud dan isinya lebih spesifik ke urusan asmara. Salah satu contoh surat pribadi dalam bahasa Inggris yang paling legendaris adalah 1.000 surat cinta peninggalan John Adams, mantan presiden Amerika Serikat, dengan istrinya, Abigail.

Format dan Struktur Surat Pribadi Bahasa Inggris

Walaupun termasuk jenis surat informal, surat pribadi tetap memiliki format dan struktur yang sudah menjadi patokan umum. Jika Anda mengamati berbagai contoh surat pribadi dalam bahasa Inggris, Anda akan mendapati struktur materi yang relatif seragam.

Sebuah surat pribadi yang baik terdiri dari elemen-elemen di bawah ini:

  • Nama lengkap dan alamat. Biasanya diletakkan di pojok kanan atas, diikuti dengan tanggal penulisan surat.
  • Nama lengkap dan alamat penerima. Sama seperti elemen sebelumnya, tapi letaknya di pojok kiri atas.
  • Kata sapaan. Bisa berupa “Dear”, “Hello”, “My love”, dan lain sebagainya.
  • Isi. Tidak ada aturan baku tentang isi surat pribadi. Anda bisa membahas apapun yang Anda inginkan di dalamnya.
  • Kesimpulan. Menyimpulkan isi surat dan meminta penerima untuk bersedia membalas surat, menelepon, menghadiri acara, atau apapun yang dibahas di bagian isi.
  • Penutup dan tanda tangan. Berterima kasih pada penerima atas kesediaan meluangkan waktu untuk membaca surat Anda. Membubuhkan tanda tangan disertai nama terang di bagian paling bawah.

Secara umum, enam elemen di atas adalah materi dasar dalam penulisan surat pribadi. Format di atas tidaklah baku. Anda bisa berkreasi sebebas mungkin untuk membuat surat Anda lebih berkesan dan menyentuh.

Cara Menulis Surat Pribadi

Ada banyak contoh surat pribadi dalam bahasa Inggris yang bisa Anda jadikan template untuk menulis. Walaupun Anda bisa menggunakan template, namun Anda tetap memerlukan kreativitas untuk membuat surat pribadi yang bagus dan berkesan.

Beberapa tips di bawah ini bisa membantu Anda untuk menulis surat pribadi yang menyentuh perasaan:

  1. Tulis nama dan alamat secara lengkap dan jelas.
  2. Gunakan kalimat sapaan yang tepat sesuai level kedekatan Anda dengan penerima.
  3. Di paragraf pembuka, sampaikan secara singkat tentang tujuan Anda menulis surat tersebut.
  4. Jangan hanya membicarakan diri Anda sendiri. Tanyakan juga kabar penerima, aktivitasnya, pendapatnya tentang suatu hal, dan doakan penerima dengan harapan-harapan baik.
  5. Tunjukkan empati pada terhadap musibah yang menimpa penerima.
  6. Ulas kenangan Anda dengan penerima mengenai suatu hal atau kejadian.
  7. Sampaikan kabar dan salam dari orang-orang terdekat Anda.
  8. Tawarkan bantuan yang bisa Anda berikan.
  9. Tutup surat dengan meminta penerima untuk membalas surat Anda dan mendoakan hal-hal baik untuk penerima.
  10. Sertakan tanda tangan dan tulis nama lengkap Anda di akhir surat.

Kualitas surat pribadi terdapat pada level emosi yang timbul antara pengirim dan penerima. Sepucuk surat bisa membuat Anda tersenyum saat mendengarkan kabar baik dari teman pena Anda. Begitu juga sebaliknya, kerabat jauh Anda bisa menitikkan air mata saat membaca kabar duka melalui surat.

Kesan dan emosi seperti inilah yang sulit kita dapatkan dengan surat elektronik.

Contoh Surat Pribadi dalam Bahasa Inggris

Untuk lebih memahami penulisan surat pribadi, Anda bisa mengamati beberapa contoh di bawah ini. Kami telah mengumpulkan banyak contoh surat pribadi dalam bahasa Inggris dan artinya. Baik surat pribadi untuk teman, guru, maupun orang tua.

Contoh Surat Pribadi dalam Bahasa Inggris untuk Teman #1

contoh surat pribadi dalam bahasa inggris untuk teman

Solo, March 10, 2022

 

Dear Grey,

I’ve been wondering about your plans for the holiday. Are you still planning on having a barbeque party this summer? I really have know idea how you manage everything. You must be exhausted, and it’s still 10th. I hope you get enough rest and ‘Me Time’. How are Ana and the kids? I do hope everyone is healthy, especially during this pandemic.

We are okay, and working hard on finishing our projects to enjoy some ‘Lazy Time’. Didik and I both have tight schedules this year. Holiday is just a few weeks ahead, though, and we are planning to hike Lawu Mount!

Do you remember our last hike while we’re still in scout? We were so excited! I printed some of our photos and hung them on my room wall.

I sent some cartoon designs that I drew every weekend. The characters represent us. I also put some ‘extra touches’ to make it feel more real. I’m looking forward to your reply.

 

Warm regards,

Roy

 

Terjemah Contoh Surat Pribadi untuk Teman #1

Solo, 10 Maret 2022

 

Untuk Grey,

Aku sudah bertanya-tanya tentang rencanamu untuk liburan. Apakah kamu masih berencana untuk mengadakan pesta barbeque musim panas ini? Aku benar-benar tidak tahu bagaimana kau bisa mengatur semuanya. Kamu pasti kelelahan, dan ini masih tanggal 10. Aku harap kamu mendapatkan cukup istirahat dan ‘Me Time’. Bagaimana kabar Ana dan anak-anak? Aku harap semuanya sehat, terutama di masa pandemi ini.

Kami baik-baik saja, dan sedang bekerja keras menyelesaikan proyek kami agar dapat menikmati ‘Lazy Time’. Didik dan aku memiliki jadwal yang ketat tahun ini. Liburan tinggal beberapa minggu ke depan, dan kami berencana untuk mendaki Gunung Lawu!

Apa kamu ingat pendakian terakhir kita saat kita masih di pramuka? Kita sangat bersemangat! Aku mencetak beberapa foto kita dan memajangnya di dinding ruanganku.

Aku mengirimkan beberapa desain kartun yang kugambar setiap akhir pekan. Karakternya mewakili kita. Aku juga memberikan beberapa ‘sentuhan ekstra’ untuk membuatnya terasa lebih nyata. Aku menantikan balasan darimu.

 

Salam hangat,

Roy

 

Contoh Surat Pribadi dalam Bahasa Inggris untuk Teman #2

Denpasar, March 10, 2022

 

Dear Dinda,

I hope you are doing all good. It feels like years since the last time we met. Luckily, I will visit your city soon and we will have a chance to meet.

I’ll be there on June 11th, 2022 for an interview. I also have planned a week trip for us, so make sure to make time for Me. I can’t wait to travel around and try a lot of tasty foods in your city.

Don’t forget to prepare a camera. I will share my hotel address with you very soon.

 

Regards,

Iriana

 

Terjemah Contoh Surat Pribadi untuk Teman #2

Denpasar, 10 Maret 2022

 

Untuk Dinda,

Kuharap kamu baik-baik saja. Rasanya seperti bertahun-tahun sejak terakhir kali kita bertemu. Untungnya, aku akan segera mengunjungi kotamu dan kita akan punya kesempatan untuk bertemu.

Aku akan berada di sana pada tanggal 11 Juni 2022. Aku juga merencanakan liburan satu minggu untuk kita, jadi pastikan luangkan waktu untukku. Aku tidak sabar untuk berkeliling dan mencoba banyak makanan lezat di kotamu.

Jangan lupa untuk menyiapkan kamera. Aku akan membagikan alamat hotelku denganmu secepatnya.

 

Salam,

Adimas

Contoh Surat Pribadi untuk Guru dalam Bahasa Inggris #1

contoh surat pribadi untuk guru dalam bahasa inggris

Semarang, March 10, 2022

 

Dear Mrs. Yessi,

I’m writing this letter to tell you how thankful I am for my precious 3 years in senior high school. Honestly, you’re the one that changed my mind about school, life, and future.I may not be where I am now without your help and support.

I remember the day when you encourage Me to pursue my dream to be a writer, and told me that I am very talented. That’s when I finally gained my confidence.

I also remember how you advised me to take a course, to publish my writings, and to broaden my relationship with reputable writers. I learned a lot from them, and from you also.

Thank you very much, Mrs. Yessi. I can never repay everything you’ve done for Me. I hope you will always get the best in life and someday we can meet again.

 

Sincerely,

Your forever student, Ihan

Contoh Surat Pribadi untuk Guru dalam Bahasa Indonesia #1

Semarang, 10 Maret 2022

 

Untuk Bu Yessi,

Saya menulis surat ini untuk mengatakan kepada Anda betapa bersyukurnya saya atas 3 tahun saya yang berharga di SMA. Sejujurnya, Anda adalah orang yang mengubah pikiran saya tentang sekolah, kehidupan, dan masa depan. Saya mungkin tidak akan berada di tempat saya sekarang tanpa bantuan dan dukungan Anda.

Saya ingat hari ketika Anda mendorong saya untuk mengejar mimpi saya untuk menjadi penulis, dan mengatakan kepada saya bahwa saya sangat berbakat. Itulah saat dimana saya akhirnya mendapatkan kepercayaan diri.

Saya juga ingat bagaimana Anda menyarankan saya untuk mengambil kursus, mempublikasikan tulisan-tulisan saya, dan memperluas hubungan saya dengan penulis-penulis bereputasi. Saya belajar banyak dari mereka, dan dari Anda juga.

Terima kasih banyak, Bu Yessi. Saya tidak akan pernah bisa membalas setiap hal yang telah Anda lakukan untuk saya. Saya berharap Anda selalu mendapatkan yang terbaik dalam hidup dan suatu hari kita bisa berjumpa lagi.

 

Hormat saya,

Murid Anda selamanya, Ihan

Contoh Surat Pribadi untuk Guru dalam Bahasa Inggris #2

Medan, March 10, 2022

 

Dear Mr. Simanjuntak,

I am writing this letter to tell you that you are the best teacher ever. Being in your class is something I’m very grateful for. You helped Me to understand a lesson that I used to hate: math.

I always thought that algebra made no sense. Nobody would use X and Y calculations in the real world! But your teaching made a huge difference.

Now, I don’t just understand algebra. More than that, I love it! I even started thinking about becoming a  scientist one day.

Thank you very much for being a super teacher. I will use your teaching method to learn difficult things in the future. I hope you have an unforgettable summer this year!

 

Sincerely yours,

Ucok Lubis

Contoh Surat Pribadi untuk Guru dalam Bahasa Indonesia #2

Medan, 10 Maret 2022

 

Untuk Pak Simanjuntak,

Saya menulis surat ini untuk memberitahu Anda bahwa Anda adalah guru terbaik sepanjang masa. Berada di kelas Anda adalah sesuatu yang sangat saya syukuri. Anda telah membantu saya untuk memahami pelajaran yang pernah sangat saya benci: matematika.

Saya selalu berpikir bahwa aljabar tidak masuk akal. Tidak ada seorang pun yang akan menggunakan perhitungan X dan Y di dunia nyata! Tapi pengajaran Anda telah membuat perbedaan yang sangat besar.

Sekarang, saya tidak hanya memahami aljabar. Lebih dari itu, saya menyukainya! Saya bahkan mulai berpikir untuk menjadi ilmuwan suatu hari nanti.

Terima kasih banyak telah menjadi guru super. Saya akan menggunakan metode pengajaran Anda untuk mempelajari hal-hal sulit di masa depan. Saya berharap Anda mendapatkan musim panas yang tak terlupakan tahun ini.

 

Hormat saya,

Ucok Lubis

Contoh Surat Pribadi untuk Orang Tua dalam Bahasa Inggris #1

contoh surat pribadi untuk orang tua dalam bahasa inggris

Surabaya, March 10, 2022

 

Dear Mom and Dad,

Mom, dad, how are you? In this pandemic situation, please consume more healthy food and exercise more often. No need to worry, I am totally fine here. I need to tell you that I joined the Red Cross Volunteer program, so I am not going home this year . I cannot miss this opportunity to gain new experience and to contribute to humanity movements.

Mom, dad, my laptop is broken. Would you mind transferring some extra money to repair my laptop? I need this laptop to do my college assignments and to practice my design skills. Thank you in advance. I’m looking forward to your reply.

 

Your beloved son,

Rian Saputra

Contoh Surat Pribadi untuk Orang Tua dalam Bahasa Indonesia #1

Surabaya, 10 Maret 2022

 

Untuk Ibu dan Ayah,

Ibu, ayah, bagaimana kabar kalian? Di situasi pandemi ini, tolong konsumsi lebih banyak makanan sehat dan berolahraga lebih sering. Tidak perlu cemas, aku benar-benar baik-baik saja di sini. Aku perlu memberitahu kalian bahwa aku telah bergabung ke program Relawan Palang Merah, jadi aku tidak akan pulang tahun ini . Aku tidak bisa melewatkan kesempatan ini untuk mendapatkan pengalaman baru dan berkontribusi pada gerakan kemanusiaan.

Ibu, ayah, laptopku rusak. Maukah kalian mengirimkan uang lebih untuk memperbaiki laptopku? Aku membutuhkan laptop ini untuk mengerjakan tugas kuliahku dan melatih kemampuan desainku. Terima kasih sebelumnya. Aku berharap untuk mendengar balasan dari kalian segera.

 

Putramu tersayang,

Rian Saputra

Contoh Surat Pribadi untuk Orang Tua dalam Bahasa Inggris #2

Mandalika, March 10, 2022

 

Dear Mom,

I am fine here. I hope you are healthy, too. I’m enjoying my life in this new city and new job. Though there is no place like home, I’m trying to build my second home here in Mandalika.

This job is a wonderful gift that God has given. Working on the MotoGP circuit, I have the opportunity to meet world class racers. I also took pictures with some of them.  My friends even envy me!

I will bring Mandalika souvenirs when I get home.. Pay my regards to Daddy and Granny.

 

Your loving daughter.

Niskala

Contoh Surat Pribadi untuk Orang Tua dalam Bahasa Indonesia #2

Mandalika, 10 Maret 2022

 

Untuk Ibu,

Aku baik-baik saja di sini. Aku harap ibu juga sehat. Aku menikmati hidupku di kota baru dan pekerjaan baru ini. Walaupun tidak ada tempat seperti rumah, aku mencoba untuk membangun rumah keduaku di sini di Mandalika.

Pekerjaan ini adalah hadiah luar biasa yang Tuhan berikan. Bekerja di sirkuit MotoGP, aku memiliki kesempatan untuk bertemu pembalap kelas dunia. Aku juga berfoto dengan beberapa di antara mereka. Teman-temanku bahkan iri padaku!

Aku akan membawakan souvenir Mandalika saat pulang nanti. Sampaikan salamku pada ayah dan nenek.

 

Putri tersayangmu,

Niskala

 

Itulah beberapa contoh surat pribadi dalam bahasa Inggris untuk teman, guru, dan orang tua. Anda juga sudah memahami format dan struktur penulisan, serta tips menulis surat pribadi dalam bahasa Inggris agar lebih berkesan dan menyentuh.

Baca juga artikel tentang surat penawaran dalam bahasa Inggris dan surat pernyataan dalam bahasa Inggris untuk meningkatkan kemampuan menulis Anda!

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan komentar