Mengenal Causality Conjunction dan Contoh Kalimatnya

Causality conjunction merupakan kata hubung (Conjunctions)yang sebetulnya tanpa kamu sadari sering kamu jumpai dalam bahasa Inggris. Nah, pada kesempatan kali ini kamu akan belajar apa itu causality conjunction dan contoh kalimat causal conjunction. Jangan lewatkan penjelasan lengkapnya berikut ini!

Causal Conjunction Definition

Causality Conjunction

What is a causal conjunction? Konjungsi kausal adalah kata hubung atau kata sambung yang berguna untuk menerangkan sebab akibat dalam sebuah kalimat atau teks. Konjungsi ini juga sering orang sebut dengan istilah cause and effect transition words atau kata transisi sebab dan akibat.

Dalam penggunaannya sendiri, konjungsi kausal ini memiliki peran besar, lho. Kata transisi sebab dan akibat ini membuat teks menjadi lebih sistematis dan terstruktur.

Beberapa contoh konjungsi kausal yang mungkin sering kamu temui adalah because dan juga therefore. Namun, selain kedua contoh tersebut, ternyata masih banyak lagi contoh-contoh dari konjungsi kausal ini yang akan segera kamu kenali dalam artikel ini.

Contoh Causal Conjunction

Causality Conjunction

Jika tadi kamu sudah tahu seidkit tentang bocoran dua contoh konjungsi kausal, kamu pasti ingin tahu contoh lainnya, bukan? Tapi sebelum kamu melihat beberapa causal conjunction example, pahami dulu bahwa ada rumus tertentu dalam penulisan kalimat dengan kata atau frasa transisi kausal.

Ini dia kedua rumus pembentuk kalimat causal conjuction:

  • Causal Conjunction + Cause + Effect
  • Effect + Causal Conjunction + Cause

Untuk menulis kalimat dengan causal conjunction, kamu bisa mengikuti pola dari rumus di atas. Dengan demikian, kamu dapat dengan lebih mudah menyusun kalimat sebab dan akibat.

Nah, setelah melihat rumus di atas, di bawah ini adalah beberapa contoh dari causal conjunction yang terbagi menjadi dua kategori. Yang pertama adalah causal conjunction yang diikuti oleh kata kerja atau atau verb, Sedangkan yang kedua adalah causal conjunction yang diikuti oleh noun

Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut:

Causal Conjunction Followed by Subject + Verb

Konjungsi kausal yang ada dalam kategori ini selalu beriringan dengan kata kerja dalam penulisannya. Beberapa contoh kata transisi sebab akibat yang masuk ke dalam kategori ini adalah because, as, for, dan since. 

Untuk memperjelas penggunaan rumus sebelumnya, kamu bisa menyimak beberapa contoh kalimat dengan causal conjunction dan analisisnya berikut ini:

  1. Because: Karena

Contoh:

Elliot can’t attend today’s class because he’s sick. (Elliot tidak dapat menghadiri kelas hari ini karena dia sakit.)

Effect: Elliot can’t attend today’s class.

Cause: He’s sick.

  1. Since: Karena

Contoh:

He’s been at home all day since it’s hot outside. (Dia berada di rumah sepanjang hari karena di luar panas.)

Effect: He’s been at home all day.

Cause: It’s hot outside.

  1. For: Karena

Contoh:

The shop is closed for today is Christmas. (Toko tutup karena hari ini adalah Natal.)

Effect: The shop is closed.

Cause:  Today is Christmas.

  1. As: Karena

Contoh:

As he was caught cheating in class, he got severe punishment.

(Karena dia ketahuan menyontek di kelas, dia mendapat hukuman berat.)

Effect: He got severe punishment.

Cause: He was caught cheating in class.

Causal Conjunction Followed by Noun

Dalam kategori ini, contoh konjungsi kausalnya adalah because of, due to, dan as a result of. Lebih lanjut, contoh kalimat dari konjungsi kausal followed by nouns:

  1. Due to (Karena/Akibat)

Contoh:

Due to the heavy rains last night, several areas in Central Jakarta were flooding. (Akibat hujan deras tadi malam, beberapa wilayah di Jakarta Pusat terendam banjir.)

Effect: Several areas in Central Jakarta were flooding

Cause: The heavy rains last night.

  1. As a result (Sebagai hasilnya/Akibatnya)

Contoh:

As a result of the concert’s cancellation, the organizers will return the visitor’s money. (Akibat pembatalan konser tersebut, pihak penyelenggara akan mengembalikan uang pengunjung.)

Effect: The organizers will return the visitor’s money.

Cause: The concert’s cancellation.

  1. Because of (Karena)

Contoh:

Because of his outstanding work, James was chosen as the new lead division. (Karena pekerjaannya yang luar biasa, James terpilih sebagai pemimpin divisi yang baru.)

Effect: James was chosen as the new lead division.

Cause: His outstanding work.

Itu dia beberapa contoh dari causality conjunction. Terutama kalian SMA kelas 11 jangan lupa baca materi Pronoun ya, agar kamu bisa menjawab materi-materi untuk SMK atau SMA ini.

Tinggalkan komentar