Materi Making an Appointment dalam Bahasa Inggris

Apakah kamu pernah membuat janji? Membuat janji bukan hanya untuk tujuan berkunjung ke dokter, melakukan wawancara kerja, atau aktivitas formal lainnya. Membuat janji juga bisa kamu lakukan kepada teman, saudara, sahabat, orang tua, dan lain-lain. Dalam bahasa Inggris, membuat janji disebut making an appointment.

Selain materi Expressing Showing Care/Sympathy, materi making an appointment merupakan materi SMA/SMK kelas 10, agar siswa dapat memahami bagaimana cara membuat, menerima, dan membatalkan janji. Artikel berikut ini akan membahas kalimat-kalimat apa saja yang biasa digunakan sebagai expression of making an appointment. 

Ungkapan dalam Making an Appointment (Membuat Janji)

Dalam bahasa Indonesia, appointment adalah janji temu. Istilah ini digunakan untuk membuat perjanjian atau pertemuan dengan orang lain yang ditetapkan dan disepakati untuk waktu dan tempat tertentu.

Belajar untuk mengatur dan membuat janji merupakan suatu keharusan. Karena ini akan membantu kamu agar menjadi seseorang yang lebih produktif dan bisa mengatur waktu dengan baik.

Cara terbaik untuk membuat janji adalah dengan menawarkan waktu yang sesuai dengan kondisimu saat ini. Jangan sampai waktu yang kamu sepakati ternyata bersamaan dengan janji yang kamu berikan kepada orang lain. Oleh karena itu, kamu bisa menawarkan waktu untuk bertemu terlebih dahulu.

Berikut ini contoh kalimat yang bisa kamu gunakan:

  • Could we meet this weekend for the biology assignment? (Bisakah kita bertemu akhir pekan ini untuk mengerjakan tugas biologi?)
  • I will be attending my friend’s birthday party on Saturday. Will you meet me on Sunday? (Saya akan menghadiri pesta ulang tahun temanku pada hari Sabtu. Maukah kau bertemu dengan saya pada hari Minggu?)
  • Can I come after dinner time? I’m still on my way. (Bisakah saya datang setelah waktu makan malam? Aku masih dalam perjalanan)

Refusing an Appointment 

Making an Appointment

Jika teman kamu mengajak untuk bertemu dan menawarkan waktu dan tempat, lalu kamu tidak menyetujuinya, kamu bisa menolaknya dan membuat penawaran baru. Contohnya: 

  • Sorry, no, what about Sunday when my dad comes home from out of town? (Maaf, tidak, bagaimana dengan hari Minggu saat ayahku pulang dari luar kota?)
  • Hmm…what about Friday at 2 PM after school? If you are willing. (Hmm.. bagaimana dengan hari Jum’at jam 2 siang setelah pulang sekolah? Jika kamu bersedia.)
  • No, that’s too bad. I’m only free on Sunday. (Tidak, itu terlalu buruk. Saya hanya bebas pada hari Minggu)
  • Unfortunately, that’s not going to work. What about Tuesday? (Sayangnya, saya sibuk saat itu. Bagaimana dengan Selasa?)
  • I’m not sure about that. What about after my sister’s wedding day on Saturday? (Saya tidak yakin tentang itu. Bagaimana setelah hari pernikahan saudara perempuan saya pada hari Sabtu?)
  • No, I’m sorry. I’m completely booked this week. What about next week? (Tidak, saya minta maaf. Saya sangat sibuk minggu ini. Bagaimana dengan minggu depan?)

Confirming an Appointment (Mengonfirmasi Janji)

Making an Appointment

Setelah menegosiasi waktu untuk bertemu bersama, kamu kemudian harus mengonfirmasi (atau mungkin mengonfirmasi ulang) janjimu, baik secara lisan maupun lewat pesan teks (chat). Kamu bisa menggunakan kombinasi dari frasa-frasa di bawah ini.

Contohnya : 

  • Perfect. I’ll be there tomorrow at 8 AM. See you soon. (Sempurna, saya akan berada di sana besok jam 8 pagi. Sampai ketemu.)
  • That works. I’ll send word to other buddies to gather at your house as soon as possible before we leave for Bandung. (Bagus.. Aku akan mengirim pesan ke teman-teman lain untuk berkumpul di rumahmu secepatnya sebelum kita berangkat ke Bandung.)
  • Sounds good. I’ll be waiting for you there on Wednesday. Don’t be late. See you then. (Kedengarannya bagus. Aku akan menunggumu di sana pada hari Rabu. Jangan terlambat. Sampai jumpa.)
  • Okay. I’ll send you a Google invitation. Bring a friend if you like. (Oke. Saya akan mengirimi Anda undangan Google. Bawa teman jika Kamu mau.)
  • Great, thank you. So Monday the 27th of November at 7 PM at my house. (Bagus, terimakasih. Jadi Senin tanggal 27 November jam 7 malam di rumah saya.)

Contoh Dialog Making an Appointment

Making an Appointment

Nah, kamu telah memahami beberapa kalimat atau frasa tentang making an appointment, refusing, and confirming an appointment. Berikut ini contoh dialognya:

Contoh Dialog Making Appointment with Friends

Desi : Hi, Putri. Do you have any plans this Sunday? (Hai, Putri. Apakah Anda punya rencana di hari Minggu ini?)

Putri : I will visit my uncle’s house. What is it? (Saya akan mengunjungi rumah paman saya. Ada apa?)

Desi : I want to invite you to watch the cinema. (Saya ingin mengajakmu menonton bioskop.)

Putri : Hmm… What about Saturday? I’m free that day. (Hmm… Bagaimana dengan hari Sabtu? Saya bebas hari itu.)

Desi : Sounds good. What time can you be? (Kedengarannya bagus. Jam berapa kamu bisa?)

Daughter : I can at 10 AM. Do you agree? (Saya bisa jam 10 pagi. Apa kamu setuju?)

Desi : Sorry, no, what about 2 PM? (Maaf, tidak, bagaimana dengan jam 2 siang?)

Daughter: Perfect. See you then. ( Sempurna. Sampai jumpa.)

Contoh Dialog Making Appointment with Doctor

Assistant: Good morning. With Dr. Siska’s medical facility nearby. Can I assist you? (Selamat pagi. Dengan fasilitas medis Dr. Siska. Dapatkah saya membantu Anda?)

Patient: I wish to schedule a consultation with Dr. Siska. (Saya ingin menjadwalkan konsultasi dengan dr. Siska.)

Assistant: Have you consulted Dr. Sister before? (Apakah Anda pernah konsultasi dengan dr. Siska sebelumnya?)

Patient : Not ever. I’ll be meeting Dr. Siska for the first time at this time. (Tidak pernah. Saya akan bertemu Dr. Siska untuk pertama kalinya saat ini.)

Assistant :  Okay. What is your name? (Baik. Siapa nama Anda?)

Patient: Brian Michael is my name. (Nama saya Brian Michael)

Assistant : Please let me borrow your ID card. I’ll put your name on the list. (Tolong izinkan saya meminjam kartu identitas Anda. Aku akan memasukkan namamu ke dalam daftar.)

Assistant: Good. Thank you. (Baik. Terima Kasih)

Assistant : May I ask why you scheduled this appointment? (Bolehkah saya bertanya mengapa Anda menjadwalkan janji temu ini?)

Patient : I have had nausea and vomiting for the past three days. My stomach feels uncomfortable. I’m eager to see Dr. Siska. ( Saya mengalami mual dan muntah selama tiga hari terakhir. Perutku terasa tidak nyaman. Saya sangat ingin bertemu Dr. Siska.)

Assistant : Today’s schedule for Doctor Siska is full. You can thus arrive on Monday at 9 AM. (Jadwal dokter Siska hari ini sudah penuh. Dengan demikian, Anda dapat tiba pada hari Senin pukul 9 pagi.)

Patient: Okay. That would be great. (Okay. Itu akan bagus).

Assistant : Very well. I’ll schedule it for you at 9 AM next Monday. (Baiklah. Saya akan menjadwalkannya untuk Anda pada jam 9 pagi Senin depan.)

Patient : Thank you. (Terima Kasih).

Itulah materi making an appointment beserta contoh kalimat dan dialognya dalam bahasa Inggris. Setelah membuat janji, jangan lupa untuk mengonfirmasinya sehingga kamu tahu persis kapan harus berada di suatu tempat.

Tinggalkan komentar