Mengenal Making Promise and Swearing, Lengkap dengan Contoh Dialognya

Di kehidupan sehari-hari, terkadang kamu perlu memberi jaminan kepada lawan bicaramu bahwa kamu akan melakukan sesuatu. Begitu juga saat kamu tidak melakukan hal itu. Di dalam bahasa Inggris, kamu akan mengenalnya dengan making promise and swearing

Karena alasan itu, tidak heran jika kamu harus mempelajari materi bahasa Inggris kelas 12 yang satu ini. Tapi, apa sebenarnya pengertian dan ekspresi making promise and swearing? Bagi kamu yang ingin belajar, berikut adalah segala hal tentang materi ini yang perlu kamu ketahui! 

Bacaan Lainnya

Apa Itu Making Promise and Swearing?

Making Promise and Swearing

Selama ini, apakah kamu pernah membuat janji untuk melakukan atau tidak melakukan suatu hal? Atau mungkin, bukan janji yang kamu buat, melainkan sebuah sumpah? Jika iya, maka kamu mungkin sudah tahu dan familier dengan definisi making promise and swearing dalam bahasa Inggris. 

Namun, bagi kamu yang belum paham, secara harfiah kata “making promise” berarti membuat janji. Sedangkan kata “swearing” memiliki arti “bersumpah”. Keduanya adalah jenis ekspresi atau ungkapan yang pastinya akan sering kamu temukan. Itu kenapa mempelajari materi ini sangat esensial. 

Meskipun terdengar sama, namun ada sedikit perbedaan di antara expression promise dan expression swearing. Perbedaan tersebut ada di dalam konteks ketika kedua ekspresi tersebut digunakan. Agar kamu lebih paham, kamu pun dapat menyimak penjelasan di bawah.

Ungkapan untuk Membuat Janji (Making Promise)

Pada dasarnya, agar bisa fasih dalam berbicara bahasa Inggris, kamu harus menguasai beragam ekspresi atau ungkapan. Satu di antaranya adalah materi making promise, yang pasti akan sangat bermanfaat di kemudian hari. Sebab, mungkin kamu akan sering membuat janji saat berbicara dalam bahasa Inggris. 

Janji di sini tidak hanya dalam konteks appointment saja. Misalnya seperti membuat janji untuk bertemu klien hari Sabtu pukul empat di kafe ABC. Namun, juga untuk memberi rasa reassurance atau jaminan dalam bentuk kata-kata janji agar lawan bicaramu merasa tenang. 

Biasanya, di dalam dialog making promise, kamu akan menggunakan beberapa kata kunci. Kata-kata kunci tersebut adalah sebagai berikut! 

  • I will (aku akan) 
  • I won’t (aku tidak akan) 
  • Believe me (percaya padaku) 
  • Believe in me (percaya padaku)
  • I promise (aku janji) 
  • I assure (aku pastikan) 
  • Trust me (percaya padaku)
  • Trust in me (percaya padaku)

Perlu kamu catat jika subjeknya bisa kamu ubah dan tidak selalu “I”. Kamu dapat menggunakan kata you, he, she, we, they, bahkan hingga nama orang. Apabila kamu masih bingung, kamu bisa menggunakan beberapa contoh kalimat making promise berikut ini!

  • Ara promised that she would go to Japan with me. (Dia telah berjanji jika dia akan pergi ke Jepang denganku.) 
  • Believe me, I will never let you down. (Percaya padaku, aku tidak akan mengecewakanmu.)
  • He won’t do it again if you don’t like it, so you need to put trust your in him. (Dia tidak akan melakukan itu lagi jika kamu tidak menyukainya, jadi kamu harus menaruh kepercayaan padanya.) 

Sebagai respon dari ungkapan di atas, kamu dapat menjawab :

  • I trust/believe you (aku percaya padamu) 
  • I don’t trust/believe you (aku tidak percaya padamu)

Ungkapan untuk Bersumpah (Swearing)

Making Promise and Swearing

Selain membuat janji, terkadang kamu juga perlu bersumpah agar lawan bicaramu menjadi jauh lebih percaya. Hal ini karena kekuatan ungkapan “swearing” memang jauh lebih besar dari ungkapan “making promise”. Hal ini karena kamu sangat wajib untuk menepati hal yang kamu sumpahkan tersebut. 

Bukan berarti kamu dapat ingkar janji saat “making promise”. Hanya saja, ketika terlibat ke dalam dialog swearing, kewajiban kamu untuk menepatinya pun seketika akan bertambah. Maka dari itu, kamu harus berhati-hati saat membuat sebuah sumpah. Pastikan jika kamu bisa menepatinya. 

Sama seperti membuat janji, saat bersumpah pun biasanya kamu akan menggunakan beberapa kata kunci tertentu. Pada umumnya, ada tiga kata yang akan kamu gunakan saat bersumpah. Kata tersebut adalah swear, oath, dan juga vow. Hanya saja, vow biasanya digunakan untuk janji pernikahan.

Sedangkan di kehidupan sehari-hari, kamu akan lebih sering menggunakan swear dan juga oath. Tidak lupa, kamu juga akan banyak memakai kata will dan won’t di dalam kalimat sumpah. Misalnya seperti pada contoh kalimat making promise berikut ini! 

  • I swear I will come back home every two weeks mom, don’t worry. (Aku janji aku akan pulang ke rumah setiap dua minggu ma, jangan khawatir.)
  • I swear to God that I don’t steal your money, I will even make an oath if you don’t believe me. (Aku bersumpah kepada Tuhan jika aku tidak mencuri uangmu, aku bahkan akan membuat sumpah jika kamu tidak percaya padaku.)

Tidak jauh berbeda dengan ekspresi atau ungkapan making promise, kamu juga bisa merespon ekspresi jenis ini dengan cara berikut! 

  • I trust/believe you (aku percaya padamu) 
  • I don’t trust/believe you (aku tidak percaya padamu)

Contoh Dialog

Making Promise and Swearing

Setelah mengetahui apa saja kata kunci yang dapat kamu gunakan untuk membuat janji dan juga untuk bersumpah, kamu pun harus tahu contoh dialognya. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah menerapkan materi ini di dalam kehidupanmu sehari-hari. Lalu, bagaimana contoh dialognya? 

Berikut adalah dialog making promise and swearing pendek yang dapat kamu pelajari! 

Dialog 1

Andita : Bunga, can you go to my birthday party next week? (Bunga, apakah kamu bisa datang ke pesta ulang tahunku minggu depan?) 

Bunga : Oh, of course I will go, I promise. (Oh, pasti aku akan datang, aku janji.)

Andita : I don’t believe you, you always skip parties. (Aku tidak percaya padamu, kamu selalu tidak datang ketika ada pesta.)

Bunga : But you are my best friend Andita, so I swear I will come to your party, trust me. (Tapi kamu adalah teman terbaikku Andita, jadi aku bersumpah bahwa aku akan datang ke pestamu, percaya padaku.) 

Dialog 2

Rain : Jack, did you see my pen? I put it here. (Jack, apakah kamu melihat pulpenku? Aku menaruhnya di sini.) 

Jack : No I’m not. Is it lost? (Tidak, aku tidak melihatnya. Apakah itu hilang?) 

Rain : I think so, I can find it. (Aku pikir begitu, aku tidak bisa menemukannya.)

Jack : I swear I didn’t steal it. (Aku bersumpah aku tidak mencurinya.) 

Rain : Of course you don’t, I believe you. I think it’s dropped around here. (Tentu saja kamu tidak mencurinya, aku percaya padamu. Aku pikir itu jatuh di sekitar sini.) 

Jack : Okay, I assure you that your pen will be found. I will help you search for it. (Oke, aku pastikan jika pulpen milikmu akan ketemu. Aku akan membantumu mencari itu.) 

Itulah dialog tentang making promise and swearing yang dapat kamu pelajari. jangan lupa baca materi lainnya tentang Expression of Admitting and Denying ya agar kemampuanmu semakin mantab!