Rangkuman Materi Bahasa Inggris Kelas 12 Semester 1 & 2

Memasuki tahun ajaran baru, akan lebih baik jika kamu mempersiapkan diri dengan mengetahui berbagai materi belajar bahasa Inggris yang akan dipelajari di kelas 12. Apa saja materi kelas 12 tersebut? Berikut adalah ringkasan materi bahasa Inggris kelas 12 semester 1 dan 2. Yuk, simak!

Rangkuman Materi Bahasa Inggris Kelas 12 Semester 1

Materi Bahasa Inggris Kelas 12

Bacaan Lainnya

Apa saja materi bahasa Inggris kelas 12 semester 1? Mengawali tahun ajaran baru kelas 12, berikut adalah  materi bahasa Inggris kelas 12 semester 1 kurikulum 2013 yang harus kamu kuasai.

1. Making Suggestion

Dalam bahasa Indonesia, making suggestion memiliki makna literal yakni membuat saran. Nah, kamu dapat memahami bahwa dalam materi ini kamu akan belajar berbagai ungkapan untuk menyampaikan nasihat kepada orang lain. Bukan hanya itu, kamu juga akan mengenal rumus untuk kalimat saran. 

2. Expression of Blaming and Accusing

Pernahkah kamu mengalami suatu hal tidak menyenangkan kemudian menyalahkan orang lain atas kejadian tersebut? Atau menuduh seseorang atas kecurigaanmu? 

Nah, expressing of blaming and accusing adalah materi yang membahas tentang berbagai ungkapan untuk menuduh dan menyalahkan orang. Sebagai contoh ungkapan blaming (menyalahkan) adalah ‘it’s your fault!’ dan ungkapan accusing (menuduh) adalah ‘it’s is you isn’t it?’

3. Expression of Admitting and Denying

Kalau di expressing of blaming and accusing kamu belajar cara menuduh seseorang, dalam materi ini kamu akan belajar cara menjawab tuduhan tersebut. Secara singkat, pada materi expression of admitting and denying ini kamu akan belajar cara mengakui dan juga membantah atas tuduhan yang orang tuduhkan.

4. Making Promise and Swearing

Materi kelas 12 bahasa Inggris untuk semester 1 yang juga akan kamu pelajari adalah making promise and swearing. Inti dari materi ini adalah kamu akan belajar mengenal beragam ekspresi untuk membuat janji (promise) dan sumpah (swearing). 

5. Expressing Curiosity and Showing Attitudes

Tahukah kamu cara untuk menunjukkan rasa ingin tahu dalam bahasa Inggris?  Nah, dalam pembahasan materi ini, kamu akan mengenal berbagai ungkapan untuk menunjukkan rasa penasaran (curiosity) dalam bentuk kata-kata. Lebih dari itu, kamu juga akan belajar cara menunjukan reaksi (showing attitude).

6. Expressing Possibility and Impossibility

Dalam bahasa Inggris memang ada banyak materi ekspresi yang harus kamu kuasai. Salah satu yang wajib adalah menguasai materi expressing possibility and impossibility.

Apa saja yang akan kamu pelajari dalam materi ini? Secara garis besar, pada materi ini kamu akan belajar ekspresi untuk menyatakan kemungkinan dan ketidakmungkinan. Kedua ekspresi tersebut adalah ekspresi yang cukup sering orang pakai dalam percakapan sehari-hari.

7. Making Request

Materi lain yang juga akan kamu dapatkan di semester ganjil kelas 12 adalah making request. Materi ini akan membantu kamu untuk memahami berbagai ekspresi untuk membuat permintaan, baik secara formal maupun informal.

8. Giving Instruction

Dalam kehidupan sehari-hari kamu pasti sudah sering menyatakan kalimat perintah dalam bahasa Indonesia, bukan? Nah, yang menjadi pertanyaannya sekarang, tahukah kamu cara membuat kalimat perintah dalam  bahasa Inggris?

Jangan khawatir kalau ternyata kamu belum tahu caranya, karena pada giving instruction ini kamu akan belajar membuat kalimat suruhan atau perintah. Bukan hanya itu, kamu juga akan mengenal jenis serta rumus kalimat suruhan.

9. Narrative Text

Dalam bahasa Inggris terdapat banyak jenis teks. Nah, salah satu jenis teks yang akan kamu saat memasuki kelas 12 adalah narrative text atau teks fiksi. Dalam pembelajaran ini, kamu akan mengenal teks narasi bahasa Inggris secara keseluruhan, dari pengertian, struktur, kaidah kebahasaan, hingga contohnya.

10. Procedure Text

Selain narrative text, jenis teks lain yang juga akan dibahas di semester 1 kelas 12 adalah procedure text. Kalau kamu pernah membaca sebuah resep masakan dengan petunjuk cara memasak di dalamnya, teks tersebut adalah contoh dari teks prosedur ini.

Secara terperinci, pada materi ini kamu akan mengenal pengertian, struktur, kaidah kebahasaan, ciri, serta berbagai contohnya. Selain itu, kamu juga akan belajar membuat procedure text sendiri.

11. Analytical Exposition

Selain 10 materi di atas, kamu juga akan belajar tentang analytical exposition. Apa sih, analytical exposition itu?

Secara singkat, analytical exposition merupakan teks berisi sudut pandang penulis akan sebuah topik. Nah, dalam materi ini, kamu akan belajar kerangka penulisan dari teks jenis ini dan berbagai karakteristik kebahasaannya.

Pelajari Materi Bahasa Inggris Kelas 12 Semester 1

Klik judul materi di bawah ini untuk penjelasan lengkapnya.

  1. Making Suggestion
  2. Expression of Blaming and Accusing
  3. Expression of Admitting and Denying
  4. Making Promise and Swearing
  5. Expressing Curiosity and Showing
  6. Attitudes Expressing
  7. Possibility and Impossibility
  8. Making Request Giving Instruction
  9. Narrative Text
  10. Procedure Text
  11. Analytical Exposition

Rangkuman Materi bahasa Inggris Kelas 12 Semester 2

Materi Bahasa Inggris Kelas 12

Selesai dengan materi di semester 1, kamu pasti penasaran dengan apa saja materi bahasa Inggris SMA semester 2, kan? Secara terperinci, berikut adalah rangkuman materi bahasa Inggris kelas 12 semester 2. Yuk, simak!

1. Expressions of Persuading, Encouraging, and Hoping

Dalam materi bahasa Inggris kelas 12 bab 1 semester 2, kamu akan menjumpai materi berjudul expressions of persuading, encouraging, and hoping. Materi ini merupakan materi yang mengajarkan kamu bagaimana caranya membujuk, menyemangati, serta menyampaikan harapan untuk orang lain.

2. Expressions of Criticizing and Deterring

Selanjutnya adalah materi expressions of criticizing and deterring. Materi ini mengulas tentang beragam ekspresi untuk mengutarakan kritik dan juga nasihat. Perlu kamu pahami bahwa kata nasihat di sini mengacu pada nasihat pencegahan atau deterrence, bukan suggestion.

3. Expressing Plans and Intentions

Tahukah kamu jika ternyata rencana (plans) dan niat (intentions) adalah dua hal yang berbeda? Nah, dalam materi expressing plans and intentions ini kamu akan belajar perbedaan antara kedua kata tersebut. Namun bukan itu saja, kamu juga akan belajar menyusun kalimat rencana dan niat berdasarkan rumus yang ada.

4. Caption Text

Kalau kamu merupakan penggunaan aktif media sosial, kamu pasti sudah sering ya membuat caption. Namun demikian, tahukah kamu apa yang dimaksud dengan caption itu sendiri? 

Pada materi caption text ini, kamu akan memahami apa yang dimaksud dengan caption secara keseluruhan. Mulai dari arti, fungsi, jenis, serta kriteria dalam menulis sebuah caption dalam bahasa Inggris.

5. Application Letter

Materi pelajaran bahasa Inggris kelas 12 yang selanjutnya adalah application letter atau surat lamaran. Materi ini bermanfaat untuk mempersiapkan kamu yang ingin langsung terjun ke dunia profesional setelah lulus sekolah nanti. 

Dalam materi ini, kamu akan belajar struktur serta ciri surat lamaran yang baik. Dengan demikian kamu dapat mengetahui cara menyusun atau menulis surat lamaran yang efektif dalam bahasa Inggris. 

6. Bar Chart dalam Bahasa Inggris

Dalam pelajaran matematika, kamu pasti sering melihat diagram batang, bukan? Nah, dalam bahasa Inggris, diagram batang tersebut disebut dengan bar chart dalam bahasa Inggris.

Kira-kira apa sih, yang akan kamu pelajari dalam materi ini, kenapa tiba-tiba diagram yang umumnya ada di matematika muncul di pelajaran bahasa Inggris? Dalam materi ini, kamu akan belajar cara membaca data diagram batang dalam bahasa Inggris dan membuatnya. Kemampuan ini penting kamu kuasai untuk bekal kerja nanti.

7. Unreal Conditional Sentences

Selain keenam materi di atas, di semester dua ini, kamu juga akan mempelajari berbagai pola kalimat. Di antaranya adalah pola kalimat unreal conditional sentences, yakni kalimat pengandaian yang nyatanya tidak sesuai fakta di masa kini. Contohnya, “If I had five million dollars, I would buy a new car.”

8. Past Conditional

Pola kalimat lain yang akan kamu pelajari adalah past conditional. Pola kalimat ini adalah kalimat untuk menyatakan pengandaian atas tindakan yang seharusnya kamu lakukan di masa lalu tapi kenyataannya tidak demikian. Contohnya, ‘‘If She had taken a cooking class, She would have won the competition now.”

9. Present Conditional

Selain itu, kamu juga akan belajar tentang present conditional, yakni kalimat pengandaian yang yang menjelaskan sebuah kebiasaan yang tidak terjadi saat ini. Contohnya adalah “If the forecast was sunny, He usually went to the beach”. 

10. Future Conditional

Pola kalimat lain yang akan kamu pelajari juga adalah future conditional. Dalam materi ini, kamu akan belajar menyusun kalimat pengandaian untuk hal yang mungkin terjadi di masa depan. Contohnya adalah “If Anthony passes the English exam, He will get into Harvard.”

11. Expressing Regret

Selanjutnya kamu juga akan belajar tentang beragam ungkapan untuk menunjukan kekecewaan dalam materi expressing regret. Kamu akan mengenal beragam frasa bahasa Inggris untuk mengutarakan perasaan menyesal.

12. Review Text

Materi lain yang juga akan kamu pelajari adalah materi review text. Secara garis besar, dalam materi ini kamu akan belajar cara membuat teks ulasan yang baik tentang suatu film, buku, dan beragam karya lainnya.

13. Expressions of Predicting, Speculating, and Judging

Selain 12 materi di atas, kamu juga akan belajar tentang materi expressions of predicting, speculating, and judging. Nah, apa sih, yang akan kamu pelajari dalam materi ini? Secara singkat, kamu akan mengenal beragam ungkapan untuk mengutarakan prediksi, spekulasi, dan juga penilaian.

Pelajari Materi Bahasa Inggris Kelas 12 Semester 2

Klik judul materi di bawah ini untuk penjelasan lengkapnya.

  1. Expressions of Persuading, Encouraging, and Hoping
  2. Expressions of Criticizing and Deterring
  3. Expressing Plans and Intentions
  4. Caption Text
  5. Application Letter
  6. Bar Chart dalam Bahasa Inggris
  7. Unreal Conditional Sentences
  8. Past Conditional
  9. Present Conditional
  10. Future Conditional
  11. Expressing Regret
  12. Review Text
  13. Expressions of Predicting, Speculating, and Judging

Setelah kalian pelajari materi-materi tersebut silahkan coba jawab soal latihan berikut ini :

Nah, itulah rangkuman dari materi bahasa Inggris kelas 12 yang akan kamu pelajari di semester 1 dan 2. Semoga informasi ini dapat membantu kamu mempersiapkan diri untuk memasuki tahun ajaran baru kelas 12 nantinya!