Review Text dalam Bahasa Inggris, Ini Penjelasannya Lengkap!

Review text dalam Bahasa Inggris merupakan salah satu jenis text yang perlu Anda pelajari dalam materi pelajaran Bahasa Inggris atau ketika kursus Bahasa Inggris. Setiap jenis tulisan pada Bahasa Inggris pastinya punya struktur dan karakteristik masing-masing.

Supaya Anda bisa memahami struktur kalimat dalam Bahasa Inggris, maka ada beberapa jenis text yang perlu Anda pelajari. Salah satu jenis text yang perlu kita pelajari yaitu review text. Sebenarnya jenis text ini sudah sering kita jumpai sehari-hari pada berbagai media.

Perlu Anda tahu, jika penggunaan jenis text ini biasanya bisa kita jumpai dalam majalah atau koran. Untuk pemahaman materi text ini juga tidaklah sulit. Bahkan jenis text dalam Bahasa Inggris ini sudah banyak yang menggunakan dan pastinya juga mudah untuk kita pelajari.

Review Text Dalam Bahasa Inggris
pexels.com

Pengertian Review Text dalam Bahasa Inggris

Review text dalam Bahasa Inggris merupakan suatu tulisan yang biasanya berisi tentang tinjauan atau evaluasi dari suatu publikasi. Nah, untuk publikasinya dapat berbentuk musik, video, buku, film, dan lain sebagainya. Biasanya pada text ini berisi mengenai opini dari sang penulis yang bersifat subjektif.

Lain halnya dengan hortatory exposition, review text adalah jenis teks bahasa Inggris yang penggunaannya untuk menilai dari suatu karya. Karya tersebut pada umumnya berupa film, novel, komik, lagu, dan bisa juga berupa anime atau yang lainnya.

Pada umumnya dalam review atau ulasan tersebut akan berisi ulasan mengenai berbagai macam kelebihan atau kekurangan dari suatu karya yang Anda nilai tersebut. Dengan adanya review text ini memang untuk mengkritik atau memberikan suatu evaluasi kepada sebuah artwork sebagai informasi untuk masyarakat luas.

Jadi, ulasan ini bisa untuk memberikan kritik yang sejujur-jujurnya pada objek yang sedang ditinjau. Selain itu juga untuk membuat rekomendasi untuk para audiens atau pembaca

Pada bagian akhir ulasan text, biasanya kita bisa melihat apakah si penulis merekomendasikan suatu produk atau karya tersebut untuk pembacanya atau tidak. Jika pemberi ulasan menjelaskan banyak hal positifnya, biasanya mereka akan merekomendasikannya untuk para audiens.

Sebaliknya, jika ulasan tersebut sebagian besar berisi ulasan yang negatif, maka biasanya mereka tidak merekomendasikan produk atau karya tersebut untuk para pembacanya.

Tujuan Review Text

Setelah mengetahui pengertian review text dalam Bahasa Inggris, kini saatnya Anda mengetahui apa itu tujuan dari review text ini.

Tak hanya untuk menyampaikan ulasan berupa opini dari sisi penulis saja. Akan tetapi, tujuan dari ulasan yang pada suatu karya ini adalah untuk memberikan suatu informasi kepada audiens yang membacanya.

Ulasan ini juga memiliki manfaat untuk tiga pihak. Diantaranya yaitu untuk penulis, khalayak, serta untuk pemilik publikasi. Mengapa bisa begitu? Ada beberapa alasan mengapa ulasan ini bisa bermanfaat untuk ketiga pihak tersebut.

Pertama, sang penulis secara tidak langsung memberikan ulasan yang lengkap secara gratis. Dengan begitu, bisa sekaligus mempromosikan publikasi yang merupakan karya dari para creator. Akan tetapi, ini sifatnya untuk ulasan yang bersifat positif terhadap karya tersebut.

Akan tetapi, apabila ulasan yang penulis berikan berupa ulasan negatif, tentu saja bisa berdampak buruk pada publikasi yang akan diulas.

Untuk alasan yang kedua, keingintahuan dari para audiens pada suatu informasi baru juga akan bisa terpenuhi. Pada umumnya, terlebih dulu seseorang akan mencari ulasan sebelum menikmati suatu publikasi yang diberikan.

Sebagai contoh ketika kita sebelum memutuskan untuk menonton film, pastinya kita akan mencari ulasan-ulasan yang ada dalam karya tersebut terlebih dahulu. Karena kita perlu mengetahui apakah penilain dari karya tersebut bagus atau tidak.

Ketiga, dari segi pihak creator juga bisa memberikan manfaat yang besar. Contohnya saja seperti promosi yang tak langsung. Meskipun terdapat ulasan buruk pada karya tersebut, tetap saja akan ada dampak pada publikasi yang telah mereka buat.

Akan tetapi, mereka juga dapat mengetahui secara langsung dan melihat kekurangannya. Kekurangan yang ada pada ulasan ini juga bisa dijadikan sebagai input.

Sebagai contoh saja, pada ulasan makanan dari sebuah tempat makan atau restoran. Mereka bisa langsung memperbaiki kekurangannya seperti yang dituliskan pada ulasan tersebut. Dengan begitu, pihak terkait bisa berusaha untuk memenuhi ekspektasi dari para audiens.

Struktur Review Text dalam Bahasa Inggris

Anda pasti sudah tahu jika pada setiap jenis teks dalam bahasa Inggris pastinya mempunyai struktur yang berbeda-beda. Struktur ini nantinya akan menyesuaikan dengan tujuan serta fungsi dari tiap jenis teks yang ada.

Dengan demikian, struktur yang ada pada review text, descriptive maupun narrative text tentunya akan berbeda. Nah, dalam review text ini terdapat sebanyak empat struktur kalimat yang perlu Anda tahu, antara lain yaitu:

1. Introduction

Dalam bahasa Indonesia, introduction berarti bagian pengenalan. Nah, pada bagian introduction ini, sebaiknya Anda menuliskan suatu preview atau gambaran umum terkait suatu karya atau benda yang akan Anda beri penilaian pada review text tersebut.

Untuk paragraf pertama, jangan lupa Anda memberikan perkenalan terlebih dahulu. Perkenalan yang Anda tuliskan bisa berupa nama produk, manfaat, sejarah, latar belakang, atau gambaran umum tentang produk tersebut.

Berikan gambaran secara umum mengenai informasi spesifik terkait karya atau benda yang Anda nilai tersebut. Penting sekali untuk Anda semua memberikan ulasan yang jelas agar pembaca bisa mengenali produk tersebut secara mendetail.

2. Evaluation

Struktur review text dalam Bahasa Inggris selanjutnya yaitu evaluation. Pada struktur ini, Anda dapat masuk dengan lebih detail dan juga lebih dalam. Bagian evaluation atau evaluasi ini merupakan bagian yang mana Anda dapat memberikan evaluasi terkait produk atau karya dari para creator tersebut.

Pada bagian evaluasi ini, Anda bisa memberikan gambaran secara lebih mendetail mengenai suatu karya maupun benda yang akan Anda berikan nilai atau review. Ada beberapa hal yang dapat Anda tulis pada bagian ini, antara lain berupa keunikan ataupun kualitasnya. Akan tetapi, harus ada kaitannya dengan fakta tanpa harus memasukkan pendapat dari pribadi Anda.

Hal yang perlu Anda pahami adalah, hindari untuk menuliskan deskripsi yang terlalu banyak mengenai karya atau benda tersebut. Jadi ulasan yang Anda berikan tidak akan terkesan memberikan pelajaran pada para pembaca yang membaca review text Anda.

Dalam struktur evaluasi ini, istilah yang umum kita pergunakan yaitu tentang baik atau tidaknya suatu karya atau benda yang Anda tulis.

Dalam struktur ini, pihak penulis juga harus dapat memberikan gambaran produk atau karya yang lebih rinci dari pada ulasan pada bagian sebelumnya.

3. Interpretation

Struktur review text selanjutnya yaitu interpretation. Sesudah Anda memberikan atau menuliskan evaluasi yang cukup pada bagian sebelumnya, pada bagian interpretation ini Anda bisa menuliskan pendapat pribadi atau pandangan Anda terkait karya atau benda yang Anda review tersebut.

Pada struktur interpretation ini, Anda dapat melakukan suatu evaluasi pada suatu karya atau benda dari pendapat atau sudut pandang diri Anda sendiri.

Dalam struktur ini, Anda juga dapat memberikan perbandingan antara karya atau produk yang Anda tinjau dengan hasil karya atau benda yang lain. Tujuannya yaitu untuk mendukung serta memperkuat pandangan Anda pada karya atau benda yang Anda review tersebut.

Pada bagian ini, Anda dapat menuliskan mana kekurangan dan bagian mana kelebihan yang terdapat pada produk atau karya yang Anda berikan ulasan atau review. Berikan juga penilaian yang sesuai pada produk atau hasil karya yang Anda review tersebut.

Penilaian yang Anda berikan bisa bermanfaat bagi para pembaca. Jika banyak penilaian yang bagus, maka pembaca bisa antusias menggunakan produk atau melihat dan mendengarkan karya yang ada.

4. Summary

Struktur review text dalam Bahasa Inggris selanjutnya yaitu summary. Pada struktur yang terakhir ini, sebagai pihak penulis, Anda bisa memberikan suatu kesimpulan pada bagian terakhir dari review text ini.

Sebelumnya Anda sudah memberikan evaluasi secara jujur dan detail pada bagian evaluasi. Selain itu, Anda juga sudah memberikan memberikan pendapat dari sudut pandang Anda terhadap karya atau benda tersebut pada struktur interpretation.

Nah, pada struktur summary ini Anda dapat memberikan ulasan dan juga menjelaskan apakah produk atau karya yang telah Anda review tadi berharga atau tidak untuk para calon pembeli, yaitu para pembaca.

Jelaskan juga, apakah harga yang ditawarkan pada produk tersebut sesuai dengan kualitas yang dimiliki produk tersebut. Kemudian, apabila yang Anda review termasuk film atau lagu, maka berikan ulasan atau kesimpulan, apakah karya tersebut layak untuk pembaca dengan atau tonton.

Ciri-ciri Review Text

Tak hanya terdapat struktur saja, biasanya dalam setiap teks dalam bahasa Inggris mempunyai language features atau ciri kebahasaan tersendiri, seperti halnya pada review text dalam Bahasa Inggris ini. Nah, untuk teks review ini mempunyai ciri kebahasaan sebagai berikut ini:

Ciri yang pertama dari review text yaitu dengan menggunakan present tense. Selain itu, jenis review text ini juga akan menggunakan kata sifat atau Adjectives. Kata sifat yang digunakan biasanya seperti good, bad, nice, valuable, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Tak hanya itu saja, ciri dari review text selanjutnya yaitu biasanya akan menggunakan long and complex clauses. Kemudian, yang terakhir text ini akan menggunakan perumpamaan atau metafora pada review yang dia berikan.

Contoh Review Text dalam Bahasa Inggris

Harry Potter and the Deathly Hallows: A Book Review

Harry Potter by J.K. Rowling is one of the most popular series in fiction. In fact, this movie already has so many fans all over the world. The last series of Harry Potter films, Harry Potter and the Deathly Hallows, was first released around 2007.

I really like this novel from the Harry Potter story. Because, when reading it can be seen if the author has managed to describe the war between Harry and his enemy in such an interesting way.

Actually, in this novel the content tells about the journey of Harry and also his friends. Their journey aims to find and destroy part of Voldemort’s soul, the Horcruxes. The story written in this book can lead us to a different world.

In fact, as a reader I can clearly see what Harry has felt, especially at a time when he wants to try to fight what he fears most. In addition, reading this novel also makes us know how the tension that arises when Harry and his friend accompany his teenage years.

Harry also knew that he had to go through the entire deathly relic. In such events, there are times when the friends of the day want to give up and despair. Even so, he still chooses to fight and sacrifice for the people he cares about. In my opinion, this part is the most shocking part. Especially when we finally find out who the real owner of the Elder Magic Wand is.

The battle between Harry and Voldemort can be written in the novel well and in detail. This story can also attract the attention of people who read it. If you all like fantasy stories, then this book about Harry Potter is a must-read. Because, by reading this book the picture is like you who collect puzzle pieces into a complete picture.

Pengertian Dalam Bahasa Indonesia

Harry Potter oleh J.K. Rowling merupakan salah satu serial yang populer sekali dalam dunia fiksi. Bahkan film ini sudah memiliki begitu banyak penggemar yang ada di seluruh dunia. Serial terakhir dari film Harry Potter yaitu Harry Potter dan Relikui Kematian yang dirilis pertama kali sekitar tahun 2007.

Saya sangat menyukai novel dari cerita Harry Potter ini. Sebab, ketika membacanya bisa dilihat jika sang penulis telah berhasil menggambarkan perang antara Harry dan musuhnya dengan cara yang begitu menarik.

Sebenarnya, dalam novel ini isinya menceritakan tentang perjalanan Harry dan juga teman-temannya. Perjalanan mereka bertujuan untuk menemukan dan menghancurkan bagian dari jiwa Voldemort, Horcrux. Cerita yang tertulis pada buku ini bisa membawa kita pada dunia yang berbeda.

Bahkan, sebagai pembaca saya bisa melihat dengan jelas apa yang telah Harry rasakan, terutama pada saat dia ingin mencoba melawan apa yang paling dia takuti. Selain itu, membaca novel ini juga menjadikan kita mengetahui bagaimana rasa tegang yang muncul pada saat Harry dan temannya menyertai masa remajanya.

Harry juga mengetahui jika dirinya harus melewati seluruh relikui kematian. Dalam kejadian tersebut, ada kalanya teman-teman hari ingin menyerah dan putus asa. Walaupun begitu, dirinya tetap memilih untuk bertarung dan berkorban demi orang-orang yang dia sayangi. Menurut saja, bagian ini merupakan bagian yang paling mengejutkan. Terlebih pada saat kita akhirnya mengetahui siapa pemilik Tongkat Sihir Elder yang sebenarnya.

Pertarungan antara Harry dan Voldemort bisa tertulis dalam novel dengan baik dan rinci. Cerita ini juga bisa menarik perhatian orang yang membacanya. Jika Anda semua suka dengan cerita fantasi, maka buku tentang Harry Potter ini wajib Anda baca. Sebab, dengan membaca buku ini gambarannya seperti Anda yang mengumpulkan potongan puzzle menjadi suatu gambaran yang utuh.

Dengan mengetahui berbagai hal tentang review text dalam Bahasa Inggris ini, diharapkan Anda bisa belajar mengenai text Bahasa Inggris dengan lebih mudah. Tak hanya itu saja, kemampuan dalam Bahasa Inggris Anda juga bisa menjadi lebih baik lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *